cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako" : 10 Documents clear
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK EIGER DI UNIVERSITAS TADULAKO Sultan Prayudha Putra; Enki Nainggolan
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan maupun parsial bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan konsumen menggunakan produk Eiger di Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan data primer, yang diperoleh secara langsung dari kuesioner yang diisi oleh responden. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Tadulako. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yakni sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Eiger di Universias Tadulako. Nilai R2= 0,871 atau 87,1%. Artinya bahwa  keputusan pembelian produk Eiger di Universitas Tadulako dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran. Dari hasil uji parsial (t) diperoleh nilai signifikansi variabel produk sebesar , nilai signifikansi variabel harga sebesar , nilai signifikansi variabel promosi sebesar , sedangkan nilai signifikansi variabel tempat sebesar . Karena nilai signifikansi semua variabel bauran pemasaran lebih kecil dari , maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat secara parsial berpengaruh sigifikan terhadap keputusan pembelian produk Eiger di Universias Tadulako.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP KINERJA BPJS KESEHATAN CABANG PALU RATKLIF VEBRIANTO TUMPAI; NILUH EVY ROSSANTY
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengembangan Karir dan Manajemen Konflik berpengaruh serempak terhadap Kinerja Pegawai pada BPJS Kesehatan Cabang Palu. (2) Pengembangan Karir berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Palu. (3) Manajemen Konflik berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Palu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih dengan sampel 36 pegawai dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh sig. F sebesar 0,00 < 0,05, yang dapat diartikan bahwa variabel Pengembangan Karir dan Manajemen Konflik berpengaruh secara serempak terhadap Kinerja Pegawai. (2) Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh variabel Pengembangan Karir memiliki tingkat signifikansi t sig. 0,000 < α 0,05, yang dapat diartikan bahwa variabel Pengembangan Karir secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai. (3) Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh variabel Manajemen Konflik memiliki tingkat signifikansi t sig. 0,000 < α 0,05 yang dapat diartikan bahwa variabel Manajemen Konflik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai.
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM OTOMOTIF DAN KOMPONEN LAINNYA PADA BEI Adminah, Adminah; Faisal, Muh
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan secara parsial maupun simultan terhadap return saham pada sektor otomotif dan komponen lainnya pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini variabel kinerja keuangan diukur dengan menggunakan rasio likuiditas diukur dengan Current Ratio (CR), solvabilitas (DER), aktivitas (TATO) dan profitabilitas (ROE). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan likuiditas (CR), solvabilitas (DER), aktivitas (TATO) dan profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan otomotif dan komponen lainnya pada BEI. Secara parsial likuiditas (CR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, solvabilitas (DER) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, aktivitas (TATO) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham dan profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO M3 KOTA PALU Taaraungan, Jemris; Parubak, Benyamin; Farid, Farid
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio M3 pada CV. Akai Jaya Monginsidi Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 75 responden yang melakukan pembelian motor Yamaha Mio M3 pada CV. Akai Jaya Monginsidi Kota Palu.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, (1) secara simultan, motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio M3 pada CV. Akai Jaya Monginsidi Kota Palu (2) secara parsial, motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio M3 pada CV. Akai Jaya Monginsidi Kota Palu.
PENGARUH KOMPETENSI DAN EQ TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR BAPPEDA PROVINSI SULAWESI TENGAH Taufik, Taufik; Mahardiana, Lina; Risnawati, Risnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.194

