cover
Contact Name
Adhi Surya
Contact Email
J.Kacapuri@gmail.com
Phone
+6287782738533
Journal Mail Official
J.Kacapuri@gmail.com
Editorial Address
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam kalimantan MAB Gd A lt 2, Jalan adhiyaksa No 2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalsel-70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil
ISSN : 25023179     EISSN : 26566001     DOI : 10.31602
JURNAL KACAPURI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Program Studi (S-1) Teknik Sipil Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Redaksi menerima sumbangan artikel ilmiah dari para peneliti, pendidikan dan pemerhati masalah-masalah atau scope and focu
Articles 47 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)" : 47 Documents clear
Analisis Waktu dan Biaya Pembangunan Gedung IKFM, IPS, IPL Dan Parkir Kendaraan Karyawan Aris Sujarwo; Wateno Oetomo
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7527

Abstract

Proyek  konstruksi  merupakan  suatu  rangkaian  kegiatan  yang  saling  berkaitan untuk mencapai suatu tujuan tertentu baik bangunan maupun konstruksi yang didalamnya terdapat Batasan waktu, biaya dan mutu. Untuk itu dibutuhkan suatu metode atau Teknik pengendalian kinerja proyek yang sifatnya konsisten dan terintegrasi agar kinerja proyek tidak berada dibawah kinerja yang telah direncanakan.  Konsep  earned value merupakan  salah satu metode yang dapat digunakan untuk kepentingan pengendalian kinerja proyek. Dalam penelitian kali ini metode earned value akan digunakan untuk menganalisis bagaimana kinerja waktu dan biaya yang ada di proyek pembangunan Gedung ikfm, ips, ipl dan parkir kendaraan karyawan rsud sidoarjo.jika performa pekerjaan dianggap tetap dari kinerja terakhir kali yang didapatkan maka  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja waktu yang didapatkan yakni pada  minggu ke-15 diperoleh hasil spi sebesar 0,923, meskipun spi dibawah 1 namun jadwal proyek diselesaikan tepat waktu sesuai jadwal yang direncanakan, namun sebaliknya kinerja biaya menunjukkan hasil yang kurang baik yakni ditandai dengan hasil cpi  sebesar0,827. Yang berarti proyek tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah   direncakan   namun   dengan   biaya   yang   lebih   besar   yakni   sebesar9.899.287.561,59. penelitian ini menunjukkan bahwa metode earned value bisa memprediksi hasil akhir serta memberi gambaran status kinerja proyek yang sedang berlangsung secara komprehensif.Kata Kunci: Earned Value, RSUD Sidoarjo, Kinerja Waktu dan Biaya
ANALISIS FASILITAS BERLALU LINTAS PADA ZOSS DI KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN (TRAFFIC FACILITY ANALYSIS ON ZOSS IN MAROS REGENCY SOUTH SULAWESI PROVINCE) Abdul Azis
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7391

Abstract

ZoSS diterapkan untuk melindungi pejalan kaki khususnya anak sekolah dari bahaya kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan yang melaju melebihi batas normal yang disebabkan oleh kelalaian manusia dalam pengoperasian kendaraannya. Tujuannya adalah untuk menganalisis kondisi lalu lintas di zona aman sekolah (ZoSS). Peneliti menggunakan metode analisis survei untuk pengumpulan dan pengolahan data menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data statistik. Volume lalu lintas penduduk selama 6 hari kerja. Hasil survei kecepatan dan volume lalu lintas meliputi kecepatan sesaat kendaraan yang melewati ZoSS yang diukur dengan speed gun, populasi survei adalah semua kendaraan yang melintas di jalan sekolah, dan ukuran sampel minimal 30 kendaraan. Metode pemilihan sampel adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan statistik Z-test. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi langsung ke lokasi penelitian. Kecepatan yang diamati dalam penelitian ini adalah kecepatan lokal. Kesimpulannya adalah keadaan volume puncak tertinggi KM. 12 Kabupaten Maros pada pukul 07.56-08.00 WITA selama 42.75 SMP/5 menit, waktu kedatangan dan volume puncak tertinggi untuk trayek pada pukul 02.06-12.10 WITA pada 40.9 SMP/5 menit untuk waktu pulang. Hasil pengolahan data didapatkan volume lalu lintas di Jalan Poros Kabupaten Maros tidak melebihi kapasitas, hal ini menunjukkan volume lalu lintas masih stabil.Kata Kunci: volume, lalu lintas, ZoSS, stabil
IMPLEMENTASI AUTODESK REVIT UNTUK QUANTIIY TAKE OFF PADA PEKERJAAN STRUKTUR JEMBATAN Ahmad Fawzi Pratama; Budi Witjaksana
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7603

