cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022" : 8 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM ALAS KAKI CIBADUYUT BANDUNG Putra, Aquinaldo Sistanto
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.5430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keputusan UMKM alas kaki di Cibaduyut dalam menggunakan e-commerce. Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan sebagai kerangka teoritis dalam penelitian ini untuk menyusun hipotesis penelitian. Tahapan awal penelitian dimulai dengan pengumpulan data primer berupa tanggapan dari UMKM alas kaki Cibaduyut menggunakan kuesioner, dengan total 148 responden mengisi kuesioner. Tahap selanjutnya adalah mengolah data yang terkumpul dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitan, UMKM alas kaki Cibaduyut memiliki sikap positif terhadap adopsi e-commerce. Mereka juga menganggap pentingnya pengaruh norma sosial sebagai pertimbangan untuk menggunakan e-commerce. Persepsi kendali perilaku juga memiliki dampak positif terhadap adopsi e-commerce. Berdasarkan temuan penelitan, UMKM alas kaki yang belum menggunakan e-commerce dapat mempertimbangkan manfaat e-commerce pada bisnis, sedangkan UMKM yang telah menggunakan e-commerce dapat mengevaluasi manfaat dan kendala penggunaan e-commerce. Pemerintah juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penggunaan e-commerce pada UMKM dengan menyediakan pelatihan, membangun infrastruktur yang memadai, dan mengeluarkan peraturan yang relavan. 
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI TOKO ELLYN Dwi, Yana; Pardi, Pardi
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.3463

Abstract

ABSTRACTAims and objectives of the study fact reveal the influence between product quality, price, promotion on purchasing decisions for fashion products at Ellyn Stores. The total population is 200 resellers of Ellyn's shop who conduct transactions both online and offline for the period of May 2021. The sample is 133 resellers using the Slovin formula, the sample technique uses purposive sampling, because the reason is that by using this technique researchers can determine certain specified criteria. The intended criteria are: (a) Buyers with transactions above Rp. 500.000 per month (b) Resellers with a minimum number of transactions of 3 purchases. In this study, the data analysis technique used was the multiple linear regression test technique. The results showed that there was a positive and significant influence between product quality, price and promotion on purchasing decisions for fashion products at Ellyn Stores, either partially or simultaneously. The magnitude of the range of values for the coefficient of determination (R2) by looking at the adjusted R square value is 0.614 or 61.40%.Keywords : Product quality, Price, promotion, Purchase Decision, Fashion ProductABSTRAKMaksud dan tujuan penelitian mengungkapkan fakta adanya pengaruh antara kualitas produk, harga, promosi terhadap keputuasan pembelian produk fashion di Toko Ellyn. Jumlah populasi sebanyak 200 reseller toko Ellyn yang melakukan transaksi baik online maupun offline periode Mei 2021. Sampel berjumlah 133 reseller dengan menggunakan rumus Slovin, teknik sampel menggunakan purposive sampling, karena alasannya dengan menggunakan teknik ini peneliti dapat menentukan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan. Kriteria yang dimaksudkan adalah: (a) Pembeli dengan transaksi di atas Rp 500.000 perbulan (b) Reseller dengan jumlah transaksi minimal 3 kali pembelian. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik uji multiple linear regression. Hasil penelitian diketahui adanya pengaruh positif dan bermakna antara kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Toko Ellyn baik secara parsial maupun simultan. Besarnya kisaran nilai koefisien determinasi (R2) dengan melihat nilai adjusted R square senilai 0,614 atau sebesar 61,40%.Kata Kunci: Kualitas produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Produk Fashion
PENGARUH ALOKASI KREDIT DAN HARGA KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN RISIKO KREDIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Mulyani, Elis Listiana; Sari, Dewi Permata; Mufreni, Alfin Nurfahmi
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.5784

