cover
Contact Name
Liana Fatma Leslie Pratiwi
Contact Email
jdse@upnyk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jdse@upnyk.ac.id
Editorial Address
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
ISSN : 1411593X     EISSN : 27213137     DOI : -
Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian Pemasaran Pertanian Value Chain Agribisnis Supply Chain Agribisnis Komunikasi Pertanian Sosiologi Pertanian Kewirausahan Topik terkait berkaitan dengan sosial ekonomi dan agribisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi" : 8 Documents clear
Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Dalam Pengelolaan Wisata Di Kawasan Hutan Lindung Wawan Setiyo Tjahjono; Eko Murdiyanto; Budi Widayanto
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengkaji bentuk sinergi pemerintah dan masyarakat dalam kerjasama pemanfaatan hutan lindung yang dilakukan Pengelola Wisata Bukit Pengger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dalam pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian  menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara pemerintah dengan masyarakat  di dalam pengelolaan hutan telah terlaksana melalui bentuk kerjasama pemanfaatan hutan lindung untuk kegiatan pengelolaan Wisata Bukit Pengger. Sinergi pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan hutan dapat dijadikan suatu solusi pemecahan kendala permasalahan pengelolaan hutan oleh daerah lain untuk mencapai  tujuan utama kelestarian manfaat fungsi hutan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci: kerjasama, hutan lindung, sinergi, wisata
Prioritas Strategi Pemasaran Biji Kopi Panggang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Lestari Coffee Roasters Mega Anjani; Dwi Aulia Puspitaningrum; Nanik Dara Senjawati
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prioritas alternatif strategi yang tepat dalam upaya pengembangan pangsa pasar pada Lestari Coffee Roasters berdasarkan bauran pemasaran di Lestari Coffee Roasters. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan studi kasus dan metode penentuan responden menggunakan metode purposive. Macam data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan, serta kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah EFE (External Factor Evaluation), IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks IE (Internal-External), dan AHP (Analitycal Hierarchy Process). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor bauran pemasaran yang menjadi prioritas utama dalam penyusunan strategi pemasaran biji kopi panggang pada Lestari Coffee Roasters berturt-turut adalah orang, tempat, promosi, proses, sarana fisik, harga, dan produk. Alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas bagi Lestari Coffee Roasters yaitu pengembangan produk, Integrasi, pengembangan pasar, dan penetrasi pasar. Kata kunci : strategi pemasaran, bauran pemasaran, AHP, prioritasProgram Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Keju Natural Di Rumah Keju Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta Richa Puspita Dewi; Budiarto Budiarto; Antik Suprihanti
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis Keragaan usaha keju natural, 2) menganalisis kelayakan Usaha keju natural, 3) menetapkan prioritas strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan untuk mengembangkan Usaha keju natural. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan responden penelitian menggunakan metode purposive. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk keragaan dianalisis secara deskripsi, kelayakan usaha dianalisis menggunakan analisis benefit cost ratio dan strategi pengembangan usaha dianalisis menggunakan metode IFE, EFE, SWOT, IE dan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian 1). Usaha keju natural di Rumah Keju Jogja memiliki lokasi produksi yang strategis, pemasaran yang dilakukan secara online dan offline, memiliki sertifikat halal dari MUI dan sudah melakukan fungsi – fungsi manajemen dalam usahanya. 2). Usaha keju natural di “Rumah Keju” Jogja selama tidak layak dilaksanakan dengan nilai b/c ratio sebesar 0,38 3) strategi pengembangan usaha yang menjadi prioritas untuk pengembangan usaha keju natural di Rumah Keju Jogja adalah penetrasi pasar melalui meningkatkan promosi melalui penggunaan facebook dan instagram yang lebih optimal atau melalui media promosi lainnnya untuk meningkatkan penjualan.Kata kunci : strategi pengembangan, kelayakan usaha, keju natural, keragaan
Strategi Pemasaran Pada Rumah Produksi Kelorida Di Kabupaten Bantul Yogyakarta Ondho Shinta Ulina Sijabat; Budiarto Budiarto; Heni Handri Utami
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis bauran pemasaran yang telah diterapkan (2) Menganalisis faktor eksternal dan internal (3) Menganalisis alternatif strategi dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sedangkan metode pelaksanaannya menggunakan studi kasus. Macam data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan pencatatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis IE (Internal Eksternal) dan AHP (Analytic Hierarchy Process) untuk  memilih pengambilan keputusan strategi yang sesuai diterapkan pada Rumah Produksi Kelorida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan analisis melalui bauran pemasaran 4P Rumah Produksi Kelorida telah menjalankan kegiatan pemasaran dengan keseluruhan parameter yang dijalankan diantaranya produk (variasi, kualitas, kemasan), harga (diskon, efisiensi harga dan variasi harga), promosi (pameran, media sosial, dan hubungan masyarakat), tempat (pendistribusian, aksesibilitas dan informasi lokasi). (2) Berdasarkan hasil analisis menggunakan Matriks IE (Internal- External) terhadap faktor internal dan eksternal Rumah Produksi Kelorida, maka diperoleh posisi usaha Rumah Produksi Kelorida yaitu posisi tumbuh dan membangun. (3) Berdasarkan hasil dari AHP (Analytic Hierarchy Process), prioritas utama strategi pemasaran yang diterapkan Rumah Produksi Kelorida adalah strategi pengembangan produk.Kata Kunci: AHP, eksternal, internal, strategi pemasaran, bauran
Pengaruh Kompensasi Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PTPN IX Kebun Jollong Pati Awang Madu Rangin; Siti Hamidah; Nanik Dara Senjawati
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5374

