cover
Contact Name
Albet Maydiantoro
Contact Email
albet.maydiantoro@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285269827071
Journal Mail Official
e3jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Published by Universitas Lampung
ISSN : 25795902     EISSN : 27752607     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/E3J
Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, kewirausahaan, dan inovasi penelitian di bidang pendidikan ekonomi seperti pengembangan media, blended learning, dan mobile learning.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)" : 10 Documents clear
Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Kelompok Paguyuban Amreh Mulyo Yunita Khusnul Nafi'ah; Moch Wahyu Widodo
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi mengenai Strategi bisnis pada UMKM  keripik tempe Semoga Jaya yang masih belum maksimal. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana model bisnis dan penyesuaian model bisnis pada UMKM tersebut menggunakan metode kualitatif deskripitif .Model bisnis yang digunakan UMKM keripik tempe Semoga Jaya menggunakan BMC. BMC yang ada di UMKM perlu adanya beberapa penyesuaian agar lebih maksimal. Pada Segmen pelanggan di UMKM perlu adanya perluasan pangsa pasar ke daerah karesidenan Kediri dengan mengunakan media toko online. Untuk Nilai proposisi perlu adanya inovasi pada kemasan serta penambahan dalam pemberian lebel halal. Dalam menjangkau pelanggannya membutuhkan adanya media sosial, toko online (e-comers) dan juga pusat oleh oleh pada daerah karesidenan kediri. Pada Customer Relationship perlu tambahan media sosial untuk memudahkan pelanggan dalam memesan, mendapatkan informasi tentang keripik tempe serta melakukan kompain atas produk. Untuk mendapatkan tambahan pendapatan pada UMKM dibutuhkan adanya inovasi variasi rasa pada keripik tempe. Kata kunci: UMKM, Strategi bisnis, Model Bisnis, BMChttp://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i2.175-183
Perencanaan Pajak untuk Meminimalkan Pajak dalam Memilih Bentuk Usaha pada UD. Mekar Sari Pematangsiantar Wico Jontarudi Tarigan; Djuli Sjafei Purba; Vitryani Tarigan; Mahaitin H Sinaga
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk usaha perusahaan memiliki peran penting dalam partisipasi perpajakan. Bentuk usaha suatu perusahaan menentukan jumlah pajak yang akan ditanggung oleh perusahaan. Hal ini disebabkan perbedaan peraturan pemerintah tentang perpajakan pada bentuk usaha yang berbeda seperti Persekutuan (CV) dan Perseoran Terbatas (PT). Dengan memilih bentuk usaha yang tepat, perusahaan dapat memindahkan beban pajak yang akan ditanggung ke angka minimal. Dalam penelitian ini penulis akan membandingkan total beban pajak yang akan ditanggung perusahaan dalam bentuk usaha sebagai Persekutuan (CV) dan dalam bentuk nusaha sebagai Perseoran Terbatas (PT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif di mana diperoleh semua data - data yang diperlukan dalam analisis dari sumber internal perusahaan. Beberapa laporan keuangan perusahaan yang diperlukan untuk analisis laporan laba rugi dan laporan penyusutan. Berdasarkan analisis penulis, UD Mekar Sari memilih  bentuk usaha sebagai Perseroan Terbatas (PT) maka perusahaan akan mengalihkan beban pajak perusahaan lebih kecil dibandingkan dengan Persekutuan (CV).Kata Kunci: Bentuk usaha, pajak penghasilan, perencanaan pajak
Pemanfaatan Media Dalam Promosi Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar) Regal Vedrian; Muhammad Rakib; Mustari Mustari; Muhammad Dinar; Muhammad Ihsan Said Ahmad
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis study aimed towas to determine the utilization of tourism promotion media used by the Tourism and Culture Office of the Selayar Islands Regency in an effort to increase Regional Original Income. This study uses a descriptive qualitative approach. Informants in this study were officials of the Department of Tourism and Culture of the Selayar Islands Regency and tourists who visited tourist attractions in the Selayar Islands. Collecting data using interview, observation, and documentation methods. The results showed that the Department of Tourism and Culture of the Selayar Islands Regency in promoting tourism uses 4 promotion mixes, namely advertising, sales promotion, personal selling, and public relations. However, promotional activities have not been able to increase the Regional Original Income  of the tourism sector through the number of tourist visits. Regional levies for the tourism sector are only able to contribute no more than 0.5% of the Regional Original Income (PAD) of the Selayar Islands Regency.Keywords: Promotional Mix, Tourism Promotion Media, Tourist Visits, Regional Original Income ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media promosi pariwisata yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Selayar dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu pejabat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Selayar dan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kepulauan Selayar. