cover
Contact Name
Yohanes Ovaritus Jagom
Contact Email
-
Phone
+6285253084334
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Jend. Achmad Yani No.50-52 Kupang, NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
ISSN : 26859009     EISSN : 26859580     DOI : https://doi.org/10.30822/asimtot
Core Subject : Education,
ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika maupun bidang matematika, secara spesifik berupa: (1) Matematika; (2) Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika; (3)Penilaian dan Evaluasi dalam pembelajaran Matematika; (4) Pengembangan Profesional Guru Matematika; (5) Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika; (6)Desain Didaktis dalam Pembelajaran Matematika.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020" : 9 Documents clear
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN BESTOBE MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PECAHAN Lusia Niis; Yashinta Moensaku; Florensia Fallo; Amrosia Pala; Yunita Tahoni; Yulita Metboki; Maria Metboki
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.495

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan pada siswa kelas VI SD Negeri Bestobe semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penilitian ini adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keaktifan siswa pada setiap pertemuan, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada akhir dari setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, karena pada siklus kedua data-data yang diperoleh telah mencapai target yang ditetapkan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bestobe dengan menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga pecahan.
PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR Wilhelmina A. Halek; Lusia Niis; Fransiska Abuk; Wilfridus B. Tfaentem; Walfrida U. Naisoko; Yoneta Naiheli; Yohanes A. Naisoko
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.496

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa SD Kelas VI SDN Bestobe. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu One-Shoot Case Study. Materi dalam penelitian ini yaitu tentang bangun datar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS. Uji normalitas digunakan sebagai prasyarat sebelum uji hipotesis. Hasil yang diperoleh yaitu data nilai hasil belajar matematika berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR GEOMETRI SMP BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER Abi A. M; Gella N. J. M
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.497

Abstract

Pembelajaran kontekstual menjadi isu penting karena melibatkan budaya peserta didik. Etnomatematika menjadi salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut terutama pada materi geometri. Penelitian ini adalah Research and Development (R & D) model Borg & Gall menggunakan pre-experimental one group pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan sumber belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Amanuban Barat kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 pada materi geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang dikembangkan berkategori valid, praktis dan efektif. Kevalidan sumber belajar sebesar 98% sedangkan kepraktisannya sebesar 96% ditunjukkan dengan respon positif peserta didik dan guru. Keefektifan sumber belajar dilihat dari perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan prestasi belajar setelah implementasi sebesar 0,6 dilihat dari skor gain.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJANGKITNYA PENYAKIT MALARIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REGRESI LOGISTIK BINIMIAL Margareta V. Babo; Ig. A. Dwiatmoko
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.498

Abstract

Topik yang dibahas dalam penelitian ini adalah aplikasi model regresi logistik dalam bidang kesehatan. Analisis regresi logistik merupakan model regresi yang digunakan bila variabel Y bersifat kualitatif yang hanya terdiri dari dua kategori. Bentuk umum model regresi logistik dengan variabel bebas yakni . Dengan adalah 2.718, adalah koefisien regresi dari variabel bebas ke-j, adalah nilai variabel bebas ke-j dengan j=1,2,..., dan adalah konstanta. Model regresi logistik bersifat nonlinear terhadap parameter dan dapat diubah dalam bentuk linear terhadap parameter dengan menggunakan transformasi logaritma dan dapat dinyatakan dalam bentuk; . Dengan , dengan dan diduga menggunakan Metode Kemungkinan Maksimum.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MOTIF TENUN BUNA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 4 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Anastasia Nainaban
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.499

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Kupang dengan penggunaan media gambar motif tenun buna. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIIB SMP Negeri 4 Kota Kupang berjumlah 32 yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan tekni deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dalam setiap siklus, sedangkan tes dilakukan pada akhir pembelajaran dalam setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah penggunaan media gambar motif tenun buna dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil tes yang diberikan pada akhir setiap siklus, dimana nilai rata-rata tes siklus I mencapai 76,09 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 68,75% dan pada hasil tes siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 83,12 atau meningkat sebesar 7,03 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,62% atau meningkat sebesar 21,87%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar motif tenun buna dalam pembelajaran matematika materi belah ketupat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMA PADA MATERI PROGRAM LINEAR Yunico L. Maure; Kristoforus D. Djong; Wilfridus B. N. Dosinaeng
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.500

