cover
Contact Name
Liana Fatma Leslie Pratiwi
Contact Email
jdse@upnyk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jdse@upnyk.ac.id
Editorial Address
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
ISSN : 1411593X     EISSN : 27213137     DOI : -
Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian Pemasaran Pertanian Value Chain Agribisnis Supply Chain Agribisnis Komunikasi Pertanian Sosiologi Pertanian Kewirausahan Topik terkait berkaitan dengan sosial ekonomi dan agribisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi" : 8 Documents clear
Alternatif Strategi Pemasaran Susu Almond Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada UMKM Ralalii Ayunda Pratika; Budiarto Budiarto; Nanik Dara Senjawati
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8674

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada kegiatan pemasaran di UMKM Ralalii. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Metode pengambilan respondennya menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan Focus Group Discussion (FGD), observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk merumuskan formulasi strategi yaitu analisis deskriptif, analisis matriks Internal Faktor Evaluation (IFE), matriks External Faktor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh alternatif strategi yang disarankan untuk UMKM Ralalii yaitu strategi pengembangan produk.
Strategi Pemasaran Produk Wedang Uwuh Pada CV. Centerindo Kurnia Tritama Dusun Bulu Kelurahan Trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul Farradhillah Hartinata Poetri; Siti Hamidah; Ni Made Suyastiri YP
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8673

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis trend volume penjualan wedang uwuh, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, menganalisis pilihan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada CV. Centerindo Kurnia Tritama dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Jenis penelitian deskriptif dengan studi kasus. Metode pengambilan responden menggunakan metode purposive sampling. Teknis analisis data dengan analisis trend volume penjualan, matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), matriks Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT), dan Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian diperoleh trend volume penjualan produk wedang uwuh CV. Centerindo Kurnia Tritama dalam 6 bulan kedepan menurun, CV. Centerindo Kurnia Tritama memiliki kekuatan utama yaitu produk berkualitas, kemasan yang menarik, bersertifikat halal, dan mempunyai izin edar BPOM, kelemahan utama yaitu kurangnya mengelola promosi online, peluang utama yaitu Jogja merupakn destinasi wisata, dan ancaman utama yaitu produk baru yang inovatif, Strategi yang dapat diterapkan oleh CV. Centerindo Kurnia Tritama adalah strategi pengembangan pasar.
Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat (Studi Kasus Dusun Dukuh Desa Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman) Sukesi Sukesi; Budi Widayanto; Daru Retnowati
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam memberdayakan masyarakat, mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik  penentuan informan secara purposive sampling yaitu kepala dukuh, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dusun Dukuh dan Masyarakat. Sumber data yang digunakan  adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu  menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pengujian  keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik analisis data yaitu dengan  mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian ini Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan proses pelaksanaan program kerja secara terstruktur melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dalam memberdayakan masyarakat Dusun Dukuh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa membuat program kerja yang berasal dari usulan masyarakat melalui musyawarah dusun dan musyawarah desa, usulan program kerja terus dikembangkan sampai pada tahap pendanaan cair dan proses pelaksanaan program kerja melibatan pengawasan serta evaluasi program kerja. Dalam mewujudkan program kerja terdapat faktor yang mendukung berupa adanya partisipasi masyarakat, kebijakan pemerintah dan pendanaan. Dapat disimpulkan bahwa peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dusun Dukuh dalam proses pemberdayaan di Dusun Dukuh melalui program kerja berupa peran manajerial berupa perencanaan mulai dari menyusun rencana pembangunan dan melakukan pendampingan kepada masyarakat, lembaga melakukan pengorganisasian baik tugas maupun fungsi sesuai dengan wewenang dan struktur organisasi, lembaga melakukan pelaksanaan dengan ikut terjun langsung dalam menjalankan program kerja, lembaga melakukan pengawasan dan evaluasi mulai dari memotivasi masyarakat melakukan koordinasi program kerja dan pengarahan. terdapat dua faktor pendukung dalam proses pemberdayaan di Dusun Dukuh yaitu faktor internal SDA dan SDM, faktor eksternal berupa kebijakan pemerintah, pendanaan, dan program kerja.
Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Inflasi dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (Periode Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19) Muhammad Fadhil Adityo; Indah Widowati; Heni Handri Utami
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8484