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Kabupaten Kepulauan Selayar dalam mempromosikan pariwisatanya menggunakan 4 bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat. Namun kegiatan promosi belum mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata melalui jumlah kunjungan wisatawan. Retiribusi daerah sektor pariwisata hanya mampu meyumbang tidak lebih dari 0,5% terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kepulauan Selayar.Kata Kunci : Bauran Promosi, Media Promosi Pariwisata, Kunjungan Wisatawan, Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Yufita Sari; Rini Asnawati; Ryzal Perdana
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen.  Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Dwikora dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dengan jumlah sampel 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD.Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika, Problem Based Learning 
Analisis Pergeseran Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Masa Covid-19 Rahmah Dianti Putri; Rahmawati Rahmawati; Pujiati Pujiati
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pergeseran perilaku mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Proposal ini menggunakan tehnik Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.  Temuan ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran dan pengetahuan khasanah keilmuan ekonomi  yang berkaitan dengan pergeseran perilaku konsumtif mahasiswa khususnya di tengah Pandemi Covid-19.Kata kunci: Covid 19, mahasiswa, perilaku Konsumtif.
Daya Tahan UMKM di Era Tatanan Baru dan Disrupsi Digital Jawa Tengah Mukaromah Syakoer; Lalu Hendry Yujana; Kunto Nugroho
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Diskursus Daya Tahan UMKM Jawa Tengah di era tatanan baru, diimplementasikan dalam satu kebijakan Transformasi Digital. Bentuk-bentuk pelatihan penjualan online serta bimbingan teknis untuk mendorong dan menstimulus pelaku UMKM menuju digitalisasi menjadi bagian integral upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini mengkaji secara empiris tren positif potensi kebijakan Transformasi Digital bagi UMKM dalam kaitannya dengan era tatanan baru. Lebih jauh, penelitian KTI ini melihat dari sudut pandang fenomena disrupsi digital dalam skala konteks spasial Jawa Tengah yang selanjutnya diuji dalam kerangka kebijakan Tranformasi digital yang dikembangkan oleh Pemerintah Jawa Tengah. Penekenanan pada pendekatan metode kualitatif, Wawancara mendalam, Observasi lapangan dan Catatan lapangan terhadap stakeholder kunci,, baik sektor publik (Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota) serta sektor swasta (Sophee, Tokopedia, Dana, Rumah BUMN, serta Perusahaan Logistik) dan masyarakat pelaku UMKM, menjadi kerangka fundamental dalam menyusun uraian ilmiah penelitian KTI. Hasil riset ini menunjukkan bahwa konsistensi program Transformasi Digital di Jawa Tengah masih berkutat pada sektor pelatihan pemasaran digital dengan mendorong pemanfaatan platform E-commerce yang ada. Ditinjau dari sejumlah karakteristik disrupsi yang terjadi, Pemerintah Jawa Tengah memerlukan penguatan pada literasi digital pada tataran kebijakan, kedaulatan kebijakan terhadap E platform yang beroperasi, identifikasi terhadap indikator jejaring logistik dan upaya komprrhensif terkait dengan advokasi daya keberpihakan pada UMKM lokal terhadap porsentase produk impor yang beredar secara bebas dalam E-platform. Oleh karena itu, dengan melihat satu sisi potensi perkembangan ekonomi digital dimasa yang akan datang namun masih kurangnya intensitas kebijakan yang memayungi ritme disrupsi digital, hasil KTI ini juga mengerecutkan sebuah rekomendasi perlunya peta jalan digital Jawa Tengah yang harus diinisiasi dengan adanya Tim Task Force ekonomi digital sebagai langkah institusionalisasi isu.Kata kunci: Daya Tahan, Disrupsi Digital, Transformasi Digital, UMKM.
