cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam" : 20 Documents clear
Penerapan Pendekatan PBL Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Wajib Allah di Kelas 3 SD Negeri 3 Airmadidi Wa Mae
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa kelas 3 SD Negeri 3 Airmadidi terhadap materi sifat-sifat wajib Allah melalui pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Negeri 3 Airmadidi Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Role Playing berhasil meningkatkan minat siswa pada materi mengenal sifat-sifat wajib Allah (wujud, Qidam, Baqa, mukhlafatul lil hawaditsi dan Qiyamuhu Binafsihi Sebelum diterapkannya metode Role Playing Minat belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa, yang diukur melalui kuesioner dan observasi aktivitas kelas. Selain itu, siswa menjadi lebih antusias dan terlibat dalam diskusi kelompok serta tugas-tugas yang diberikan. Dengan demikian, pendekatan PBL terbukti efektif dalam meningkatkan minat siswa terhadap materi sifat-sifat wajib Allah, serta dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran di kelas yang lebih menarik dan interaktif.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menguatkan Iman Dengan Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu Dan Zuhud Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bolaang Mokodompit, Yosinta
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menguatkan Iman Dengan Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu dan Zuhud Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek dari penelitian ini adalah Kelas XI SMA Negeri 1 Bolaang Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penerapan metode Mind Mapping berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu dan Zuhud. Saat diterapkannya metode Mind Mapping pada siklus 1, hasil belajar peserta didik hanya 9 peserta didik (37,5%) yang tuntas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai rata-rata 68,70. Dan pada siklus II penerapan metode Mind mapping terjadi peningkatan pada 24 peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 85,45%.Peserta lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode Mind Mapping mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Basmallah Dan Hamdallah Pada Siswa Kelas 1 SD IT An-Nahl Kotamobagu Nihe, Yurita
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Basmallah Dan Hamdallah Pada Siswa Kelas 1 SD IT An-Nahl Kotamobagu Tahun 2021-2022 terhadap materi "Aku Suka Membaca Basmallah dan Hamdallah" menggunakan metode Reading Aloud. Metode Reading Aloud dipilih karena memungkinkan siswa membaca dengan suara lantang, sehingga mereka dapat memahami teks secara lebih mendalam melalui pendengaran dan pengucapan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas 1 SD IT An-Nahl Kotamobagu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 63,14 pada pra-siklus menjadi 85,21 pada post-test siklus kedua. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat, dari hanya 21,43% pada pra-siklus menjadi 100% pada siklus kedua. Penerapan metode Reading Aloud terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan metode Reading Aloud sebagai alternatif dalam pengajaran materi keagamaan di kelas rendah untuk membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam
Implementasi Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VI SD Negeri 1 Kema Endang Gobel, Suriyani
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode adalah cara atau suatu prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai usaha dalam rangka menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif, salah satunya adalah kecekatan dari seorang guru dalam memilih sebuah metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai bebarapa metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau di sebut dengan Classroom Action Research yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru dikelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang disampaikan dengan cara yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Faktor-faktor seperti gaya penyampaian guru, penggunaan media pembelajaran, dan relevansi materi terhadap kehidupan sehari-hari siswa memainkan peran penting dalam mempengaruhi motivasi belajar. Meskipun demikian, penggunaan metode ceramah secara terus-menerus tanpa variasi metode lain dapat menurunkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar metode ceramah dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain seperti diskusi atau tanya jawab untuk menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menarik
Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Asmaul Husna Melalui Metode Take And Give Di SMP Negeri Daerah Kotabunan Patra, Regita
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Asmaul Husna melalui metode take and give di SMP Negeri Daerah Kotabunan. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN Daerah Kotabunan Tahun Ajaran 2022/2025, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I berdasarkan perolehan observasi menunjukkan pemahaman peserta didik pada materi asmaul husna dari 22 siswa hanya terdapat 5 orang siswa yang tuntas Sehingga dipandang Tingkat pemahan belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang ditentukan. Maka dari itu penelitian dilanjutkan pada siklus selanjutnya atau siklus 2. Pada siklus II meningkat menjadi 16 orang peserta didik. Hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan . hal ini menandakan pemahaman peserta didik dapat meningkat pada materi asmaul husan dengan menggunakan metode take and give.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Iman Kepada Nabi Dan Rasul Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat Mamonto, Nurbaity
