cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021" : 9 Documents clear
ANTESEDEN REPURCHASE INTENTION APLIKASI SHOPEE DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KABUPATEN BANYUMAS Hasibuan, Reza Rahmadi; Pratiwi, Agustin Riyan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2721

Abstract

ABSTRACTConsumer satisfaction is a very important factor in shaping repurchasing behavior in online shopping. Shopee holds the first position as the top e-commerce company for ten consecutive quarters based on the ranking on the PlayStore. In the second quarter of 2019, Shopee also led the AppStore ranking category. However, based on the average number of visitors to the site on a monthly basis, Shopee was beaten by Tokopedia. This study aims to determine the level of repurchase intention in the Shopee application. Technique sampling used random sampling with a total sample size of 100 respondents and using data analysis Structural Equation Modeling (SEM). Specifically, this study can be concluded that discounts have no effect on satisfaction, discounts have no effect on repurchase, convenience has no effect on satisfaction, convenience has no effect on repurchase, satisfaction has an effect on repurchase.Keywords: Shopee; repurchase intention; SEM.ABSTRAKKepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam membentuk perilaku pembelian ulang pada pembelanjaan online. Shopee memegang posisi pertama sebagai top e-commerce selama sepuluh periode secara berkelanjutan yang dihasilkan dari peringkat pada AppStore. Pada periode II 2019, aplikasi Shopee menjadi peringkat teratas pada AppStore. Tetapi dilihat pada jumlah rata-rata konsumen pada aplikasi setiap bulannya, Tokopedia memimpin peringkat teratas dibandingkan Shopee. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat niat pembelian ulang di aplikasi Shopee. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan analisis data Structural Equation Modeling (SEM). Secara spesifik penelitian ini dapat disimpulkan bahwa diskon tidak berpengaruh terhadap kepuasan, diskon tidak berpengaruh terhadap repurchase intention, kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan, kemudahan tidak berpengaruh terhadap repurchase intention, kepuasan berpengaruh terhadap repurchase intention.Kata Kunci: Shopee; repurchase intention; SEM.
Pengantar Redaksi dan Daftar Isi Team, JEM
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.4485

Abstract

Dewan Redaksi, Pengantar Redaksi, dan Daftar Isi
PENGARUH ETOS KERJA, BUDAYA ORGANISASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN JATIUWUNG Hakim, Fauzan; Esha, Dian; Latifa, Latifa
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.1993

Abstract

ABSTRACTHuman resources play an important role in determining the progress of a government or private institution. This quantitative research aims to determine the effect of work ethic, organizational culture and workload on employee performance at the Jatiuwung District office, the study was conducted on 60 employees, data analysis used multiple linear regression. The results showed that partially work ethic has a positive and significant effect on employee performance. Organizational culture partially has a positive and significant effect on employee performance. Workload partially has a positive and significant effect on employee performance. Simultaneously work ethic, organizational culture and workload have a positive and significant effect on employee performance as indicated by the value of F count F table (21,266 2,77) and a significance of 0.000. The ability of work ethic, organizational culture and workload variables is able to explain employee performance by 53,3%, the remaining 46,7% is influenced by other factors that are not included in the research model. With the value of the multiple linear regression equation Y = 2,882 + 0,112 + 0,259 + 0,578.Keywords: employee performance; work ethic; organizational culture; workload.ABSTRAKSumber daya manusia memegang peranan penting dalam menentukan maju mundurnya suatu instansi pemerintah maupun swasta.Penelitian ini bersipat kuantitatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja, budaya organisasi dan beban kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor Kecamatan Jatiuwung, penelitian dilakukan terhadap 60 orang pegawai, analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Beban kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara simultan etos kerja, budaya organisasi dan beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai ditunjukkan dengan nilai F hitung F tabel (21,266 2,77) dan signifikansi 0,000. Kemampuan variabel etos kerja, budaya organisasi dan beban kerja mampu menjelaskan kinerja pegawai sebesar 53,3% sisanya 46,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Dengan nilai persamaan regresi linier berganda Y=2,882+0,112+0,259+0,578.Kata kunci: kinerja pegawai; etos kerja; budaya organisasi; beban kerja.
PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MUTU KINERJA DI MASA COVID-19 PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BEKASI Utomo, Kurniawan Prambudi; Sofyanty, Devy; Yusuf, Faif
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2529

Abstract

ABSTRACTThe research report aims to determine the effect of work motivation and organizational culture on the quality of public performance, using quantitative descriptive research methods, and using primary data in the Bekasi City Education Office with 100 respondents as well as related school communities, then the data is processed using multiple regression analysis. The results state that there is a positive and significant relationship from the independent variables, namely work motivation and organizational culture, the dependent variable, namely the quality of public performance, this is quite good and needs to be improved again in order to improve education based on appropriate quality management and become a challenge to continue to innovate performance commitment in the field of education for the people of Bekasi City. Keywords: Motivation; Culture; Performance Quality. ABSTRAKLaporan penelitian mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap mutu kinerja  public, dengan menggunakan metode penelitian  deskriptif kuantitatif, dan menggunakan data primer di Dinas Pendidikan Kota Bekasi dengan 100 responden juga masyarakat sekolah terkait, lalu data diolah menggunakan analisis regresi berganda, Adapun hasil menyatakan terdapat hubungan positif dan signifikan dari variable bebas yaitu motivasi kerja dan budaya organisasi variable terikat yaitu mutu kinerja publik, hal ini cukup baik dan perlu ditingkatkan Kembali guna meningkatkan Pendidikan yang berbasis pada manajemen mutu yang tepat dan menjadi tantangan  untuk terus melakukan inovasi komitmen kinerja dibidang Pendidikan untuk masyarakat Kota Bekasi. Kata kunci: Motivasi; Budaya; Mutu Kinerja.
ANTESEDEN KINERJA KEUANGAN PADA BANK YANG TERDAFTAR DI BEI Hasyim, Fuad; Munawwaroh, Hafsotul
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2008

Abstract

ABSTRACTThe success of a company on business strategy can be seen from its financial performance. Financial performance measures the extent to which a company's health level during its operational activities. This study aims to examine the effect of employee stock ownership programs (ESOP), operational efficiency ratio (OER), debt to asset ratio (DAR), and risk (NPL) on financial performance with proxy Return on Asset (ROA). Population in this study are banking sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2018. Sampling method used was purposive sampling method and obtained 28 company samples. The type of data in this study is panel data and using multiple regression with common, fixed and random effect modeling approach. The results indicate that the employee stock ownership program (ESOP) and debt to asset ratio (DAR) have a significant positive effect on financial performance (ROA). While operational efficiency ratio (OER) and risk (NPL) have a insignificant effect on financial performance (ROA). Keywords: ESOP; BOPO; DAR; NPL; ROA; IDX.ABSTRAKKeberhasilan suatu perusahaan dalam strategi bisnis dapat dilihat dari kinerja keuangannya. Kinerja keuangan mengukur sejauh mana tingkat kesehatan suatu perusahaan selama menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employee stock ownership program (ESOP), biaya operasional pendapatan operasional (BOPO), debt to asset ratio (DAR) dan risiko (NPL) terhadap kinerja keuangan dengan proksi return on asset (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 28 sampel perusahaan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data panel dan menggunakan regresi berganda dengan pendekatan pemodelan common, fixed dan random effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employee stock ownership program (ESOP) dan debt to asset ratio (DAR) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Sedangkan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) dan risiko (NPL) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).Kata Kunci: ESOP; BOPO; DAR; NPL; ROA; IDX.
Minat Penggunaan E-Wallet DANA di Kota Pontianak Suhendry, Wendy
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2586

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the influence between perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, social influence, and promotion on intention to use DANA e-wallet. This research is an explanatory research using accidental sampling method combined with snowball sampling method. The variables of this study consist of independent variables, namely perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, social influence, and promotion, and the dependent variable, namely intention to use DANA e-wallet. The data analysis method used is multiple regression analysis with data collection through questionnaires in Pontianak. The results of this study are expected to contribute the development of consumer behavior theories in intention to use a technology, especially the factors that influence intention to use DANA e-wallet. The results of this study is the variables of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, social influence, and promotion have an effect on the variable intention to use DANA e-wallet simultaneously. Partially, the variables that significantly influence the variable intention to use DANA e-wallet are perceived usefulness, perceived security, and promotion.Keywords: e-wallet DANA; Technology Acceptance Model; perceived security; social influence; promotion.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, social influence, dan promotion terhadap minat penggunaan e-wallet DANA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory dengan menggunakan metode sampling aksidental yang dipadukan dengan metode snowball sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu faktor perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, social influence, dan promotion dan variabel terikat yaitu minat penggunaan e-wallet DANA. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan pengumpulan data melalui kuesioner di kota Pontianak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan teori-teori perilaku konsumen dalam minat penggunaan suatu teknologi khususnya faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-wallet DANA. Hasil penelitian ini adalah variabel perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, social influence, dan promotion berpengaruh terhadap variabel minat penggunaan e-wallet DANA secara simultan. Secara parsial variabel yang mempengaruhi variabel minat penggunaan e-wallet DANA secara signifikan adalah variabel perceived usefulness, perceived security, dan promotion.Kata Kunci: e-wallet DANA; Technology Acceptance Model; perceived security; social influence; promotion.
KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ONLINE PADA MAHASISWA DILIHAT DARI LIFESTYLE DAN KEMATANGAN EMOSI Arsyianto, Muhammad Tody; Sinollah, Sinollah -
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2077

