cover
Contact Name
Qorry Meidianingsih
Contact Email
qorrymeidianingsih@unj.ac.id
Phone
+6281297142104
Journal Mail Official
jrpms@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Dewi Sartika Lt. 6, Kampus A Universitas Negeri Jakarta Jln. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
ISSN : -     EISSN : 26214296     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah" : 10 Documents clear
Peran Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Ansya, Yusron Abda'u; Salsabilla, Tania; Mailani, Elvi
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan siswa, guru, dan orang tua sebagai informan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait interaksi antara permainan dan proses pembelajaran matematika. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas II SD Muhammadiyah 29 Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan congklak efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Melalui permainan ini, siswa tidak hanya belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, berpikir kritis, dan strategi. Observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih terlibat dan antusias dalam pembelajaran matematika saat menggunakan congklak, serta mampu mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata. Kesimpulannya, permainan congklak bukan hanya alat pembelajaran yang menyenangkan tetapi juga berkontribusi pada perkembangan kognitif dan sosial siswa, menjadikannya inovasi yang berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar
Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Bantuan LKPD Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Fauziyah, Noviana Zalfa; Ellis Salsabila; Qorry Meidianingsih
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.03

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran PBL dengan bantuan LKPD berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen kuasi dengan rancangan posttest only control group dan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lima butir soal uraian yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa pada pokok bahasan SPLDV. Hasil analisis uji-t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai t_hitung sebesar 3,243, melebihi t_((0,05,70) ) sebesar 1,667. Data yang diperoleh mengonfirmasi bahwa rerata nilai kemampuan literasi numerasi siswa pada kelas eksperimen melampaui rerata nilai siswa pada kelas kontrol. Uji Cohen's size effect menghasilkan nilai 0,764 yang termasuk kategori large dengan kontribusi sebesar 79%. Oleh karena itu, penerapan model PBL dengan bantuan LKPD berbasis masalah kontekstual terbukti memengaruhi kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 97 Jakarta.
Pembelajaran Matematika Ideal Pada Kelas Inklusi MAN 2 Sleman: Perspektif Siswa Dengan Hambatan Penglihatan dan Guru Ragil Muhammad Husein; A’maali, Waffiq Lanaa Zakya; Atsari, Isnaini Hasan; Putranto, Sumbaji
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.02

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan keadaan siswa dengan hambatan penglihatan dan guru yang merasakan kesulitan dalam pembelajaran matematika di ruang kelas inklusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan berbagai masalah yang dihadapi kedua pihak tersebut saat belajar matematika di kelas inklusi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini. Dua siswa dengan hambatan penglihatan dan dua guru matematika yang mengajar di kelas inklusi MAN 2 Sleman terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika di kelas inklusi terdapat kendala yang berasal dari faktor internal, dalam pelaksanaan pembelajaran, dan faktor sosial. Kurangnya dorongan dan minat siswa dengan hambatan penglihatan untuk belajar matematika menjadi kendala utama bagi siswa dan guru. Sementara itu, beberapa tantangan yang dihadapi siswa antara lain kompetensi guru matematika di kelas inklusi yang kurang mumpuni, kurangnya ketersediaan media pembelajaran dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan kurangnya asisten guru khusus di sekolah. Penelitian ini berimplikasi pada Penggunaan metode pembelajaran berdiferensiasi (Differentiated Instruction) dalam kelas inklusi yang dinilai dapat membantu memastikan setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka, sehingga meningkatkan pemahaman dalam belajar matematika, keterlibatan aktif, serta rasa percaya diri dalam menghadapi hambatan dan tantangan pembelajaran
Studi Pemahaman Kalkulus: Uji Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Perhitungan Integral dan Diferensial Renaya Dwi Septiani; Harisman, Yulyanti
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.04

