cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 23553790     EISSN : 25794655     DOI : -
Core Subject : Education,
Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi" : 10 Documents clear
KERUSAKAN TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) AKIBAT SERANGAN HAMA ULAT TANAH (Agrotis ipsilon) DI LAHAN BAWANG MERAH GAMPONG LAM RUKAM KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Erdi Surya; Armi Armi; M Ridhwan; Heri syahrizal
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.801 KB)

Abstract

. Telah dilakukan penelitian tentang “Kerusakan Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Akibat Serangan Hama Ulat Tanah (Agrotis ipsilon) Di Gampong Lam Rukam Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerusakan dan potensi kerusakan tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) akibat serangan hama ulat tanah (Agrotis ipsilon) di Gampong Lam Rukam Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar. Objek dalam penelitian ini adalah hama ulat tanah (Agrotis ipsilon) yang terdapat di lahan bawang merah (Allium ascalonicum L.) Gampong Lam Rukam Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik analisis data menggunakan metode diagonal dimana data yang diperoleh pada setiap pengamatan dikumpulkan, dikelompokkan dan dihitung jumlahnya dengan menggunakan rumus penentuan tingkat kerusakan dan penentuan potensi serangan/kerusakan. Hasil penelitian tentang Kerusakan Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Akibat Serangan Hama Ulat Tanah (Agrotis ipsilon) Di Gampong Lam Rukam Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar menunjukkan bahwa (1) Tingkat kerusakan oleh serangan hama ulat tanah (Agrotis ipsilon) pada pertanaman bawang merah Di Gampong Lam Rukam Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar tergolong dalam katagori ringan dengan persentase kerusakan 11,25 %. Dengan demikian serangan hama ulat tanah (Agrotis ipsilon) tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil panen bawang merah. (2) Potensi kerusakan tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) Akibat Serangan Hama Ulat Tanah (Agrotis ipsilon) Di Gampong Lam Rukam Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar berkisar dari yang terendah 56,3 % (plot 2 dan plot 6) hingga tertinggi 68,8 % (plot 5) dengan rata-rata sebesar 61,48 %. Persentase kejadian serangan hama ulat tanah hampir merata di seluruh plot membuktikan bahwa persebaran hama ulat tanah yang merata diseluruh lahan bawang merah. Kata Kunci : Bawang merah, hama ulat tanah, Agrotis ipsilon.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI I KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT Agustin Marsuci; Fetro Dola Syamsu
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.257 KB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia di kelas XI-Mia1 SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat yang efektif dan valid. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Meureubo sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, validasi dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini adalah Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia di kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat sudah dikatakan efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ada 19 orang siswa atau 76% yang mencapai nilai tuntas sementara yang tidak tuntas ada 6 orang siswa atau 24% dengan nilai rata-rata keseluruhannya adalah 73. Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakter pada pembelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia layak digunakan untuk siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat, karena mendapat nilai rata-rata kelayakan dari validator sebesar 85,95% dengan kriteria layak untuk digunakan.
KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF BIOLOGI PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM POSING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Yulia Ratna Sari
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.477 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik yang belajar dengan model Problem Posing, model Problem Based Learning dan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 6 Gunung Talang dan sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII B, VIII C, dan VIII D.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik dengan model Problem Posing 76,17 , model Problem Based Learning 81,15, dan model pembelajaran biasa 70,38. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan  uji-t dua arah, diperoleh ttabel = 1,960 dengan taraf kepercayaan 95%, ini berarti thitung < - ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik yang belajar dengan model Problem Posing  dan model  Problem Based Learning dengan  thitung = 2,04. 
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMAN 1 KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT Fetro Dola Syamsu; Susi Rahmi
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.388 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan hasil penerapan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inquiry Pada Materi Jamur Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Mixed Methods. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat yang berjumlah 27 orang. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan uji-t. Berdasarkan hasil validasi pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Jamur baik digunakan bagi siswa kelas X di SMAN 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat, hal tersebut ditandai dengan hasil jawaban siswa yang menyatakan ada 77,7% (21 siswa) yang mendapatkan peningkatan nilai. Melalui pengembangan LKS berbasis inquiry membuat siswa lebih aktif dan mengiring siswa untuk menguasai satu atau lebih kompetensi dasar dari materi yang diajarkan. Hasil Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Jamur layak digunakan untuk siswa kelas X di SMAN 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat, karena mendapat nilai rata-rata kelayakan dari validator sebesar 91,5% dengan kriteria layak untuk digunakan.
PERBANDINGAN SISWA LES DAN TIDAK LES TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH Anita Noviyanti; Rina Rizki
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.86 KB)

