cover
Contact Name
Tedi Suryadi
Contact Email
jurnalkansasipbsi2020@gmail.com
Phone
+6282150544710
Journal Mail Official
tediaja.1987@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pertamina Sengkuang Km.4, Kotak Pos 126, Telp. (0565)2022386, 2022387 Email: jurnalkansasipbsi2020@gmail.com Website:http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 25407996     DOI : 10.31932
Core Subject : Education,
Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan Oktober.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MENGISI FORMULIR METODE KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 21 TELUK MENYURAI SINTANG Winarti, Puji
Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpbs.v1i2.246

Abstract

Metode kooperatif STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang bercirikan saling ketergantungan yang bersifat positif antara siswa, adanya interaksi antara siswa yang semakin meningkat, adanya tanggung jawab individual, keterampilan interpersonal dan kelompok kecil, serta Proses kelompok. Dalam penelitian, metode kooperatif STAD diterapkan untuk mendorong siswa agar bekerja sama dalam menulis dan mengisi formulir dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Metode STAD diterapkan dalam tindakan kelas. Setelah dua siklus tindakan, siswa dapat lebih memiliki ketrampilan menulis dan juga lebih menguasai dalam  mengisi formulir. Dalam penilaian yang dilakukan, tiga komponen nilai siswa yang meliputi praktik, sikap, dan nilai sama-sama meningkat signifikan. Hal ini juga meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Kooperatif STAD terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.Kata Kunci: Mengisi Formulir, Metode Kooperatif STAD
KOMPOSISI, PERTUNJUKAN DAN PEWARISAN SYAIR LAGU DOLANAN ANAK-ANAK DI KABUPATEN JOMBANG (Kajian Struktur Naratif Albert B. Lord) Damariswara, Rian
Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpbs.v1i2.247

Abstract

Syair lagu dolanan anak-anak di Kabupaten Jombang memiliki keunikan karena berbahasa khas Jombangan. Bahasa Jombangan merupakan hasil akulturasi bahasa Jawa Mataraman atau Jogja/Solo dengan bahasa Jawa Arek atau Surabaya. Bahasa Jombangan dalam syair lagu dolanan anak-anak di Kabupaten Jombang menjadi warna tersendiri dalam khazanah kebudayaan Jawa dan belum pernah diteliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komposisi, pertunjukan dan pewarisan syair lagu dolanan anak-anak di Kabupaten Jombang. Teori yang digunakan untuk mendeskripsikan fokus penelitian adalah teori struktur naratif Albert B. Lord. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yakni informan. Informan dalam  penelitian yaitu orang tua dan budayawan Jombang. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari: (1) syair lagu dolanan, (2) komposisi lagu dolanan, (3) bentuk pertunjukkan atau pembawaan lagu dolanan, dan (4) cara pewarisan lagu dolanan di Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, perekaman, wawancara dan pencatatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis deskriptif (descriptive analysis). Hasil penelitian bahwa komposisi dalam syair dolanan adalah proses penciptaan syair lagu dolanan dengan cara mengingat formula syair lagu dolanan. Pertunjukan dalam syair lagu dolanan terbagi menjadi dua yakni dengan permainan dan tanpa permainan. Pewarisan syair lagu dolanan dapat dilakukan secara formal dan secara non formal Kata Kunci: komposisi, pertunjukan dan pewarisan.
BENTUK DAN FUNGSI DALAM UPACARA NGABATI’ PADA UPACARA ADAT DAYAK KANAYATN DI DUSUN PAKBUIS Oktaviani, Ursula Dwi
Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpbs.v1i2.248

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas bentuk dan fungsi Mantra dalam Upacara Ngabati’  pada upacara adat Dayak Kanayatn di Dusun Pakbuis Desa Banying Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah teks mantra yang diperoleh dari hasil wawancara penelitian dengan penutur mantra yaitu Panyangahatn. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti sendiri, alat perekam, dan dibantu oleh tabel, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menggunakan teknik observasi partisipasif, wawancara, dan dokumentasi, serta traskripsi dan terjemahan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa mantra Dayak Kanayatn adalah mantra yang diucapkan dalam bahasa Dayak Kanayatn yang menunjukan sifat latennya, yang memerlukan penggalian nilai budaya yang lebih mendalam yang menyangkut pada kepercayaan dan kebergunaan, mantra mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan upacara adat Dayak Kanayatn, bentuk mantra dalam upacara ngabati’ ini dilihat dari rima yang merupakan pendukung ampuhnya mantra yang diucapkan, fungsi mantra dapat dilihat hubungannya terutama dengan jenis mantra itu sendiri, dan setiap mantra yang diucapkan mempunyai fungsi yang berbeda.Kata Kunci: Bentuk dan Fungsi Mantra  dalam Upacara Ngabati’
ANALISIS SINTAGMATIK DAN PARADIGMATIK CERPEN “MENJELANG LEBARAN” KARYA UMAR KAYAM Tyas, Debora Korining
Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpbs.v1i2.249