Abstract

ABSTRACTThis study aims to see and explain the influence of lifestyle and the maturity of online clothing purchase decisions on students with a sample of 183 people who are carried out by census. To obtain data, the study used questionnaires and interviews. As for data analysis using multiple regression analysis. Based on the results of the study, it shows that lifestyle and maturity have a significant effect on students' online clothing purchase decisions. A greater influence of lifestyle shows that online shopping for students who are already a lifestyle to adapt to social conditions in order to meet the need to unite and socialize with others, especially those related to self-image to reflect on their social status.Keywords: online purchase decisions; lifestyle; emotional maturity.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh lifestyle dan kematangan emosional terhadap keputusan pembelian pakaian online pada mahasiswa dengan sampel sebanyak 183 orang yang dilakukan secara sensus. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lifestyle dan kematangan emosional berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian online mahasiswa. Pengaruh lebih besar oleh lifestyle yang menunjukkan bahwa belanja online bagi mahasiswa sudah merupakan gaya hidup untuk beradaptasi dengan kondisi sosial dalam rangka memenuhi kebutuhan untuk menyatu dan bersosialisasi dengan orang lain khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya.Kata Kunci: keputusan pembelian online; gaya hidup; kematangan emosional.
STIMULI BRAND PREFERENCE MELALUI SELF-BRAND CONGRUITY DAN BRAND FAMILIARITY BERDASARKAN BRAND ASSOCIATION Arisman, Ari; Pauzy, Depy Muhammad
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2608

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the influence of brand association on brand preference through self-brand congruity and brand familiarity for millennial generation in the culinary industry, especially coffee shops. The research method used is a survey with data collection techniques through distributing questionnaires to 200 respondents who are the millennial generation as consumers of coffee shops in Tasikmalaya City using purposive sampling techniques. The analytical tool used in this study is the Structural Equation Model (SEM) where brand association becomes an exogenous variable and self-brand congruity, brand familiarity, and brand preference become an endogenous variable. The results of this research indicate that the brand preferences of consumers can only be formed because of the compatibility between the brand personality and the consumer. The suitability is obtained by evaluating the product brand attributes. On the other hand, brand association has not been shown to affect brand familiarity, and brand familiarity has also not been shown to affect brand preference. This can be caused by the sensitivity of consumers in the coffee shop culinary industry who are so emotionally specific to a brand.Keywords: brand association; self-brand congruity; brand familiarity; brand preference.ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh asosiasi merek terhadap preferensi merek melalui kesesuaian merek-diri dan kefamiliaran merek pada industri kuliner khususnya kedai kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 200 orang responden yang merupakan generasi millennial sebagai konsumen kedai kopi di Kota Tasikmalaya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dimana asosiasi merek menjadi variabel exogen dan kesesuaian merek-diri, kefamiliaran merek, serta preferensi merek menjadi variebel endogen. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa preferensi merek dari konsumen hanya dapat terbentuk karena adanya kesesuaian antara kepribadan merek dengan konsumen. Kesesuaian tersebut diperoleh dengan penilaian konsumen akan evaluasi atribut merek produk. Disisi lain, asosiasi merek tidak terbukti berpengaruh terhadap kefamiliaran merek, dan kefamiliaran merek juga tidak dapat dibuktikan berpengaruh terhadap preferensi merek. Hal ini dapat disebabkan oleh kepekaan konsumen dalam industri kuliner kedai kopi yang begitu terspesifikasi secara emosional dengan suatu merekKata Kunci: asosiasi merek; kesesuaian merek-diri; kefamiliaran merek; preferensi merek
PERSEPSI MASYARAKAT KOTA TASIKMALAYA TERHADAP PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) Wahid, Nisa Noor; Andriati, Yumi Sri
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 7, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v7i1.2151

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to describe the perception of the people of the city of Tasikmalaya on the use of Financial Technology. The data collection technique used the in-depth interview method to 15 informants, the analysis technique used a qualitative descriptive method. The results show that Fintech is easy to use, with the perception that if you use a certain system it will be free of effort. This indicates that the perception of usefulness is closely related to effectiveness, the more benefits obtained by the people of Tasikmalaya City in using technology, the effectiveness of its use can be achieved. The public understands the benefits and use of fintech because the use of fintech is considered more efficient and effective than other financial services so that people are motivated to use fintech. The hope of the people of the city of Tasikmalaya for fintech organizers to provide socialization and ease of using the service, so that people who are less technologically literate can use it easily.Keywords: Perception; Financial Technology.ABSTRAKPenelitian ini untuk menilai persepsi masyarakat kota Tasikmalaya terhadap penggunaan Financial Technology. Teknik pengumpulan data menggunakan metode in depth interview terhadap 15 informan pelaku, teknik analisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fintech mudah digunakan, dengan persepsi bahwa jika menggunakan sistem tertentu maka akan bebas dari usaha. Hal ini mengindikasikan bahwa persepsi kegunaan sangat berkaitan dengan efektivitas, semakin banyak kegunaan yang didapatkan oleh masyarakat Kota Tasikmalaya dalam menggunakan teknologi maka efektivitas penggunaanya pun dapat tercapai. Masyarakat memahami manfaat dan penggunaan fintech karena penggunaan fintech dirasa lebih efisien dan efektif dibandingkan jasa keuangan terdahulu sehingga masyarakat termotivasi untuk menggunakan fintech. Harapan masyarakat kota Tasikmalaya kepada penyelenggara fintech agar memberikan sosialisasi dan kemudahaan dalam menggunakan layanan, sehingga masyarakat yang kurang dalm literasi teknologi dapat menggunakannya dengan mudah.Kata kunci: Perception; Financial Technology.

Page 1 of 1 | Total Record : 9