Abstract

The purpose of this study is to find out and analyze the effect of credit ratio(Loan to Funding Ratio / LFR) and credit price (Loan Pricing) on profitability (Net Profit Margin) with credit risk (Non Performing Loan / NPL) as Intervening Variable. The research was conducted on banking listed on the Indonesia Stock Exchange.The research method used is descriptive analysis with the data used is secondary data in the form of Income and Balance Sheet statements on banks listed on the Indonesia Stock Exchange. Analytical tools use financial ratios in the form of Loan to Funding Ratio (LFR), Loan Pricing, Credit Risk (Non Performing Loan) and Net Profit Margin and intervening regression analysis.Based on the results of research it is known that Credit Risk (NPL) becomes a partial intervening variable between Loan Funding Rastio against Net Profit Margin (NPM), while between Credit Price (Loan Pricing)against Net Profit Margin, Credit Risk (NPL) becomes a perfect intervening variable. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio kredit (Loan to Funding Ratio /LFR) dan harga kredit (Loan Pricing) terhadap profitabilitas (Net Profit Margin) dengan risiko kredit (Non Performing Loan/NPL) sebagai Variabel Intervening .Penelitian dilakukan pada Perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.Metode Penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan Keuangan Laba Rugi dan Neraca pada Perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia .Alat analisis menggunakan rasio keuangan berupa Loan to Funding Ratio (LFR), Loan Pricing ( Harga Kredit) , Risiko Kredit ( Non Performing Loan) dan Net Profit Margin dan analisis regressi intervening . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bahwa Risiko Kredit (NPL) menjadi  variable intervening parsial antara Loan Funding Rastio terhadap Net Profit Margin (NPM), sedangkan antara Harga Kredit ( Loan Pricing) terhadap Net Profit Margin, Risiko Kredit (NPL) menjadivariable intervening sempurna .
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DAN BRAND IMAGE PADA INSTAGRAM SHOPEE INDONESIA Arifin, Alfira
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.3474

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dan Band Image pada akun Instagram Shopee Indonesia. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dimana peneliti dalam memilih sampel memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh anggota populasi untuk ditetapkan sebagai anggota populasi. Berdasarkan hasil rumus Slovin, peneliti meyebarkan kuesioner kepada 100 followers Instagram Shopee Indonesia. Analisis yang digunakan menggunakan analisis jalur dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social Media Markting berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Engagement, Social Media Marketing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Brand Image. Customer Engagement ditemukan sebagai mediator antara Social Media Marketing dan Brand Image dan hasilnya berpengaruh secara positif dan signifikan. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa Customer Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhdap Brand Image serta Brand Image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Engagement.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK UMUM KONVENSIONAL SEBELUM DAN SESUDAH BEROPERASINYA PERUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI Sudaryanti, Dedeh Sri; Rahmawati, Mira; Yuniasih, Yuyun
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.5785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan bank umum konvensional ditinjau dari setelah munculnya perusahaan berbasis teknologi informasi (Financial Technology) berdasarkan regulasi fintech yang dikeluarkan OJK pada tahun 2016.Ukuran kinerja keuangan yang digunakan yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), Return on Asset (ROA), Net Interest Margin (NIM), Rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Data dan informasi berupa rasio keuangan 88 bank umum konvensional diperoleh dari website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan metode analisis yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon signed rank test terhadap variabel-variabel indikator kinerja.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada kinerja keuangan Bank Umum Konvensional sebelum dan sesudah beroperasinya perusahaan berbasis teknologi informasi. Sudah adanya pengembangan fintech oleh perbankan, namun masih dengan fitur yang relatif terbatas dan umumnya lebih pada layanan fungsi penghimpunan dana seperti pembukaan tabungan, deposito, dan simpanan lain dengan mengembangkan mobile, internet banking atau pun e-commerce. Sementara layanan untuk akses pendanaan masyarakat yang ditawarkan oleh perusahaan fintech Peer to Peer Lending relatif lebih mudah dan fleksibel. Kolaborasi merupakan jawaban terhadap ancaman yang di bawa oleh fintech, agar bisa memberikan layanan sefleksibel dan semudah perusahaan fintech. Sehingga munculnya fenomena fintech tidak mengganggu kinerja keuangan perbankan tetapi menjadi peluang agar perbankan ikut berinovasi dalam teknologi terkait produk dan layanannya.
PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP PURCHASE INTENTION MENGGUNAKAN RELITRADE DI TASIKMALAYA Badriatin, Tine; Budianto, Apri; Bastaman, Irma Darmawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.4614

