cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021" : 11 Documents clear
Organizational Commitment as Mediating Variable of Employee Job Satisfaction Toward Turnover Intentions Fathul Bachri; Nihayatu Aslamatis Solekah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.386 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.174

Abstract

The high employees turnover at PT. BRI Syariah shows low job satisfaction and organizational commitment and high desire to change jobs. The purpose of this study was to determine the effect of job satisfaction and organizational commitment on turnover intentions directly or indirectly. Quantitative methods are used in this study. The population is employees at PT. BRI Syariah of Malang Branch with 50 people. The sampling technique used was census sampling with sample size of 50 people. Data collection techniques using questionnaires and path analysis. The results of the study indicated that there is negative and significant effect of job satisfaction on turnover intentions, positive and significant effect of job satisfaction on organizational commitment, negative and significant effect of organizational commitment on turnover intentions, and negative and significant effect of job satisfaction on turnover intentions indirectly through organizational commitment.
Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Indeks IDX-30 Fauziah Husain
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.722 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.175

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rasio likuiditas dan profitabilitas secara simultan maupun secara parsial akan mempengaruhi harga saham perusahaan Indeks IDX-30 periode 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Indeks IDX-30 periode 2018-2019 yang berjumlah 30 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga sampel penelitian ini sebanyak 25 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan Uji t yang terlebih dahulu dilakukan Uji Asumsi Klasik.. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang diproksi dengan current ratio dan quick ratio serta rasio profitabilitas yang diproksi dengan return on assets dan return on equity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan Indeks IDX-30 periode 2018-2019. Adapun secara parsial, Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham; Quick Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham; Return On Assets tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham; dan Return On Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan Indeks IDX-30 Periode 2018 – 2019.
Effect Of Product Quality, Price Perception, And Promotion On Purchase Decisions At Pand's Muslim Department Store Emil Yuliantie
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.384 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.176

Abstract

This study aims to (1) analyze the effect of product quality on purchasing decisions at Pand's Muslim Department Store. (2) To analyze the effect of price perceptions on purchasing decisions at Pand's Muslim Department Store. (3) Analyzing the effect of promotion on purchasing decisions at Pand's Muslim Department Store. This research model is a quantitative research with data collection techniques using a questionnaire. The sampling technique used purposive sampling. Samples to be taken are respondents who are consumers of Pand's Muslim Department Store. In this study, sampling was carried out by waiting for consumers who had finished making purchases at Pand's Muslim Department Store, consumers who were willing to be respondents, aged over 17 years, and consumers have visited at least 2 times. Data analysis using multiple linear regression. The results showed that (1) Product quality had a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.040. (2) Price perception has a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.047. (3) Promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.000. (4) Product quality, perceived price, and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.000. with a significance value of 0.040. (2) Price perception has a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.047. (3) Promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.000. (4) Product quality, perceived price, and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.000. with a significance value of 0.040. (2) Price perception has a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.047. (3) Promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.000. (4) Product quality, perceived price, and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions, with a significance value of 0.000.
Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator Deatri Arumsari Agung; Lydia Ari Widyarini
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.146 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.177

Abstract

Wearable technology adalah teknologi yang dikenakan oleh penggunanya dan dilengkapi dengan sensor untuk menangkap data sehingga dapat diolah dan disajikan menjadi infomasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Kajian tentang adopsi masyarakat terhadap wearable device ini perlu dilakukan untuk menyusun strategi dalam mempercepat adoption rate di masyarakat. Adopsi pada inovasi dan teknologi ini dikaji dengan Technology Acceptance Model (Davis 1986) dan Innovation Diffusion Theory (Rogers 1983). Bagaimana variabel compatibilty, visibility, image, result demonstrability, dan voluntariness, serta variabel perceived ease of use dan perceived usefulness, terhadap variabel adoption intention perlu dikaji lebih dalam. Kuesioner disebar pada 218 responden dan dianalisis menggunakan structural equation model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa compatibility memiliki peran dominan terhadap perceived usefulness, diikuti result demonstrability, visibility, image dan voluntariness. Variabel perceived ease of use tidak memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness, namun berpengaruh langsung terhadap niat seseorang untuk menggunakan wearable technology. Gender tidak memoderasi pengaruh variabel perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap niat seseorang untuk mengadopsi wearable technology. Pengembang dan peritel produk wearable technology dapat mengetahui bahwa motivasi seseorang dalam mengadopsi teknologi tersebut dipengaruhi secara langsung oleh faktor perceived ease of use dan perceived usefulness, serta secara tidak langsung oleh faktor compatibility, result demonstrability, visibility, image, dan voluntariness.
Analisis Determinan Nilai Perusahaan Pada Sektor Pertanian di Bursa Efek Indonesia Rizky Shafira Hazaroh; Yoko Tristiarto; Ardhiani Fadila
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.873 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.178

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi determinan nilai perusahaan, variabel yang digunakan yaitu profitabilitas diukur menggunakan Return On Equity (ROE), Kebijakan Hutang diukur dengan Debt Equity Ratio (DER), Keputusan Investasi diukur dengan Price Earning Ratio (PER), dan CSR diukur dengan Corporate Social Responsibiiity Disclosure index (CSRDI). Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan sektor pertanian di Bursa Efek Indonesia tahun 20l6-20l9. Diperoleh sampel 8 perusahaan pertanian selama 4 tahun periode penelitian. Analisis data dilakukan dengan Microsoft Excel 20l9 dan uji hipotesis dengan Analisis Regresi Data Panel menggunakan program E-Views 10.0, dengan tingkat signifikansi yaitu 5%. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa profitabiiitas, kebijakan hutang, dan keputusan investasi tidak mempengaruhi nilai perusahaan, sedangkan Corporate Social Responsibiiity mempengaruhi nilai perusahaan secara signifikan negatif.
Kolaborasi dan Sinergitas Antar Stakeholder dalam Pembangunan Berkelanjutan Sektor Pariwisata Di Kebun Raya Cibinong Mahardhika Berliandaldo; Achmad Chodiq; Driszal Fryantoni
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.02 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.179

