cover
Contact Name
Qorry Meidianingsih
Contact Email
qorrymeidianingsih@unj.ac.id
Phone
+6281297142104
Journal Mail Official
jrpms@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Dewi Sartika Lt. 6, Kampus A Universitas Negeri Jakarta Jln. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
ISSN : -     EISSN : 26214296     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah" : 10 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan LKPD Terstruktur terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Aswil, Afifah Thahirah; Murdiyanto, Tri; Partasiwi, Nurashri
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.06

Abstract

Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan LKPD terstruktur pada kemampuan pemecahan masalah matematis. Studi dilakukan dengan metode Quasy Experiment (eksperimen semu) posttest only control group design. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII-A dan kelas VII-E SMP Negeri 118 Jakarta. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik diuji dengan instrumen penelitian berupa 5 butir soal esai bentuk aljabar yang valid dan reliabel. Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikansi  diperoleh hasil bahwa uji  sehingga  ditolak yang berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKPD terstruktur lebih tinggi daripada peserta didik pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Kemudian didapat nilai Cohen’s d  sebesar 79% yang termasuk besar. Dari hasil pengujian, diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indnvidualization (TAI) berbantuan LKPD terstruktur pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 118 Jakarta
Pengaruh Model Project-Based Learning Berbantuan Papan SPLDV terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Untari, Deva; Salsabila, Ellis; Antari Wijayanti, Dwi
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.09

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan Papan SPLDV terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain post test only control group. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D, yang merupakan kelas eksperimen, dan VIII-C, yang merupakan kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematis diukur dengan instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian analisis data setelah perlakuan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi menunjukkan dengan nilai dan . Maka ditolak, artinya rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa pada kelas kontrol. Nilai Cohen’s effect size yang diperoleh adalah dengan persentase yang termasuk ke dalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL berbantuan Papan SPLDV terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Muhammadiyah 29 Sawangan.
Etnomatematika: Konsep Matematika dalam Tradisi Baku'puli pada Pernikahan Suku Kajang di Bulukumba Rahima DB, Rahma; Prastika, Nurul Aini Fitra; Nursalam; Kusumayanti, Andi
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.03

Abstract

Tradisi Baku’puli berasal dari Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang merupakan bentuk erang-erang atau pemberian dari mempelai pria kepada mempelai wanita. Pemberian ini juga menjadi buah tangan untuk keluarga mempelai wanita sebagai simbol bahwa anak mereka telah melangsungkan pernikahan. Selain berfungsi sebagai pemberian, tradisi ini menyimpan elemen-elemen yang mencerminkan konsep-konsep matematika, seperti geometri dan probabilitas.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara budaya lokal dan matematika melalui analisis elemen-elemen tradisi Baku’puli. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, dimana data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi di suku Kajang Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Baku’puli mengandung berbagai konsep matematika yang mencolok, seperti bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, jajargenjang, persegi panjang, dan segienam) serta konsep probabilitas yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai integrasi konsep-konsep matematika dalam budaya lokal dan mengusulkan pentingnya integrasi konsep-konsep tersebut dalam pembelajaran matematika.
The Effect of Interactive PPT-Based Learning Media with a Contextual Approach on Student Learning Interest in Statistics Material in Class X SMA Sibarani, Mikhael Agus Tua; Tumanggor, Abednego; Tarigan, Adelia Br; Silvina, Nur; Banjarnahor, Tohom Paha Mei; Henniwati; Kairuddin
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.05

