cover
Contact Name
Syamsuriana Basri
Contact Email
-
Phone
+6285299128358
Journal Mail Official
jurnalkarst@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, 90511, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
ISSN : 26229641     EISSN : 26551276     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya" : 11 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PESERTA DIDIK SMP UNISMUH MAKASSAR Salwa Rufaida; Izatul Mubarokah
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.233 KB)

Abstract

Abstrak: Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Experiential Learning Peserta Didik SMP Unismuh Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model experiential learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP Unismuh Makassar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Unismuh Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif dan data skor pencapaian keterampilan berpikir kreatif dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,6 dan pada siklus II menjadi 77,2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model experiential learning bagi peserta didik kelas VIIA SMP Unismuh Makassar dalam proses pembelajaran, maka keterampilan berpikir kreatif dapat meningkat.
HUBUNGAN KINERJA DAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTAENG Napsawati Napsawati
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.698 KB)

Abstract

Abstrak: Hubungan Kinerja dan Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri Se Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui hubungan kinerja guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (2) mengetahui hubungan kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (3) mengetahui hubungan kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Penelitian terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi berjumlah 545 peserta didik yang tersebar diseluruh kelas XI jurusan IPA SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng, kemudian berdasarkan sistem random sampling diperoleh 231 jumlah sampel.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala model likert. Data yang diperoleh diolah dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari analisis korelasi dan regresi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapt hubungan yang kuat antara kinerja guru dengan motivasi belajar fisika, terdapat hubungan yang kuat antara kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII DI MTS DDI KALUPPANG Farida Arief
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.534 KB)

Abstract

Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Siswa Kelas VII di MTs DDI Kaluppang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar fisika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran berbasis pengalaman pada siswa VII di MTs DDI Kaluppang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII.B di MTs DDI Kaluppang semester genap tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran berbasis pengalaman. Hal ini ditandai dengan meningkatnya: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 46,94 dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 73,61 dengan kategori sedang pada siklus II. (2) rata-rata persentase aktivitas siswa dari siklus I 54,79% dengan kategori cukup meningkat menjadi 80,3% dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 4,17 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 4,7 dengan kategori sangat baik pada siklus II.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 JENEPONTO Syamsuriana Basri; Husnul Khatimah B
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.219 KB)

Abstract

Abstrak: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 6 Jeneponto. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 35 orang kelas eksprimen dan 32 kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mean atau rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen 85,54 dan kelas kontrol 75,72. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto.
PERSAMAAN MEDAN EINSTEIN EFEKTIF ENERGI RENDAH PADA MODEL DUNIA BRANE DENGAN MEDAN SKALAR BULK Irsan Rahman
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.122 KB)

Abstract

Abstrak: Persamaan Medan Einstein Efektif Energi Rendah pada Model Dunia Brane dengan Medan Skalar Bulk. Penelitian ini adalah studi analitik untuk memperoleh persamaan medan Einstein efektif pada brane. Model yang digunakan dalam studi ini adalah model dunia brane dengan tambahan suku medan skalar pada bulk dan brane berdimensi . Persamaan medan Einstein brane diperoleh melalui pendekatan ekspansi gradient atau pendekatan limit energi rendah. Persamaan medan Einstein yang diperoleh memodifikasi persamaan medan Einstein dalam teori relativitas umum dengan suku tambahan yang diharapkan berprilaku sebagai energi gelap.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARRU Nur Amaliah Akhmad
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/karst.v2i2.780

Abstract

Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran IPA pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Barru. Kesulitan belajar pada anak sering ditemukan pada proses pembelajaran dikelas. Peserta didik yang memiliki kesulitan belajar memiliki karakteristik sendiri dalam proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan pada pembelajaran IPA semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan feskriptif Kualitatif dengan Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri Barru. Sampel ditarik dengan menggunakan metode random sampling dan diperoleh kelas VIII4. Data diperoleh dengan menggunakan angket, observasi langsung dan wawancara tidak terstruktur. Indikator kesulitan belajar mencakup faktor fisiologis, Psikologi, sosial,sarana dan prasana, metode pembelajaran serta peran guru dalam proses belajar dikelas.
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PESERTA DIDIK SMP UNISMUH MAKASSAR Rufaida, Salwa; Mubarokah, Izatul
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/karst.v2i2.419

Abstract

Abstrak: Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Experiential Learning Peserta Didik SMP Unismuh Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model experiential learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP Unismuh Makassar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Unismuh Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif dan data skor pencapaian keterampilan berpikir kreatif dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,6 dan pada siklus II menjadi 77,2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model experiential learning bagi peserta didik kelas VIIA SMP Unismuh Makassar dalam proses pembelajaran, maka keterampilan berpikir kreatif dapat meningkat.
HUBUNGAN KINERJA DAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTAENG Napsawati, Napsawati
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/karst.v2i2.424

Abstract

Abstrak: Hubungan Kinerja dan Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri Se Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui hubungan kinerja guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (2) mengetahui hubungan kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (3) mengetahui hubungan kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Penelitian terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi berjumlah 545 peserta didik yang tersebar diseluruh kelas XI jurusan IPA SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng, kemudian berdasarkan sistem random sampling diperoleh 231 jumlah sampel.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala model likert. Data yang diperoleh diolah dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari analisis korelasi dan regresi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapt hubungan yang kuat antara kinerja guru dengan motivasi belajar fisika, terdapat hubungan yang kuat antara kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII DI MTS DDI KALUPPANG Arief, Farida
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/karst.v2i2.425

Abstract

Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Siswa Kelas VII di MTs DDI Kaluppang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar fisika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran berbasis pengalaman pada siswa VII di MTs DDI Kaluppang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII.B di MTs DDI Kaluppang semester genap tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran berbasis pengalaman. Hal ini ditandai dengan meningkatnya: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 46,94 dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 73,61 dengan kategori sedang pada siklus II. (2) rata-rata persentase aktivitas siswa dari siklus I 54,79% dengan kategori cukup meningkat menjadi 80,3% dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 4,17 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 4,7 dengan kategori sangat baik pada siklus II.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 JENEPONTO Basri, Syamsuriana; Khatimah B, Husnul
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/karst.v2i2.428

Abstract

Abstrak: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 6 Jeneponto. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 35 orang kelas eksprimen dan 32 kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mean atau rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen 85,54 dan kelas kontrol 75,72. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto.

Page 1 of 2 | Total Record : 11