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh digital literacy terhadap purchase intention menggunakan Relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh technology acceptance model terhadap purchase intention menggunakan Relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya, dan mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh digital, literacy dan technology acceptance model terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif.  Hasil penelitian disimpulkan bahwa  Digital   literacy  cenderung tinggi begitu juga dengan purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa digital literacy berpengaruh signifikan terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Artinya jika digital literacy  meningkat, maka purchase intention menggunakan relitrade juka akan mengalami peningkatan. Technology acceptance model cenderung tinggi begitu juga dengan purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Technology acceptance model berpengaruh signifikan terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Artinya jika Technology acceptance model meningkat, maka purchase intention menggunakan relitrade juka akan mengalami peningkatan. Digital   literacy   dan Technology acceptance model cenderung tinggi begitu juga dengan purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa digital   literacy   dan Technology acceptance model berpengaruh signifikan terhadap purchase intention menggunakan relitrade pada Investor PT Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Cabang Tasikmalaya. Artinya jika digital   literacy   dan technology acceptance model meningkat, maka purchase intention menggunakan relitrade juka akan mengalami peningkatan
THE ROLE OF IN DISCLOSING FIRM VALUE Santoso, Aprih; Widowariti, Sri Yuni
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.5794

Abstract

This study aims to analyze: (1) the role of CSR in partially moderating the effect of GCG and profitability on firm value. (2) the partial influence of GCG and profitability on firm value. This population is all manufacturing companies on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015-2021. The sampling technique in this study used purposive sampling with the criteria of manufacturing companies listed on the IDX for 2015-2021, with the number of shares owned by the company's management totaling more than 1% of all outstanding shares. Thus, 21 companies were obtained. The data was processed by multiple regression analysis using the help of the IBM SPSS Statistic 25.  In addition, there is a CSR variable to determine the effect of moderation on the relationship between the independent variable and the dependent variable, using the absolute difference value equation model. To see the type of moderation, two equation models are used, so that the regression model equation becomes:The results showed that GCG and profitability had a positive and significant effect on firm value. The results of testing the moderating variable showed that CSR moderated the effect of GCG and profitability on firm value
STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PERKEBUNAN KOPI KABUPATEN MAGELANG Rahardjo, Budi; Ikhwan, Khairul; Verawati, Dian Marlina; Novitaningtyas, Ivo
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 8, No 1 (2022): Mei 2022
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v8i1.4755

Abstract

Coffee is a plantation commodity that has high economic value. Indonesian coffee consumption continues to increase due to the shifting trend of drinking coffee in society. Magelang Regency as a coffee producer has the potential to be developed. By considering the area of coffee plantations and the condition of Magelang Regency as a super-priority tourist destination, a strategy is needed to develop the potential of coffee as a good economically viable product. Thus, this study aims to analyze the coffee plantation development strategy in Magelang Regency through the Strength, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT) matrix. The results showed that the condition of coffee plantations in Magelang Regency experienced a decrease in land area from year to year. Strategy analysis in an effort to develop the potential of coffee plantations in Magelang Regency through SWOT analysis is in quadrant III. The strategy that can be implemented is a turn-around strategy through efforts to increase knowledge of cultivation, postharvest, and technology for coffee farmers, and rejuvenating coffee plants that are entering an unproductive period.

Page 1 of 1 | Total Record : 8