cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021" : 11 Documents clear
Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Dita Rimbawati Dewi; Dian Anita Nuswantara
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.37 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.185

Abstract

This study aims to examine the effect of deferred tax expense and tax planning on earnings management. This research is a quantitative study using secondary data from financial reports and annual reports of manufacturing companies sub-sector consumer good indutry listed on the Indonesia Stock Exchange from 2014 until 2018. The sample selection uses a purposive sampling method. Data analysis techniques using multiple regression analysis with SPSS 23. The results of this study are the variable tax planning has a positive influence on earnings management. The variable deferred tax expense does not have a significant effect on earnings management because management has limitations in determining the amount of deffered tax expense.
Kajian Conditional Beta di Bursa Efek Indonesia Yuvica Lara Rovantiane; Robiyanto Robiyanto
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.871 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.186

Abstract

Penelitian ini mengkaji risiko sistematis pada dua periode pasar yang berbeda (bearish dan bullish) di Bursa Efek Indonesia (BEI), serta meneliti apakah terdapat perbedaan risiko sistematis pada kedua periode pasar tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harga saham penutupan harian saham terpilih dan penutupan harian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) periode 2 Januari 2017 sampai dengan 30 Desember 2020, dengan data yang diperoleh dari Investing.com. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria tidak pernah melakukan stock split, tidak pernah dihentikan sementara (suspensed), dan diperdagangkan secara aktif selama periode pengamatan, agar tidak terjadi bias. Sebanyak 20 saham ditemukan yang memenuhi kriteria tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara bull dan bear beta. Kemudian, tidak ada perbedaan antara periode keseluruhan dan bull atau bear beta. Temuan menyiratkan bahwa investor dan manajer portofolio dapat menggunakan semua periode beta sebagai proksi risiko sistematis mereka.
Efek Green Perceived Value dan Risk terhadap Green Repurchase Intention: Green Trust sebagai Pemediasi pada Pengguna Pertalite di Kota Ternate Ardhy La Mada; Ida Hidayanti; Ibnu Sina Hi Yusuf
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.848 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Risk terhadap Green Repurchase Intention, dengan Green Trut sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi masyarakat Kota Ternate yang menggunakan BBM jenis Pertalite pada kendaraan bermotor dengan metode pengambilan sampel yaitu Non Probability Sampling dan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis jalur, uji F, uji t dan uji sobel dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: green perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust dan green repurchase intention, green perceived risk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green trust dan green perceived risk berpengaruh negatif dan tidak signifikan green repurchase intention, green trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap green repurchase intention, green trust dapat memediasi pengaruh green perceived value ke green repurchase intention, green trust dapat memediasi pengaruh green perceived risk ke green repurchase intention.
Stimulus Iklan, Positive Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Belanja Impulsif: Dampak Mediasi Motif Hedonis Pembelanja Online Nani Ernawati
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.54 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.188

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji kerangka teoritis yang menjelaskan bagaimana peran mediasi motivasi belanja hedonis dalam hubungannya dengan stimulus iklan, cerita dari mulut ke mulut (electronics word of mouth-eWOM), dan belanja impulsif pembelanja secara daring (online). Survey dilakukan terhadap 384 warga Kota Bandung yang dipilih dengan metode systematic random sampling. Data dihimpun dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup yang telah diuji aspek validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur, yaitu salah satu varian analisis regresi. Penelitian dilakukan pada bulan Maret s.d April 2021 dan hasilnya menunjukan menunjukkan bahwa stimulus iklan berpengaruh positif langsung terhadap motivasi belanja hedonis dan belanja impulsif pembelanja online. Sementara, eWOM tidak berpengaruh terhadap motivasi belanja hedonis tetapi berpengaruh langsung terhadap belanja impulsif. Selain itu, terbukti motif belanja hedonis memediasi pengaruh stimulus iklan terhadap belanja impulsif. Pengiklanan yang masif dan persuasif tampaknya harus dijadikan strategi andalan bagi setiap lokapasar untuk membangkitkan motif belanja hedonis dan perilaku belanja impulsif pembelanja toko online. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi rujukan alternatif bagi peneliti dan praktisi dalam memahami peran motif belanja hedonis dan perilaku belanja impulsif.
Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang Yusuf Bagus Prakosa; Endang Tjahjaningsih
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.955 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.189

Abstract

This study aims to analyze the effect of product quality on the purchasing decision process, the influence of lifestyle on the purchasing decision process and the influence of product knowledge on the folding bicycle purchase decision process in Semarang City. This research was conducted from November to December 2020 with the number of samples used as many as 100 respondents with the sampling technique in this study was purposive sampling. The data analysis technique used instrument test, model test, regression test using SPSS 24.0 software. The results showed that product quality, lifestyle, and product knowledge had a positive effect on the purchasing decision process. Product quality has the greatest influence on the purchasing decision process compared to lifestyle and product knowledge. The better the quality of the product, the higher the purchasing decision process.
RBV Teori : Kinerja Religius Berbasis Kepribadian Islam dan Perilaku Inovatif Dalam Konseptual Ali Jufri; Pebi Kurniawan; Mohammad Djadjuli; Imam Hadiwibowo
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.758 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.190

