cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah" : 13 Documents clear
PENTINGNYA KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn Rahmi, Tysa Sufia
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.977 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih ada guru Pkn yang belum melaksanakan keterampilan mengelola kelas dengan baik, padahal keterampilan mengelola kelas sangatlah penting, agar pembelajaran di kelas terselenggara secara kondusif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru PKN di SMPN 1 IV Koto, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru. Halis penelitian menunjukan pelaksanaan keterampilan mengelola kelas oleh guru PKn belum maksimal, karena belum semua indikator  keterampilan mengelola kelas dilaksanakan oleh guru secara utuh. hal ini disebabkan karena keterampilan mengelola kelas guru masih belum berkembang sebagaimana mestinya, karena kurangnya pelatihan tentang keterampilan mengajar yang diperoleh oleh guru PKn.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ILMU ALAM DASAR (IAD) MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS AL-QUR’AN PADA MATERI POKOK BUMI DAN TATA SURYA Zainudin, Zainudin
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.068 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis Al-Qur?an pada materi pokok bumi dan tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran IAD menggunakan Modul berbasis Al-Qur?an rata-rata skala penilaian antara 3,0 dan 4,0 kategori baik. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas A yaitu 89 % dengan reliabilitas 92% dan kelas B 93% dengan reliabilitas 86%. Persentase ketuntasan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi pada kelas A 88,5% tuntas dan 11,5% tidak tuntas dan pada kelas B 96,4% tuntas dan 3,6 % tidak tuntas. Respon positif mahasiswa terhadap pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis al-qur?an pada materi pokok bumi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IAD menggunakan modul berbasis Al-Qur?an pada materi pokok materi pokok bumi tata surya dikatakan efektif.
PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS Banat, azizatul
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.295 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa. Sumber belajar yang digunakan pada kelas eksperimen adalah modul, pada kelas kontrol adalah non modul (buku teks). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 70 orang mahasiswa dari 102 orang populasi penelitian mahasiswa S1 Penjaskesrek FKIP Unived Bengkulu. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians (anava dua jalur) pada taraf signifikansi ?:0,05.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi daripada prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks), (2) ada pengaruh interaksi antara penggunaan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, (3) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa bermotivasi tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi dari pada prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks), (4) prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa bermotivasi rendah yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar modul lebih tinggi dari pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar non modul (buku teks).
HUBUNGAN KEMAMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PARIAMAN Yanti, Zherry Putria
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.207 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, (2) kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP 2 Pariaman, dan (3) hubungan kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berikut, yaitu tes kecepatan membaca, tes objektif, pilihan ganda, tes unjuk kerja. Tes kecepatan membaca digunakan untuk mengukur kemampuan membaca cepat siswa dan dilanjutkan dengan tes objektif pilihan ganda untuk mengukur pemahaman bacaan siswa. Tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis eksposisi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan penerapan konsep penelitian korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,  kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi cukup (65,3).Kedua, kemampuan  menulis karangan eksposisi siwa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,08). Ketiga, terdapat hubungan antara kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman,  dengan thitung yang diperoleh 6,53 dan ttabel 1,701 dalam arti thitung lebih besar dari ttabel. Dengan artian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan membaca khususnya membaca cepat berhubungan dengan kemampuan menulis eksposisi siswa. Semakin baik kemampuan siswa dalam membaca cepat,  semakin baik pula kemampuan siswa dalam menulis sebuah tulisan eksposisi..
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA DENGAN STRATEGI STORY WRITING MAP Putri, Delia
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.18 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis berita pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Rokania dengan menggunakan strategi story writing map. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan, yaitu berupa tes menulis berita dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis berita dengan menggunakan strategi story writing map. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata mahasiswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata mahasiswa pada prasiklus sebesar 62,00 kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 72,16 dan pada siklus II nilai rata-rata mahasiswa meningkat menjadi 84,70.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BESERTA LKS BERORIENTASI CONTEXTUAL PROBLEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 CANDUANG Ayu, Citra
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.42 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) beserta LKS berorientasi contextual problem. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan  rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII­2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) beserta LKS berorientasi contextual problem lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 4 Canduang.
PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 LENGAYANG Handayani, Dina Fitria
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.96 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik mind mapping lebih tinggi dari pada keterampilan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lengayang yang berjumlah 208 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan didapatkan kelas IXA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas IXB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes unjuk kerja keterampilan menulis cerpen. Penganalisisan dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keterampilan menulis cerpen kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada ?= 0,05 diperoleh thit sebesar 2,32 dan t tabel sebesar 1,68.  Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan teknik mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional.
ESTETIKA DALAM WACANA “TUAN GURU DENGAN MASA DEPAN YANG PANJANG” KARYA DAHLAN ISKAN Wahyuningsi, Endang
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.594 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan estetika bahasa dalam wacana ?Tuan Guru dengan Masa depan yang Panjang? karya Dahlan Iskan. Jenis penelitian ini adalah penelitian wacana khususnya gaya bahasa dengan metode deskriptif dan content analysis. Adapun Objek penelitian ini adalah artikel yang ditulis oleh Dahlan Iskan yang dimuat di jpnn.com pada Senin, 22 Februari 2016. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa dalam wacana ?Tuan Guru dengan Masa Depan yang Panjang?Karya Dahlan Iskan mengandung nilai estetika yang terwujud dalam gaya bahasa berupa majas. Kemudian, secara konten analisis tergambarlah bahwa sebuah wacana memiliki makna lebih dari sekedar makna harfiah.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS Nurva, Mirda Swetherly; fikriani, Tiara
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.837 KB)

Abstract

Guru adalah ujung tombak dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Bagaimana seorang guru dapat melakukan hal tersebut dengan mengembangkan materi yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar matematika. Materi pembelajaran yang dirancang oleh guru disesuaikan dengan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan penyelidikan yang valid, praktis, dan efektif.  Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Pada tahap pengembangan atau Prototyping perangkat pembelajaran berbasis inquiry dilakukan evaluasi sendiri terlebih dahulu hingga kemudian lebih lanjut divalidasi oleh para ahli. Tahap penilaian tes dilakukan dengan uji praktikalitas dan efektifitas. Kepraktisan data diambil dari lembaran keterlaksanaan RPP, yang terdiri dari angket respon siswa dan angket respon guru. Efektivitas data diambil dari hasil tes akhir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Matematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
SOLIDARITAS DALAM MASYARAKAT DI NAGARI SOLOK AMBAH KABUPATEN SIJUNJUNG Nuraiman, Nuraiman
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.707 KB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan perubahan solidaritas di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan aspek-aspek kehidupan yang berubah dari perubahan solidaritas masyarakat di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pihak-pihak yang dinilai dapat memberikan data secara maksimal terkait solidaritas dalam masyarakat di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung seperti, tokoh masyarakat, tokoh pemerintah dan masyarakat. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data.

Page 1 of 2 | Total Record : 13