cover
Contact Name
Endang Pratiwi
Contact Email
pratiwiendang4@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
riyadhoh.uniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga
ISSN : -     EISSN : 26562936     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga merupakan salah satu media yang mempublikasikan hasil karya ilmiah dari para praktisi dan akedimisi bidang Pendidikan Olahraga. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga 1 tahun menerbitkan 1 volume, 2 nomor, yaitu Nomor 1 (Juni), dan Nomor 2 (Desember)
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga" : 15 Documents clear
Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pencak Silat Pplp Kalimantan Selatan lazuardy akbar fauzan; Edwin Wahyu Dirgantoro
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3729

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan salah satu unsur penting dalam peningkatan prestasi atlet. Atlet yang memiliki kebugaran jasmani yang baik tidak akan mengalami kelelahan yang berarti, baik dalam setiap latihan maupun dalam pertandingan. PPLP merupakan  program dari Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) untuk membentuk talenta berbakat yang berprestasi di usia muda. Bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga di setiap provinsi dalam pembinaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani atlet pencak silat PPLP Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet pencak silat PPLP Kalimantan Selatan yang berjumlah 7 orang. Intrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes atlet dari kemenpora edisi tahun 2014. Teknik analisis yang dilakukan adalah mengunakan frekuensi ke dalam bentuk persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani atlet pencak silat PPLP Kalimantan Selatan adalah 1) Kriteria index masa tubuh atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 86% masuk kategori ideal, 2) tingkat kecepatan (speed) atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 29% masuk kategori sangat baik, 3) tingkat kelincahan atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 86% masuk kategori sangat baik, 4) kemampuan daya ledak otot (muscle explosive) atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 57% masuk kategori sangat baik, 5) kekuatan otot lengan (power) atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 29% masuk kategori sangat baik, 6) kekuatan otot perut atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 86% masuk kategori sangat baik, dan 7) kemampuan daya tahan (endurance) atlet pencak silat PPLP Kalsel sebanyak 49% termasuk kategori sangat baik.
Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Siswa Sekolah Dasar Dedy Putranto; Widati Amalin Ulfah
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3532

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu minimnya pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang penggunaan model pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk memberikan variasi gerak multilateral berbasis role playing game yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar kelas bawah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg and Gall: (1) melakukan analisis kebutuhan; (2) pembuatan produk awal; (3) tinjauan para ahli yang meliputi dua ahli pembelajaran dan satu ahli pendidikan jasmani; (4) ujicoba kelompok kecil; (5) revisi produk awal; (6) ujicoba kelompok besar; (7) revisi produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas bawah. Hasil akhir penelitian ini berupa model gerak multilateral berbasis role playing game yang telah dievaluasi oleh para ahli, tahap uji coba dan revisi. Dari hasil uji validasi ahli diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,1% dalam kriteria sangat layak atau sangat baik, dari hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dalam kriteria sangat layak atau sangat baik dan hasil ujicoba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,8% dalam kriteria sangat layak atau sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak multilateral berbasis role playing game sangat baik untuk diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas bawah.
Survei Tingkat Kecemasan (Anxiety) Siswa dalam Menghadapi Pertandingan Sepakbola Di SMP Negeri Se-Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin Arif Riyanto; Endie Riyoko
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan (anxiety) siswa dalam menghadapi pertandingan sepakbola di SMP Negeri se-kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri se-kecamatan Lalan tahun 2019/2020 yang berjumlah 50 siswa, sedangkan sampel di ambil sama dengan jumlah populasi. Data diperoleh dengan instrument angket. Data hasil tes dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh rata-rata state anxiety dalam menghadapi pertandingan sepakbola sebesar 50,0% dikategorikan sangat rendah, rata-rata trait anxiety siswa dalam menghadapi pertandingan sepakbola sebesar 53,6% dikategorikan sangat rendah, sedangkan perbandingan rata-rata tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi pertandingan sepakbola tertinggi pada SMP Negeri 1 Lalan sebesar 54,75% termasuk rendah, selanjutnya pada SMP Negeri 2 Lalan sebesar  50,59% dikategorikan rendah, dan terakhir pada SMP Negeri 3 Lalan sebesar 49,06% dikategorikan sangat rendah.
Evaluasi Potensi Fisik Siswa Sma Sebagai Suatu Hasil Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes (Studi Pada Sma Negeri Di Kecamatan Sengah Temila) Maharani Fatima Gandasari; Jack Suman Rulis Manurung
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3577

