cover
Contact Name
Sri Maryani
Contact Email
jmp_unsoed@yahoo.co.id
Phone
+628122119224
Journal Mail Official
jmp_unsoed@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Dr. Soeparno No. 61 Kampus MIPA Karangwangkal Purwokerto Jawa tengah Indonesia 53123
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
ISSN : 20851456     EISSN : 25500422     DOI : -
Core Subject : Education,
JMP is a an open access journal which publishes research articles, reviews, case studies, guest edited thematic issues and short communications/letters in all areas of mathematics, applied mathematics, applied commutative algebra and algebraic geometry, mathematical biology, physics and engineering, theoretical bioinformatics, experimental mathematics, theoretical computer science, numerical computation and applications of systems, partial differential and differential equations, integral and integral differential equations and mathematical modeling.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)" : 7 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH STATISTISBERDASARKAN TEORI KASTOLAN Badriyah, Farih Nurul; Malasari, Putri Nur; Wahyuni, Fina Tri
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.12397

Abstract

Statistika merupakan suatu ilmu matematika yang sangat penting bahkan dianjurkan untuk dapat difahami dalam kehidupan. Oleh sebab itu, siswa harus dapat mengerti konsep yaang digunakan dengan baik. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa serta mengetahui apakah siswa dapat mengikuti prosedur dengan baik atau tidak yang mungkin disebabkan karena kurangnya latihan dan ketelitian dalam memecahkan persoalan yang diberikan berdasarkan kesalahan kastolan. Metode dalam penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Siswa di kelas X IPS 2 pada Madrasah Aliyah di Undaan Kudus yang berjumlah 17 siswa merupakan subjek dari penelitian ini dengan menggunakan test tertulis dengan 5 soal cerita berbentuk uraian mengenai materi statistika. Analisis ini menyimpulkan bahwa dalam menyelesaikan permasalahan siswa masih sering melakukan kesalahan karena mereka belum memahami konsep penggunaan rumus, salah dalam menyusun langkah-langkah yang sesuai, dan kurang teliti dalam mengitung.
BEBERAPA SIFAT HUBUNGAN ANTARA LINGKARAN DAN ELIPS MENGGUNAKAN TRANSFORMASI KOORDINAT Rohman, Harun Abdul
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.13075

Abstract

Hubungan antara elips dan lingkaran adalah topik yang menarik untuk dipelajari. Elips adalah hasil transformasi dari lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara elips dan lingkaran dengan pusat yang sama melalui transformasi koordinat. Berdasarkan hasil penelitian ini, saya menurunkan beberapa teorema tentang 1) beberapa sifat yang terkait dengan transformasi koordinat antara elips dan lingkaran, 2) hubungan antara luas poligon dalam elips dan poligon dalam lingkaran, dan 3) hubungan antara luas elips dan lingkaran.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG Setiawati, Risma Cahya; Handayani, Ucik Fitri
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.13504

Abstract

Tujuan dari penelitian yakni untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis calon guru matematika saat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi peluang. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 17 mahasiswa jurusan Tadris Matematika Universitas Al-Qolam Malang. Data dikumpulkan melalui tes uraian yang menilai kefasihan, keluwesan, kebaruan, dan kerincian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas calon guru menggunakan lebih dari satu metode untuk menghitung, tetapi terdapat beberapa yang masih kurang tepat. Persentase yang diperoleh terbagi dalam kategori sangat kreatif (0%), kreatif (29,41%), cukup kreatif (35,31%), kurang kreatif (17,64%), dan sangat kurang kreatif (17,64%). Indikator kefasihan yang dapat dipenuhi mencapai persentase 70,59%, keluwesan 75%, kebaruan 27,94%, dan kerincian 27,94%. Secara keseluruhan, kemampuan berpikir kreatif matematis calon guru matematika dianggap cukup kreatif, tetapi masih belum optimal dalam indikator kerincian dan kebaruan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk merancang model pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, terutama dalam hal kerincian dan kebaruan, serta untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pendidikan matematika.
PENENTUAN LINTASAN OPTIMAL DISTRIBUSI BARANG MENGGUNAKAN HYPERGRAPH - PARTITIONING DAN ALGORITMA GENETIKA Sadiyyah, Fitriani Halimatus; Yulianti, Kartika; Sispiyati, Ririn
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.13545

Abstract

Efficient distribution of goods is critical in logistics management, which requires the selection of optimal distribution paths to achieve delivery targets with minimal total distance. This research combines Hypergraph-Partitioning and genetic algorithm to determine the optimal distribution path of goods to several customers. The Hypergraph-Partitioning divides the goods to be distributed equally to several vehicles, while the genetic algorithm is applied to determine the best distribution path in each partition. The results showed that the Hypergraph-Partitioning method successfully divided 62 customers into two partitions. The first partition serves 31 customers with a total demand of 865 loaves of bread, while the second partition also serves 31 customers with a total demand of 1,035 loaves of bread. The genetic algorithm was then used to find the shortest path for each partition, resulting in an efficient distribution solution.
GRAF PRIMA KOPRIMA ATAS GRUP DIHEDRAL Shofiyulloh, M.; Munandar, Arif; Wardati, Khurul
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.13868

Abstract

A coprime prime graph over a finite group is a representation of a finite group on a graph by viewing group members as vertices of the graph and two distinct vertices and are adjacent if and only if order and order are prime or mutually prime. This research examines how to characterize the coprime prime graph over the dihedral group. Through analysis of the patterns that appear in the graphs formed, properties of coprime prime graphs over dihedral groups can be found, especially those related to the characterization of complete graphs and Hamiltonian graphs. This research also discusses the vertex connectivity of the coprime prime graph over the dihedral group.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI EKSPLORASI GEOGEBRA UNTUK MAMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKAPESERTA DIDIK KELAS XI Felisa, Dhea Ika; Arfinanti, Nurul
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.13906

Abstract

This research aims to develop student worksheets (LKPD) based on Discovery Learning integrated with GeoGebra exploration to facilitate class XI students' ability to understand mathematical concepts in circle material. This development research uses the ADDIE development model. Research subjects included material and media experts, consisting of mathematics education lecturers and mathematics teachers, as well as 36 students in class XI Phase FD2 at SMA Negeri 2 Banguntapan as small-scale trial subjects. The analysis techniques used include analysis of product validity, practicality and effectiveness. The research results show that the GeoGebra integrated Discovery Learning based LKPD has a validity of 88.3% in the very valid category, practicality of 78.75% in the practical category, and effectiveness of 88% in the very good category. Thus, this LKPD is suitable for use in learning because it meets the criteria of being valid, practical and effective.
PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINIER ATAS ALJABAR MAX-PLUS DAN APLIKASINYA MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO Doberhol, James; Suroto, Suroto; Guswanto, Bambang Hendriya
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2024.16.2.14239

Abstract

Determining solution of the system of linear equations over max-plus algebra cannot be done as in linear algebra, since its algebraic structure is a semifield. In this article, we discuss determining solution of the system of linear equations over max-plus algebra and designing the application using Visual Studio. The solution of the system of linear equations is carried out using a difference matrix and a reduction matrix that obtained from the coefficient matrix and constant matrix of the system of linear equations. Then, the process of determining this solution is designed in the application using Visual Studio. The results obtained are a step procedure for solving a system of linear equations over max-plus algebra as outlined in the application using Visual Studio

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 15 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 15 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2019): JMP Edisi Juni 2019 Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 4 No 2 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 4 No 2 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika More Issue