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pemahaman konsep matematik siswa SMA Kristen 1 Kupang dalam menyelesaikan tes pemecahan masalah pada materi program linear. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas XI yang memiliki hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subyek juga berdasarkan hasil diskusi antara peneliti dan guru mata pelajaran matematika. Data yang dikumpulkan berupa data hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara berdasarkan indikator pemahaman konsep. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahaan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut; (1) Siswa dengan hasil PTS tinggi mampu menyelesaikan soal yang diberikan dan memenuhi ketiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. (2) Siswa dengan hasil PTS sedang hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep yaitu indikator ekstrapolasi. (3) dan siswa dengan hasil PTS rendah tidak memenuhi ketiga indikator pemahaman konsep.
PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 8 LAMBA LEDA Patrisius A. Udil; Leonsius F. Sangur
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran komik matematika. Penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 8 Lamba Leda, Manggarai Timur yang berjumlah 21 orang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Agustus-September. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Adapun hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Lamba Leda mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Secara klasikal terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 61,90% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 80,95% pada siklus 2. Selain itu, rata-rata nilai siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu 72,95 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 78,71 pada siklus 2. Baik persentase ketuntasan belajar maupun rata-rata nilai siswa pada siklus 2 telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Peningkatan aktivitas guru juga teridentifikasi pada penelitian ini, dimana pada pertemuan 1 (siklus 1) diperoleh rata-rata skor 61,77, pertemuan 2 (siklus 1) diperoleh skor 77,94, petemuan 3 (siklus 2) diperoleh skor 85,29, dan pertemuan 4 (siklus 2) diperoleh skor 91,91. Penggunaan komik matematika dalam pembelajaran matematika terlaksana dengan baik dan memenuhi kriteria yang ditetapkan pada siklus 2 yaitu minimal skor keterlaksanaan 80.
PREDIKSI PENDUDUK KABUPATEN ALOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PERTUMBUHAN LOGISTIK PADA BEBERAPA TAHUN MENDATANG Yafet Kala Pandu
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/asimtot.v2i1.502

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil prediksi pertumbuhan penduduk di Kabupaten Alor dengan menggunakan model populasi logistik. Dan (2) mengetahui jumlah penduduk Kabupaten Alor pada tahun 2030 dari hasil estimasi menggunakan model pertumbuhan logistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah buku, jurnal dan internet. Metode pengumpulan data diperoleh melalui kajian pustaka berupa buku – buku jurnal dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2019. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Untuk melakukan proyeksi penduduk dengan menggunakan model logistik maka terlebih dahulu ditentukan nilai maksimum penampungan (carrying capacity) yang nilai variabelnya . Setelah menentukan nilai kita menghitung semua bentuk logistik yang dari persamaan P07. Dari model – model yang telah diperoleh dapat membandingkan dengan hasil sensus dan dilihat model yang paling akurat untuk dijadikan sebagai model akhir untuk melakukan prediksi jumlah di masa mendatang. Dari makalah ini diperoleh model logistik VI lebih akurat untuk memprediksi jumlah penduduk kabupaten Alor dengan daya tampung 293669 jiwa. Bentuk persamaan dari model logistik VI (2) Dengan menggunakan model logistic VI dapat diprediksi jumlah penduduk kabupaten Alor pada tahun 2030 yakni sebanyak jiwa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP Tamar Bule Logo; Yohana Rina Rowa; Irmina Veronika Uskono
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika Vol 2 No 1 (2020): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2019 - Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII disalah satu SMPN di kota Kupang, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIF yeng berjumlah 30 siswa yang dipilih menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berupa test Essay yang berjumlah 3 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data nilai pretest dan data nilai posttest dari kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Berdasarkan hasil observasi dan penacapaian indikator, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP tergolong sangat baik. Uji t menunjukkan thitung = - 17,576 dan ttabel =- 2,045 pada taraf signifikan 5% yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP

Page 1 of 1 | Total Record : 9