Abstract

Kalkulus merupakan cabang matematika yang sangat penting dan luas dalam aplikasinya, terutama dalam bidang sains, ekonomi, dan teknik. Meskipun demikian, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar kalkulus, terutama dalam perhitungan integral dan diferensial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemahaman mahasiswa pendidikan matematika terhadap perhitungan integral dan diferensial dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui soal dan wawancara. Penelitian dilakukan dengan memberikan tiga soal dan wawancara kepada tiga responden mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang angkatan 2023 yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan melalui tahapan yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah kesimpulan dari data yang dianalisis, yaitu berupa kategori mengenai tingkat pemahaman mahasiswa pendidikan matematika mengenai integral dan diferensial. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan perhitungan integral dan diferensial, yaitu tingkat pemahaman sedang (medium level comprehension), dan tinggi (high level comprehension). Hasil penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan pendekatan pengajaran matematika di tingkat perguruan tinggi dalam materi kalkulus.
Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMA Negeri 27 Jakarta Azzahra, Yuvita; Sampoerno, Pinta Deniyanti; Hidajat, Flavia Aurelia
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dua model pembelajaran, yaitu Problem Posing dan Search Solve Create and Share (SSCS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain post-test only group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan Cluster Random Sampling. Siswa kelas XII-1 dan XII-2 di SMA Negeri 27 Jakarta sebagai sampel penelitian. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa diukur dengan instrumen tes berbentuk lima soal uraian pada materi statistika yang telah valid dan reliabel. Instrumen tersebut dinyatakan valid melalui uji validitas isi, konstruk, dan empris. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpa Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,647 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05 didapat bahwa nilai t_hitung=2,018 dan t_tabel=1,667, maka H_0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model SSCS di SMAN 27 Jakarta.
Model Pembelajaran Osborn dan Pendekatan Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah: Systematic Literature Review Ayuningsih, Selvi; Purnomo, Eko Andy; Aziz, Abdul
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.05

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Osborn, peran pendekatan kontekstual, serta peluang integrasi kedua pendekatan tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Studi ini dilakukan menggunakan metode systematic literature review dengan protokol PRISMA. Data diperoleh dari 50 artikel yang diidentifikasi melalui database Google Scholar, Scopus, Sinta, dan jurnal lainnya pada rentang waktu 2016–2023. Setelah proses skrining, inklusi, dan eksklusi, terdapat 12 artikel yang sesuai, terdiri atas 4 artikel terkait model Osborn dan 8 artikel terkait pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Osborn efektif dalam melatih siswa untuk berpikir kreatif melalui langkah-langkah seperti identifikasi masalah, pengumpulan informasi, dan evaluasi solusi. Sementara itu, pendekatan kontekstual membantu siswa memahami relevansi materi dengan situasi nyata, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam menerapkan solusi. Namun, tidak ditemukan artikel yang secara khusus membahas integrasi kedua pendekatan tersebut, sehingga peluang kombinasi ini perlu dieksplorasi lebih lanjut. Integrasi model Osborn dengan pendekatan kontekstual berpotensi menciptakan pembelajaran yang lebih relevan, kreatif, dan aplikatif, yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa secara holistik. Penelitian ini memberi pandangan teoretis dan praktis bagi pengajar dalam menyiapkan strategi pembelajaran inovatif yang mendukung pengembangan kemampuan siswa menghadapi tantangan dunia nyata.
Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan LKPD Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Negeri 30 Jakarta Kisworowati; Aziz, Tian Abdul; Sovia, Anny
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.06

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik dipengaruhi oleh model SiMaYang berbantuan LKPD interaktif. Penelitian ini mengunakan desain post-test only control group dan penelitian eksperimen semu. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel, hal ini menyebabkan penggunaan siswa SMA Negeri 30 Jakarta kelas X-1 dan X-2 sebagai subjek penelitian. Tujuh soal uraian yang berkaitan dengan materi barisan dan deret yang telah terbukti valid dan reliabel membentuk instrumen tes. Hasil analisis hipotesis diperoleh melalui uji-t’ dengan tingkat signifikansi α=0,05, menunjukkan bahwa nilai 〖t'〗_hitung=3,8405 ≥ 〖t'〗_tabel=0,0632. Hasil penelitian menunjukkan penolakan hipotesis nol, yang mengindikasikan bahwa peserta didik yang menggunakan model SiMaYang memilki rata-rata pemahaman konsep yang secara signifikan lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan metode konvensional. Penerapan model pembelajaran SiMaYang berbantuan LKPD interaktif berpengaruh pada kemampuan pemahaman konsep. Dengan persentase sebesar 82%, nilai Cohen’s effect size yang diperoleh sebesar 0,9159 masuk ke dalam kategori tinggi.
Kajian Kelancaran Prosedur Matematis Siswa pada Materi Eksponen Kelas X SMK Unggulan Sambas Maksudi, Huliman; Sandie; Muchtadi
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.08

