cover
Contact Name
Yudha Eka Nugraha
Contact Email
yudhaekanugraha@gmail.com
Phone
+6281236395938
Journal Mail Official
yudhaekanugraha@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Kupang Kampus Penfui : Jalan Adisucipto P.O. BOX 139 Kupang Telp. (0380) 881246, 881245 Fax.(0380) 881245
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
ISSN : 26222876     EISSN : 26854511     DOI : https://doi.org/10.32511/tourism.v2i2.620
Jurnal Tourism adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang yang mempublikasikan hasil penelitian yang berhubungan dengan tema Perjalanan Wisata, Perhotelan, Budaya, Destinasi, dan Event. Jurnal ini akan diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE" : 7 Documents clear
MANAJEMEN PEMANFAATAN KULINER NUSANTARA DALAM MENARIK WISATAWAN MANCANEGARA PADA KAYUMANIS RESTO JIMBARAN Sauta, Syahrul; Sulistyawati, Anastasia
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.762

Abstract

Satu dari banyak restoran di Bali, yang mampu menyajikan citarasa global dan lokal adalah Kayumanis Resto Jimbaran. Tujuan penelitian adalah memahami citra dan keunggulan menurut rekomendasi wisatawan Mancanegara, mendeskripsikan strategi resource based view Barney, dan mix marketing Kotler Kayu manis Resto Jimbaran. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Kayumanis Resto Jimbaran menggali sumber daya khas otentik Indonesia dalam bentuk modern tanpa melupakan ciri tradisinya mampu menghasilkan keunggulan bersaing berkelanjutan. Tiga alasan teratas rekomendasi wisatawan (mancanegara) adalah: suasana indah dan santai, hidangan khas, dan hidangan otentik nusantara. Kayumanis Resto Jimbaran dilihat dari mix marketing, yaitu: produk, berbagai menu Nusantara ditunjang penyajian. Harga, disesuaikan rasa dan pelayanan. Distribusi (place) menjangkau kawasan Private Estate & Spa Jimbaran. Promosi melalui bauran promosi. Sarana fisik bangunan tradisional dilengkapi kebun tropis. Orang, SDM profesional. Proses, pelayanan cepat (booking online).
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI HOTEL ASTON KUPANG Riwu, Lorens
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.763

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Hotel Aston Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan di Hotel Aston Kupang, Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian statistic deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 20 responden dengan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner, observasi, wawancara tidak teratur serta studi kepustakaan.Penelitian ini menggunakan teknik analisa data antara lain: uji validitas, reabilitas, uji regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 3,132 lebih besar dari t table sebesar 2,101 sehingga hipotesis alternatif diterima yang menunjukkan terdapat pengaruh kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan di Hotel Aston Kupang. Hasil koefisien diperoleh nilai r square 0.353 yang berarti kompensasi berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan di hotel Aston Kupang sebesar 35,3 %.
Analisis Kondisi Lingkungan Internal dan Eksternal Potensi Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Ende Meko, Pasifikus Mala
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungn internal dan eksternal pada Potensi daya tarik wisata di Kabupaten Ende. Analisis data yang digunkan adalah IFAS dan EFAS. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan tabulasi perhitungan pembobotan, rating atau skor tehadap indikator-indikator internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukan kondisi lingkungan internal dilihat dari faktor kekuatan dan kelemahan berada pada posisi sedang dengan total skor 2,34. Faktor peluang dan ancaman berdasarkan hasil analsis lingkungan eksternal berada pada posisi sedang dengan total skor 2,44 yang mengartikan dalam tahap tumbuh dan berkembang.
IMPLEMENTASI HIGIENE DAN SANITASI PADA FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT CAPA RESORT MAUMERE Rero, Laurensius Sandro; Mantolas, Christina Mariana
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.759

Abstract

Ditengah pertumbuhan wabah covid 19 yang belum menunjukan trend positif membuat wisatawan untuk lebih teliti dalam memilih hotel atau penginapan yang akan ditempati. Pilihan – pilihan tersebut tidak hanya terkait dengan hotel yang sudah menerapkan protokol kesehatan namun pilihan juga terkait dengan kebersihan dan keamanan makanan yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi dari higiene dan sanitasi pada FB Department di Capa Resort Maumere yaitu dengan melihat Higiene personal, higiene sanitasi area dapur dan kualitas makanan yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan kunci yang digunakan sebanyak 3 orang yaitu Executive Chef (1) dan Cook (2). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara mendalam (In depth interview), studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap indikator dari ketiga variabel diteliti sudah diterpakan dengan baik dalam menjaga higiene dan sanitasi pada bagian FB Department namun masih ada beberapa indikator yang perlu dilakukan perbaikan seperti pada higiene personal, higiene sanitasi peralatan.
ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI BINTAN INTI EXECUTIVE VILLAGE, TELUK LOBAM – BINTAN Kurniawan, Welli Braham
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.765

Abstract

Every hotel needs to provide the best service so that every guest who stays is satisfied, and this will be the hotel's marketing tool because the guest will share his experience with others. Bintan Inti Executive Villa is a hotel with a residential business hotel concept where guests staying for business purposes. Bintan Inti Executive Villa is only intended for companies in the Lobam Industrial Estate, and usually guests will stay for a long period. In this study, questionnaires were distributed to guests who were staying overnight to measure the level of guest satisfaction with the quality of services provided by the Bintan Inti Executive Villa. Based on the results of the distributed questionnaires, it was obtained that most of the guests who stayed were satisfied with the quality of services provided by Bintan Inti Executive Villa with an average satisfaction rating (mean) of 3.6473 on a scale of 1 to 4.
ANALISIS PENGEMBANGAN PANTAI WINI SEBAGAI PARIWISATA PESISIR DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA Lasibey, Ariance Ana
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.760

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indikator pariwisata pesisir, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menentukan strategi yang tepat dalam pengembangan pariwisata pesisir di Pantai Wini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan analisis SWOT. Strategi pengembangan dirumuskan dengan cara meminimalkan kelemahan dan ancaman, serta memaksimalkan peluang dan kekuatan. Data dikumpulkan melalui observasi, studi kepustakaan, serta wawancara dengan stakeholder terkait seperti Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perikanan dan Kelautan, Kelurahan, TNI AL, tokoh masyarakat, dan pengunjung. Data dianalisis secara deskriptif kemudian untuk menentukan strategi pengembangan pariwisata pesisir dilakukan dengan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan pariwisata pesisir Pantai Wini antara lain mengoptimalkan pemanfaatan lahan pesisir dengan tetap membangun kualitas ekosistem melalui kerjasama, mengembangkan profesionalisme dalam pengelolaan dengan mengembangkan SDM pariwisata, meningkatkan perluasan promosi pada event-event tertentu, mengembangkan program pelestarian ekosistem pesisir, serta pembangunan terpadu dengan pemeliharaan yang rutin dan terkontrol.
PENGEMBANGAN PARIWISATA KHUSUS (NICHE TOURISM) MELALUI PENYELENGGARAAN EVENT KEBUGARAN (WELLNESS TOURISM) DI UBUD Studi Kasus Bali Spirit Festival 2019 Permatasari, Dwi Novita Cahyaningtyas
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 4 No 1 (2021): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v4i1.766

Abstract

Tourism during the Fordist era displayed the characteristics of mass tourism, while post-Fordist tourism provided alternative tourism characteristics, namely niche tourism. Today contemporary tourism has both the characteristics of mass and niche tourism. This research answers two questions on motivation of niche tourist towards tourist satisfaction and revisit intention, and how to develop niche tourism through wellness events. This research used qualitative research method. Motivation in this study is divided into push and pull factors. The push factors for yoga tourism in Bali include Experience & Personal Development, Interpersonal, and Prestige & Benefits, while the pull factors are Community, Atmosphere & Climate, Safety & Hygiene, Accessibility, Price & Service Availability, Culture & Ethnic. The majority of visitors are satisfied with the service and quality of the event and have the intention to revisit Bali Spirit Festival in the following year. Finally, the development of special tourism through wellness tourism events can be done within market segmentation and developing tourism package clusters

Page 1 of 1 | Total Record : 7