Penjualan Online Shop Amneeds.id Menggunakan Jasa Celebrity Endorser Sebagai Media Promosi Amiruddin Hasan; Achmad Mustofa; A Razak; Amrusi Amrusi; Risma Chairunnisah
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penjualan yang terjadi pada toko online Amneeds.id setelah menggunakan jasa dari celebrity endorser sebagai media promosi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, populasi yang diambil untuk penelitian ini adalah dari pemilik usaha dan konsumen yang membeli produk pada toko online Amneeds.id berjumlah 101 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang diambil dengan teknik sampling insidential. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terhadap variabel Penggunaan Jasa dan Media Promosi yang berpengaruh terhadap Penjualan Online dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis penelitian dengan uji T dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan SPSS versi 25 diperoleh nilai koefisien determinasi menunjukkan penggaruh dari penggunaan jasa terhadap penjualan online sebesar 0,481 atau 48,1%. Selanjutnya uji T pada taraf signifikansi 5% variabel penggunaan jasa terhadap penjualan online memperoleh nilai siginifikansi yang dibuktikan dari nilai t_hitung 5,843 t_tabel 1,992 dan media promosi terhadap penjualan online yaitu t_hitung 8,350 t_tabel 1,992. Sementara Uji F dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,000 0,05 dan dibuktikan juga dari nilai f_hitung  35,702 f_tabel 3,12. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara pengunaan jasa celebrity endorser sebagai media promosi terhadap penjualan online.Kata kunci: Media Promosi, Penggunaan Jasa, Penjualan Online
The Effect of Zakat Collection, Company Age, and Company's Total Assets on Financial Performance of Sharia Banking in Indonesia 2019-2020 Achmad Nur Iman; Raditya Sukmana; Alfath Shifa Ghifara; Akhmad Kusuma Wardhana
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the relationship of the collection of Zakat, bank age, and total assets to the financial performance of Islamic banking in a sample of several Islamic banks in Indonesia in 2020 using multiple linear logistic regression test in the 2016-2020 period. The results show that company age and total assets of Islamic banks have a positive and significant effect on the spatial performance of Islamic banks. Meanwhile, what happened to the collection of zakat, the data showed that the collection of zakat of Islamic banks did not have a significant positive effect on the financial performance of Islamic banks. It is suspected that the large standard deviation of the zakat variable causes the first hypothesis to be unsupported. The existence of third party funds (DPK) is also suspected of having an effect on the unsupported first hypothesis.Keywords: Assets, Indonesia, Islamic Banks, ROA, Zakat. 
Pembelajaran Ekonomi Abad 21: Pengukuran Literasi Ekonomi Siswa Aspek Pengetahuan dan Sikap Iis Aisyah; Astri Srigustini
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu kemampuan inti literasi dalam pembelajaran adalah literasi ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan literasi ekonomi baik dari segi pengetahuan maupun sikap. Partisipan dalam penelitian ini adalah 94 siswa kelas XI SMA se-Kota Tasikmalaya yang dipilih secara acak (random sampling). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Tes literasi ekonomi terdiri dari 44 pertanyaan mikroekonomi dan makroekonomi yang menilai pengetahuan dan sikap di beberapa bidang. Hasil temuan mengungkapkan bahwa siswa SMA di Kota Tasikmalaya memiliki tingkat literasi ekonomi sedang. Literasi ekonomi siswa rendah baik dari segi pengetahuan maupun sikap. Dari 20 indikator terdapat 3 indikator yang berada pada kategori rendah yaitu konsep pasar, perilaku konsumen dan kewirausahaan.Kata kunci: Literasi ekonomi, pembelajaran abad 21. 
Analisis Pengetahuan Investasi, Return dan Risiko Terhadap Minat Berinvestasi Online di Aplikasi Bibit (Studi Kasus Pada Generasi Millenial) Dwi Nanda Aryanti; Liharman Saragih; Wico Jontarudi Tarigan
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 5, No 2 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh investasi, return, dan risiko terhadap minat investasi di Bibit pada generasi millenial. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan investasi, return, dan risiko. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat investasi. Populasi penelitian ini berjumlah 10.000 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan investasi, return , dan risiko masing - masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di BibitKata Kunci : Pengetahuan Investasi, Return, Risiko, Minat Investasi

Page 1 of 1 | Total Record : 10