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kelancaran prosedural matematis siswa pada materi eksponen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X SMK Negeri Unggulan Sambas. Sampel penelitian ini terdiri dari enam siswa yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya, yakni dua siswa memiliki kemampuan tinggi, dua siswa memiliki kemampuan sedang dan dua siswa memiliki kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes ini terdiri dari 3 soal untuk mengukur tiga indikator kelancaran prosedural matematis, yaitu efisiensi, fleksibilitas, dan akurasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif melalui analisis yang dilakukan dengan menjabarkan hasil jawaban siswa berkaitan dengan kelancaran prosedural matematis siswa. Hasil penelitian yaitu kedua siswa dengan kemampuan tinggi berhasil mencapai indikator fleksibilitas, efisiensi, dan akurasi, karena mereka memiliki pemahaman yang baik tentang kapan dan bagaimana menggunakan prosedur. Dua siswa dengan kemampuan sedang menunjukkan fleksibilitas dan akurasi, tetapi tidak memenuhi indikator efisiensi karena banyaknya prosedur berulang dalam pengerjaan soal. Dua siswa lain dengan kemampuan rendah memenuhi fleksibilitas tetapi tidak mencapai akurasi dan efisiensi, karena pemahaman yang kurang mengakibatkan penyelesaian yang terlalu panjang dan kesalahan dalam perhitungan.  
Penerapan Game Based Learning Berbantuan Permainan Market Class untuk Mengembangkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V MI Nabaul Ulum Mu’jizah, Uyun; Ahsani, Eva Luthfi Fahru
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.10

Abstract

Literasi numerasi siswa pada tingkat sekolah dasar termasuk pada kategori rendah. Hal itu dapat terjadi salah satunya karena kurang variatif dalam penggunaan metode atau model pembelajaran yang dimplementasikan guru. Siswa kurang dalam memahami dan memecahkan masalah dan kurangnya pengenalan soal-soal literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan game based learning berbantuan market class dan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V MI Nabaul-Ulum dilihat dari penerapan pembelajaran game based learning. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Nabaul-Ulum Wonorejo berjumlah 17 siswa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: Penerapan game based learning permainan market class terdiri dari 6 tahapan yaitu a) memilih permainan, b) penjabaran materi pelajaran c) aturan permainan market class d) memainkan permainan market class e) menghubungkan konsep materi dengan situasi sehari-hari dan f) refleksi, guru memberikan peluang siswa untuk memberikan pertanyaan tentang materi operasi hitung pecahan persen. Pada pembelajaran ini literasi numerasi siswa dapat dilihat dari aktivitas siswa meliputi: 1) Siswa menggunakan angka persen dalam perhitungan diskon, 2) siswa melakukan operasi hitung dasar, 3) siswa membaca angka dari katalog harga barang, 4) siswa membandingkan harga barang dari katalog barang yang berbeda, 5) siswa menentukan produk yang akan dibeli, 6) siswa menyimpulkan hasil pembelian berbagai produk sesuai dengan voucer belanja. Pembelajaran game based learning berbantuan market class cukup mengembangkan literasi numerasi siswa.
Analisis Learning Obstacle Konsep Volume Tabung dan Kerucut Siswa Kelas VIII Suryani, Titin; Jamilah; Astuti, Reni
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.091.09

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada volume tabung dan kerucut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Mumtaz Pontianak yang berjumlah 26 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui proses menganalisis data yang telah dikumpulkan, kemudian menarik kesimpulan. Tahapan dalam penelitian ini adalah 1) melakukan tes diagnostik, 2) menganalisis jawaban siswa untuk mengidentifikasi hambatan belajar, 3) wawancara dengan siswa, 4) wawancara dengan guru. Hasil penelitian ini ditemukan: penyelesaian soal tanpa menyebut informasi yang tersedia dan diminta bisa disebabkan oleh ontogenic psychological, ketidaktahuan siswa terhadap rumus yang diperlukan bisa disebabkan oleh ontogenic concept, mampu mengidentifikasi informasi soal tetapi salah menerapkan langkah-langkah bisa disebabkan oleh epistemological concept, kesalahan dalam memasukkan angka, perhitungan, dan penyelesaian soal bisa disebabkan oleh epistemological procedure, kesalahan akibat keterbatasan siswa dalam perhitungan bisa disebabkan oleh epistemological operational technique, pendekatan guru yang terlalu prosedural tanpa menyesuaikan kendala siswa dapat menyebabkan didactical obstacle. Hasil wawancara terhadap 26 siswa mengungkapkan bahwa: 1) soal-soal yang disampaikan peneliti tidak pernah diberikan oleh guru, 2) siswa belum memahami sepenuhnya konsep volume silinder dan kerucut, 3) kesalahan konseptual dalam memilih prosedur penyelesaian soal. masalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10