cover
Contact Name
Arni
Contact Email
jkoikomunismuh@gmail.com
Phone
+62811449192
Journal Mail Official
jkoikomunismuh@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
ISSN : 26563010     EISSN : 26563487     DOI : https://doi.org/10.26644/jko.v1i1.1769
Core Subject : Humanities,
Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan bisnis.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI" : 5 Documents clear
Preferensi Kaum Milenial Terhadap Aplikasi Digital Streaming (Studi Pada Followers Media Sosial Twitter @Drakorfess_) Maghfirah, Aisyah Milsya; Syukri, Syukri
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v6i1.15875

Abstract

Subscription video-on-demand (SVOD) adalah layanan streaming video yang menawarkan cara menonton yang interaktif dan menggunakan algoritma untuk menyajikan katalog konten seperti film, serial dan dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi followers media sosial twitter @drakorfess_ sebagai kaum milenial selama menggunakan aplikasi digital streaming yang mendorong mereka untuk terus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Preferensi kaum milenial terhadap aplikasi digital streaming terbentuk karena adanya beberapa faktor yaitu kesadaran menonton secara legal, fleksibilitas dalam mengakses dan menggunakan aplikasi digital streaming, variasi tayangan dalam aplikasi digital streaming lebih beragam dibandingkan televisi. Penelitian ini juga menemukan keterikatan kaum milenial terhadap aplikasi digital streaming karena adanya nilai harapan terhadap aplikasi digital streaming dan gratifikasi atau tujuan yang mampu terpenuhi dengan menggunakan aplikasi tersebut.
Konvergensi Radio Republik Indonesia Pro 2 Makassar dalam Mempertahankan Minat Pendengar Nur, Dhila Pratiwi; Yahya, Muhammad
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v6i1.15876

Abstract

Agar radio berita tidak benar-benar ditinggalkan dan masih bisa bertahan di hati pendengar terkhususnya pada RRI PRO 2 Makassar dituntut untuk melakukan perubahan agar dapat mengimbangi perkembangan zaman dan trend yang ada, salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi RRI PRO 2 Makassar dengan melakukan konvergensi media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang pertama kali diperkenalkan oleh Davis. Hasil penelitian menunjukkan pendengar radio sudah beralih ke platform digital sebagai sarana utama untuk mencari hiburan. Agar bisa tetap relevan RRI melakukan pembaharuan dengan membuat aplikasi RRI Digital, dengan adanya pembaharuan tersebut banyak pendengar yang dengan mudah mengakses radio di manapun dan kapanpun mereka inginkan. pendengar PRO 2 RRI Makassar memiliki kecenderungan untuk mendengarkan radio saat mereka sedang dalam perjalanan atau sedang beristirahat. RRI Digital belum bisa menjadi sarana hiburan utama untuk orang-orang dikarenakan masih kalah saing dengan aplikasi hiburan lainnya. Walaupun begitu orang-orang menjadikan RRI Digital sebagi salah satu sarana mereka mencari hiburan, itu menunjukkan Radio Republik Indonesia PRO 2 Makassar masih bisa dikatakan berhasil untuk mempertahankan minat pendengarnya.
Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Remaja pada Lingkungan Masyarakat Khaerunnisa, Khaerunnisa; Syarif, Ahmad
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v6i1.15877

Abstract

Hadirnya aplikasi TikTok, remaja dapat menciptakan konten menarik, memungkinkan berbagai lapisan masyarakat untuk mengekspresikan diri dan gaya mereka melalui pembuatan video lucu, unik, menarik dan variasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perilaku remaja pada lingkungan masyarakat” dan “Seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perilaku remaja pada lingkungan masyarakat di Desa Sawakong. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, dengan jumlah populasi sebanyak 100 orang yang berusia mulai dari remaja awal (10-14tahun), remaja pertengan (15-19tahun), hingga dewasa muda (20-24tahun). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadao perilaku anak remaja di Desa Sawakong. Perubahan dalam pola perilaku ini mencakup kesulitan para remaja dalam membedakan apakah video tiktok yang viral dan banyak ditonton memiliki nilai manfaat, moralitas, atau edukatif. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh antara variabel X (Pengguna Media Sosial TikTok) terhadap variabel Y (Perilaku Remaja). Dimana di peroleh nilai pearson correlation adalah 0.775 dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000. perolehan skor tersebut mengandung arti bahwa variabel pengguna tiktok memiliki korelasi terhadap variabel perilaku remaja dengan nilai 0.775.
Kegiatan Humas Bank Syariah Indonesia Cabang Pangkep dalam Menarik Minat Nasabah Idris, Muhammad; M, Indah Pratiwi; Hamna, Dian Muhtadiah
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v6i1.15873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan humas dalam menarik minat nasabah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bahwa hubungan yang kuat dengan pelanggan, pelayanan yang efisien dan responsif, serta komunikasi yang transparan dan edukatif menjadi faktor utama dalam kesuksesan BSI Pangkep, dan fokus pada pelayanan, BSI berhasil membangun citra positif dan memperkuat hubungan dengan masyarakat. Mereka menekankan transpaaransi keamanan dan kehalalan produk BSI sesuai prinsip Syariah. Selainitu humas memainkan peran penting dalam mengelola komunikasi internal dan eksternal untuk memastikan informasi yang disampaikan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah.  Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran Humas sebagai jembatan antara bank syariah dengan masyarakat dalam memperkuat citra positif serta meningkatkan kepercayaan dan minat nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pangkep.
Transkukturasi Antar Masyarakat Mulitkultur di Kec. Lariang dan Bulutaba Kab. Pasangkayu Putri, Farah Kirana; M, Diana Rina
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) Vol 6, No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v6i1.15874

Abstract

Kecamatan Lariang dan Bulutaba menjadi salah satu daerah di Kab. Pasangkayu yang masyarakatnya merupakan masyarakat multikulur, terdapat beberapa suku dan agama yang hidup berdampingan dalam waktu yang lama. Kajian penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses transkulturasi antar masyarakat multikultur di Kec. Lariang dan Bulutaba Kab. Pasangkayu. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mendapatkan data mengenai pemahaman yang bersifat umum tentang kenyataan, juga untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena yang dihadapi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transkulturasi yang terjadi di Kec. Lariang dan Bulutaba berupa akulturasi, dekulturasi dan asimilasi. Hal tersebut merupakan adopsi bahasa dan istilah, perubahan gaya hidup, perubahan nilai dan norma sosial serta migrasi dan perpindahan penduduk. Lebih lanjut faktor yang mendukung terjadinya transkulturasi adalah kontak budaya, penddikan serta penerimaan dan fleksibilitas diantara kelompok budaya yang berbeda Sementara pola pikir tertutup menjadi penghambat terjadinya transkulturasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5