cover
Contact Name
Yudha Eka Nugraha
Contact Email
yudhaekanugraha@gmail.com
Phone
+6281236395938
Journal Mail Official
yudhaekanugraha@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Kupang Kampus Penfui : Jalan Adisucipto P.O. BOX 139 Kupang Telp. (0380) 881246, 881245 Fax.(0380) 881245
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
ISSN : 26222876     EISSN : 26854511     DOI : https://doi.org/10.32511/tourism.v2i2.620
Jurnal Tourism adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang yang mempublikasikan hasil penelitian yang berhubungan dengan tema Perjalanan Wisata, Perhotelan, Budaya, Destinasi, dan Event. Jurnal ini akan diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE" : 8 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ROOMBOY PADA KEBERSIHAN KAMAR TAMU DI SOTIS HOTEL KUPANG Christina Mantolas; Laurensius Sandro Rero; Martarida Bagaihing
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.877

Abstract

Upaya pelayanan menjadi salah satu hal yang penting dalam industri perhotelan. Dimana prinsip dari industi perhotelan yang memadukan antara produk dan jasa layanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya pelayanan roomboy dalam meningkatkan kebersihan kamar di Sotis Hotel Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yaitu yang langsung terlibat dalam objek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan informanyaitu Supervisor Housekeeping, roomboy, dan tamu. Hasil dari penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa keramahan, kecepatan dan ketelitian romboy dalam meningkatkan kebersihan kamar di Sotis Hotel Kupang sangat diperlukan untuk memberikan kesan yang baik bagi tamu dalam upaya pelayanan yang di berikan untuk mencegah complaint dari tamu.
ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID 19 SERTA DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS PEMERINTAH KOTA KUPANG) Sri Endar Utami
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.881

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan penurunan penerimaan pajak baik pusat maupun daerah. Salah satu sumber penerimaan pajak yang menopang pendapatan asli daerah yaitu pajak restoran. Pada saat kondisi pandemi pajak restoran cenderung turun karena dipengaruhi daya beli masyarakat dan kunjungan wisatawan yang juga menurun. Maka dari itu penelitian ini akan menganalisis besarnya kontribusi pajak daerah khususnya pajak restoran dan laju pertumbuhan pada pendapatan asli daerah Kota Kupang sebelum dan di masa pandemi Covid 19 serta di era new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan data yaitu dokumentasi. Data akan dianalisis menggunakan rumus analisis kontribusi dan laju pertumbuhan. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat kontribusi pajak restoran pada PAD Kota Kupang tahun 2017-2021 cukup fluktuatif, rata-rata sebesar 9% dengan kriteria kinerja keuangan sangat kurang. Laju pertumbuhan penerimaan pajak restoran mengalami penurunan yang sangat signifikan. Laju pertumbuhan berangsur naik pada masa new normal tahun 2021 walaupun masih dalam kondisi negatif.
STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA PATUNG BUNDA MARIA TELUK GURITA ATAMBUA BERBASIS CHSE Syul Rosli Sanam; Yudha Eka Nugraha
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.878

Abstract

Patung Bunda Maria Teluk Gurita Atambua merupakan salah satu destinasi wisata baru yang terletak di kawasan Fatuloko, Dusun Teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran destinasi wisata Patung Bunda Maria Teluk Gurita Atambua berbasis CHSE. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan matriks SWOT, yakni menganalisis dan merumuskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi terkait dengan pemasaran destinasi wisata Patung Bunda Maria, sehingga disusunlah strategi pemasaran destinasi berbasis CHSE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran destinasi wisata Patung Bunda Maria belum dilakukan secara maksimal oleh Dinas Pariwisata selaku pengelola karena destinasi masih dalam tahap pengerjaan lanjutan, maka strategi yang perlu dikembangkan agar ketika destinasi sudah selesai dikerjakan dan dibuka untuk umum adalah strategi pemasaran produk berbasis CHSE yang tepat, pengembangan fasilitas pariwisata dan fasilitas umum dalam kawasan destinasi, strategi keamanan dan kenyamanan dalam pemasaran produk, serta pemberdayaan masyarakat dalam melakukan pemasaran destinasi wisata berbasis CHSE. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk mensukseskan pemasaran destinasi wisata Patung Bunda Maria Teluk Gurita Atambua berbasis CHSE, maka sangat perlu adanya partisipasi masyarakat lokal dalam pemasaran destinasi wisata, sehingga tercapai suatu pembangunan berkelanjutan yang diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi masyarakat lokal dan dapat menjadi penyumbang devisa daerah Kabupaten Belu.
DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA DESTINASI PARIWISATA BUDAYA DI DESA LAMALERA KABUPATEN LEMBATA Yudha Eka Nugraha
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.886

Abstract

COVID-19 membawa dampak yang berkepanjangan dalam kehidupan manusia. Mulai dari pembatasan mobilitas sosial sampai dengan kerugian yang dirasakan oleh sektor ekonomi terkhusus di Indonesia. Salah satu daya tarik wisata budaya yang menggantungkan ekonomi pada sektor pariwisata adalah Desa Wisata Lamalera B di Kabupaten Lembata. Produk pariwisata berbasis budaya telah menjadi bagian dari identitas masyarakat setempat contohnya seperti pasar barter, produk souvenir berbahan dasar tulang paus, prosesi ritual berburu, usaha homestay, usaha makan dan minum dan usaha pendukung pariwisata lainnya. Selama pandemi, penurunan jumlah kunjungan wisatawan mencapai angka 90% bahkan menyentuh angka nol dan sangat berdampak pada pendapatan ekonomi masyarakat lokal dari sektor pariwisata. Dampak pandemi pada unit usaha pariwisata di Lamalera terlihat pada unit usaha homestay, makanan, minuman, dan usaha kreatif. Sedangkan untuk tradisi budaya seperti ritual perburuan paus dan pasar barter tetap dilaksanakan seperti biasanya.
STRATEGI PENERAPAN COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA RANGGU, KECAMATAN KUWUS BARAT Roseven Rudiyanto
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.880

Abstract

Perkembangan pariwisata dapat dilihat dari meningkatnya jumlah kunjungan. Jumlah kunjungan berpengaruh terhadap perekonomian sebuah daerah. Manfaat ekonomi dari perkembangan pariwisata dapat distribusikan merata dengan pengembangan desa menjadi desa wisata dengan pendekatan community based tourism. Desa Ranggu merupakan desa wisata yang berada di Kabupaten Manggarai Barat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan Desa Ranggu sebagai desa wisata dengan pedekatan Community Based Tourism (CBT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian yang didapat ialah masyarakat sudah siap untuk menyambut tamu namun masih membutuhkan pelatihan di bidang pariwisata, kehadiran local champion dan pokdarwis menjadi penting dalam penerapan CBT, dan dibutuhkan paket wisata sebagai produk wisata Desa Ranggu yang dapat dipromosikan menggunakan media sosial.
ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK HOTEL PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN KUPANG) Eugenia Hendrini Tanan
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.890

Abstract

Kabupaten Kupang memiliki empat jalur strategis peningkatan PAD Kabupaten kupang yaitu : Pro-Poor, Pro-Job, Pro Growth, dan Pro-Environment. Dimana Kontribusi Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah untuk meningkatkan akuntabilitas dan keleluasaan dalam pembelajaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maka diperlukasn sumber-sumber penerimaan daerah yang potensial harus digali secara maksimal, termasuk diantaranya adalah Pajak Hotel yang merupakan jenis pajak daerah dan sudah sejak lama menjadi salah satu unsur Pendapatan Asli Daerah (PAD). Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data berupa dokumen diperoleh dari Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah Kabupaten Kupang tahun 2017 sampai dengan 2021 berupa target pajak hotel, realisasi pajak hotel, dan realisasi pendapatan asli daerah. Teknik analisis data menggunakan analisis kontribusi. Hasil peneilitian menunujuka bahwa tingkat kontribusi Pajak Hotel terhadap PAD naik turun bahkan penerimaan Pajak Hotel jauh dibawah target yang telah ditetapkan. Selain itu kinerja keuangan kontribusi Pajak Hotel terhadap PAD sangat kurang selama lima tahun terakhir.
PERENCANAAN PAKET WISATA BUDAYA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN Melky Kabu
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.883

Abstract

This research uses descriptive qualitative research method with the technique of taking informants using purposive sampling technique. Data collection techniques using observation methods, library study interviews and documentation studies. The data analysis technique uses data reduction, data display and verification or drawing conclusions. The results of this study indicate that South Central Timor Regency has the potential for cultural tourism such as Benteng None, Sonaf Sonbesi and Kampung Boti. The potential for cultural tourism can be packaged into a tour package with the concept of a 2 day 1 night tour package in South Central Timor Regency. Based on the potential for cultural tourism, a tour package plan is then made at a price of Rp. 960,000 for 5 guests and a tour package packed with Culture Tour of Soe.
PENGEMBANGAN PANTAI LIMAN SEBAGAI DAERAH WISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA UITIUH TUAN KEC.SEMAU SELATAN KABUPATEN KUPANG Merlin Luisa Malelak; Lorens Riwu
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 5 No 1 (2022): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/tourism.v5i1.882

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata pantai Liman Berbasis Masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara informan dalam penelitian ini adalah pengelola pantai Liman, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di pantai Liman. Terdapat 5 dimensi yang di lihat oleh penulis dan dari kelima dimensi tersebut masih terdapat kekurangan pada dimensi ekonomi, sosial, budaya dan politik. Salah satu faktor penghambat belum tercapainya tujuan keempat dimensi ini adalah belum terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengakomodir masyarakat untuk sadar wisata terutama berpartisipasi dalam pengembangan wisata Pantai Liman. Dimensi yang sudah terselenggara dengan baik yaitu dimensi lingkungan hidup. Kebersihan pantai sudah terjaga dengan baik berkat kerjasama masyarakat, pengelola pantai Liman dan juga aparat desa hal ini menjadi faktor yang mendukung pengembangan wisata Pantai Liman yaitu keasrian lingkungan dan keindahan alam pantai yang masih tetap terjaga.

Page 1 of 1 | Total Record : 8