cover
Contact Name
Andry
Contact Email
andrymasri@gmail.com
Phone
+6281802123533
Journal Mail Official
jurnalde@jurnal-desain-indonesia.com
Editorial Address
https://jurnal-desain-indonesia.com/index.php/jdi/editortim
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
The Indonesian Design Journal
ISSN : -     EISSN : 26847760     DOI : https://doi.org/10.52265/
Core Subject : Humanities, Art,
The Indonesian Design Journal (JDI) is an open journal—managed by the Indonesian Industrial Product Designers Alliance (ADPII)—that focuses on publication of research in general design fields, either as result of traditional form of research activities or design works.JDI is published twice a year, January and September. The Indonesian Design Journal (JDI) aims to build and strengthen all academic nuances related to design fields: product design, industrial design, interior design, visual communication design, textile design, craft, fashion design, and other notable fields of design that produce artifacts. All received writings shall be based on process of making (or creation) of artifact, creative analysis, design research result, concept and ideas, application of theory and method, philosophical opinion, or book reviews. SCOPE The scope of the Indonesian Design Journal (JDI) are—but not limited to—as follows: Social and cultural aspects of Design. Design Methods, Approaches and Processes. Design Management and Strategy. Craft and Design. Design Education Ergonomics of Design. Design History, Theory and Philosophy Design and Materials. Interaction and User Experience Design
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain" : 7 Documents clear
Peluang Pengembangan Produk Kreatif : Limbah Kulit Kopi Kelompok Tani Manglayang Bandung untuk Komponen Desain Furnitur Azzahra, Anantya Fadlah; Saryanto, Saryanto
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.409

Abstract

Tingginya limbah industri dari sektor perkebunan menjadi perhatian utama di Indonesia, terutama dalam konteks produksi kopi. Sentra Tani Manglayang, sebagai salah satu industri kopi yang sudah lama berkembang, menghasilkan limbah kopi yang memiliki potensi untuk didaur ulang menjadi sebuah produk baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peluang pengembangan produk kreatif dari limbah kulit kopi, dengan fokus pada integrasi limbah tersebut dalam desain furnitur. Pendekatan ini melibatkan proses eksperimen limbah menjadi komponen penting dalam pembuatan furnitur dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Usaha ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam pemanfaatan limbah kulit kopi, menjadikannya sebagai sumber daya yang berkelanjutan dan bernilai bagi lingkungan.
Designing a Board Game as an Educational Tool Regarding 38 Provinces of Traditional Houses in Indonesia for Children Aged 9-12 Years Putri, Shinta Ameilya
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.489

Abstract

Media pembelajaran saat ini cukup diperlukan sebagai penunjang adanya proses pembelajaran yang baik dan mudah dimengerti terutama oleh anak, banyak diantaranya yang belum bisa memahami dengan baik mengenai pembelajar terkhususnya pembelajaran kebudayaan. Kebudayaan Indonesia memiliki peran penting dalam pendidikan, salah satu budayanya yaitu rumah adat, yang saat ini masih kurang dalam bentuk edukasi yang mudah untuk anak pahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikah sebuah media edukasi yaitu board game untuk anak usia 9-12 tahun yang sudah dikategorikan mengerti tata cara bermain permainan, dijadikannya board game sebagai penunjang utama dalam edukasi ini adalah dengan menerapkan sistem belajar sambil bermain yang mampu secara mudah dalam membentuk sebuah modal berfikir kreatif pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa kepustakaan, wawancara, dan kuisoner, selain itu adapun metode perancangan yang digunakan pada perancangan ini menggunakan metode board game design yang terdapat pada buku “The Kobold Guide to Board Game Design” oleh Mike Selinker. Hasil Penelitian dalam perancangan mencakup sangat baik dan dapat dimengerti oleh anak usia 9-12 tahun yang dimana mereka dapat mengetahui masing-masing rumah adat yang ada di Indonesia tanpa harus merasa kebingunngan. Kata Kunci: Board Game Strategi, Edukasi, Warisan Kebudayaan Indonesia, Rumah Adat
Membongkar Agensi Objek dalam Produksi Craft Menuju Pembangunan Berkelanjutan Werdhaningsih, Hendriana
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.491