Abstract

The education sector plays a vital function in producing a flexible, innovative and internationally competitive workforce. However, the teaching of arithmetic still experiences obstacles, especially in fostering students' interest in topics that are considered theoretical such as statistics. This research was conducted to analyze the impact of using interactive PowerPoint-based learning media with a contextual approach on students' interest in learning statistics. This research applies quantitative methods with the subject of X-level students at SMA Negeri 1 Deli Tua. Data analysis procedures included normality testing, homogeneity of variance testing, t-test, simple linear regression analysis, and coefficient of determination testing. The research findings showed that contextualized intera ctive PowerPoint media had a positive impact on students' interest in learning. Through regression analysis, it was identified that the increase in students' positive responses to the learning media was directly proportional to the increase in interest in learning. Testing the coefficient of determination showed a figure of 40.66%, indicating that the variable of students' responses to the media contributed 40.66% to learning interest, while the other part was influenced by external factors outside the model.
Pengaruh Pendekatan Deep Learning Berbantuan Media PPT Interaktif Berbasis Geogebra terhadap Hasil Belajar Trigonometri Siswa Siregar, Fransisco Dinata; Adrianto, Ilham; Siagian, Yerikho Aprillio; Azizi, Muhammad Farhan; Siregar, Budi Halomoan
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis Deep Learning yang dipadukan dengan media PowerPoint interaktif berbasis GeoGebra terhadap hasil belajar matematika, khususnya pada topik trigonometri. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain One-Group Pre-Test-Post-Test pada siswa kelas X SMK Swasta Bina Satria. Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata dari 49,38 menjadi 68,12 (p < 0,05) dengan N-Gain sebesar 0,37 (kategori sedang). Selain itu, 95,8% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi Deep Learning dengan media interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran di sekolah menengah kejuruan
Pemodelan Topik pada Analisis Sentimen terhadap Pendidikan Literasi Numerasi di Indonesia Menggunakan Latent Dirichlet Allocation Husnul Khotimah, Tiara; Nilam Novita Sari; Khaola Rachma Adzima; Leny Dhianti Haeruman
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.02

Abstract

Keterampilan literasi numerasi merepresentasikan salah satu tolak ukur vital dalam mengevaluasi standar pendidikan. Namun demikian, pencapaian literasi numerasi Indonesia masih berada pada level yang kurang memuaskan. Studi ini dirancang untuk mengkaji sentiment dan mengidentifikasi tema-tema pokok dalam persepsi publik terkait literasi numerasi berdasarkan informasi dari platform media sosial Twitter/X. Riset ini menerapkan metode kuantitatif dengan Teknik analisis sentiment dan model topik Latent Dirichlet Allocation (LDA). Data diperoleh berdasarkan unggahan Twitter/X selama periode 1 Januari hingga 31 Desember 2024. Sebanyak 691 data dikumpulkan menggunakan kata kunci terkait literasi numerasi, kemudian diklasifikasikan menjadi sentimen positif dan negatif, dilanjutkan dengan visualisasi Wordcloud, serta ekstraksi topik dengan LDA. Hasil analisis menunjukan bahwa sentimen positif lebih dominan dibandingkan dengan sentimen negatif. Sentimen negatif umumnya membahas keterbatasan pendidikan, tantangan digitalisasi pembelajaran, dan rendahnya kemampuan dasar siswa seperti membaca, menulis, dan keterampilan berhitung. Sebaliknya, sentimen positif banyak membahas mengenai apresiasi terhadap program pemerintah, pelatihan guru, serta strategi dinas pendidikan dalam peningkatan literasi numerasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi analisis sentimen dan LDA terbukti efektif untuk menilai persepsi masyarakat dan dapat menjadi alternatif evaluasi kebijakan pendidikan khususnya terkait literasi numerasi.
Analysis of the Lecturer’s Interest after Attending the Workshop STEM Design-Based Learning for Lecturers Adzima, Khaola Rachma; Sari, Nilam Novita; Khotimah, Tiara Husnul; Gusti, Valeria Yekti Kwasaning
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.01

Abstract

The STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approach has been widely adopted in schools but remains underutilized in higher education. Lecturers often perceive STEM as difficult to implement due to complex subject matter, time constraints, and limited personal interest. This study examined whether participation in a professional development program, STEM Design-Based Learning for Lecturers, could enhance lecturer’s interest in STEM. The workshop was conducted over two weeks with 18 participants from the Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Data were collected using pre- and post-questionnaires designed to measure lecturer’s interest in STEM. Validity and reliability tests confirmed the instrument’s quality. Since the normality assumption was not met, the Wilcoxon Signed Rank Test was applied to assess differences before and after the workshop. The results indicated a statistically significant improvement in interest (p = 0.001) with a large effect size (Cohen’s d = 1.266). Specifically, 15 of 18 lecturers reported increased interest, while two remained unchanged and one experienced a slight decrease. These findings demonstrate that structured STEM workshops can effectively foster enthusiasm and engagement among lecturers. The study highlights the importance of integrating STEM-focused professional development into higher education to support curriculum innovation and encourage broader adoption of STEM approaches in teaching.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Arfiani, Vina; Rismen, Sefna; Hamdunah
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.07