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui tingkat kompensasi, kompetensi, motivasi, dan kinerja karyawan tetap pada bagian pemeliharaan Kebun Kopi PTPN IX Kebun Jollong Pati, 2) menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kompensasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan tetap pada bagian pemeliharaan Kebun Kopi PTPN IX Kebun Jollong Pati. Metode dasar yang penelitian ini adalah metode deskriptif dan dilaksanakan dengan metode studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengambilan respoden yang digunakan adalah sensus yakni dengan menggunakan seluruh anggota populasi pada karyawan tetap bagian pemeliharaan kebun kopi yang berjumlah 34 karyawan. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Kompensasi, kompetensi, motivasi, dan kinerja pada karyawan bagian pemeliharaan kebun PTPN IX Kebun Jollong Pati termasuk dalam kategori cukup tinggi. 2) Kinerja dipengaruhi kompensasi, kompetensi, dan motivasi secara langsung dan tidak langsung. Total pengaruh langsung dan tidak langsung adalah sebesar 0,674 dimana terdiri dari total pengaruh langsung sebesar 0,490 dan pengaruh secara tidak langsung sebesar 0,184. Kata Kunci: kompensasi, kompetensi, motivasi dan kinerja karyawan
Program Kampung Empon-Empon Di Dusun Ngalian Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman Nurul Hasanah; Teguh Kismantoroadji; Siti Hamidah
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji dimensi partisipasi masyarakat (2) mengkaji unsur partisipasi masyarakat (3) mengkaji bentuk partisipasi masyarakat dalam Program Kampung Empon-Empon di Dusun Ngalian Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua, Wakil Ketua, Bendahara, Penasehat, Seksi Humas Saran dan SDA serta pengurus demplot RT 04 Kampung Empon-Empon. Sumber Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini (1) Dimensi Partisipasi pada Program Kampung Empon-Empon meliputi pembuatan keputusan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil, serta monitoring dan evaluasi (2) Unsur partisipasi pada Program Kampung Empon-Empon yaitu telah berada di tahap tanggung jawab. Masyarakat merasa memiliki Program Kampung Empon-Empon sehingga masyarakat merasa punya tanggung jawab untuk membantu melancarkan program (3) Bentuk partisipasi masyarakat pada Program Kampung Empon-Empon yaitu memberikan ide dan pengetahuan, gotong royong, membantu dalam sarana prasarana, dan mengikuti pertemuan. Kata kunci: partisipasi masyarakat, dimensi partisipasi, unsur partisipasi, program kampung empon-empon, bentuk partisipasi
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Organik (Studi Kasus Di Kampung Ngemplak Sutan Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta) Muhammad Ramajaya; Daru Retnowati; Teguh Kismantoroadji
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji penerapan prinsip pemberdayaan pada Program Kampung Sayur Organik (2) Mengkaji pengelolaan Program Kampung Sayur Organik oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kahuripan Sejahtera (3) Mengkaji proses pemberdayaan masyarakat kampung Ngemplak Sutan melalui Program Kampung Sayur Organik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan studi kasus dan pengambilan informan secara purposive sampling, yaitu Ketua dan Wakil Ketua KSM Kahuripan Sejahtera, Anggota aktif KSM Kahuripan Sejahtera, dan Pendamping program pemberdayaan Rumah Zakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang diperoleh akan diuji dengan teknik triangulasi pengumpulan data. Teknik analisis data yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa (1) Pada pemberdayaan Program Kampung Sayur Organik di Kampung Ngemplak Sutan menerapkan menerapkan prinsip pemberdayaan yaitu prinsip membangun kapasitas, merubah kukltur masyarakat, dan mengubah sistem (2) Pengelolaan Program Kampung Sayur Organik oleh KSM Kahuripan Sejahtera di Kampung Ngemplak Sutan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (3) Proses pemberdayaan Program Kampung Sayur Organik di Kampung Ngemplak Sutan melalui proses penyadaran, pengkapasitasan, pembuatan aturan / kebijakan, dan telah melalui proses pemberian daya. Kata kunci: prinsip pemberdayaan, proses pemberdayaan, pengelolaan, kampung sayur organik
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Teh Hitam Di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah Gresia Batubara; Ni Made Suyastiri Yani Permai; Indah Widowati
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v22i1.5371

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pelaksanaan pengendalian kualitas pada proses pengeringan teh hitam di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah; (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya proses pengeringan teh hitam di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pelaksanaan adalah studi kasus. Metode penentuan responden menggunakan metode purposive. Macam dan sumber data ialah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat alat pengendalian kualitas yaitu (1) lembar pemeriksaan; (2) X bar-Chart dan R-Chart; (3) kapabilitas proses; (4) diagram sebab akibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pengendalian kualitas produk pada proses pengeringan teh hitam di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah masih berada dalam batas spesifikasi (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya proses pengeringan teh hitam di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah adalah  faktor bahan baku, mesin, tenaga keja, metode kerja dan lingkungan. Kata Kunci  : kapabilitas proses, kualitas produk, pengendalian kualitas produk

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 26 No. 1 (2025): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 25 No. 2 (2024): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 25, No 1 (2024): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 25 No. 1 (2024): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 24 No. 2 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 21, No 2 (2020): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 20, No 2 (2019): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Sosisal Ekonomi Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 13, No 2 (2010): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 11, No 2 (2009): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 10, No 1 (2009): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 8, No 2 (2007): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 6, No 2 (2005): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 5, No 2 (2004): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 5, No 1 (2004): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 3, No 1 (2002): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 2, No 2 (2001): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 1, No 1 (2000): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi More Issue