Abstract

Sustainable development (SD) is a global agenda that needs multi stakeholders participation to ensure it reaches the goals, including craft and design practitioners intervention. It shall begin with understanding what a certain kind of sustainability means at the practical level. Learning that traditional craft practice reflects the SD principles and the significance of objects as agencies, this paper unpack the kinds of objects in craft production and its agency endorse sustainable development principles. It used multiple sources within one research design by triangulating the data from multiple data collection methods: designer interviews; field research in a bamboo craft production in Tasikmalaya (Indonesia); and in a glassblowing workshop in Chicago (North America). The result shows that objects, such as material, tools, and space contribute to the harmony of social, environmental, and economic systems. Objects ‘kick back’ formulates production constraints in material sourcing and treatment, and capacity of production. It facilitates social capital that strengthens the social system in the community, and shapes craft production to focus on well-being instead of great income. Object agencies in craft production could inspire design intervention in sustainable development.
Transformasi Digital pada Industri Kerajinan berbasis Upcycling: Wahmuda, Faza; Zulaikha, Ellya; Fabroyir, Hadziq
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.500

Abstract

Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan kemudahan akses bagi berbagai industri, termasuk industri kerajinan yang mulai mengadopsi transformasi digital dalam proses bisnisnya. Namun, industri kerajinan berbasis upcycling masih relatif kurang dieksplorasi. Industri ini melibatkan penggunaan kembali bahan atau barang yang tidak terpakai untuk menciptakan produk yang bernilai lebih tinggi dari keadaan aslinya. Konsep ini sejalan dengan inisiatif pemerintah terkait industri hijau dan penerapan ekonomi sirkular. Industri kerajinan berbasis upcycling menghadapi tantangan seperti keterbatasan bahan baku, eksplorasi bentuk produk, sumber daya manusia yang terampil, inovasi, dan pengembangan desain produk. Penelitian ini menganalisis literatur tentang industri kerajinan berbasis upcycling, dengan fokus pada lima variabel utama: Transformasi Digital (DT), Ekonomi Sirkular (CE), Desain dan Inovasi Produk (PDI), Penciptaan Nilai Berkelanjutan (SVC), dan Upcycling (U). Metodologi yang digunakan adalah Tinjauan Literatur Sistematis (SLR), dengan mengambil artikel yang terindeks di Scopus dari basis data ProQuest dan ScienceDirect melalui fase identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan penyertaan. Oleh karena itu, 105 artikel dipilih dan dianalisis menggunakan meta-analisis dalam NVivo 12 Pro berdasarkan fokus pembahasan dan hubungan variabel dalam konteks industri kerajinan berbasis daur ulang. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kebutuhan penelitian dalam konteks transformasi digital (DT) sangat penting dalam memajukan praktik daur ulang. Integrasi teknologi digital ke dalam proses desain, produksi, dan distribusi dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mempromosikan penciptaan nilai berkelanjutan dan inovasi desain produk. Kesimpulan dari penelitian ini mengidentifikasi area potensial untuk penelitian lebih lanjut dan mengisi kesenjangan pengetahuan yang terkait dengan potensi transformasi digital (DT) dalam industri kerajinan berbasis daur ulang.
Modalitas Budaya Sebagai Potensi Cultural Heritage Tourism: Studi Reflective Observation Dusun Cipanjalu, Desa Palintang, Kecamatan Ciporeat, Kabupaten Bandung Ramlan, Ramlan; Dewi, Agustina Kusuma
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.511