Abstract

. Penelitian ini berjudul“Perbandingan Siswa Les dan Tidak Les terhadap Prestasi Belajar Biologi di SMA Negeri 8 Banda Aceh”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar biologi antara siswa les dan tidak les. Tempat penelitian dilakukan di SMAN 8 Banda Aceh dan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 22 Februari 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i MIPA XII SMAN 8 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/I MIPA XII 5 berjumlah 22 siswa yang mengikuti les dan 16 siswa yang tidak mengikuti les. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari persentase hasil angket dan data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa di sekolah selama mengikuti les pelajaran Biologi sangat baik, karena dengan adanya les kemampuan mengingat dan memahamimateripelajaran semakin meningkat. Siswa sangat termotivasi belajar Biologi selama mengikuti les karena banyak membahas soal-soal Biologi yang dianggap sulit. Hasil obsevasi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru membahas PR yang diberikan dengan melibatkan siswa secara aktif, menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan gambaran umum materi pembelajaran. Hal ini sangat dimungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mengikuti les lebih baik dibandingkan siswa yang tidak mengikuti les. Peningkatan ini ditunjukkan melaui tabel hasil belajar biologi siswa dan persentase angket yang pada umumnya menunjukkan peningkatan yang lebih baik pada siswa yang mengikuti les disbanding yang tidak les. Kata kunci : siswa les, siswa tidak les, prestasi belajar Biologi.  
ANALISIS KETRAMPILAN BERTANYA SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENDEKATAN STUDI KASUS DI SMPNEGERI 5 SEUNAGAN Fitria Zuraida; Fetro Dola Syamsu; Henra Saputra Tanjung
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.617 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan bertanya serta kualitas pertanyaan yang diajukan oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Seunagan pada pembelajaran Biologi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif degan pendekatan studi kasus. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Seunagan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 38 orang. Untuk memperoleh data lapangan, penulis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 5 Seunagan berada pada kategori sedang. Sedangkan secara kualitas dan kuantitas pertanyaan siswa SMP Negeri 5 Seunagan berada pada katagori rendah. Hal ini karena bentuk pertanyaan yang diajukan oleh siswa masih berada pada tingkatan kognitif menghafal (C1), yaitu sebesar 50% dari total 138 butir soal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI I MEUREBO Lutfi Rhofiqah; Syah Mohd Hadiid Thaariq
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.837 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematik siswa terhadap kemampuan penlaran matematik siswa kelas xi SMAN I Meurebo; 2) Untuk mengetahui seberapa besar oengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas XI SMAN I Meurebo.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian level treatment by level disingn. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model RME dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil analisis data didapatkan rata-rata nilai kelas kontrol 77,80 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 86,27. Berdasarkan uji regresi linier sederhana yang dilakukan diperoleh pengaruh model pembelajaran RME sebesar 15,21 % dan pengaruh model pebelajran PBL sebesar 33,96 %.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELAVANCE, CONFIDANCE, SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN AKTVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA Nurlinda Fitriani; Rufa Hera
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.8 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan  manusia di SMP Negeri 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan Pre test - Post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VIII SMP Negeri 5 Seunagan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 18 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 yang berjumlah 19 orang (sebagai kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, sedangkan keaktifan siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen 76,67 sedangkan kelas kontrol 58,16. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran sistem pernapasan manusi dengan model ARCS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Seunagan. 
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Konsep Sirkulasi pada Manusia dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat Nurlaili Nurlaili
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.541 KB)

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar pendidikan biologi disebabkan oleh masih dominannya skill menghafal daripada skill memproses sendiri pemahaman suatu materi.Dalam proses pembelajaran terlihat masih rendah perhatian siswa, kurang berpartisipasi, sedangkan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian adalah Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Pante Ceureumen Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Pelajaran Biologi Terhadap peningkatan Prestasi Belajar Siswa Materi Konsep Sirkulasi Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar siswa materi konsep sirkulasi pada manusia yang diajarkan dengan metode sosiodrama mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Pante Ceureumen. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duas iklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian  pada siklus I kategori tidak tuntas mencapai 72% dan  kategori tuntas sebesar 28%. Sedangkan pada siklus II kategori ketuntasan sebanyak 84% dan kategori tidak tuntas sebanyak 16%. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap siswa tehadap pokok bahasan Sirkulasi Pada Manusia sudah lebih baik. Simpulan dari hasil penelitian adalah dengan sosiodrama maka hasil belajar siswa pada pokok bahasan Konsep Sirkulasi Pada Manusia semakin meningkat. Saran yang dapat diberikan adalah Pembelajaran dengan sosiodrama dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran Sirkulasi di Sekolah Menengah, dimana siswa diajak untuk menemukan sendiri konsep dasar suatu pembelajaran.
IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN DAN KONDISI TANAH REVEGETASI LAHAN BEKAS TAMBANG BATUBARA rita oktavia
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.842 KB)

Abstract

Lahan tambang batubara memiliki tanah yang miskin akan unsur hara. Sehingga untuk perbaikan lahan diperlukan waktu dan proses yang cukup lama. Berbagai metode dilakukan untuk pengembalian kesuburan tanah.pada lahan pasca tambang jenis tumbuhan sangatlah spesifik. Dengan kondisi lahan yang mengandung pirit. Untuk itu identifikasi jenis tumbuhan yang mampu hidup diperlukan untuk memudahkan dalam pengembalian fungsi lahan. Usia lahan tambang yang telah direvegerasi berbeda. Sehingga jenis dan keanekaragaman tumbuhan juga berbeda. Faktor-faktor lingkungan di lokasi penelitian adalah di lahan revegetasi umur 20 tahun mempunyai pH tanah tinggi (6,55), lahan revegetasi umur 12 tahun  mempunyai pH tanah terendah (6,18). Kalembaban tanah tinggi (43,51%) pada lokasi lahan alami, kelembaban terendah (25%) ditemukan pada lahan non-regevetasi. Suhu tertinggi (34,12oC) ditemukan pada lahan non-revegetasi dan terendah (26,4oC) di lokasi lahan alami. Bobot kering serasah tertinggi (223,75 g) di lahan revegetasi umur 23 tahun dan terendah (13,75 g) di lahan non-revegetasi. Ditemukan jenis tumbuhan yang berbeda pada jenis lahan revegetasi yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis tanah (Tabel 8), kandungan C-organik dan N-total ditemukan tinggi pada lahan revegetasi umur 23 tahun (6,06%; 0,52%), diikuti lahan umur 20 tahun (6,22%; 0,49%).

Page 1 of 1 | Total Record : 10