Abstract

Perlu adanya terobosan yang bisa membantu perhitungan Quantity Take-Off. Terobosan haruslah berupa solusi yang mudah untuk diimplementasikan. Penelitian ini membahas sebuah perangkat lunak Autodesk Revit, dengan perangkat lunak ini pengguna bisa merancang bangunan serta struktur menggunakan pemodelan 3D dan menyajikan gambar kerja   2D serta Quantity Take-Off material. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah   melakukan permodelan 3D, perhitungan volume, dan perhitungan   biaya dengan bantuan software Revit. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian. foto lapangan dalam penelitian ini adalah sebagai salah satu acuan dalam  permodelan 3D, harga satuan dalam penelitian ini adalah untuk menghitung biaya pekerjaan. Gambar  nantinya digunakan untuk acaun membuat permodelan jembatan di software Revit yang kemudian bisa diketahui untuk volume pekerjaannya. Rekapitulasi dari total semua volume pekerjaan yang didapatkan setelah melakukan permodelan 3D. Volume pekerjaan struktur jembatan: • Pondasi Beton fc’ 20 MPa : 267,57 M³ • Baja Tulangan Struktur 420A : 46.874,53 Kg • Struktur Baja : 28.974,69 Kg • Strous pile Diameter 400mm : 288M 2. Biaya pekerjaan : • Pondasi Beton fc’ 20 MPa : Rp. 320.011.996,85,- • Baja Tulangan  Struktur   420A   :   Rp.   870.804.549,90,-   •   Struktur   Baja   :   Rp. 104.600.948,88,- • Strous pile Diameter 400mm : Rp. 200.213.732,16,-Kata Kunci: Autodesk Revit, Implementasi Revit, Quantity Take Off
Pengaruh Penambahan Campuran Kapur Dan Abu Sekam Padi Pada Stabilisasi Tanah Gambut Terhadap Nilai Kuat Tekan Dan Kuat Geser (Studi Kasus: Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan) Benny Syaputra; Akhmad Gazali; Eka Purnamasari
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7232

Abstract

Tanah gambut sering menimbulkan masalah pada bangunan-bangunan yang ada diatasnya, salah satu alternative yang digunakan untuk memperbaiki kualitas tanah ialah dengan stabilisasi. Stabilisasi merupakan usaha dalam memperbaiki sifat fisik dan mekanik tanah, yaitu dengan penambahan zar adiktif berupa kapur dan abu sekam padi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai kuat tekan dan kuat geser tanah gambut sebelum dan sesudah distabilisasi menggunakan kapur dan abu sekam padi serta pengaruh variasi waktu pemeraman terhadap nilai kuat tekan dan kuat geser. Penambahan kapur 10%, dan abu sekam padi 5%, 10%, 15%, dengan waktu pemeraman 0 hari, 4 hari, dan 7 hari. Tanah diambil dari Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Nilai kuat tekan bebas tertinggi terjadi pada campuran kapur 10% + abu sekam padi 15% dan waktu pemeraman 7 hari dengan nilai didapat sebesar 1,793 kg/cm2 titik1 , 1,983 kg/cm2 titik 2, dan untuk kuat geser nilai kohesi tertinggi teradi pada kadar campuran kapur 10% + sekam 15% dengan waktu pemeraman 7 hari sebesar 0,38 titik1, 0,35 titik 2, dan nilai sudut geser 60,5 titik 1, 60 titik 2. Kata kunci : Kuat Tekan, Kuat Geser, Tanah Gambut
ANALISIS PENGARUH SEDIMENTASI TERHADAP SISTEM KEBUTUHAN PETANI PADA BENDUNG di DESA KALABESO KECAMATAN BUER, KABUPATEN SUMBAWA Rosita Rosita; Eti kurniati
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7561