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata saat ini membutuhkan keterlibatan berbagai stakeholder dari berbagai kalangan. Peran stakeholder disesuaikan dengan tugas dan tanggungjawab yang dimiliki agar hasil yang dicapai dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi para stakeholder yang terlibat dan melakukan Analisa peran stakeholder berdasarkan pengaruh (power) dan kepentingannya (interest), Selain itu, dilakukan analisis keterlibatan masing-masing stakeholder serta mengukur dampak yang terjadi atas pelaksanaan kolaborasi dan sinergitas antar stakeholder. Hasil identifikasi stakeholder menunjukan pengelompokan kedalam dua konteks yaitu stakeholder primer yang terdiri dari LIPI dan Pemerintah Kabupaten Bogor, serta stakeholder sekunder yang terdiri dari Kementerian PUPR, Dinas PUPR Kab. Bogor, Mitra Pengelola Kebun Raya, dan Pelaksana TJSL Kab. Bogor. Untuk mendukung keberhasilan dalam pengembangan pariwisata, maka dilakukan analisis peran dari masing-masing stakeholder. Hasil analisis menunjukan para stakeholder terbagi kedalam empat kategori analisis peran berdasarkan kepentingan dan Pengaruh, yakni sebagai Subyek (subjects), sebagai Pemain Kunci (key player), sebagai Pengikut Lain (crowd), dan sebagai Pendukung (Contest Setters). Pembagian peran dan tanggung jawab masing-masing stakeholder dapat mempercepat proses pembangunan sektor pariwisata yang dilakukan di Kebun Raya Cibinong. Dampak dari adanya pembangunan dan pengembangan Kebun Raya Cibinong dapat terlihat dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hal yang paling jelas terlihat adalah adanya peningkatan penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi sekitar Kawasan kebun raya, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.
Peran Komitmen Organisasional Sebagai Mediator Pengaruh Keadilan Prosedural dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Karyawan PT Patrari Jaya Utama Sumijan Sumijan
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.265 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.180

Abstract

The purpose of this study was to examine and analyze the effect of Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Commitment; to examine and analyze the effect of Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behavior; to test and analyze the effect of Organizational Commitment on Organizational Citizenship Behavior; to test and analyze which influence is greater between the direct influence of Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behavior through Organizational Commitment with or indirect influence. In this study, the research sample will be the population of all employees of PT Patrari Jaya Utama, so the technique used in this study is a census of 65 employees. The analysis tool used is Multiple Linear Regression Analysis and Path Analysis. The results showed that there was a significant influence between Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Commitment: There was a significant influence between Procedural Justice on Organizational Citizenship Behavior; There is no influence between job satisfaction on Organizational Citizenship Behavior; There is a significant influence between Organizational Commitment to Organizational Citizenship Behavior.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berdonasi Melalui Platform Crowdfunding Celine Linardi; Triasesiarta Nur
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.725 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.181

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan norma subjektif terhadap minat mahasiswa berdonasi pada platform crowdfunding. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/ mahasiswi yang berdomisili di Jabodetabek sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regesi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel persepsi kegunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap minat mahasiswa berdonasi melalui platform crowdfunding. Sedangkan, persepsi kemudahan, kepercayaan, dan norma subjektif berpengaruh signifikan tehadap minat mahasiswa berdonasi melalui platform tersebut.
Pengaruh Komitmen Organisasional dan Pemberdayaan terhadap Kinerja Pegawai pada RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate Irawati Irawati; Adnan Rajak; Zulkifli Zulkifli; Rahmat Sabuhari
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.72 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.182

Abstract

Setiap pemimpin diharapkan mampu mengarahkan pegawai untuk mencapai visi dan misi organisasi melalui komitmen dan pemberdayaan pegawai. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung secara parsial komitmen organisasional dan pemberdayaan terhadap kinerja pegawai; dan pengaruh langsung secara simultan pada RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. Alat uji yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistical package for social scientists (SPSS) sebagai alat uji statistik. Responden yang dijadikan sampel sebagai unit analisis sebanyak 84 pegawai. Hasil penelitian menunjukan bahwa: secara parsial komitmen organisasi dan pemberdayaa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai; secara simultan komitmen organisasi dan pemberdayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Atasan langsung pegawai perlu membangun keharmonisan hubungan kerja dalam melakukan pengawasan di tempat kerja; memberikan kesempatan untuk memanfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas lain dalam bekerja; mengevaluasi dan menerapkan disiplin kerja pegawai secara adil.
Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019) Ikhram Hafiz Rahmadi; Ali Mutasowifin
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.292 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.183

Abstract

Berlainan dengan asset tradisional yang berwujud, intellectual capital merupakan hidden value yang kurang memperoleh perhatian. Penelitian ini menguji pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode value added intellectual coefficient (VAIC) sebagai indikator untuk menghitung nilai intellectual capital perusahaan. Kinerja keuangan diukur oleh empat indikator yaitu Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Assets (DAR) dan Debt to Equity (DER). Nilai Perusahaan diukur oleh indikator Earning per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Price to Book Value Ratio (PBV), dan Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) dengan memanfaatkan aplikasi SmartPLS versi 3.2.2. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan pada Bursa Efek Indonesia pada 2017-2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai perusahaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 4 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 3 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 2 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue