cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6285267795998
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Seltatan I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 16934768     EISSN : 26568861     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v25i3
Core Subject : Economy,
Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, pengkajian, dan pengembangan mengenai isu ekonomi, manajemen, dan bisnis. Situs Jurnal Media Ekonomi menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis, berskala nasional, dan sumber referensi bagi akademisi. Editor menerima kiriman artikel yang sudah disesuaikan dengan template dan belum pernah diterbitkan atau dipublikasi pada jurnal lain. Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses cek plagiat melalui alat bantu turnitin.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus" : 5 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS DI PT. MANDALA MULTI FINANCE, TBK CABANG LUBUKLINGGAU Azhar, Rudi; Sari, Tri Agriana
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i2.2241

Abstract

The problem in this research is product quality, where there is still a lack of product innovation, product attractiveness, there is still a lack of information on the characteristic features and the impression of the quality of the products being marketed. Then the quality of service, there is still a lack of reliability and responsiveness in serving the wishes of consumers. Purchasing decisions, there is still a lack of conveying information about prices, there is still a lack of strategy in marketing and consumer doubts regarding the accuracy of purchasing decisions. Furthermore, consumer satisfaction, service to consumers has not been maximized, there is still a lack of consumer comments on products, and there is still a lack of attention to products in promoting sales. This research was conducted to determine the effect of product quality and service quality on purchasing decisions with consumer satisfaction as an intervening variable (Case Study at PT. Mandala Multi Finance, Tbk Lubuklinggau Branch). In this study, a four-item variable questionnaire method was used, namely Product Quality (X1), Service Quality (X2), Purchase Decision (Y) and Consumer Satisfaction (I). The data analysis technique used is Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination (R2), and FTest. From the results of the Multiple Regression Analysis, the equation Ŷ = 4.754+0.101 X1+0.823 X2 is obtained. Furthermore, from the analysis, the value of Rsquare (R2) is 0.918 or 91.8%. This value gives the understanding that Product Quality (X1) and Service Quality (X2) contribute 91.8% to the Purchase Decision (Y). While the remaining 8.2% is influenced by other variables that are not included in this study. Based on the results of the Anova calculation (Ftest), it can be seen that the Fcount value is 219.193 with a significant level of 0.000 while Ftable with α = 5% and (n-k-1) or (42-2-1) = 39. And the numerator (k-2 ) is 3.238. Fcount (219.193) > Ftable (3.238), meaning that Ho is rejected and Ha is accepted. This shows that there is a significant influence between Product Quality and Service Quality on Purchasing Decisions.
TRANSFORMASI UMKM : DINAMIKA BISNIS DI ERA KEHADIRAN ALFAMART DAN INDOMARET (STUDI KASUS PADA BISNIS UMKM DI KABUPATEN MUSI RAWAS) Anggraini, Rafikha; Sholeh, Ahmad; Alfina, Vivi Diya
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i2.2321

Abstract

Ramainya kehadiran Alfamart dan Indomaret di Kabupaten Musi Rawas Prov. Sumatera Selatan menimbulkan kekhawatiran bagi pelaku bisnis UMKM. Sehingga menarik minat untuk melakukan penelitian yang bertujuan menganalisis dampak yang ditimbulkan atas kehadiran Alfamart dan Indomaret bagi pelaku bisnis UMKM di Kabupaten Musi Rawas. Adapun metode penilitan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif yang mana penelitian ini akan memaparkan permasalahan dan kondisi setelah ramainya kehadiran Alfamart dan Indomaret di Kabupatem Musi Rawas. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah obsevasi, wawancara, serta dokumentasi. Dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kehadiran Alfamart dan Indomaret di Kabupaten Musi Rawas memiliki banyak perubahan, baik perubahan sosial maupun perubahan ekonomi. Bentuk perubahan perilaku konsumsi masyarakat yang semakin konsumtif, yang mampu mengalihkan orientasi berbelanja dari toko tradisional ke toko modern. Dalam perubahan ekonomi, penurunan omset penjualan, penurunan pendapatan serta daya beli yang semakin rendah sehingga dapat membuat toko tradisional lama kelamaan akan tutup karena kalah saing.
PENGARUH KUALITAS SDM DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PMD-P3A KABUPATEN MURATARA Putra, Benta Palantama; Dora, Maresta
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i2.2323

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui “ Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas PMD-P3A Kabupaten Muratara ”. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada pegawai dinas PMD-P3A Kabupaten Muratara. Populasi dalam penelitian sebanyak 38 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Data yang diproses melalui program SPSS versi 22 dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan kerja fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH TATA LETAK PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET ALFAMIDI DEPOK LIMA DESA POKA KECEMATAN KOTA AMBON Facey, Rumi; Rehatta, Geradin; Sinay, Francisca R.
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i2.2353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tata letak produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Minimarket Alfamidi, Desa Poka, Ambon. Penelitian ini menekankan pentingnya pengaturan produk yang strategis dan terorganisir dalam meningkatkan pengalaman belanja dan efisiensi pengambilan keputusan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner tertutup yang dibagikan kepada 50 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear sederhana untuk melihat hubungan antara tata letak produk dan keputusan pembelian konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa tata letak produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, di mana tata letak produk menjelaskan 34,3% variasi dalam keputusan pembelian. Tata letak yang lebih baik memudahkan konsumen dalam mencari produk, meningkatkan kenyamanan berbelanja, serta mendorong loyalitas konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi pengelola minimarket dan ritel lainnya tentang pentingnya merancang tata letak produk yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi dalam literatur tentang perilaku konsumen dan strategi ritel, khususnya dalam konteks minimarket.
PENGARUH KELANGKAAN BBM (PERTALITE) TERHADAP PERPUTARAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA TELA KECAMATAN PULAU-PULAU BABAR Lakmetiabla, Eva Gizela; Papilaya, Josef; Sinay, Francisca R.
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v29i2.2354

Abstract

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM), khususnya Pertalite, telah menjadi masalah serius di Desa Tela, Kecamatan Pulau-Pulau Babar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kelangkaan Pertalite terhadap perekonomian lokal, yang sangat bergantung pada transportasi dan industri kecil. Kurangnya ketersediaan bahan bakar mengganggu kegiatan ekonomi sehari-hari, yang secara signifikan mempengaruhi produktivitas dan tingkat pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, yang menggabungkan survei, wawancara, dan observasi langsung untuk mengeksplorasi dampak ekonomi dari kelangkaan bahan bakar terhadap masyarakat. Hasilnya menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara kelangkaan bahan bakar dan penurunan ekonomi di wilayah tersebut. Direkomendasikan agar pemerintah daerah dan sektor swasta berkolaborasi untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan memperbaiki sistem distribusi untuk mengurangi kelangkaan di masa depan dan mendorong stabilitas ekonomi. Temuan-temuan ini berkontribusi pada pemahaman mengenai tantangan distribusi bahan bakar di daerah terpencil dan memberikan rekomendasi kebijakan praktis bagi pemerintah daerah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 30 No 2 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 30 No 1 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue