cover
Contact Name
Pramitha Dwi Larasati
Contact Email
jurnal.siskomkb@tau.ac.id
Phone
+628569874091
Journal Mail Official
jurnal.siskomkb@tau.ac.id
Editorial Address
Jl. Swadarma Raya No. 58, Ulujami Pesanggrahan, Jakarta Selatan12250
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sistem Komputer & Kecerdasan Buatan
ISSN : 2613991X     EISSN : 26212927     DOI : -
Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan (SisKom-KB) adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tanri Abeng yang mencakup bidang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan beberapa bidang ilmu multidisipliner yang mengarah pada Sistem Komputer berbasis Kecerdasan Buatan. Jurnal ini diterbitkan berkala dengan dua volume setiap tahunnya. Jurnal Penelitian Ilmiah ini menerima hasil tulisan penelitian ilmiah dari luar civitas akademika Universitas Tanri Abeng
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018" : 7 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Aplikasi E-Library Sahril Amuda; Pramitha Dwi Larasati; Ari Irawan
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan perpustakaan pada masa kini semakin menuntut akan kualitas dan profesionalisme agar hasilnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh penggunanya. Dengan perkembangan teknologi saat ini memang diperlukan suatu sistem informasi yang menangani administrasi perpustakaan. Sistem informasi tersebut berkaitan dengan pengelolaan data buku, pengelolaan data anggota, pengelolaan data sirkulasi peminjaman buku. Selama ini perpustakaan SMA Negeri 4 Halmahera Utara masih menggunakan penyimpanan secara manual dengan semua proses transaksi peminjaman buku ditulis dalam arsip. Transaksi yang dilakukan tersebut dapat mengakibatkan data yang dimasukkan terlalu banyak menggunakan ­paper-based form dan membuat petugas perpustakaan sulit mengelola. Sehingga menyebabkan tingkat keakuratan pencarian dan penyimpanan menjadi kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem aplikasi e-library yang dapat memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola data perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawncara dalam mengumpulkan data. Pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan RAD (Rapid Application Development) dengan mengambangkan konsep OPAC (Online Public Access Catalogue). Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi e-library.
Sistem Kehadiran Menggunakan Quick Respone Code Dengan Enkripsi Algorithm Message Digest 5 dan Vigenere Cipher Pada SpeedCom IT Consulting Yudi Wiharto; Ari Irawan
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The attendance system is a resource that must exist and is needed both by government agencies and private agencies for the onset of an initial operational activity in it. The existence of attendance tools at this time is vital considering the function is able to support activities and implementation of work activities in it so that the tool must exist in an agency. Especially for SpeedCom IT Consulting, data collection and attendance reporting system used so far using data processing applications with web-based internet facilities. This is considered less effective by agencies, because employees can make input attendance wherever and whenever. From the problem it raises the idea of ​​adding an encrypted Quick Respone code (QR Code), in which it can perform management and attendance data collection. Supported with the availability of local internet network within the agency, this application will be used as a medium of attendance and recapitulation of employee attendance every month. With the QR Code is expected no more games or cheating by employees in the process of attendance and is expected also this application will facilitate the administrator in managing the presence of employees in the office so that the results of reporting data can be known easily, quickly and accurately.
Klasifikasi Jenis Kelamin menggunakan Pitch Suara dengan metode Pitch Detection Algorithm Irham Surya Pratama; Felix Indra Kurniadi
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract—Gender classification is one of the major problems in speech analysis. Human voices exhibit very interesting aspects i.e. pitch, median, frequency etc. In this research we proposed an approach using pitch to classify each gender. Pitch Detection Algorithm were used as main method. This method gives 61% using Pitch Detection Algorithm
PENGENDALI PINTU MENGGUNAKAN WEB SERVER DAN RFID BERBASIS WEMOS D1 MINI UNTUK MONITORING PEGAWAI PADA BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN TANGERANG fredy susanto; Maimunah Maimunah; Didi Tegar Tiasto
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

To improve the quality of employees in an office there should be a system that monitors the entry of employees during working hours, the main door of a corporate office is made for incoming and outgoing access. Therefore, it takes a device that can solve the problem, then it takes a system that can know when and who comes in and the leader can be able to find out to be the material of study. Finally, the idea came up to make a door controller that is based on Smart Card or RFID (Radio Frequency Identification) that bundling the Mini Wemos D1 microcontroller as the brain of the main Door control in this research. RFID automatically unlocks the door, then Webserver serves as an alternative if RFID Tags are left behind or lost. As a tool implementation tool, RFID is used for identification based on the identity of employees to be able to access and recognize it, so that only registered employees in the database can use this door control system. Wemos D1 mini microcontroller-based door controller system, has 2 functional tasks, including: Auto open-lock door and Monitoring out the entry of employees at the BPS office, Observation research conducted on the main door of BPS office Kab. Tangerang. Thus through the application of this system, the main work function of the main door at BPS Kab. Tangerang has changed to automatic..
