cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah" : 18 Documents clear
PERHITUNGAN EROSI TANAH DAN ALIRAN PERMUKAA NMENGGUNAKAN PLOT TERHADAP PENGGUNAAN LAHAN DI KANAGARIAN AIE BATUMBUAK KABUPATEN SOLOK Andini, Nisye Frisca
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.145 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mendeskripsikan serta membahas tentang : 1) jumlah sedimen dan volume air yang tertampung pada plot 2) untuk mengetahui tekstur tanah 3) untuk mengetahui struktur tanah 4) untuk mengetahui pengaruh permeabilitas erosi tanah dan aliran permukaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode survey, penelitian ini menggunakan plot (petak kecil) yang digunakan untuk mendapatatkan besarnya erosi yang tejadi, dengan penggunaan lahan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Jumlah sedimen dan volume air tertampung pada beberapa penggunaan lahan diantaranya hutan, semak belukar, ladang, dan lahan terbuka dalam kurun waktu 5 kali hujan hasilnya berbedabeda. 2)Tekstur tanah berdasarkan hasil pengukuran dan pengamatan tanah pada plot-plot yang telah ditentukan tidak jauh berbeda, pada plot 1 dan plot 2 tekturnya lempung berdebu, sedangkan pada plot 3 dan 4 tekturnya lempung berpasir. 3) Struktur tanah di daerah penelitian adalah strukutur remah (kaya akan bahan organik). 4) dilihat dari hasil penelitian permeabilitas dengan kriteria agak lambat (plot 1 dan 2), sedangkan permeabilitas dengan kriteria sedang terdapat pada plot (3dan4).
RESPON PEMBACA TERHADAP KARYA SASTRA (NOVEL) PRESPEKTIF NILAI MORAL ORANG MINANGKABAU KAJIAN DEKONSTRUKSI Aprisa, Rico
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.064 KB)

Abstract

Komunitas Minangkabau, yang saat ini berada di provinsi Sumatera Barat, adalah masyarakat yang tidak pernah lepas dari tradisi sastra, hal ini terlihat dari budaya yang mereka miliki hingga saat ini, seperti, berpantun, sambah-tambah, saluang, kaba dan lainnya Tradisi sastra Minangkabau tidak lepas dari nilai budaya setempat, yang tentunya memiliki metode dan norma menurut prespektip masyarakat Minangkabau. Karya sastra yang merupakan cerminan fakta atau fakta sosial, adalah tanggapan seorang penulis, penulis menanggapi fakta sosial, dan dengan kreativitasnya, penulis menghasilkan karya sastra, yang kembali direspon oleh pembacanya. Tentu respon pembaca ini akan bervariasi, menurut pengalaman empiris, area, jenis kelamin, waktu dan lain-lain. Apalagi pembaca orang Minangkabau pasti akan melakukan respon pembaca menurut prespektip orang Minangkabau.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUANPETA PIKIRAN PADA MATERI MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X MA SWASTA GANTUNG CIRI KABUPATEN SOLOK Arianti, Rita
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.929 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada kemampuan menulis argumentasi yang valid,praktis dan efektif bagi siswa kelas X MA Swasta Gantung Ciri Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D pembangunan.Berdasarkan analisis dan pembahasan data, penulis memberikan beberapa kesimpulan. Pertama, validasi modul materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan pemetaan pikiran dalam menulis argumentasi pada siswa kelas XMA Swasta Gantung Ciri cenderung sangat valid dengan 82.01. Kedua, kepraktisan modul yang dapat dikatakan sangat baik dengan 82.40. Ketiga, efektivitas modul cenderung sangat efektif dengan 94.62 dan kelengkapan menunjukkan hasil belajar adalah kategori sangat baik atau 82.75(24 siswa dari 29 siswa). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah, terutama untuk siswa kelas X MA Swasta Gantung Ciri dalam kemampuan menulis argumentasi.
KONTRIBUSI BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI Istiqlal, Abdul
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.263 KB)

Abstract

Di Indonesia ada dua hal yang penting dalam pembelajaran, pertama proeses pembelajaran dan kedua adalah hasil pembelajaran. Belajar mandiri merupakan proses pembelajaran yang bertumpu kepada usaha individu/mahasiswa untuk mencapai kompetensi yaitu hasil belajar. Belajar mandiri memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk aktif berpartisipasi menentukan apa yang akan dipelajari secara mandiri atau berkelompok untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Dalam belajar mandiri mahasiswa bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Kemandirian mahasiswa merupakan variabel utama dalam belajar mandiri. Belajar mandiri memberikan kontribusi positif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.secara signifikan
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATEMTIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Syarif, Ahmad; Kartana, Tri Jaka; Amaliyakh, Rizqi
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.932 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik (siswa) pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) dapat mencapai KKM, untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi. Teknik analisis data yang digunakan ujit. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai KKM. (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran LC5E dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) pembelajaran model LC5E lebih baik dari pada pembelajaran model konvensional. Hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran LC5E efektif terhadap prestasi belajar matemtika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA SEKILAS MENGGUNAKAN GRAPHIC ORGANIZER PLOT DIAGRAM UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR Gustriani, Delita
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.598 KB)

Abstract

Instrumen pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Mendefinisikan, Merancang, Mengembangkan, dan Menyebarluaskan). Desainnya divalidasi oleh empat ahli dan tiga praktisi pendidikan. Untuk melihat kepraktisan dan keefektifan instrumen yang dikembangkan, kemudian diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas VI SDN 002 Benai. Fase diseminasi, bagaimanapun, dilakukan dalam skala terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas ke dalam kategori sangat valid. Kemudian setelah penilaian terhadap pelaksanaan rencana pelajaran, tanggapan dari guru dan peserta pembelajaran dan pengamatan terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan turun ke kategori yang sangat praktis. Apalagi hasil aktivitas peserta belajar membaca skimming diindikasikan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Diagram Pembanding Grafis Organizer yang berorientasi strategi membaca instrumen penelitian skimminglearning telah valid, praktis, dan efektif.
PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SITUJUAH BATUA Nurva, Mirda Swetherly
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.862 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemahaman konsep matematika siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Learning Cycle ?5E?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan rancangan penelitan yang digunakan adalah ?Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 dan kelas VIII.5 MTsN Situjuah Batua. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen 15,36 dan pada kelas kontrol 14,14. Nilai simpangan baku pada kelas eksperimen lebih kecil dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa skor pada kelas eksperimen lebih menyebar mendekati rata-rata dibanding dengan kelass kontrol. Melalui uji statistik beda rata-rata dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model Learning Cycle ?5E? lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Situjuah Batua.
HUBUNGAN FAKTOR KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X MTI CANDUNG KABUPATEN AGAM Sari, Nila
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.639 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor keluarga dengan hasil belajar PKn siswakelas X MTI Candung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yangberarti antara faktor keluarga dengan hasil belajar PKn siswa Kelas X MTI Candung. Hipotesis daripenelitian ini adalah Terdapat Hubungan Yang Berarti Antara Faktor Keluarga Dengan Hasil BelajarPKn Siswa Kelas X MTI Candung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bersifatkorelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MTI Candung yang terdaftartahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling, sampelberjumlah 65 orang. Data dianalisis dengan korelasi product moment dengan taraf nyata ? = 0.05.Hasil analisis data menunjukan data linear dan uji hipotesis menunjukan adanya hubungan antarafaktor keluarga dengan hasil belajar siswa, uji determinasi dan uji keberartian koefisien korelasimenunjukan hubungan antara faktor keluarga dengan hasil belajar itu signifikan sebesar 65,44%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara faktor keluargadengan hasil belajar PKN siswa kelas X MTI Candung tahun pelajaran 2010/2011.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGAYANG Tiara Fikriani
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diantaranya karena pembelajaran didalam kelas didominasi oleh guru dan ketika diberi soal mereka belum bisa menggembangkan jawaban dalam suatu masalah yang diberikan. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Sungayang.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sungayang. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode undian, terambil kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan VII 1 sebagai kelas kontrol. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Karena data sampel berdistribusi normal dan homogen , dari hasil penelitian diperoleh thitung = 1,97 dan ttabel = 1,67 karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.
PERHITUNGAN EROSI TANAH DAN ALIRAN PERMUKAAN MENGGUNAKAN PLOT TERHADAP PENGGUNAAN LAHANDI KANAGARIAN AIE BATUMBUAK KABUPATEN SOLOK Nisye Frisca Andini; Fitria Carli Wiseza
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mendeskripsikan serta membahas tentang : 1) jumlah sedimen dan volume air yang tertampung pada plot 2) untuk mengetahui tekstur tanah 3) untuk mengetahui struktur tanah 4) untuk mengetahui pengaruhpermeabilitas erosi tanah dan aliran permukaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode survey, penelitian ini menggunakan plot (petak kecil) yang digunakan untuk mendapatatkan besarnya erosi yang tejadi, dengan penggunaan lahan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Jumlah sedimen dan volume air tertampung pada beberapa penggunaan lahan diantaranya hutan, semak belukar, ladang, dan lahan terbuka dalam kurun waktu 5 kali hujan hasilnya berbeda-beda. 2)Tekstur tanah berdasarkan hasil pengukuran dan pengamatan tanah pada plot-plot yang telah ditentukan tidak jauh berbeda, pada plot 1 dan plot 2 tekturnya lempung berdebu, sedangkan pada plot 3 dan 4 tekturnya lempung berpasir. 3) Struktur tanah di daerah penelitian adalah strukutur remah (kaya akan bahan organik). 4) dilihat dari hasil penelitian permeabilitas dengan kriteria agak lambat (plot 1 dan 2), sedangkan permeabilitas dengan kriteria sedang terdapat pada plot (3dan4).

Page 1 of 2 | Total Record : 18