cover
Contact Name
Taufik Agung Pranowo
Contact Email
taufikagung@upy.ac.id
Phone
+6287719079467
Journal Mail Official
gcounsbkupy@upy.ac.id
Editorial Address
gcounsbkupy@upy.ac.id
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25416782     EISSN : 25806467     DOI : https://doi.org/10.31316/g.couns.v4
Core Subject : Science, Education,
Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk menyebar luaskan hasil karya ilmiah dalam bidang bimbingan dan konseling khususnya dan bidang psikologi pendidikan pada umumnya. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Desember dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 14 Documents clear
HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19 Adhiman, Fauzan; Mugiarso, Heru
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1571

Abstract

Coronavirus menjadi momok yang menakutkan bagi semua kalangan menjadikan semua aspek kehidupan menjadi berbeda dari sebelumnya. Fenomena ini menuntut semua aktifitas manusia untuk mampu beradaptasi terkhusus dalam ranah pendidikan untuk melanjutkan kegiatan pembelajarannya. Dalam kajian yang dilakukan Nurkholis (2020) menjelaskan dampak dari kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 bahwa dampak psikologis yang terjadi seperti kecemasan atau ketakutan yang berlebihan sehingga mengalami perasaan tertekan, stress dan cemas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubunya penyesuaian diri terhadap resiliesni akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajraan saat masa pandemi covid-19. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi 767 dalam rinciannya peneliti mengambil seluruh siswa SMA Institut Indonesia yang terdiri dari kelas X, XI, XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampelnya yaitu sebanyak 238 responden. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik didapatkan hasil yaitu nilai r sebesar 0,634 dengan p = 0,000 (p < 0,05), hasil ini mengartikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara. penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik.
BIMBINGAN TEMAN SEBAYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MEMOTIVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA BERBASIS WHATSAPP GRUP Murniasih, Sri
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1563

Abstract

Tujuan penelitian tindakan Bimbingan Konseling ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi motivasi siswa kelas X MIPA SMA N 1 Kersana terhadap pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid 19. (2) Menganalisis pengaruh bimbingan teman sebaya dalam layanan bimbingan konseling terhadap motivasi pembelajaran jarak jauh berbasis whatshap grup bagi Siswa kelas X MIPA  SMA N 1 Kersana dimasa pendemi covid 19. Metode penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas/Bimbingan Konseling. Prosedur kerja dalam Penelitian tindakan terdiri atas empat komponen, yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas  ini dirancang dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil perhitungan rata-rata skor motivasi belajar sebelum (pra) siklusmengikuti layanan bimbingan temansebaya adalah 61,9.Hasil setelah mengikuti layanan bimbingan teman sebaya secara daring melalui whatsapp memiliki nilai rata-rata (mean) meningkat menjadi 66,3; dengan skor peningkatan 4,4. Setelah penelitian tindakan dilanjutkan kesiklus 2 (dua) nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik yang mencapai nilai rata-rata 89,5dengan skor peningkatan 23,2dari siklus 1. Jadi terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik yang tadinya rendah meningkat setelah diberikan layanan bimbingan teman sebaya secara daring melalui whatsapp. Dengan demikian hipotesis penelitian (tindakan) terbukti dan indicator keberhasilan dapat dicapai. 
EFEKTIVITAS “PROGRAM GenRe” DALAM PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PADA SISWA SMK 2 GEDANGSARI Las Priyanti, Iin
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1572

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif “Program GenRe” dalam pencegahan pernikahan dini pada siswa SMK 2 Gedangsari. Penelitian ini merupakan penelitian Best Practice. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil implementasi menunjukkan bahwa  “Program GenRe” (generasi berencana) efektif dalam pencegahan pernikahan dini dengan membantu siswa dalam pemahaman remaja, siswa mampu menganalasis faktor-faktor penyebab pernikahan dini, siswa mendapatkan informasi dan promosi tentang kesehatan reproduksi remaja, dampak pernikahan dini serta solusi untuk penekanan pernikahan dini. Selanjutnya siswa memiliki perencanaan yang matang dalam kehidupan keluarga. Jadi “Program GenRe” sangat efektif dalam pencegahan pernikahan dini pada siswa.
PENGARUH PENGENDALIAN EMOSI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP AGRESIVITAS ANTAR TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH KASIHAN Puspawardhani, Astri
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1562

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mengkaji pengaruh variabel pengendalian emosi dan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap agresivitas antar teman sebaya pada siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kasihan. Teknik yang dipakai untuk mengumpulan data  ialah wawancara, angket dan dokumentasi. Dari analisis regresi linear berganda didapatkan nilai Sig sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa pengendalian emosi dan kemampuan komunikasi interpersonal secara bersama-sama sebesar 75,5% memberikan pengaruh terhadap agresivitas antar teman sebaya. Hasil uji t dalam analisis regresi diperoleh variabel kemampuan komunikasi interpersonal memiliki t hitung sebesar -4,549 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya kemampuan komunikasi interpersonal memberikan pengaruh negatif terhadap agresivitas antar teman sebaya dengan besaran sumbangan 53,9 %. Selanjutnya untuk variabel pengendalian emosi  memiliki t hitung sebesar -9,590 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya pengendalian emosi memberikan pengaruh negatif terhadap agresivitas antar teman sebaya dengan sumbangan sebesar 21,6 
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIID DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 Ernawati, Ika; Setiawaty, Dessy
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1567