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan saat pandemi covid-19 dan menganalisis pengaruh kinerja keuangan, inflasi, dan nilai tukar terhadap harga saham. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian termasuk dalam studi kasus dengan objek penelitian adalah PT PP London Sumatra Indonesia, PT Provident Agro, PT Salim Ivomas Pratama, PT Sampoerna Agro, PT Sawit Sumbermas Sarana. Sumber data berasal dari data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji t berpasangan dan uji Regresi linier berganda. Berdasarkan analisis perbedaan kinerja keuangan dengan uji t berpasangan diketahui Return On Equity dan Earning Per Share memiliki nilai yang rendah sebelum pandemi, sedangkan mengalami peningkatan saat pandemi. Sedangkan Price Earning Ratio tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan uji regresi linier berganda, diketahui secara simultan, kinerja keuangan, inflasi, dan nilai tukar berpengaruh terhadap harga saham. Secara parsial, kinerja keuangan yaitu Return On Equity berpengaruh negatif terhadap harga saham. Namun Earning Per Share, Price Earning Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham. Sedangkan inflasi dan nilai tukar tidak berpengaruh terhadap harga saham. 
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rengginang Pada Toko Rengginang “Mbok Yah” Kota Surakarta Aqilla Julia Chandra; Budiarto Budiarto; Agus Santosa
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi, orang, sarana fisik, dan proses terhadap keputusan pembelian produk rengginang pada toko Rengginang “Mbok Yah”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode pelaksanaan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Metode pengambilan lokasi yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive. Metode pengambilan responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling insidental dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi, orang, sarana fisik dan proses berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, secara parsial, variabel produk, harga, promosi, sarana fisik, dan proses berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan saluran distribusi, dan orang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dodol Coklat Menggunakan Statistical Process Control (SPC) Pada UMKM Griya Coklat Nglanggeran Gunung Kidul DIY Yudhistira Kurnia Yasadiwirya; Ni Made Suyastiri Yani Permai; Agus Santosa
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis persentase target kerusakan produk dodol coklat, mengalisis pengendalian kualitas dodol coklat, mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan kualitas produk dodol coklat. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif, dan metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan survei. Metode pemilihan lokasi yang digunakan metode purposive. Lokasi penelitian berada di UMKM Griya Coklat Nglanggeran. Metode pemilihan responden digunakan metode purposive dan responden merupakan karyawan yang terlibat langsung dalam proses produksi dodol coklat. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data denga observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Statistical Process Control (SPC) dan P-Chart. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata persentase kerusakan produk dodol coklat masih belum sesuai target produk dodol coklat di Griya Coklat Nglanggeran masih belum terkendali, dan pengendalian kualitasnya masih rendah yang disebabkan oleh oleh faktor lingkungan, tenaga kerja, mesin, dan bahan baku.
Rural Household Livelihood Strategies in the South Coast Tourism Area of Bantul Regency Facing the Covid-19 Pandemic Liana Fatma Leslie Pratiwi; Siti Rokhimah; Alifah Firda; Rahma Alfiani
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.8398

Abstract

Rural communities are known to have a tough life survival strategy in the face of all kinds of shocks problem, both natural and economic shocks. They are also easy to adapt. The Covid-19 pandemic affects the economic activities of rural communities in tourist areas, causing the community have a difficulty to earn a living in tourist areas from an economic perspective. This study aims to determine the household strategies of rural communities in achieving sustainable livelihoods in the Coastal Tourism Area of Bantul Regency in Facing the Covid-19 Pandemic. The basic method used is descriptive analytical. The research location was taken on a new beach in Bantul Regency which was crowded with visitors in the last 5 years, namely Goa Cemara Beach (Sanden District) and Baru Beach (Srandakan District). The data analysis method used is descriptive analysis method. The livelihood strategies chosen by rural households are divided into three criteria, namely survival strategies, consolidation, or accumulation. The classification of strategies is carried out based on the household income of the community. The result of the research is that the rural household strategy used to support the achievement of sustainable livelihoods is dominated by the consolidation strategy. Consolidation strategies are mostly carried out by the community both before, during and after the Covid 19 Pandemic. Consolidated community households develop themselves in the use of assets for medium-term goals and have sufficient assets to support daily household livelihoods.
Peran dan Kontribusi Perempuan Rumah Tangga Petani Bunga Pacar Air di Desa Dukuhklopo Kabupaten Jombang Purbowo Purbowo; Ardi Samsuri; Umar Khasan; Septi Ambar Indraningtia Sukma; Nerisa Agnesia Widiyanto
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jdse.v23i2.7561

Abstract

Meskipun sebagian besar masyarakat memilih untuk membudidayakan tanaman pangan, tanaman estetik juga dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kontribusi perempuan dalam pertanian bunga pacar air di Desa Dukuhklopo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi lapang dengan bantuan kerangka Harvard atau Gender Framework Analysis (GFA) dan Daily Log Activity (DLA). Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas produktif dalam rumah tangga bunga pacar air terbagi menjadi dua bagian. Pertama kegiatan produktif yang dilakukan oleh petani pemilik lahan, 75% dari kegiatan ini dibebankan kepada perempuan (istri) sedangkan laki-laki (suami) sebesar 25%. Kedua kegiatan produktif yang dilakukan oleh pekerja petani, 58,4% dikerjakan oleh perempuan dan 41,6% dikerjakan oleh laki-laki. Aktivitas reproduktif 77,14% menjadi beban perempuaan (istri). Aktivitas sosial kemasyarakatan tingkat partisipasi perempuan sebesar 54,2 %. Akses dan benefit dalam rumah tangga petani bunga pacar air ini sama-sama memiliki kewenangan yang sama besar. Kontrol pengelolaan keuangan dikelola secara bersama-sama oleh suami dan istri. Kontribusi perempuan terhadap pendapatan rumah tangga cukup besar yaitu 40,74%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 26 No. 1 (2025): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 25 No. 2 (2024): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 25 No. 1 (2024): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 25, No 1 (2024): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol. 24 No. 2 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 21, No 2 (2020): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 20, No 2 (2019): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Sosisal Ekonomi Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 16, No 2 (2015): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 13, No 2 (2010): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 11, No 2 (2009): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 10, No 1 (2009): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 8, No 2 (2007): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 6, No 2 (2005): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 5, No 2 (2004): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 5, No 1 (2004): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 3, No 1 (2002): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 2, No 2 (2001): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi Vol 1, No 1 (2000): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi More Issue