Abstract

Pertanyaan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah deskripsi analisis sintagmatik cerpen “Menjelang Lebaran” Karya Umar Kayam? (2) Bagaimanakah deskripsi analisis paradigmatik cerpen “Menjelang Lebaran” Karya Umar Kayam? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis sintagmatik dan paradigmatik cerpen “Menjelang Lebaran” Karya Umar Kayam. Objek dalam penelitian ini adalah teks (cerpen “Menjelang Lebaran”). Teori yang digunakan meliputi: (1) pendekatan sintagmatik, (2) pendidikan paradigmatik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengolahan data menggunakan teknik simak dan catat.  Berdasarkan analisis sintagmatik tentang cerpen “Menjelang Lebaran” karya Umar Kayam bahwa setiap sekuen-sekuen cerita saling berhubungan secara logis dan kronologis serta diperoleh sekuen cerita sebanyak 23 sekuen. Selanjutnya sekuen itu dianalisis lagi untuk mendapat fungsi-fungsi utamanya. Fungsi-fungsi utama tersebut sebanyak 7 sekuen. Selebihnya merupakan fungsi katalis. Dengan adanya fungsi-fungsi utama maka dapat ditentukan motor penggeraknya. Motor penggerak ditemukan 1 sekuen yaitu isotopy kabar mengenai Kamil yang di-PHK saat menjelang Lebaran. Dengan peristiwa motor penggerak dan fungsi-fungsi utamanya yang telah dianalisis maka dapat ditentukan tema cerpen tersebut. Analisis paradigmatik disimpulkan dari indeks dan informan cerpen “Menjelang Lebaran” karya Umar Kayam dengan analisis tokoh. Lima tokoh yaitu Kamil, Sri, Mas, Ade, dan Nah. Analisis tokoh menghasilkan 33 isotopi dengan indeks 15 dan informan 18. Selain analisis tokoh juga terdapat analisis latar cerpen tersebut. Analisis latar menghasilkan 9 isotopi dengan 3 indeks dan 6 informan. Sekuen-sekuen yang terdapat dalam cerpen ”Menjelang Lebaran” karya Umar Kayam saling menentukan antara sekuen yang satu dengan sekuen yang lain. Dari analisis sekuen dapat diperoleh tema cerpen yaitu keluarga sederhana yang menghadapi masalah saat menjelang Lebaran.Kata kunci: analisis sintagmatik, analisis paradigmatik, cerpen.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KEDEMBAK AIR TABUN TERHADAP MEMERANKAN TOKOH DRAMA DENGAN EKSPRESI YANG TEPAT MELALUI METODE SOSIODRAMA Welmawelma, Welmawelma
Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpbs.v1i2.250

Abstract

Metode pembelajaran sosiodrama adalah model pembelajaran bermain peran dengan mendramatisasi kehidupan nyata atau konflik yang belum terselesaikan dan sistem sosial yang membentuk kita secara individu dan kolektif. Guru dalam pembelajaran ini bisa bertindak sebagai aktor, sutradara atau penonton. Peranan Fasilitator dalam pembelajaran ini menyampaikan sebuah prolog memperkenalkan topik yang disesuaikan dengan audiens yang spesifik. Metode tersebut merupakan cara terbaik agar siswa dapat memerankan aktor dengan ekspresi dan intonasi yang tepat sesuai karakter yang diperankannya. Penelitian dengan tindakan kelas ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran sosiodrama dalam pelajaran bahasa Indonesia pada materi memerankan tokoh drama melalui media teks dapat berhasil dan dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama secara kelompok pada proses pembelajaran bahasa Indonesia juga meningkat.Kata Kunci: drama, ekspresi, metode sosiodrama.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI 23 MENYUMBUNG TERHADAP MEMBACA IDE POKOK TEKS DRAMA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF Agusmawati, Agusmawati
Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpbs.v1i2.245

Abstract

Tujuan peneilian ini membahas meningkatkan kemampuan  siswa kelas V SD Negeri 23 Menyumbung terhadap membaca ide pokok teks drama melalui penggunaan metode pembelajaran kolaboratif Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi.Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 23 Menyumbung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (51%) dan siklus II (89%).Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran kolaborasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, motivasi belajar Siswa SD Negeri 23 Menyumbung, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.Kata kunci: membaca teks drama, pengajaran kolaboratif

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2025): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2024): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Kansasi Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Kansasi Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2021): JURNAL KANSASI Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia More Issue