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Nabi dan Rasul melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini termasuk pada Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah fase D kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Nabi dan Rasul. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Make a Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58,6. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siklus I sebanyak 7 orang peserta didik (46,6%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan sebanyak 13 peserta didik (86,6%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,93. Peserta didik lebih terlibat aktif dan antusias dalam pembelajaran karena model pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan
Penerapan Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Zakat Fitrah Kelas V SD Negeri 2 Gogagoman Mokoagow, Mohamat Alhari Mutu
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan dengan Observasi awal yang dilaksanakan di SDN 2 Gogagoman, kelas V, dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi zakat fitrah yang diajarkan melalui metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan temuan-temuan yang didapatkan penulis di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti menunjukan bahwa penerapan metode simulasi efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi zakat dengan presentase nilai rata-rata dari 59% > 66% > sampai pada 95%. Maka dengan adanya penelitian ini pendidik dapat menjadikan metode simulasi sebagai rujukan untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran serta memperkaya metode pedagogis.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad Saw. Ke Madinah Model Jigsaw Kelas IV SDN 1 Molinow Al Fattah Imban, Mohammad
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Molinow untuk Meningkatkan hasil belajar peserta didik materi kisah perjalanan hijrah nabi muhammad ke madinah melalui model jigsaw. Proses belajar dengan menggunakan belajar kelompok dimana setiap anggota menggunakan informasi, pengalaman, ide, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya untuk secara bersama-sama saling meningkatkan hasil belajar seluruh anggota kelompok. Guru sudah berhasil memfokuskan diri dalam membantu siswa mencapai keterampilan mengarahkan diri, dengan model pembelajaran Jigsaw, akan lebih mudah menangkap materi belajar mengajar yang disampaikan guru yang akan membentuk penguasaan materi belajar akan menjadi lebih baik. Pada siklus II, sudah mengalami peningkatan pemahaman siswa, hal tersebut bisa dilihat dari hasil data belajar pada siklus II yang sudah mencapai 91, 66%. Model pembelajaran jigsaw memiliki efek positif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik materi kisah hijah nabi muhammad saw. ke madinah kelas IV SDN 1 Molinow. Terbukti terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata secara keseluruhan. Dari proses pra siklus sampai pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 53% dan terjadi peningkatan yang lebih signifikan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar mencapai 91%
Penerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas II Materi Perilaku Akhlak Terpuji Hormat dan Patuh SD Muhammadiyah Molibagu Farni Gobel, Misri
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perilaku akhlak terpuji, khususnya sikap hormat dan patuh, melalui penerapan metode Cooperative. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Molibagu Tahun Ajaran 2022/2023. Metode Cooperative Script dipilih karena kemampuannya dalam mendorong partisipasi aktif dan kolaboratif antar siswa, yang diharapkan dapat menguatkan pemahaman mereka mengenai materi akhlak terpuji. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan beberapa siklus pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Script diterapkan pada siklus I sebanyak 10 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, metode ini dapat direkomendasikan sebagai strategi efektif dalam pengajaran nilai-nilai akhlak terpuji di tingkat sekolah dasar
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Memahami Ayat Al-Qur’an Dan Hadis Tentang Pentingnya Iman Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Kotamobagu Dwijayanti Kandoli, Indri
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Memahami Ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya Iman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SMP N 1 Kotamobagu Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki (Total Keseluruhan 15). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan penggunaan video pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Iman. Setelah diterapkannya penggunaan video pembelajaran tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.66 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.30. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue