cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 08, No. 01, Mei 2025" : 5 Documents clear
Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sachry, Anesya Salsabyla; Rahmadani, Ahmad
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 8 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 08, No. 01, Mei 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v8i01.54920

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di MTs Hasanah Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VII, VIII, IX, MTs Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 259 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Hasanah Pekanbaru tergolong dalam kategori Baik karena termasuk pada rentang nilai kriteria penilaian skor angket 76-85% dengan persentase sebesar 77,06%.
Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli Hidayad, Rifal; Makorohim, M. Fransazeli
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 8 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 08, No. 01, Mei 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v8i01.54962

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa ekstrakurikuler bola voli SMPN 34 Kota Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bola voli SMPN 34 Kota Pekanbaru yang berjumlah 23 siswa putra. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kesegaran jasmani untuk siswa SMP. Teknik analisa data yang digunakan adalah menghitung kategori nilai kesegaran jasmani siswa SMP usia 13–15 tahun. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMPN 34 Kota Pekanbaru berada dalam kategori "Sedang," dengan nilai rata-rata akhir sebesar 14, yang berada dalam rentang 14–17.
Pengembangan Model Belajar Umpan dalam Permainan Sepak Takraw pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Gunawan, Doni; Gani, Abdul; Novitasari, Eka Fitri
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 8 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 08, No. 01, Mei 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v8i01.55469

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran passing bagi siswa SMP yang dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran permainan sepaktakraw di SMP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan metode research & development (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE ada 5 tahapan yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa pengembangan 15 model pembelajaran passing yang telah divalidasi kelayakannya oleh pakar sepaktakraw dan praktisi sepaktakraw. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran passing dalam permainan sepaktakraw yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan oleh pelatih sebagai pedoman dalam memberikan materi teknik passing dalam permainan sepaktakraw karena dalam penelitian ini, Hasil perhitungan uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain sebesar 56% termasuk dalam kategori cukup efektif untuk pengembangan pembelajaran siswa ekstrakurikuler SMP.
Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai, dan Koordinasi Mata dan Kaki dengan Tendangan Shooting ke Gawang Ekstrakurikuler Sepakbola Hidayatullah, Syarif; Zulkifli
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 8 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 08, No. 01, Mei 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v8i01.55470

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai, dan koordinasi mata dan kaki terhadap tendangan shooting ke gawang ekstrakurikuler sepakbola SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes vertical jump, tes koordinasi mata dan kaki, serta tes tendangan shooting ke gawang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat hubungan daya ledak otot tungkai terhadap tendangan shooting ke gawang ekstrakurikuler sepakbola SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan nilai rhitung = 0,657 > rtabel = 0,514 (2) Terdapat hubungan koordinasi mata dan kaki terhadap tendangan shooting ke gawang ekstrakurikuler sepakbola dengan nilai rhitung = 0,653 > rtabel = 0,514 (3) Terdapat hubungan daya ledak otot tungkai, dan koordinasi mata dan kaki terhadap tendangan shooting ke gawang ekstrakurikuler sepakbola dengan nilai rhitung = 0,811 > rtabel = 0,514.
Meningkatkan Motivasi Belajar Tendangan Memotong Dollyo Chagi dengan Menggunakan Irama Musik Hendriawan, Mochamad Fikri; Fachrezzy, Fahmy; Sujarwo
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 8 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 08, No. 01, Mei 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v8i01.55471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar tendangan momtong dollyo chagi dengan menggunakan irama musik pada ekstrakulikuler taekwondo SMAN 3 Rangkasbitung. Pengumpulan data dilakukan di gedung juang 45 Rangkasbitung, kabupaten lebak, provinsi Banten. Metode penelitian menggunakan kuisioner yang berpacu pada teori MC Donald. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa SMAN 3 Rangkasbitung. Penelitian ini terdiri delapan kali pertemuan, dibagi menjadi dua treatment, setiap treatment mendapat kesempatan untuk empat kali pertemuan, dimana pertemuan pertama dilakukan belajar tendangan tanpa menggunakan irama musik, pertemuan treatment kedua dilakukan dengan menggunakan irama musik, setiap diakhir pertemuan treatment pertama dan kedua, di lakukan pengambilan data kuisioner tentang pengaruh musik terhadap belajar tendangan momtong dollyo chagi, Hasil penelitian dari 35 orang siswa ini di peroleh hasil data dari butir pernyataan adalah bahwa belajar tendangan menggunakan irama musik, dapat berhasil dan dikatakan tingkat kriteria keberhasilan dapat tercapai.

Page 1 of 1 | Total Record : 5