cover
Contact Name
Ilham Fitrahriansyah
Contact Email
kppub.hki@unsika.ac.id
Phone
+6285624078484
Journal Mail Official
fathurrohman.fai@staff.unsika.ac.id
Editorial Address
Pasca Sarjana PAI Fakultas Agama Islam UNSIKA Alamat: Jl. HS Ronggowaluyo Teluk Jambe Karawang 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25488171     DOI : http://dx.doi.org/10.35706/
Core Subject : Religion, Education,
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan diterbitkan oleh Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang dengan tujuan menampung semua hasil penelitian, ide atau gagasan inovasi pendidikan, artikel-artikel pendidikan serta kajian tentang pendidikan yang akan dipublikasikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan" : 6 Documents clear
ANALISIS SOFTSKILLS PADA MUATAN KURIKULUM PEMBELAJARAN IPS SMP DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ABAD 21 Subkhan Rojuli
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan cara study literature lewat browsing internet dan referensi dari buku-buku untuk mempermudah dan mendukung bahan diskusi dan pembahasan. Peneliti melakukan analisis terhadap konten data dokumen yang berkaitan dengan softskills pada kurikulum pembelajaran IPS SMP, kemudian mengidentifikasi, dan menginterpretasikannya. Muatan kurikulum IPS SMP mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial yang mencakup materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Kajian materi tersebut memuat aspek softskills keterampilan berkomunikasi dan keterampilan menyelesaikan masalah yang ditunjukkan oleh kompetensi inti dan kompetensi dasar. Muatan kurikulum IPS SMP sudah mewadahi kesempatan untuk memperoleh pengalaman belajar aktif yang bermakna, memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuannya dalam dunia nyata. Hasil penelitian ini dapat memberi masukan dalam pengembangan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada peningkatan penguasaan pengetahuan, tetapi juga bermuatan soft skills khususnya pemecahan masalah dan komunikasi. Perlunya penataan struktur kurukulum IPS SMP yang memuat durasi waktu yang tidak hanya mengacu pada tuntutan capaian kurikulum, tetapi juga tantangan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan sosial abad 21. Kata kunci : Softskill, keterampilan berkomunikasi, keterampilan menyelesaikan masalah, Kurikulum IPS SMP
EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KARIR PENILIK Abubakar Umar
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi kebijakan pembinaan karir penilik sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak program PAUDNI, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik dan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product), dilaksanakan di Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rumusan kebijakan nasional, sebagian besar telah sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan karir penilik; 2) Permenpan RB, sebagain besar ketentuannya telah terimplementasicukup efektif; 3) Sebagain besar ketentuan Permenpan RB, terimplementasi secara efektif karena selaras dengan kebijakan Pemerintah setempat; dan 4) Permenpan RB memberi dampak positif terhadap pengembangan karier penilik, namun belum efektif dalam meningkatkan mutu layanan program PAUDNI. Implikasi hasil penelitian ini adalah merumuskan pedoman dan petunjuk teknis sebagai turunan dari Permenpan RB. Hasil penelitian ini menjadi bahan kajian dan perbaikan terhadap ketentuan yang belum sesuai.Kata Kunci: Pembinaan karir, pengendalian mutu, dan evaluasi dampak
SUFISTIC CHARACTER EDUCATION ON ENRHIRIDON STUDIOSII OF AZZARNUJI Khalid Ramdhani
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Along with world development civilization on science and technology. The realm of education today seems to be a highlight major public in the sight of social, political, economic and cultural. All dimensions of life seems cynical to the world of education in this globalization era. Starting from the intellectual circle filled with the their rhetoric of the theory of scientific concepts to lay people who do not recognize the bench of studies who speaks with scathing criticism in the rules of education which always changing in according with the demands of the times. But in the middle the rapid development of every aspect of life, felt by the teachers and community widely, as if there is something decreased even almost vanished in a seeker of knowledge (student). The condition of the decline of morality of a student in this generation is getting down dramatically compared with those of previous generations.We need to find an effective and efficient solution in this condition, so that moral decadence does not continue to occur. Education is not only in science and skill oriented but also must keeping the best of values life. If the government with the slogans "Mental Revolution" just as a lieutenant and does not found the right solution in the stages of its application. Then the Values of life will gradually disappear little by little. Whereas the true of this concept will provide a synergistic holistic aspect in a seeker of knowledge (lahiriyah and bathiniyyah). So the thought of Az Zarnuji poured in the book Ta'lim Muta'alim ever translated in Latin as Enchiridon Studiossi is still relevant to be studied and applied on Islamic education today. This book containing the Sufism character which is the classical literature that discusses the learning strategies and concepts of education combined harmoniously with the concept of the teachings of Sufism. Although this is not expressed explicitly by the author, but the concept and strategy of education that he put forward very sufistik with language that always refers to the foundation of ethics-religion.Keyword: Azzarnuji, Talim Muta’alim, Character of Education, Seeker of knowledge.