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Badan Perencanaan Pembngunan Daerah (BAPPEDA) baik secara serempak maupun secara parsial.  Penelitian ini dilakukan di Kota Palu Pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Sulawesi Tengah dengan menggunakan 65 sampel sebagai responden penelitian. Wawancara, observasi, dan kuesioner merupakan pengumpulan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa secara serempak maupun parsial variable kompetensi dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.Kata Kunci : kompetensi, kecerdasan emosional, dan kinerja
ANALISIS SISTEM ANTRIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIGI (Studi Pada Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk) Satriani, Satriani; Asngadi, Asngadi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian pelayanan yang optimal pada loket pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi. Metode analisis yang digunakan adalah M/M/1 dan M/M/S. Hasil analisis dengan menggunakan satu loket pada setiap tahapnya dengan tingkat utilitas yaitu tahap pendataan adalah 1,13 atau 113%, tahap perekaman adalah 0,9 atau 90% dan tahap pencetakan adalah 3 atau 300%. Sedangkan dengan melakukan penambahan loket pada setiap tahapnya tingkat utilitas loket dapat berkurang menjadi 0,57 atau 57% dengan jumlah masyarakat rata-rata dalam sistem adalah 2 orang, tahap perekaman adalah 0,45 atau 45% dengan jumlah masyarakat rata-rata dalam sistem adalah 1 orang dan tahap pencetakan adalah 0,75 atau 75% dengan jumlah masyarakat rata-rata dalam sistem adalah 5 orang, hal ini menunjukkan bahwa dengan melakukan penambahan loket pada setiap tahapnya dapat mengoptimalkan pelayanan pada loket pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi.Kata Kunci: Sistem Antrian, Optimal.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN PT JNE Andi Randhy; Syamsul Bachri
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman Barang PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Donggala. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang PT JNE. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. (2) Variabel produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (3) Variabel harga secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan konsumen. (4) Variabel tempat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. (5) Variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. (6) Variabel orang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. (7) Variabel bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. (8) Variabel proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.
PENGARUH OPERATING LEVERAGE DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS Riandana Putra; Juliana Kadang
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh operating leverage dan financial leverage terhadap profitabilitas. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan populasi sebesar 18 perusahaan makanan dan minuman. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 10 perusahaan yang diobservasi selama lima tahun, yaitu tahun 2014-2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan operating leverage yang diproyeksikan dengan degree of operating leverage (DOL) dan financial leverage yang diproyeksikan dengan degree of financial leverage (DFL) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang diukur dengan ROE. Secara parsial DOL berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan DFL tidak berpengaruh signifikan terhadap profitaabilitas.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA PERANTAU MEMILIH WARUNG MAKAN DI KELURAHAN TONDO KOTA PALU Jubaeda Jubaeda; Suardi Suardi; Nirwan Nirwan
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.190

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa. 2) pengaruh produk terhadap keputusan mahasiswa. 3) pengaruh harga terhadap keputusan mahasiswa. 4) pengaruh variabel tempat terhadap keputusan mahasiswa. 5) pengaruh promosi terhadap keputusan mahasiswa. 6) pengaruh orang terhadap keputusan mahasiswa. 7) pengaruh proses keputusan mahasiswa. 8) pengaruh bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel 80 responden dengan menggunakan teknik aksidental sampling, metode analisis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian 1) variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 2) variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 3) variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 4) variabel tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 5) variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 6) variabel orang berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 7) variabel proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. 8) variabel bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa.Kata Kunci: Bauran pemasaran, produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik, Keputusan Mahasiswa.
PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA SKIN ORIGIN KOTA PALU Sofia Agata Sarapung; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v6i2.197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari variabel kualitas layanan terhadap pembelian kembali dengan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Variabel penelitian ini yaitu kualitas layanan (X), pembelian kembali (Y) sebagai variabel dependen, dan kepuasan pelanggan (Z). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 70 orang. Bentuk penarikan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program statistic SmartPLS 3.0. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: service quality tidak mempengaruhi repurchase intention di salon kecantikan Skin Origin di Kota Palu; service quality mempengaruhi customer satisfaction di salon kecantikan Skin Origin di Kota Palu; customer satisfaction mempengaruhi repurchase intention di salon kecantikan Skin Origin di Kota Palu; dan service quality memiliki pengaruh tidak langsung terhadap repurchase intention tetapi harus melalui customer satisfaction di salon kecantikan Skin Origin di Kota Palu

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue