cover
Contact Name
Tri Cahyono
Contact Email
tricahyonoubt@gmail.com
Phone
+6282252730211
Journal Mail Official
jbkb.borneo@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama, No 1, Tarakan
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo
ISSN : 26850753     EISSN : 26852039     DOI : -
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo (JBKB), mempublikasikan kajian dan hasil penelitian pada ruang lingkup Bimbingan dan Konseling serta pendidikan yang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling. Setiap naskah yang dikirimkan akan ditinjau menggunakan metode peninjauan ganda. Scope Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo (JBKB): Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling Academic Guidance and Counseling Assessment in Guidance and Counseling Group Guidance Group Counseling Individual Counseling Multicultural Counseling Behavior Analysis and Modification Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling Guidance and Counseling Management Mental Hygiene Media of Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022" : 12 Documents clear
PERAN KONSELING REALITAS DALAM MENURUNKAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA Ridha, A. Ahmad
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2713

Abstract

AbstrakIdealnya, mahasiswa program sarjana dapat menyelesaikan pendidikan dalam jangka waktu empat tahun. Namun, dalam proses menempuh pendidikan seringkali mahasiswa terkendala dalam penyusunan skripsi hingga menyebabkan terjadi prokrastinasi dan menghambat kelulusan. Konseling realitas dapat digunakan untuk membantu mahasiswa menyadari tanggungjawabnnya untuk menyelesaikan penyusunan skripsi sebagai tugas akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling realitas dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik penyusunan skripsi pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode single case experimental design dengan perlakuan berupa pemberian konseling realitas pada satu orang subjek penelitian. Subjek penelitian merupakan mahasiswa semester sepuluh yang melakukan prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi. Instrumen penelitian berupa skala prokrastinasi akademik. Data dianalisis secara deskriptif dengan mendeskripsikan perubahan yang dialami subjek penelitian sebelum dan setelah pelaksanaan konseling realitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek mengalami penurunan tingkat prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi setelah pelaksanaan konseling realitas.
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS IX SMP PGRI 1 BUDURAN Fitrianti, Lutfiah Indar; Mufidah, Elia Firda; Farid, Dimas Ardika Miftah
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2701

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data sikap kepedulian kepada orang lain Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan serta untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan permainan mampu meningkatkan sikap kepedulian kepada orang lain Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra. Metode penelitian menggunakan pre eksperimental pre test post-test design.  Teknik analisis data menggunakan uji Paired Simple test. Hasil perhitungan pre-test bahwa rata-rata sikap kepedulian kepada orang lain sebelum diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan permainan berada dalam kategori sedang dengan persentase 63.65%.  Setelah mendapatkan perlakuan berupa bimbingan kelompok mengalami peningkatan yaitu sebesar 13.78% menjadi 77.43% dan termasuk dalam kategori tinggi.  Berdasarkan hasil uji wilcoxon terhadap kepedulian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan  Zhitung = 3.065 Ztabel  = 002.  Berdasarkan hasil tersebut maka bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan efektif meningkatkan sikap kepedulian Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra. Luaran  penelitian ini adalah publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional ber ISSN serta publikasi pada pertemuan ilmiah Refanas.  Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang menghasilkan prinsip dasar teknologi, formulasi konsep dan aplikasi teknologi, hingga pembuktian konsep penelitian dengan indikator TKT 3. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok  Dengan Menggunakan Permainan, Sikap Kepedulian Kepada Orang Lain
RASIONAL EMOTIF TERAPI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MASA PANDEMI COVID Ananda, Bella Rizki; Rosidah, Ainur; Saikhoni, Saikhoni
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2714

Abstract

AbstrakMasa pandemi covid dapat membuat siswa menjadi jenuh dan bosan dalam pembelajaran yang diberikan guru karena kurang adanya pemahaman materi yang disampaikan sehingga menyebabkan rendahnya disiplin belajar pada diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif berupa pre experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design dengan populasi 30 orang siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Talangpadang dan sampel penelitan 12 siswa. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin belajar siswa yang rendah. Hasil penelitian diperoleh Z hitung sebesar 3,063 Z tabel 1,96 dan nilai (sig) sebesar 0,002 0,05. diperoleh rata-rata skor pretest 73 dan posttest 126,2. Berdasarkan penghitungan skor menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata skor sebelum dan sesudah diberikan layanan berupa rasional emotif terapi dengan selisih rata-rata 53,2. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa teknik rasional emotif terapi efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa pada masa covid.Kata Kunci : Disiplin Belajar, masa pandemic covid, Konseling Kelompok, Rasional Emotif Terapi
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ELABORASI, KRETAIF, SAVI, TEGAS, RASIONAL, INSPIRATIF DAN MODERN (SI EKSTRIM) Handayani, Wahyu Eko
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2702

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini menggabungkan beberapa metode pembelajaran untuk mencapai hasil belajar. Metode yang digunakan memanifestasikan nilai-nilai dan sikap-sikap positif kehidupan sehari-hari dalam proses kegiatan dikjartih di pendidikan dan pelatihan aparatur melalui elaborasi, kreatif, savi, tegas, rasional, inspiratif dan modern. Hasil penelitian ini meningkatkan kegiatan elaborasi, kreativitas pendidik, aktivitas indra peraba, kinestetik dan fisik serta cara pikir peserta.Kata Kunci : ekstrim, metode pembelajaran, buku kerja,
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI CCYBERBULLYING DI SMP NEGERI 10 TARAKAN Ariyanti, Faujiah; Suriata, Suriata; Zainuddin, M. Said; Suprianto, Suprianto
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2715

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Ccyberbullying di SMP Negeri 10 Tarakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analisis deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru waka kesiswaan, dan guru tata tertib yang berada di SMP Negeri 10 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi ccyberbullying kepada siswa adalah memberikan layanan konseling individu dengan memberikan bimbingan atau pemahaman sebanyak 3 kali, memberikan poin ccyberbullying, memberikan skorsing sebanyak 3 hari, memanggil orangtua, dan dengan memberikan kegiatan tambahan. Untuk siswa yang menjadi korban ccyberbullying juga diberikan bimbingan atau pemahaman dan motivasi-motivasi sebanyak 2 sampai 3 kali, diberikan kegiatan tambahan atau mengikutkan siswa dalam olahraga dilapangan supaya siswa tidak merasa trauma, mau bergaul dengan yang lain atau dengan temannya, dan tidak berujung menjadi depresi. Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Ccyberbullying
PEMAHAMAN PENYUSUNAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Wirastania, Aniek; Mufidah, Elia Firda; Farid, Dimas Ardika Miftah
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2703

Abstract

AbstrakPembimbingan dan   layanan konseling merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mendampingi dan memfasilitasi untuk optimalisasi perkembangan peserta didik. Pentingnya layanan kegiatan bimbingan dan konseling ini maka dibutuhkan program yang baik, sehingga diperlukan pemahaman yang dalam penyusunan program bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman penyusunan program layanan bimbingan dan konseling peserta semilokanas ABKIN Jatim sebanyak 147 peserta yakni guru bimbingan dan konseling dan serumpun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian ini mengungkapkan pemahaman responden dalam penyusunan program  bimbingan dan konseling tergolong baik. Kata Kunci : pemahaman, penyusunan program, layanan bimbingan dan konseling
EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL MELALUI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGATASI PERUNDUNGAN SOSIAL PADA SISWA Imamah, Nurul; Rofi 'Azmi, Khilman
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2711

Abstract

AbstractOne of the efforts to follow up on the cash us bullying students are forms implementation of good order to the school and student. Purpose of the paper is to test the effectiveness of behaviolare counseling through cognitive restructuring technique to address the bullying class of IX class students in MTs Islamiyah Blingoh. This research uses quantitative approach.The method used in this research is the True Esperiment study with the preterest-posttest control group design design.The sample of research used this study is there as many as 16 students who have medium and high bullying categories. Based on the results of the study, it is known that there is a decrease in bullying behavior after implementing the behaviolance of congestion through cognitive restructuring techniquewith obtained DF = 7 with significant level 0, 05 are 2,365, and obtained tcalculate= 32.829. Because of tcalculatettable,So (32,829 2.365), then H0 is rejected and ha is acceptable. While the control group with DF = 7 with significant level0, 05ARE 2,365, and obtained tcalculate= 1.567.because oftcalculatettable, then (1.567 2,365), then H0 accepted and H0 is rejected.So it can be concluded that by expressing effective Cognitive Restructuring techniques to address the Bullying Class of IX class students in MTS Islamiyah Blingoh.Keyword: Bullying, Cognitive Restructuring, Behavioral Counseling
ANALISIS JARINGAN SOSIAL BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN DATA TWITTER Arhas, Sitti Hardiyanti; Suprianto, Suprianto; Zainuddin, M. Said; Rahmi, Siti
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2699