Abstract

Pengelolaan   sumber  daya  air   merupakan   salah  satu   pengendalian   potensi   stareti   yang memberikan konstribusi konstruksi terhadap penyediaan prasarana dan sarana pertanian dalam rangka memenuhi kebutuhan Pangan Nasional. penelitian ini bertujuan untuk memenuhi besar kebutuhan air pada lahan pertanian di Desa Kalabeso dan mengetahui pengaruh sedimentasi pada bendung di Desa Kalabeso, terhadap kebutuhan air dilahan pertanian. Metode yang digunakan untuk memperhitungkan besar kebutuhan air yaitu menggunakan metode perhitungan R80, Re, ETo, ETc, IR, NFR, untuk mengetahui besar pengearuh sedimentasi pada bendung terhadap kebutuhan air yaitu dengan memperhitungkan besar volume bendung dan persentase sedimentasi pada bendung. Hasil dari perhitungan air (NFR) maksimum pada masa tanam 1 terjadi pada bulan februarai sebesar 4,85 mm/hari, dan nilai minimum musim tanam 1 terjadi pada bulan desember sebesar 0,23 mm/hari, sedangkan pada musim tanam periode 2 nilai maksimum kebutuhan air (NFR) terjadi pada bulan agustus sebesar 9,31 dan nilai minimum terjadi pada bulan September dan oktober sebesar 3 mm/hari. Hasil perhitungan sebelum adanya sedimentasi volume bendung sebesar 170,037 m3 setara dengan 0,170,037 liter, sedangkan volume bendung setelah adanya sediemntasi sebesar 151,3 m3 setera dengan 0,151,3 liter , persentase sedimentasi pada bendung sebesar 98,88%, sehingga volume tampung bendung setelah penumpukan sedimentasi sebesar 0,195%. kata kunci: kebutuhan air pada lahan, evapotranspirasi, pengaruh sedimentasi pada bendung
ANALISIS LONGSORAN JALAN PATTIMURA SAMARINDA Maraden Panjaitan
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7397

Abstract

Analisis daya dukung fondasi untuk lonsoran yang dimaksudkan adalah fondasi yang sesuai berdasarkan kedalaman lapisan tanah keras pendukung fondasi. Berdasarkan penentuan jenis fondasi, maka fondasi yang dimaksud adalah fondasi tiang bor, dimana tinjauannya berdasarkan keruntuhan geser tanah berdasarkan data N-SPT. Untuk  fondasi  tiang,  dalam  perencanaan  ini  digunakan    type  fondasi  tiang  bor. Fondasi tiang bor digunakan sebagai alternatif pada wilayah yang tidak memungkinkan untuk pemacangan, karena perbedaan kedalaman lapisan tanah keras,metode analisis yang digunakan menyesuaikan dengan data pengujian serta korelasi parameter tanah yang dapat dilakukan dari beberapa pengujian terdahulu seperti yang telah  dijelaskan  di  atas.  Adapun  metode  analisis  dan  perhitungan  daya  dukung fondasi  selengkapnya  disajikan  pada  sub  bab  ini.  Dari  ke  5  titik  sondir  yang dilakukan pada kedalaman    kisaran 6 m terdapat  nilai tahanan konus (qc) 224   –234 kg/cm2 . Hal ini menunjukkan memenuhi kriteria parameter untuk daya dukung tanah keras atau end bearing. Hasil penyelidikan tanah dengan CPT pada kedalaman sampai dengan 1,00 m dari atas permukaan tanah memberikan nilai tahanan konus (qc) berkisar antara 11,00 kg/cm2 dan semakin bertambah hingga mencapai nilai234,00 kg/cm2 pada kedalaman di bawah 6,00 m dari permukaan tanah. Nilai perlawanan geser (fs) mengalami peningkatan yang relatif signifikan pada kedalaman dibawah  5,00  m  dari  permukaan  tanah.  Nilai  rasio  gesek  (Rf)  cenderung  untuk berubah pada tiap – tiap kedalaman. Penanganan Longsoran Tipe Pondasi  untuk longsoran yang tepat DPT tiang bor = 8 meter dengan diameter 40 cm  ,untuk pondasi pagar tiang bor = 6 meter diameter 30 cm , dan gedung untuk berlantai 3 tiang bore =12 meter   diameter 60 cm, Estimate Engineering dan typical desain. Diperlunakan saluran drainase type U ditch/DS1 untuk proteksi scouring/gerusan, Estimate Engineering dan typical desain. Kata Kunci : Longsoran ; Debris; Retaining Wall ; Kohesi; Kontur
Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Widang/Bedahan – Batas Kota Lamongan Dengan Metode Pd T-09-2004-B Moch Ali Ma’shum; Hary Moetriono
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7523