Abstract

This article discusses the role of cultural modalities in the development of cultural heritage tourism with a case study in Cipanjalu Hamlet, Palintang Village, Ciporeat District, Bandung Regency. The main aim of the research is to understand how local cultural modalities contribute to the management and promotion of cultural heritage tourism, as well as their impact on economic sustainability and preservation of local culture. With a scientific perspective on Visual Communication Design in the competency areas of Visual Culture and Cultural Heritage Conservation; This research is qualitative research with an observational-reflective approach referring to the Kolb Model. The research results show that cultural modalities such as traditions based on literature and culinary in Cipanjalu Hamlet are built between local community legends and traditional ways of life - have the potential to attract tourists and can support efforts to strengthen local cultural identity in the Era of Society 5.0. However, facing the challenges of the onslaught of information and open communication technology, it was also concluded that challenges such as sustainable management, cultural preservation and community participation remain the main focus. in promoting sustainable tourism and preserving valuable cultural heritage. Key words: cultural heritage, cultural modalities, cultural preservation
Menemukan Potensi Untuk Strategi Desain Promosi : Empathy Map Gen Z Terhadap Makanan Sehat Ulita, Novena
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.540

Abstract

Dampak wabah COVID-19 menyadarkan masyarakat di Indonesia untuk hidup lebih sehat. Menurut Herbalife Nutrition merilis temuannya “Asia Pasific Personal Habits Survey” mengungkapkan segmen Gen Z lebih cenderung memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat dibandingkan dengan generasi lainnya. Situasi pandemi kemudian menyadarkan Gen Z untuk mau melakukan perubahan gaya hidup, khususnya dengan memulai memilih makanan sehat (Herbalife Nutrition Ltd., 2022). Masyarakat menyadari bahwa memilih asupan makanan sehat akan berdampak pada peningkatan imunitas tubuh. Perubahan gaya hidup ini menarik ditinjau untuk menemukan target potensial promosi produk. Pada Sensus tahun 2022 diketahui bahwa Gen Z merupakan target potensial untuk promosi karena dari hasil riset diketahui mereka berjumlah 27,5% bagian dari jumlah penduduk produktif yakni hampir mencapai seperempat penduduk Indonesia (Tania & Thio, 2021). Guna merancang desain promosi makanan lokal sehat dengan metode design thinking, perlu dilakukannya empathy map Gen Z untuk menemukan masalah dan potensi. Potensi tersebut kemudian dijadikan dasar penentuan strategi desain promosi dari produk makanan lokal sehat di Parara Indonesian Ethical Store (PIES). Dengan pendekatan kualitatif melakukan wawancara, observasi dan studi pustaka paper ini mengungkap strategi promosi yang tepat dan promosi makanan sehat dapat pula mendorong peningkatan industri pariwisata ke depannya di Indonesia.
Pemanfaatan Teknik Bending pada Bonggol Jagung Untuk Perancangan Produk Aksesori Fashion Masri, Andry; Camila, Shafira Cahya
Jurnal Desain Indonesia. Vol 7 No 1 (2025): Lokalitas dan Perbincangan Budaya dalam Desain
Publisher : Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52265/jdi.v7i1.544

Abstract

Penelitian ini merupakan perancangan produk aksesori fashionberbahan baku limbah produksi bonggol jagung dengan pendekatan eksplorasi, memanfaatkan teknik bending, twist dan kintsugi. Pada penelitian dilakukan juga penggabungan modul dari hasil eksplorasi, sehingga penelitian ini memiliki kebaruann pada hasil desain yang mampu memunculkan karakteristik material. Latar belakang penelitian ini adalah teknik yang digunakan pada penelitian belum pernah dilakukan oleh perusahaan tempat magang sebelumnya, kecuali teknik bending. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah desain berbasis eksperimen, yang dilakukan dengan pendekatan eksplorasi langsung terhadap material pada industri pengolahan limbah bonggol jagung di PT.Matahati Kreasi Nusantara, Bandung. Pada akhir penelitian dihasilkan produk perhiasan yang terbuat dari material bonggol jagung yang dihasilkan dari gabungan teknik bending, twist, dan kintsugi

Page 1 of 1 | Total Record : 7