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur prestasi belajar siswa yang merupakan evaluasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes. Terdapat 5 pertanyaan dalam penelitian ini yang mana akan dianalisis diantaranya: (1) Bagaimana seorang guru memahami tujuan pembelajaran?, (2) Bagaimana seorang guru menjadikan tujuan pembelajaran sebagai sasaran evaluasi pembelajaran penjasorkes?, (3) Bagaimana seorang guru melakukan evaluasi pembelajaran penjasorkes? dalam hal ini dikaitkan dengan tujuan pembelajaran penjasorkes itu sendiri?, (4) Bagaimana seorang guru merancang tujuan pembelajaran yang efektif untuk dapat meningkatkan potensi fisik siswa SMP?, (5) Bagaimana tujuan pembelajaran penjasorkes dapat tercapai?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penggunaan model valuasi CIPP (konteks, masukan, proses, dan produk) dilakukan dalam metode pengumpulan data. Observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu di SMA Negeri se-kecamatan Sengah Temila dan memilih seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 572 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru masih belum memahami tujuan pembelajaran penjasorkes yang dilakukan, (2) Guru masih belum menjadikan tujuan pembelajaran sebagai sasaran evaluasi pada pembelajaran penjasorkes, (3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru tidak dikaitkan dengan tujuan pembelajaran penjasorkes, (4) Tujuan pembelajaran yang dirancang oleh guru dirasa tidak efektif untuk meningkatkan potensi fisik siswa SMA, (5) Tujuan pembelajaran tidak dapat mencapai prestasi siswa. Berdasarkan uraian yang sudah disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi vitalitas sebesar 66,48% (siswa sehat) dan 53,72% (siswa tidak sehat). Kata kunci: Potensi Fisik, Hasil Belajar, Penjasorkes
Penggunaan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Adaptif pada Sekolah Luar Biasa Kota Banjarmasin Muhammad Habibie; Ari Trifitrianto
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan buku pedoman ajar dari guru Pendidikan jasmani di Sekolah Luar Biasa di Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku pedoman atau buku ajar mata pelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk anak berkebutuhan khusus adalah 0% atau belum ditemukan keberadaan buku pedoman tersebut dilapangan.
Pengaruh Heading Game Terhadap Ketepatan Heading Sepak Bola Di Club Gastra Kabupaten Kayong Utara Andika Triansyah; Burhanudin Burhanudin; Mimi Haetami
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3447

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan atlet dalam melakukan heading sepak bola  terutama dalam hal tepat pada sasaran.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan bermain terhadap ketepatan heading sepak bola. Penelitian dilakukan di club Gastra Kabupaten Kayong Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan design one grup pretest and posttest. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh atlet di club Gastra Kabupaten Kayong Utara  yang berjumlah 20 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji-t. Hasil dari penelitian adalah adanya pengaruh pendekatan bermain terhadap ketepatan heading sepak bola berdasarkan perolehan nilai thitung > ttabel  yaitu sebesar 17,80>1,72, dengan perbedaan nilai rata-rata pada saat pretest 25,6 dan nilai posttest sebesar 46,65. Adapun pengaruh tersebut didapat dari perasaan senang dan gembira atlet saat melakukan latihan yang dapat berdampak terhadap meningkatnya hasil latihan.Kata Kunci : Pendekatan bermain, Ketepatan heading.
Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Kooordinasi Mata-Tangan dengan Keterampilan Servis Atas Bolavoli Siswa SMP 74 Jakarta Timur Muhammad Aspar; Galang Pakarti Mahardika; Muhammad Ishaq Gery
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) hubungan antara kekuatan otot lengan dengan keterampilan servis atas bolavoli, (2) hubungan antara koordinasi mata-tangan dengan keterampilan servis atas bolavoli, dan (3) hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama dengan keterampilan servis atas bolavoli. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 74 Jakarta Timur pada ekstrakulikuler olahraga Bolavoli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler Bolavoli di SMP Negeri 74 Jakarta Timur DKI Jakarta sebanyak 45 orang. Analisis data menggunakan statistik korelasional dan regresi dengan taraf signifikan α= 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata-tangan dengan keterampilan servis atas bolavoli SMP Negeri 74 Jakarta Timur. Kata Kunci: Bolavoli, Servis Atas
Pengembangan Permainan Sunda Manda Puzzle Untuk Optimalisasi Kemampuan Motorik dan Pembentukan Karakter Cermat dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SD Kusmiyati Kusmiyati; Restian Gigih Sejati; ruman ruman
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3719