Abstract

Suatu   peristiwa   kecelakaan   lalu   lintas   sangat   beragam   baik   dari   proses kejadiannya maupun faktor penyebabnya.  Diperlukan adanya pola yang dapat menggambarkan karakteristik proses kejadian suatu kecelakaan lalu lintas, supaya dapat  dirumuskan  upaya  penanggulangannya.  Banyaknya  kejadian  kecelakaan yang   terjadi   pada   ruas   jalan   Widang/Bedahan   –   Batas   Kota   Lamongan mengakibatkan banyak kerugian, baik kerugian materil dan non material bagi para pengendara.  Dengan  dasar  ini  dilakukan  analisis  kecelakaan  sehingga  dapat diketahui daerah rawan kecelakaan dan mencari solusi penyelesaian yang tepat untuk meminimalisasi kecelakaan yang sering terjadi pada ruas jalan tersebut. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif. Deskriptif  yaitu  analisis  untuk  menggambarkan  keadaan  data  secara  umum, Meliputi beberapa hal, yakni distribusi frekuensi, pengukuran tedensi pusat, dan pengukuran variabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode UCL pada segmen jalan dimana nilai EAN > UCL rawan terjadi kecelakaan. Dari hasil analisis didapatkan daerah rawan kecelakaan yaitu pada ruas jalan Deket terdapat  3  titik  rawan  kecelakaan  yaitu  Kelurahan  Pandanpancur,  Kelurahan Rejosari, Kelurahan Deketkulon. Untuk ruas jalan Sukodadi terdapat 2 titik rawan kecelakaan yaitu kelurahan Surabayan dan Kelurahan Sukodadi, Untuk ruas jalan Babat terdapat 5 titik rawan kecelakaan yaitu Kelurahan Kebalandono, Kelurahan Gembong, Kelurahan Kebalanpelang, Kelurahan Plaosan, Kelurahan Bedahan. Kata Kunci: Lokasi Rawan Kecelakaan, Widang/Bedahan-Kota Lamongan
STUDI PERENCANAAN REVETMENT PADA PANTAI LABU SAWO DESA PENYARING KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA Rahmat Hidayat; Adi Mawardin; Eti Kurniati
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7609