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama Efektif dan signifikan dalam meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas VIID di SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t diketahui nilai t = 15,018 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti pemberian treatment dengan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik psikodrama berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling dapat menerapkan layanan dengan menggunakan teknik psikodrama sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU KOTA YOGYAKARTA Lestariningsih, Sri; Rahmatullah, Azam Syukur; Purnomo, Halim
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran religiusitas, penggunaan media sosial siswa kelas IV, V dan VI SD Muhammadiyah Karangwaru Kota Yogyakarta dan mengetahui pengaruh religusitas dan penggunaan media sosial dengan perilaku agresif siswa kelas IV, V dan VI SD Muhammadiyah Karangwaru Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dengan jumlah sampel sebanyak 142 siswa. Hasil penelitian menunjukkan perilaku religiusitas siswa memiliki kategori religiusitas yang baik dengan analisis deskripif pada rentang 68 – 84 % sedangkan penggunaan media sosial siswa berada pada tingkatan cukup baik pada rentang 43 – 68 %. Religiusitas siswa berpengaruh terhadap perilaku agresi berdasarkan  hasil uji t dengan nilai signifikansi 0,01. Penggunaan media sosial tidak berpengaruh terhadap perilaku agresi karena memiliki nilai signifikansi 0,487. Hasil uji F, religiusitas dan penggunaan media sosial berpengaruh secara simultan terhadap perilaku agresi siswa sebesar 7,4%. dengan nilai signifikansi 0,05.
HUBUNGAN PEER SOCIAL SUPPORT DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DI MASA PANDEMI Gayatri, Rika; Isrofin, Binti
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1568

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara peer social support dan adversity quotient dengan resiliensi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri semarang di masa pandemi Covid-19. Tujuan pada penelitian ini ialah memperoleh informasi mengenai tingkat masing-masing variabel serta hubungan antar variabel. Jenis  penelitian ini ialah kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat resiliensi akademik mahasiswa UNNES pada kategori tinggi (M=4,02), tingkat peer social support  tinggi (M=3,99), serta tingkat adversity quotient tinggi (M=3,92). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara peer social support   dengan resiliensi akademik (t=10,636, β=0,445, p=<0,05), terdapat hubungan positif dan signifikan anatara adversity quotient dengan resiliensi akademik (t=10,596, β=0,485,p=<0,05), serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara peer social support dan adversity quotient dengan resiliensi akademik (R=0,880, R2 =0,774, F=586,225, p=<0,05) yangmana secara simultan dapat memprediksi resiliensi akademik sebesar 77,4%. Berlandaskan hasil penelitian, diharapkan dapat diimplikasikan bagi pengembangan program bimbingan dan konseling pada pusat karir dan bimbingan dan konseling universitas.  
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN TENIS MEJA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 BATURETNO Suprihatin, Tinuk
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan keaktifan belajar dan keterampilan tenis meja menggunakan metode latihan pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas V  SD Negeri 6 Baturetno  semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Indikator kinerja meliputi hasil observasi tentang aktifitas belajar siswa dan tes keterampilan bermain tenis meja dengan menggunakan test  unjuk kerja. Hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa metode latihan dapat meningkatkan keaktifan belajar dan keterampilan tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018.. 
HUBUNGAN ANTARA SINDROM FOMO ( FEAR OF MISSING OUT)DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GODEAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020 Kalisna, Mirna Dewi; Wahyumiani, Nur
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1574

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sindrom fomo dengan kepercayaan diri pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 68 anak diambil dengan menggunakan teknik quota random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruksi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis statistic rumus korelasi product moment dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara sindrom fomo dengan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean tahun ajaran 2019/2020 dengan diketahui nilai 𝑟 sebesar -0,472 dengan p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 (taraf signifikansi 5 %). Dengan demikian semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki siswa maka semakin rendah simdrom fomo yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin kurang kepercayaan diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi sindrom fomo yang dimiliki siswa.
HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA SMAN SE-KABUPATEN PASER Puji Rahayu, Sasanti; Isrofin, Binti
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i2.1569

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara kepribadian tangguh dan dukungan sosial terhadap stres akademik SMAN Se-Kabupaten Paser.Tujuan pada penelitian ini ialah memperoleh informasi mengenai tingkat masing-masing variabel serta hubungan antar variabel. Jenis  penelitian ini ialah kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat stres akademik sedang (M=2,75), tingkat kepribadian tangguh sedang (M=2,70), serta tingkat dukungan sosial sedang (M=2,78). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepribadian tangguh dengan stres akademik (t=-2,791, β=-0,116, p=<0,01), terdapat hubungan negatif dan signifikan antara stres akademik (t=,-0,112, β=-0,006,p=<0,01), serta terdapat hubungan dan signifikan antara kepribadian tangguh dan dukungan sosial terhadap stres akademik (R=0,181, R2 =0,033, F=4,268, p=<0,01) yang mana secara simultan dapat memprediksi stres akademik sebesar 3,3%. Berlandaskan hasil penelitian, diharapkan dapat diimplikasikan bagi Guru BK di sekolah

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 01 (2026): January 2026, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (In Press) On Progress Vol. 9 No. 3 (2025): Agustus 2025. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 1 (2024): Desember 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 3 (2024): Agustus 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 01 (2023): Desember 2023, G Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 03: Agustus 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 02: April 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 01: Desember 2022, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 2 (2022): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 1 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling More Issue