cover
Contact Name
Albet Maydiantoro
Contact Email
albet.maydiantoro@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285269827071
Journal Mail Official
e3jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Published by Universitas Lampung
ISSN : 25795902     EISSN : 27752607     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/E3J
Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, kewirausahaan, dan inovasi penelitian di bidang pendidikan ekonomi seperti pengembangan media, blended learning, dan mobile learning.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)" : 16 Documents clear
Desain Modul Elektronik Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoritik Konsep Dasar Koperasi Inanna Inanna; Rahmatullah Rahmatullah
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik interaktif pada mata kuliah pengantar koperasi sehingga diharapkan dapat menjadi sumber belajar baru bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman teoritik terkait materi konsep dasar koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan analisis awal, identifikasi materi, pengembangan produk dan uji coba. Hasil penilaian ahli media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh skor 93,33%, Artinya bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan dan berada pada kategori sangat layak. Hasil tanggapan mahasiswa secara terbatas diperoleh skor 91,27 %, kategori sangat layak. Hasil perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I, sebesar 79,31 persen dan siklus II sebesar 92,23 persen. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam memahami materi konsep dasar koperasi dengan menggunakan modul elektronik interaktif dengan aplikasi canva. Dengan demikian modul elektronik yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring dan luring
How Product Quality, Price and Service Quality Impact Customer Satisfaction? Case Study at Son Hajisony Meatball Erlina Rufaidah
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Customer satisfaction is assessed after transaction or as a result of a comparison between what is felt and what is hoped. Customer satisfaction can thus be used to evaluate a company's future prospects based on how well or poorly it is currently performing. The effect of product quality, price, and service quality perspectives on customer satisfaction at Bakso Son Hajisony during the COVID-19 pandemic will be studied in this study. The results of the descriptive verification approach were examined using the ex post facto methodology and surveys in this study. 75 respondents were used to test the hypotheses using simple linear regression and multiple linear regression. Product quality, price and service quality all have significant effect on customer satisfaction according to the data. Keywords: Customer Satisfaction, Meatball, Price, Product quality, Service quality 
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII BDP 1 Pada Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Di SMK Negeri 4 Bandar Lampung T.P 2019/2020 amelia vidyastuti
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan hasil  belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII BDP 1. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan  bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar  observasi, dan catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, hal ini juga terlihat dari penilaian aktivitas peserta didik yang semakin meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2, diakhir siklus 2 aktivitas belajar peserta didik mencapai 85%, (2) hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) menunjukkan kemajuan yang berarti, secara keseluruhan peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 26 orang atau sekitar 89,66% dengan nilai rata-rata mencapai 80. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Kata kunci : Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), Aktivitas belajar, Hasil belajar, Produk Kreatif dan Kewirausahaanhttp://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i1.1-11
Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Riyan Yuliyanto; Pujiati Pujiati; Suroto Suroto; Albet Maydiantoro
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul pembelajaran berbasis flipbook maker yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar siklus akuntansi perusahaan jasa saat pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, dan angket. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa (1) sebagian besar hasil belajar belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah, (2) peserta didik merasa kesulitan pada saat proses pembelajaran materi siklus akuntansi perusahaan jasa, (3) cenderung kurang memaksimalkan teknologi komunikasi saat proses pembelajaran, (4) media pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan google form, baik dalam proses pembelajaran maupun evaluasi, (5) siswa belum memiliki buku pegangan berupa LKS. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan, rekomendasi pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar siklus akuntansi perusahaan jasa.Kata kunci: E-modul, flipbook maker, hasil belajar.http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i1.74-84
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Desa Kareloe Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto Sanriani Nur; Thamrin Tahir; M. Ihsan Said Ahmad; Tuti Supatminingsih; Muhammad Hasan
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap pendidikan anaknya di Desa Kareloe, Bontoramba, Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bersifat kuantitatif karena didasarkan pada sampel sebanyak 93 responden dan 1.249 rumah tangga yang tercatat di Jeneponto, Kecamatan Kareloe, Bontoramba. Kuesioner pada skala Likert telah dikirim untuk pengumpulan data. Analisis dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat sosial ekonomi orang tua berpengaruh baik dan signifikan terhadap pendidikan anaknya di Desa Kareloe Kecamatan Bontorambe Kabupaten Jeneponto. Variabel-variabel ini memiliki hubungan yang kuat, dan ditunjukkan nilai 0,394. Berdasarkan batasan Tabel tabel, sig 0,05, dan nilai konstanta 17.510 dan t tabel 1,661 Artinya H1 diterima dan H0 ditolak, artinya status sosial ekonomi orang tua (X) sangat penting bagi pendidikan anaknya (Y). Hal ini menunjukkan bagaimana status sosial ekonomi orang tua di Desa Kareloe, Bontoramba, Jeneponto mempengaruhi pendidikan anak-anaknya.
Effect of Timber, Palm Oil, and Gold Output on GNI in Indonesia in the Maqashid Framework Sulistya Rusgianto; Akhmad Kusuma Wardhana; Hasna Fauziana
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study had a purpose to observe if the natural resources production had a significant impact on GNI of Indonesia. this study also observed if the management of natural resources in Indonesia has been appropriate based on maqashid sharia principle.  This study used secondary data gathered from Faostat for palm oil and Roundwood coniferous production, and the world bank for data about gross national income (GNI) and total gold reserved. The data was collected using purposive sampling from Indonesia, starting from 1970 to 2019. The data were analyzed using vector error correction model method and processed by Eviews version 10. The result showed that palm oil and Roundwood coniferous productions had no significant effect to GNI. However, ouput of gold production had a significant effect to GNI of Indonesia. This study also showed that in the case of palm oil and Roundwood production, the way they had obtained was not appropriate according to the principle of maqashid sharia. In the case of palm tree plantation, the plantation could damage the nature and affect the social economy of the local people. In the case of Roundwood coniferous production, there was may illegal logging to increase the output. 
Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pemebelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi Dhea Clara Salshabella; Pujiati Pujiati; Fanni Rahmawati
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan kemudahan pada segala bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Guru sebagai pendidik dituntut untuk terus berinovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang dapat menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar. Salah satu tingkatan dalam pendidikan adalah SMK. Di SMK siswa dididik untuk siap terjun ke dunia kerja. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif dalam jurusan Akuntansi. Handout berupa media pembelajaran interaktif dianggap perlu dikembangkan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif ekploratif dengan subjek penelitian yaitu siswa jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Terbanggi Besar. Hasil observasi menunjukan bahwa materi pembelajaran Akuntansi masih berupa pdf dan buku pegangan/teks. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya media pembelajaran interaktif siswa menjadi lebih mudah dalam mengakses dan mengulang kembali materi pembelajaran di luar kegaitan belajar di sekolah.
Perbandingan Kinerja Cryptocurrency Bitcoin, Saham, dan Emas Sebagai Alternatif Investasi Tahun 2017-2021 Muhammad Hamdika; Liharman Saragih; Mahaitin H Sinaga
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja bitcoin, sahamLQ45 dan emasANTM tahun 2017-2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Peneliti mencari data harga penutupan bulanan dari bitcoin, saham LQ45, dan emasANTM dari tahun 2017-2021 dan diperoleh sebanyak 180 data. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel jenuh, kemudian peneliti mencari nilai return, risk, dan pengukuran kinerja dengan metode Sharpe, Treynor, dan Jensen. Kemudian, peneliti melakukan uji normalitas dan homogenitas selanjutnya menggunakan  uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara bitcoin, sahamLQ45, dan emasANTM jika dilihat dari return dengan nilai signifikansi 0,410 0,05  dan ukuran kinerja jansen dengan nilai signifikansi 0,446 0,05. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan antara bitcoin, sahamLQ45, dan emasANTM jika dilihat dari risk, ukuran kinerja sharpe dan ukuran kinerja treynor dengan masing-masing nilai signifikansi 0,000 0,05
Manajemen Pengetahuan Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Yoberth Kornelius
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengetahuan pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu yang berjumlah 729 orang. Penarikan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5 persen sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 260 responden. Selanjutnya teknik penarikan sampel dilakukan secara random sehingga seluruh populasi berpeluang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi langsung, kuesioner, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu sangat dipengaruhi oleh knowledge conversion yang berarti bahwa tenaga kesehatan mampu memperoleh pengetahuan dari berbagai sumber, baik itu di dalam rumah sakit maupun dari luar rumah sakit. Sementara itu, tenaga kesehatan memiliki kekurangan dalam hal knowledge protection, karena tenaga kesehatan belum mampu menjaga pengetahuan tersebut menjadi pengetahuan yang mereka miliki di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu.
Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Sarah Tsabitah; Ribhan Ribhan
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of multiple role conflict and emotional intelligence on employee performance at the University of Lampung. The type of this research is quantitative research. The sampling technique used in this research is based on probability sampling with random sampling method. The data used is primary data by distributing it to respondents, namely female lecturers who work at the University of Lampung, revealing 146 people. The data analysis method used is multiple linear regression analysis using the statistical test tool SPSS Software 18. The results of this show that multiple role conflict affects employee performance at the University of Lampung, while emotional intelligence has a positive and significant effect on employee performance at the University of  Lampung.Keyword : Work Family-Conflict, Emotional Intellegence, Employee PerformancePenelitian ini diadakan dalam rangka mengetahui serta analisis hubungan konflik peran ganda dan  kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan wanita yang bekerja di Universitas Lampung. Penelitian ini berjenis kausalitas disertai metode kuantitatif. Dalam mengambil sampel penelitian ini didasarkan pada probability sampling dengan metode random sampling. Data yang diambil bersumber dari data primer yakni dengan pembagian kuesioner untuk responden, yaitu dosen wanita yang bekerja di Universitas Lampung berjumlah 146 orang. Dalam menganalisis data penelitian ini Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan alat bantu uji statistik SPSS Software 18. Penelitian ini menghasilkan konflik peran ganda memiliki pengaruh secara negatif serta signifikan dalam kinerja karyawan wanita di Universitas Lampung, sedangkan kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang berlainan dengan cara positif serta signifikan terhadap kinerja karyawan wanita di Universitas Lampung.Kata kunci: Konflik Peran Ganda, Kecerdasan Emosional, Kinerja Karyawan

Page 1 of 2 | Total Record : 16