Abstract

Pantai Labu Sawo terletak di Dusun Omo, Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara. Daerah ini digunakan sebagai permukiman nelayan tradisional dan tempat wisata. Akan tetapi aktivitas masyarakat kini terhambat, disebabkan oleh meningkatnya elevasi muka air laut saat pasang dan gempuran ombak yang menyebabkan kemunduran garis pantai dan kerusakan fasilitas umum. Untuk menanggulangi hal tersebut maka perlu dilakukan pembangunan Revetment. Dalam melakukan perencanaan diperlukan ketersediaan data untuk mendukung proses perencanaan. Data-data yang diperlukan adalah data observasi lapangan, data angin selama 10 tahun, data pasang surut, data topografi dan bathimetri. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh perencanaan dimensi Revetment, tinggi bangunan 6.4 m, tebal lapis lindung T1 2.78 m, lebar puncak revetment 2.84 m, Tebal Kaki Bangunan 2.78 m, Lebar Pelindung Kaki 4.578 m, diperoleh Ns3 adalah 11, jadi bangunan revetment aman karena memenuhi syarat Ns3 11 ≤ 300. Kata Kunci : Revetment, Wave, Garis Pantai, Pantai Labu Sawo
RESPONS SPECTRUM ANALYSIS STRUKTUR BANGUNAN TINGKAT TINGGI (STUDI KASUS: BANGUNAN RUMAH SUSUN STASIUN TANJUNG BARAT DI JAKARTA) Diah Sarasanty; Zainul Arifin
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7396

Abstract

Gempa merupakan peristiwa alam yang disebabkan pergerakan lempeng bumi yang tidak bisa diketahui kuat gempa dan kapan terjadi gempa tersebut. Gempa memberikan dampak bagi manusia berupa kematian, luka-luka serta kerusakan bangunan dan fasilitas umum. Negara indonesia khususnya Kota Jakarta merupakan daerah dengan intensitas gempa tinggi, maka bangunan dapat mengalami kerusakan ringan, sedang bahkan hancur akibat getaran gempa bumi. Kurva respons spectrum gempa di dapat dengan program SAP 2000. Tahap desain dan tahap evaluasi suatu struktur bangunan menggunakan progam SAP 2000. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja struktur bangunan apabila terkena gempa. Berdasarkan analisis respons spectrum yang mengacu pada perencanaan gempa SNI 1726-2012, bahwa data bangunan didapat nilai S1 = 0,3823 g, Ss = 0,7086 g, SDS = 0,624 g, dan SD1 = 0,459 g. Tinjauan displacement dari hasil analisis, didapat simpangan antar lantai paling besar yaitu 5,847 mm dan tidak melebihi simpangan yang diizinkan yaitu 53,846 mm dan simpangan antar tingkat dinyatakan aman.Kata Kunci: Gempa, SAP 2000, Response Spectrum, Displacement
EVALUASI SISTEM DRAINASE KAWASAN PERUMAHANKEPUH PERMAI Kec. WARU Kab. SIDOARJO Ridwan Mustofa Fara; Faradlillah Saves; Hudhiyantoro Hudhiyantoro
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Juni 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i1.7602

Abstract

Banjir adalah sebuah kejadian dimana saluran tidak dapat di tampung oleh saluran sehingga mengakibatkan genangan.Hal inin terjadi di perumahan Kepuh Permai. Penelitian ini bertujuan untuk mencari debit banjir rencana ,debit banjir eksisting, dan  ukuran perencanaan ulang saluran dengan menggunakan data hujan maksimal 10 tahun terakhir dari 2011 hingga 2020. Perhitungan yang digunakan dalam mencari curah hujan maksimal menggunakan metode aritmatika. Dalam perhitungan hidrologi dilakukan dengan perbandingan antara metode Gombel, metode Normal, metode Log Persen Type III dan di koreksi dengan metode Chi- Kuadrat. Berikutnya perhitungan koefisien aliran dengan mencari kemiringan saluran dilanjutkan dengan perhitungan intensitas hujan dilakukan dengan rumus Manonobe. Debit rencana disini di gunakan sebagai acuan mampunya saluran dapat menampung, dicari dengan menggunakan metode rasional. Setelah di ketahui debit rencana yakni perhitungan debit saluran eksisting mengguakan metode rasional, dalam hal ini di tunjukan bahwa kondisi saluran benar beermasalah dan tidak mampu menampung curah hujan maksimal dalam kala ulang 2 tahun, 5tahun, 10 tahun. Dalam hal ini maka dilakukan redesign dengan metode trian and eror hingga dinyatakan mampu dalam menampung debit hujan maksimal (banjir). Kata kunci : Banjir, curah hujan, saluran