cover
Contact Name
Samuel Agus Triyanto
Contact Email
samuel.agus@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jspendidikan@unsil.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115 email: jspendidikan@unsil.ac.id
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24769312     EISSN : 26145790     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di antaranya meliputi: Teori dan Praktek Pembelajaran; Kajian Pembelajaran; Penggunaan TIK dalam Pendidikan; Teknologi Interaktif Pembelajaran Sinkron dan Asinkron; Gaya Belajar; Objek Pembelajaran; Sistem Manajemen Pembelajaran; Asesmen Pembelajaran; dan Aspek Psikologis untuk berbagai faktor yang berkaitan dengan Pendidikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan" : 6 Documents clear
Keefektifan Penggunaan LKPD Elektronik pada Konsep Jamur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Jenjang SMA Uswatun Hasanah; Muhammad Zaini; Muhammad Arsyad
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v7i2.4219

Abstract

Pendidikan Abad ke-21 dituntut untuk menghasilkan generasi yang terampil dalam memanfaatkan teknologi dan mampu berpikir kritis. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik yang memuat indikator keterampilan berpikir kritis merupakan inovasi perangkat pembelajaran dari LKPD cetak. LKPD elektronik diharapkan dapat menjadi solusi ketika pembelajaran tidak dapat dilakukan tatap muka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKPD elektronik. Penggunaan LKPD elektronik dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Aspek keterampilan berpikir kritis mengacu pada Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri. Keefektifan harapan lembar kerja peserta didik elektronik dilakukan dengan uji kelompok kecil (small group evaluation). Keefektifan harapan dapat dilihat berdasarkan hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas LKPD elektronik. Perhitungan keefektifan harapan melalui uji kelompok kecil memiliki kategori yaitu 85,01 – 100,00% (sangat baik), 70,01 – 85,00% (baik), 50,01 – 70,00% (kurang baik), 01,00 – 50,00% (tidak baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan harapan LKPD elektronik berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD elektronik memiliki kategori sangat baik pada keterampilan interpretasi dengan persentase 98,90%, analisis dengan persentase 93,23%, evaluasi persentase 91,58%, inferensi persentase 94,74%, eksplanasi persentase 92,74%, dan pengaturan diri persentase 89,78% serta pada keterampilan melakukan evaluasi dan pengaturan diri terdapat tanda-tanda mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik namun pada keterampilan lainnya, seperti interpretasi, analisis, inferensi, dan eksplanasi tidak mengalami peningkatan.
Perbandingan Tingkat Pemahaman tentang Ekologi pada Mahasiswa Tadris IPA UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Nia Prihatiningsih; Pitri Jeliza Awalia; Ira Oktavia
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v7i2.4215

Abstract

Strategi Guru TK Mutiara Insani Purwakarta dalam Mengembangkan Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini di Sentra Imtaq Risma Insan Solihah; Dina Dwi Puspatarti; Elzawati Elzawati; Nayna Nurul Anmbiya; Fajrussalam Fajrussalam
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v7i2.4220

Abstract

Efektifitas Penggunaan E-Learning pada Kelas Inklusif di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Nur Fatimah; Raudlatul Islam
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v7i2.4217

Abstract

Efektifitas Smart Chart- Station Rotation Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Mempelajari Morpheme dan Syntax Caltira Rosiana; Rina Puji Utami
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v7i1.4213

Abstract

Enhancing Students’ Writing Skill of Short Story through Mind Mapping in MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Fais Wahidatul Arifatin
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v7i2.4218

Abstract

This study is kind of classroom action research that focused on how to enhance the students’ writing skill. To enhance the students’ skill in writing, the writer used mind mapping technique. The difficulties in writing for the beginner is how to organize the idea become a pragraph that can be coherence one another. The object of the study is the students of 9th grade in MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Lamongan in time periode 2021/2022. The students of junior high school got difficulties in writing in their age, that is why mind mapping technique is really needed to motivate and enhance the students in writing skill. The pre-test and post-test are given in this study to know the improvement of their writing skill. The writing skill for the students in this case is focusing in writing a short story or it can be known as writing a narrative text. The results of this study shown that there is improvement in ellaborating the idea through mind mapping and it can enhance the students wtiring skill.

Page 1 of 1 | Total Record : 6