Abstract

This study tries to look at developments and emerging issues about resource-based displays. From the point of view of Penrose in 1959 about the need for companies to have competing resources, until Barney's compilation gave rise to a resource-based (RBV) view and valuable, rare, non-replicable, and irreplaceable (VRIN), and organizational (OIN) views in a place that can absorb and use them. Study reviews are used by using literature review studies by reviewing articles that are relevant to the theme. The RBV discussion starts with the 4-dimensional grouping of the RBV model, which is the focus of the renewal. The purpose of this study is to explore behavioral concepts in terms of Islamic personality that encourage innovative motivation so that individual targets can be increased not only because of the visible support for religious or belief in God.
The Impact of Competency, Workload, and Work Environment to Work Stress and The Employee Performance of Bank BJB S. Parman Indyra Dwi Cahyaningtyas; Allicia Deana Santosa
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.386 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.191

Abstract

Demands from management so that employees increase competency by increasing workloads coupled with a non-conducive work environment often cause employees to experience stress and decrease performance. The purpose of this research is to know the influence of the competency, workload, the work environment on work stress, and the employee performance of Bank BJB Branch of S. Parman. The sampling total used in this research is 100 respondents. The research method used is the verification method (quantitative) with analytical tools in the form of validity, reliability, coefficient of determination, and hypothesis testing (t-test and F test). The measurement of the data is performed by Likert scale questionnaire 5-points. Based on the t-test results shows the calculated t-value is greater than the t-table (1.996), except for the work environment variable. The results showed that the competency and the workload of a positive and significant effect on the stress of work and performance, while the influential work environment variable is positive and significant but not to work stress and employee performance.
Perbandingan Kinerja Keuangan BUSN Devisa Konvensional dan BUSN Non Devisa Konvensional Ma’ulvi Marsela Devi; Evi Sistiyarini
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.911 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada LDR, CR, NPL, APB, NIM, ROA, CAR dan DR antara Bank Umum Swasta Nasional Devisa Konvensional dan Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa Konvensional pada periode triwulan satu tahun 2015 sampai dengan triwulan empat 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah Bank Bumi Arta, Bank Maspion, Bank MNC Internasional, Bank Yudha, Bank Jasa Jakarta dan Bank Sahabat Sampoerna. Penelitian ini menggunakan data sekunder, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan teknik analisis data menggunakan independent simple t test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada LDR, CR, NPL, APB, NIM, ROA, dan CAR dan terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada DR.
Penerapan Work From Home Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Karyawan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia) Julika Pasaribu; Mochammad Isa Anshori
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.836 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.193

Abstract

The object of research was done on employees in Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Port of Surabaya. Methodology this study used a quantitative method, the analysis of multiple regression. The sampling method by using sample random sampling with quantity of respondents as many as 65 respondents who are staff BJTI Port of Surabaya. The study to decide the relationship and impact of the implementation of work from home work productivity of employees BJTI Surabaya. The results of this study prove (1) time has positive and significant on work productivity with value tcount is 13.780 > ttable 1,67065 and significant level has 0,000 < 0,05 ; (2) room (workspace) has positive and significant influence on work productivity with value tcount is 3.215 > ttable 1,67065 and significant level has 0,002 < 0,05 ; (3) role of social has positive and significant influence on work productivity with value tcount is 12.758 > ttable is 1,67065 and significant level has 0,000 < 0,05 ; (4) Together or simultaneously that time, room and role of social has significant effect on work productivity, from the value of Fcount 402.181 > Ftabel 2.76 with significant level 0,000.
Pengaruh Word of Mouth dan Manfaat Terhadap Keputusan Menggunakan E-Wallet Dana Melalui Kepercayaan Pelanggan di Jabodetabek Ditiya Himawati; Mu’minatus Fitriati Firdaus
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.067 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.194

Abstract

Kemudahan dalam bertransaksi saat ini merupakan salah satu dampak dari perkembangan financial technology (fintech). Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh word of mouth dan manfaat terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA melalui kepercayaan pelanggan di Jabodetabek. Metode analisis yang digunakan adalah data primer dengan pendekatan kuantitatif dan tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas (CFA), uji reliabilitas (AVE), Analisis Structural Equation Modelling (SEM), Analisis Direct Effect, Indirect Effect,Total Effect dan Uji Hipotesis dengan bantuan alat uji yaitu AMOS. Data yang digunakan berupa instrumen kuesioner dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 200 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021 sampai dengan April 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan e-wallet DANA di Jabodetabek, manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan e-wallet DANA di Jabodetabek, dan word of mouth tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA di Jabodetabek. Sedangkan manfaat dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA di Jabodetabek.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 4 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 3 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 2 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue