cover
Contact Name
M Hasan Ma'ruf
Contact Email
hasan.stie.aas@gmail.com
Phone
+6281802579955
Journal Mail Official
journal.stie.aas@gmail.com
Editorial Address
Jln Slamet Riyadi No. 361 Windan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Published by STIE AAS Surakarta
ISSN : -     EISSN : 25981153     DOI : https://dx.doi.org/10.29040/jie
Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi mengundang para guru, akademisi (dosen atau peneliti) dan praktisi terkait (Sekolah, Perguruan Tinggi, Pemerintahan, LSM, dan lain-lain) untuk dapat mengirimkan artikel dengan kajian ekonomi dan pendidikan ke Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE).
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020" : 40 Documents clear
BUDAYA KERJA, KEDISIPLINAN DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN (UTP) SURAKARTA Wahyuningsih Wahyuningsih; Sri Hartono; Djumali Djumali
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berpengaruh atau tidaknya budaya kerja, kedisiplinan dan insentif terhadap kinerja karyawan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Populasi didalam penelitian ini adalah 63 karyawan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Teknik pengambilan sampel tersebut adalah sampel sensus dengan mengambil sampel dengan keseluruhan yaitu 63 responden. Data pengumpulan menggunakan kuesioner skala likert untuk mengukur jawaban responden untuk mengidentifikasi hubungan antara budaya kerja, kedisiplinan dan insentif terhadap kinerja karyawan. Hasilnya yaitu menunjukkan bahwa budaya kerja, kedisiplinan dan insentif berpengaruh simultan dan signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya kerja secara signikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, kedisipilinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan insentif berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Opini Audit Going Concern Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2014-2017 Johny Subarkah; M. Hasan Ma'ruf
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, terhadap opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,697 yang berarti bahwa 69,7 % opini audit going concern dipengaruhi oleh kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, sisanya 30,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kualitas audit, kondisi keuangan dan opini audit tahun sebelumnya tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap opini audit going concern. Kata kunci: kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, opini audit tahun sebelumnya. This study aims to determine the effect of audit quality, financial condition, company growth, company size, previous year's audit opinion, on going concern audit opinion on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2014-2017 period. The population in this study are manufacturing companies listed on the IDX. The sample collection method uses purposive sampling. The analytical tool used in this study is logistic regression analysis. The results showed that the coefficient of determination obtained a value of 0.697 which means that 69.7% of going concern audit opinion is influenced by audit quality, financial condition, company growth, company size, audit opinion of the previous year, the remaining 30.3% is explained by variables Other variables outside the research model. Hypothesis test results indicate that the audit quality, financial condition and audit opinion of the previous year do not affect the going concern audit opinion. While the company growth and firm size variables influence the going concern audit opinion.. Keywords: audit quality, financial condition, company growth, company size, previous year's audit opinion.
ANALISIS KUALITAS KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN BPJS KETENAGAKERJAAN SURAKARTA Nia Purbowati; Istiqomah Istiqomah; Burhanudin Ahmad Yani
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas kepemimpinan, motivasi, dan pengembangan karir terhadap loyalitas karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, digunakan sampel sebanyak 45 responden karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surakarta. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer), study kepustakaan dan wawancara langsung dengan pihak terkait sesuai tujuan penelitian. Teknik analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda dengan uji hipotesis yakni uji F (simultan), uji t (parsial), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kepemimpinan, motivasi, dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surakarta. Kualitas kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas kerja karyawan. Motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan, lalu Pengembangan karir secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Kata Kunci : Kualitas Kepemimpinan, Motivasi, Pengembangan Karir, Loyalitas Karyawan
Loyalitas pelanggan terhadap Produk Starbucks ditinjau dari Dimensi Ekuitas Merek (Pada Starbucks di Solo Square Surakarta) Muhammad Rian Kisara; Bambang Mursito; Drs Djumali
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.892

Abstract

The aim of this research are: to find out the simultaneous and partial influence of brand awareness, brand loyalty, brand association, and quality perception on Starbucks customer loyalty. The sample in this study were 75 Starbucks customers. Data collection techniques in this research were using observation, documentation , and questionnaires.Technical data analysis in this research were using classic assumption test, multiple linier test, ttest, ftest, the coefficients determined. The result of this study showed that there are simultaneous and partial influences of brand awareness, brand loyalty, brand association, and quality perception on Starbucks customer loyalty. Key words: brand awareness, brand loyalty, brand association, quality perception, and customer loyalty
Potensi pariwisata keraton kasunanan surakarta di tinjau dari daya tarik, lokasi dan promosi Septian Haryoko; Ida Aryati; Ratna Damayanti
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.831

Abstract

The purposeFof thisPstudy aimsPto determinePthe effect of Attraction Data, Location and Promotion of the Tourism Potential of the Surakarta Sultanate Palace. This type ofPresearch is a quantitative description. ThePpopulation inPthis studyIwere visitors to the Surakarta Kasunanan Palace, amounting to 1223 using Purposive Sampling with 100 respondents.0This studyPuses dataPanalysis techniques inNthe formPof multiplePlinear regression tests. ThePresults of this studyKindicate that: (1) There is an influence of Attractiveness on Tourism Potential of Surakarta Palace of Kasunanan which is indicated by the regression5coefficient value of 4.061 and the0significance value is smaller thanPthe levelPof significantG(0,000 0.050), and (3) There is an influence on the Promotion of the Potential Surakarta Palace Keraton Tourism indicatedPby a regressionPcoefficient of 3.249 andPSignificance valuePis smaller thanPthePlevel of significant (0.002
Produktivitas Kerja Karyawan Ditinjau dari Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta Khairunisa Nur Baiti; Djumali Djumali; Eny Kustiyah
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan motivasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta, mengetahui pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta, mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta, mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Populasi dalam penelitian ini 975 karyawan. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Secara simultan motivasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta dengan nilai Fhitung > Ftabel (27,102) > (2,70) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan thitung (1,641) < ttabel (1,984) dan nilai signifikansi 0,104 > 0,05. Variabel disiplin kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan thitung (8,830) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan thitung (0,001) < ttabel (1,984) dan nilai signifikansi 0,999 > 0,05. Kata kunci : motivasi, disiplin kerja, lingkungan kerja, dan produktivitas kerja
Kepuasan Pelanggan Gerai Batik Keris di tinjau dari Diferensiasi Produk, Brand Image dan Pelayanan Nura Iudita Kartikaningtyas; Eny Kustiyah; Djumali Djumali
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.884

Abstract

This study aims to determine customer satisfaction at the Keris Batik Outlet. This type of research is quantitative descriptive. The population in this study used sample 100. Then the researchers used SPSS version 21 with quantitative analysis which included validity and reliability tests, classic assumption tests, multiple linear regression analysis, hypothesis testing with the F test and t test and the coefficient of determination. Keywords: Customer Satisfaction, Product Differentiation, Brand Image, Service.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, SKILL DAN ATTITUDE TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada karyawan Hotel Indah Palace di Tipes Surakarta) Putri Ayu Adika; Ida Aryati; Istiqomah Istiqomah
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.826

Abstract

The Influence of Leadership Style, Skill, and Attitude on Employee Performance (Study of Indah Palace Hotel Employees in Tipes Surakarta). Thesis Management Study Program (S1). Surakarta Islamic Muslim University 2020. The purpose of this study wes to determine the effect of Leadership Style, Skill, and Attitude on Employee Performance (Study of Indah Palace Hotel Employees in Tipes Surakarta). This research uses quantitateve research. The population is all 40 employees of the Indah Palace Hotel Surakarta. The number of samples used was 40 respondents. The sampling technique uses non probability sampling method with saturated sampling approach. The data analysis technique used for this study is using multiple linear regression. The results of the study show that the F test influences the Leadership Style, Skill, and Attitude simultaneously and significantly influences the performance of employees at the Indah Place Hotel in Tipes Surakarta. T test results showed that the Leadership Style had a positive and significant effect on employee performance at the Indah Palace Hotel Surakarta, Skills had a positive and significant effect on employee performance at the Indah Palace Hotel Surakarta, and Attitude had a positive and significant effect on employee performance at the Indah Palace Hotel Surakarta. The coefficient of determination shows the variables of Leadership Style, Skill, and Attitude have an influence of 72,9% on the variable Employee Performance in the Indah Palace Hotel Surakarta, the rest of 27,1%. The most dominant influence on the performance of employees of the Indah Palace Hotel Surakarta is that the Leadership Style variable has the biggest t count, which is 4,287.
Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Intelectual Capital Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Sri Supatminingsih; Monot Wicaksono
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan good corporate governance, ukuran perusahaan, dan modal intelektual terhadap praktek manajemen laba. Variabel dalam penelitian ini adalah Good Corporate Governance yang diproksikan ke dalam proporsi dewan komisaris dan keberadaan komite audit, variabel ukuran perusahaan dan modal intelektual. Sampel pada penelitian ini adalah 50 perusahaan manufaktur yang secara konsisten terdaftar di BEI pada rentang waktu 2015-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa good corporate governance, ukuran perusahaan, dan modal intelektual berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Kata Kunci: Good Corporate Governance, ukuran perusahaan, modal intelektual, manajemen laba
KEPUASAN NASABAH DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN, REPUTASI PERUSAHAAN, DAN PERSEPSI KLAIM NASABAH (STUDI PADA KC AJAB BUMIPUTERA 1912 SURAKARTA) Yolanda Cahya Utami; Sri Hartono; Eny Kustiyah
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 4, No 01 (2020): EDUNOMIKA, VOL. 04, NO. 01, Februari 2020
Publisher : ITB AAS INDONESIA Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v4i01.852

Abstract

The purpose of this study is to determine whether there is a significant influence between the variable quality of service, company reputation, and customer claims perception and customer satisfaction. In addition, it is also to find out whether there is a significant simultaneous effect and which variable is the most dominant in influencing customer satisfaction at KC AJB Bumiputera 1912 Surakarta. The method used is a method based on quantitative descriptive, where the sampling technique uses Random Sampling, which is a random sampling technique, regardless of the level contained in the population. The data used are primary data and secondary data with data collection techniques: questionnaires, observations, interviews, and literature study. Data analysis techniques in this study used multiple linear, determination test (R2), F test, and t test. The results of the study can be concluded that: 1) There is an effect of service quality, company reputation, and simultaneous perception of customer claims on customer satisfaction at KC AJB Bumiputera 1912 Surakarta, 2) There is an influence of service quality on customer satisfaction at KC AJB Bumiputera 1912 Surakarta Batik in the City of Solo, 3) There is an influence of company reputation on customer satisfaction in KC AJB Bumiputera 1912 Surakarta, 4) There is an influence of customer perception perceptions of customer satisfaction on KC AJB Bumiputera 1912 Surakarta. Keywords: Service Quality, Company Reputation, Customer Claim Perception, and Customer Satisfaction

Page 1 of 4 | Total Record : 40