MERENGKUH KEMBALI IDEALISME GURU PAI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN SIKAP PROFESIONAL Beben Zuber Effendi
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman maka pendidikan pun berubah secara global. Baik tidaknya suatu pendidikan akan dipengaruhi para pelaku pendidikan. Ada tiga hal yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu ; kurikulum, media pembelajaran, guru dan tenaga pendidikan. Akan tetapi gurulah yang memiliki peran signifikan karena gurulah yang berada digarda paling depan dari proses pendidikan. Namun begitu, dalam menjalankan profesinya guru tidak lepas dari segala permasalahan yang ada, baik faktor internal, eksternal maupun motivasi ekonomi telah menjadikan sikap idealisme berkurang. Bahkan dari hasil UKG yang dilaksanakan pada tahun 2012-2014 menunjukkan sekitar 88% masih rendah nilainya dibawah rata-rata nasional dan hanya 1% yang memiliki nilai di atas 90. Hal ini, memperlihatkan masih rendahnya mutu guru Indonesia. Dan juga, pandangan masyarakat yang menganggap guru tidak lebih dari pegawai yang digaji sama dengan profesi lainnya. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kebanggaan sebagai guru yang merupakan profesi terhormat harus ada upaya dari pemerintah dan pihak lainnya, dan dari guru yang bersangkutan untuk terus berinovasi dan kreatif agar tidak ketinggalan zaman. Juga, yang tidak kalah penting guru harus memiliki karakter yang baik, berkarakter sukses, menanamkan sikap idealis dan melaksanakan profesinya secara profesional. Dan yang tidak boleh lupa guru harus senantiasa menjalankan tufoksinya tanpa dibebani oleh tugas administrasi yang menyulitkan sehingga sedikit banyak hal tersebut akan mengganggu dalam melaksanakan profesinya. Sebagai Guru PAI sikap idealis dan profesional harus melekat dalam jiwanya karena profesi guru adalah profesi mulia yang bertujuan membentuk manusia menjadi insan bertaqwa dan bermamfaat bagi nusa bangsa dan agama dimasa yang akan datang. Kata kunci : guru, karakter, kreatif, idealis, profesional
PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAPAKHLAK PESERTA DIDIK Haerudin Haerudin; Yulistina Nur
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMA Islam Nurussalam sebagai SMA Islam yang mencetak bibit generasi Islam yang mampu melaksanakan perintah agama dengan baik dan benar, sehingga harus dibangun suatu proses belajar di kelas agar guru berperan membentuk akhlak siswa dan siswinya dengan akhlak yang baik. Penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah seberapa besar pengaruh peranan pendidikan agama islam yang di pelajari di sekolah terhadap akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang dan untuk mengetahui usaha – usaha apa saja yang di lakukan sekolah dalam meningkatakan akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang. Kegunaan Penelitian Penelitian ini berguna untuk : A.SMA Islam Nurussalam Krawang dalam mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang. B. Hasil penelitian ini dapat di jadikan informasi bagi para pendidik dalam menerapkan dan mengetahui factor – factor apa saja yang menjadi pengaruh terbesar terhadap perilaku akhlak peserta didik di SMA Islam Nurussalam Karawang C. Sebagai bahan evaluasi khususunya bagi sekolah yang melaksanakan proses pembelajaran oleh guru, dan sekolah dapat mengawasi akhlak siswa dan siswinya agar mereka berakhlak yang baik. Penelitian ini menggunakan studi kasus, adapun hasilnya terdapat perubahan dalam akhlak peserta didik yang belajar di SMA Islam Nurussalam. Kata Kunci : pendidikan agama Islam, pengaruh, akhlak
INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SCHOOL CULTURE Abdul Kosim
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 01 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia,untuk menjunjung peradaban manusia itu sendiri.Belakangan pendidikan Indonesia dapat sorotan yang cukup tajam dari berbagi kalangan . hal ini disebabkan lemahnya institusi pendidikan dalam melahirkan generasi yang berkarakter sesuai dengan harapan bangsa, bahkan sebaliknya terkesan, tidak mampu berbuat apa-apa,dihadapan kemunduran moral peserta didik (Degradasi Moral)Diharapkan, pendidikan bukan saja melahirkan generasi yang memiliki kompetensi secara akademis, tetapi memiliki karakter yang melekat,sehiingga dapat mengoptimalkan potensi diri secara seimbang, tidak saja mencetak generasi yang pinter tetapi tetapi pinter dan soleh.Kenapa ? Pendidikan karakter adalah jawabanya, Namun pada kenyataannya pendidikan karakter belum belum optimal dan belum maksimal, maka perlu optimalisasi pendidikan karakter diberbagai level pendidikan.Optimalisasi pendidikan karakter salah satunya dengan konsep habituasi atau ta’wid (pembiasaan). Habituasi ini melalui seluruh komponen pendidikan mulai dari rumah, sekolah atau lingkungan dimana perserta didika berinteraksi. Sehingga pendidikan karakter bukan di wilayah kognitif saja tatapi ruh pendidikan yang masuk ke wilayah psikomotorik. Sekolah,dalam hal ini memegang peranan penting dalam proses internalisasi pendidikan karakter dengan habituasi sekolah dengan lingkungan yang sangat sarat dengan pendidikan karakter.Kata Kunci: Internalisasi Pendidikan Karakter, School Culture

Page 1 of 1 | Total Record : 6