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan sunda manda puzzle untuk mengoptimalkan kemampuan motorik dan pembentukan karakter cermat  dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar. Prosedur pengembangan meliputi beberapa tahapan: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji model. Hasil penelitian ini berupa produk permainan sunda manda puzzle yang dapat digunakan oleh guru penjasorkes di Sekolah Dasar sebagai media pembelajaran khususnya dalam materi permainan tradisional.  Kesimpulan penelitian: (1) Hasil reliabilitas untuk respon guru Penjasorkes dikatakan reliabel karena > yaitu 1,823 dengan taraf signifikan 5%. (2) Data responden siswa sebagai penguat dalam penilaian yang diambil dengan indikator kognitif sebesar 97,34%, Indikator afektif sebesar 91,96%, serta Indikator psikomotor sebesar 93,43%, (3) rata-rata kenaikan jumlah denyut nadi setelah pembelajaran permainan sunda manda puzzle sebesar 64,01%. Dengan demikian produk akhir Pengembangan permainan sunda manda puzzle untuk optimalisasi kemampuan motorik dan pembentukan karakter cermat dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar sesuai dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar dan efektif digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.
Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Tenis Lapangan Lampung Alifia Ramadhina Putri; Sudirman Husin; Rahmat Hermawan
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3722

Abstract

ABSTRAK  Setiap cabang olahraga tentunya memiliki tujuan yang hendak dicapai, yakni tercapainya prestasi yang diharapkan, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aspek manajemen di Pengprov Pelti Lampung dalam melaksanakan kegiatannya, bagaimana program pembinaan yang dilaksanakan dalam mencapai prestasi yang diharapkan, serta mengidentifikasi beberapa faktor penyebab  menurunnya prestasi tenis di Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Setelah data dikumpulkan kemudian direduksi dan selanjutnya dianalisis, maka hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Pengprov Pelti Lampung belum menerapkan  fungsi manajemen secara benar, hal ini ditunjukkan belum adanya pembagian tugas yang jelas pada masing-masing personalia pengurus,  sehingga program hanya menjadi wacana saja padahal visi dan misi sudah ada, (2) program belum berjalan secara semestinya, dan (3) beberapa faktor penyebab menurunnya prestasi cabang olahraga tenis, antara lain; dana dan financial, pemasalan, fasilitas latihan, pengadaan dan pengembangan pelatih, kompetisi/pertandingan, riset atau iptekor, lingkungan, media dan sponsor, serta kepemimpinan.  Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Pengprov Pelti Lampung akan berhasil bila (1) menerapkan manajemen secara benar paling tidak fungsi planning, organizing, actuating dan controlling  (POAC) dapat dilaksanakan, (2) program pembinaan harus tetap berjalan terlepas dari apapun kondisinya, dan (3) perlu melihat dan mempertimbangkan beberapa faktor yang menjadi penyebab stagnan atau menurunnya prestasi tenis di Lampung.
Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model PBBT dan PBKL Siswa Kelas VIII SMPN 1 Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan Naimatul Jamaliah
Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (2020): Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/rjpo.v3i2.3197

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( classroom Action Research) dan subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-F yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bola voli. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus 1 yang berbentuk teknik passing bawah bola voli. Setelah siklus 1 dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 24 siswa terdapat 11 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 45,83% dengan nilai rata-rata 70,57 dan siswa yang belum tuntas berjumlah 13 siswa atau 54,16%. ini berarti ketuntasan belajar klasikal (≤75%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitianya dengan dilakukannya siklus II yang sama perlakukan disiklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa dimana dari 24 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 80.98 dan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa 16,66%. ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥75%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui model PBBT dan PBKL dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.

Page 1 of 2 | Total Record : 15