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 43 Sijunjung pada tanggal 7 Januari 2025, diperoleh informasi bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal latihan, khususnya pada soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Kesulitan ini tercermin dari ketidakmampuan peserta didik dalam memahami isi soal, yang ditandai dengan tidak dituliskannya informasi tentang apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, serta tidak adanya perencanaan dalam menyelesaikan soal tersebut. Wawancara dengan pendidik mata pelajaran matematika kelas VIII di sekolah tersebut juga mengungkapkan bahwa sebagian besar peserta didik belum mampu menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik setelah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan sebelum menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 43 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen. Subjek penelitian dipilih secara total sampling yaitu kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk soal uraian. Tes ini dilakukan pada dua tahap yaitu tahap pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest adalah 44,59 dan rata-rata nilai posttest adalah 47,91. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t test. Hasil perhitungan uji paired sample t test untuk menghitung kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan bantuan minitab versi 20 diperoleh nilai p-value sebesar 0,022. Karena nilai p-value < maka H₀ ditolak, yang berarti kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sesudah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan sebelum menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Analisis Minat Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Doni Sirait, Erlando; Dani Apriyani, Dwi; Erlangga, Fajar
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.04

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi prestasi siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, kajian mendalam mengenai variasi tingkat minat belajar beserta pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa di Indonesia masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan variasi tingkat minat belajar dan menganalisis variasi pada tiap indikator minat belajar siswa, serta menguji perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan variasi tingkat minat belajar tersebut. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto ini melibatkan 65 siswa yang dipilih secara acak dari kelas VII SMPN 160 Jakarta Timur. Data minat belajar dikumpulkan melalui angket skala Likert, sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai ujian tengah semester matematika. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk mengukur distribusi dan variasi minat belajar, serta uji Kruskal–Wallis dan Mann–Whitney untuk menguji perbedaan hasil belajar antar kelompok minat rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa memilikki minat belajar pada kategori sedang (M = 3,65; SD = 0,43). Minat belajar (p = 0,00; r = 0,73) berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar matematika, dengan indikator ketekunan (p = 0,00; r = 0,74) sebagai kontributor paling kuat, diikuti oleh perhatian (p = 0,00; r = 0,59) dan dorongan untuk belajar (p = 0,00; r = 0,51). Temuan ini mengimplikasikan bahwa penguatan ketekunan, perhatian, dan dorongan belajar perlu menjadi fokus utama dalam strategi pembelajaran matematika, khususnya pada siswa SMP, sehingga guru dapat merancang pendekatan yang tidak hanya menekankan pemahaman konsep, tetapi juga membangun motivasi dan konsistensi belajar yang berkelanjutan.
Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Educandy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Utami, Karina Cahya; Efendi, Ujang; Abung, Miranda; Nurwahidin, Muhammad
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.092.08

Abstract

Hasil belajar matematika siswa sekolah dasar di Indonesia masih tergolong rendah, termasuk di SDN 1 Margoyoso. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Educandy pada hasil belajar Siswa, serta perbedaan hasil belajar pada pembelajaran pendekatan RME menggunakan media Educandy dan pembelajaran pendekatan RME tanpa media Educandy. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental pada desain non equivalent control group design. Sampel penelitian tersusun atas 41 Siswa kelas IVA serta IVB yang dipilih melalui teknik purposive sampling dari total populasi 240 Siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar (pretest-posttest) serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dilaksanakan dengan uji regresi linier sederhana serta uji independent t-test. Hasil uji regresi memperlihatkan yakni pendekatan RME berbantuan media Educandy berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa sebesar 52,4%. Hasil uji independent t-test memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media Educandy serta tanpa media Educandy pada nilai signifikansi sebesar 0,003

Page 1 of 1 | Total Record : 10