Sistem Abensi Karyawan Berbasis Location Based Services (LBS) Menggunakan Platform Android Studi Kasus: PT.Noxus Ideata Prima Annisa Dayumi; Muhamad Femy Mulya
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract— As a company, PT. Noxus Ideata Prima is highly dependent on its human resources, as they are the main gear which moves the company. Based on said fact, employee scoring procedures are needed by the company to assess perfomances of each employee. one of considered factors which affect an employee’s perfomancesis attendance. Based on above statement, this research is conducted in order to increase effectivity and efficiency, and also modernizing the currently active manual employee attendance system to become an Android-based mobile application with Location Based System (LBS). The development of this system utilizes System Development Life Cycle (SDLC) method with waterfall model and developed in C# programming language, which also utilizes other important elements, including XML, JSON Data, RESTful API, and PostgreSQL. There are several main functions and features offered by the application, including attendance function for the employee to use after coming to the office, holiday-checking for the current year, and viewing reports of attendance of each employee which can be seen monthly, yearly, or as the data from previous year. Keyword: Attendance, Mobile Android, (Location Based System), C#
Pemetaan dan Analisa Sebaran tempat public pada Kecamatan Jambi Timur di Kota Jambi dengan Sistem Informasi Geografis Erick Fernando; Derist Touriano; Dina Fitria Murad; Andreas Condro Bimo
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan daerah dikota jambi begitu pesat sampai perkembangan dari setiap daerah kecamatan. Perkembangan yang terjadi ketidak sesuaian ataupun ketidak seimbangan dari setiap daerah di suatu wilayah yang ada dikecamatan jambi timur. Permasalahan yang terjadi dari keadaan tersebut mengakibatkan perkembangan kehidupan social, ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya yang tidak seimbangan antar masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemetaan tempat-tempat public pada kota jambi khususnya pada kecamatan jambi timur. Pemetaan tempat menggunakan SIG dengan menggunakan data – data spasial Data spasial yang digunakan adalah titik koordinat berdasarkan garis bujur dan garis lintang secara geografi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan statistic yang dilakukan pada tahun 2016. Berdasarkan data spasial dan non spasial yang didapat melalui survei dari 150 tempat, dapat disimpulkan bahwa persebaran tempat/lokasi dengan kategori tempat Perdagangan/bisnis memiliki jumlah terbanyak dari segala kategori dimana pertumbuhan bisnis di Kecamatan Jambi Timur sangat cepat dengan 38,7% , sarana pendidikan 16,7%, Kantor pemerintahan 13,3%, fasiltas umum 9,3%, perbelanjaan 8%, perbankan 6 %, tempat kuliner 5,3%, pelayanan kesehatan 2,7% sedangkan untuk kategori tempat wisata tidak tersedia . Dengan hasil yang didapat maka bisa dikatakan persebaran tempat yang dimana dengan jumlah penduduk sebanyak 67.878 penduduk tidak seimbang, yang didominani dengan daerah perdagangan /bisnis dan daerah perkantoran pemerintah. Dengan demikian daerah kecamatan jambi timur ini perlu dikembangkan/ dibangun tempat pelayanan kesehatan, wisata yang baru di Kecamatan Jambi Timur untuk menunjang kehidupan masyarakat yang lebih baik.
Pemodelan Mekanisme Koordinasi Distribusi Logistik Bantuan Bencana Berbasis Integrasi GIS dan Agent Based Modeling Simulation Fauzi Khair; Dina Fitria Murad
Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan) Vol 2 No 1 (2018): Volume II - Nomor 1 - September 2018
Publisher : Teknik Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penanggulangan bencana pada periode tanggap darurat merupakan salah satu kebijakan yang krusial. Pada periode ini amat membutuhkan sistem koordinasi distribusi bantuan dan sistem yang terintegritasi dengan baik dalam pengelolaannya. Setiap kesalahan dalam sistem pada periode ini akan berimbas pada peningkatan signifikan dari jumlah korban maupun kerugian materil yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem koordinasi distribusi bantuan dengan konsep sentralisasi dan desentralisasi penanggulangan bencana erupsi Merapi. Penelitian ini mengintegrasi metode Agent Based Modeling (ABM) dan Geographic Information System (GIS) dalam memodelkan simulasi sistem koordinasi distribusi bantuan oleh relawan dengan beberapa skenario. ABM bertujuan untuk menggambarkan perilaku agents (pengungsi dan relawan) saat terjadi bencana dengan karakteristik masing-masing. Penggunaan data spasial GIS bertujuan untuk menggambarkan kondisi jalanan secara nyata untuk kawasan terdampak erupsi. Hasil simulasi skenario desentralisasi dengan kombinasi 4 Posko koordinasi menunjukkan penanganan dan penyaluran bantuan menuju barak pengungsian lebih efisien dibandingkan dengan skenario sentralisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7