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jaringan sosial peran guru bimbingan dan konseling menggunakan data Twitter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif netnografi. Penelitian netnografi merupakan metode ilmu sosial untuk menyajikan pendekatan baru untuk melakukan penelitian etnografi yang etis dan menyeluruh yang menggabungkan pekerjaan arsip dan komunikasi online, partisipasi dan pengamatan, dengan bentuk-bentuk baru pengumpulan data digital dan jaringan, analisis dan representasi penelitian. Netnografi sangat berguna untuk mengungkapkan gaya interaksi, narasi pribadi, pertukaran komunal, aturan online, praktik, dan ritual, gaya diskursif, bentuk kolaborasi dan organisasi yang inovatif, dan manifestasi kreativitas. Data diperoleh dari Twitter menggunakan aplikasi Atlas.ti. Kata kunci pencarian yang digunakan adalah “guru BK”, tweet maksimal 300 tweet, dan data yang dipilih adalah tweet tanpa retweet sekaligus membuat jaringan dari penulis, mention, dan hashtag. Selanjutnya data diolah menggunakan analisis jaringan. Analisis jaringan dilakukan dengan mengesampingkan/menghilangkan tweet yang tidak terhubung/terkait dengan tweet lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling mewadahi siswa untuk melakukan bimbingan persiapan ke perguruan tinggi. Bimbingan kejuruan melibatkan pengetahuan yang lengkap dan komprehensif dari setiap murid, sifat pekerjaan dan karakteristik psikologis yang dibutuhkan untuk sukses, pencapaian dan kepuasan kerja dalam pekerjaan yang berbeda, data yang relevan tentang peluang kejuruan, jenis pelatihan yang dibutuhkan, peluang kemajuan, dan sebagainya.Kata Kunci : Jaringan sosial, twitter, bimbingan dan konseling
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AMIN Latepo, Ibrahim; Rahmi, Siti; Zainuddin, M. Said
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2712

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan edukatif terhadap interaksi sosial  Anak  Kelas B1 TK AL-AMIN Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental design dalam bentuk Reversal Time Series Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 56 anak dan sampel 10 anak kelas B1 TK AL-AMIN Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis grafik dengan ketentuan pengambilan keputusan analisis grafik berdasarkan, Frekuensi, Latensi, Kecenderungan Stabilitas, Kecenderungan arah grafik, dan Level Perubahan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui observasi yang dilakukan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan (intervensi) berupa metode permainan edukatif  berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari data frekuensi menunjukkan adanya peningkatan selama pengamatan, berdasarkan kecenderungan arah grafik (trend) menunjukkan arah yang stabil dan membaik/meningkat, dan pada level perubahan data yang diperoleh cenderung stabil dan meningkat. Maka dapat dismpulkan bahwa ada pengaruh  metode permainan edukatif terhadap interaksi sosial anak kelas B1 TK AL-AMIN Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Permainan Edukatif, Interaksi Sosial, Taman Kanak-Kanak
ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN DARING Sirait, Emma Juwita Magdalena
Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo Vol 4, No 1 (2022): Vol 4 No 1, Juni 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbkb.v4i1.2700

Abstract

ABSTRAKKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua. Pembelajaran Daring dapat dilaksanakan melalui a) Media Belajar seperti ; Aplikasi Belajar Online, Pesan Instan ( WA,FB), media konferensi dan media berbasis video. b) Aktivitas belajar daring seperti ; menyampaikan materi, sesi tanya jawab, pemberian tugas dan koreksi tugas. Pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kelemahan terhadap peserta didik terkhusus mahasiswa. Learning loss terjadi karena kurangnya kualitas serta fasilitas bagi anak yang menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh. Sehingga akhirnya berdampak pada penurunan capaian belajar. Perubahan metode mengajar dari yang tatap muka menjadi daring juga menyebabkan motivasi belajar mahasiswa menjadi berubah sehingga berdampak akan terjadinya Learning loss.  Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter hadir dengan pertimbangan bahwa dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab, pemerintah memandang perlu penguatan pendidikan karakter. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter mahasiswa , serta  dampak Learning Loss dalam pembelajaran Daring oleh mahasiswa BK FKIP UBT. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Learning Loss

Page 1 of 2 | Total Record : 12