cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 02 Juli 2019" : 5 Documents clear
Satelit BRI / BRIsat Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Di Era Digital Rencha Putra; Veronika Setyadji
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 02 Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i02.79

Abstract

Di era digital, perbankan di Indonesia bersaing dalam memperebutkan nasabah, untuk menghadapi persaingan tersebut, dunia perbankan membutuhkan sebuah inovasi di bidang teknologi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Strategi yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk atau Bank BRI dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan di era digital yaitu dengan memperbaiki jaringan dan memperkuat sinyal yang ada di seluruh Indonesia, baik di perkotaan hingga daerah-daerah terpencil. Bank BRI meluncurkan satelit untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dan untuk menjangkau daerah-daerah yang belum terjangkau oleh perbankan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengembangkan teori yang telah dibangun dari data yang sudah didapatkan di lapangan. Metode penelitian kualitatif pada tahap awalnya peneliti melakukan observasi, kemudian dilakukan pengumpulan data sampai mendalam, mulai dari observasi hingga penyusunan laporan. Hasil penelitiannya adalah bahwa teknologi BRIsat mampu meningkatkan kualitas pelayanan BRI sehingga membantu masyarakat di daerah yang selama ini sulit mendapatkan akses perbankan. Untuk itu diperlukan strategi komunikasi dengan pendekatan eksternal dalam mengenalkan BRIsat kepada masyarakat meliputi tahap perencanaan, media planning, media placement, penetapan anggaran, pelaksanaan dan evaluasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa humas PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. menjalankan strategi yang ideal sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh para ahli.
Strategi Program Top Stock 1 Dalam Menyajikan Konten Berita Ekonomi Di IDX Channel Indriani Salko; Dedy Zebua
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 02 Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i02.82

Abstract

Program Top Stock 1 adalah sebuah program buletin berita teraktual tentang performa bisnis dari emiten setiap harinya yang membahas mengenai isu isu ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi program Top Stock 1 dalam menyajikan konten berita ekonomi di IDX Channel. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskrisptif dan menggunakan pendekatan observasi dimana data yang digunakan adalah data primer dari hasil pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi serta data sekunder dengan tinjauan studi kepustakaan untuk mempertajam teori. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi produksi program Top Stock 1 dalam menyajikan berita ekonomi di IDX Channel terbagi menjadi tiga tahap yaitu pra produksi yang dimulai dari proses penemuan ide, proses perencanaan, dan proses persiapan, lalu ada tahap produksi yang dilakukan setelah persiapan yang dilakukan sudah matang dalam tahap pra produksi, lalu tahap pasca produksi yang merupakan proses evaluasi untuk mengetahui perkembangan dari program yang telah berjalan.
Teknik Pengambilan Gambar Televisi (Studi Kasus Pesbukers ANTV) Diki Dwi Suteja; Berliana Lukitawati
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 02 Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i02.81

Abstract

ANTV mempunyai program unggulan yang berbasis komedi salah satu program unggulan ANTV adalah acara”PESBUKERS”, Pesbukers merupakan sebuah acara televisi yang ditayangkan oleh ANTV setiap Senin hingga Jumat. Proses produksi sebuah program sangat berpengaruh untuk membuat program acara tersebut menarik atau tidak. Dalam perjalanan produksi ini pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tim kreatif, program director dan kameramen berperan penting dalam berlangsungnya proses produksi program acara pesbukers. Pada saat produksi semua crew dituntut untuk bekerja sama dengan baik. Pengambilan gambar yang baik akan menyampaikan pesan setiap adegan yang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses produksi dan teknik pengambilan gambar sebuah program acara televisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dikaitkan dengan teori teknik pengambilan gambar.Pra produksi, produksi, pasca produksi. proses ini yang menjadi acuan penting dari awal pra produksi hingga menjadi hasil tayangan yang baik
Analisa Jurnalisme Berita Asian Para Games Tahun 2018 (Studi kasus pada Liputan berita TVRI DKI Jakarta dan Banten) Swajati Astungkoro; Mustopa Mustopa
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 02 Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i02.80

Abstract

Jurnalisme yaitu catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari – hari. Dalam penelitian jurnalisme ini bisa mengetahui informasi tentang kejadian dan kendala apapun yang diliput seperti berita olahraga, lalu juga bisa mengetahui tentang arti dalam bekerjasama dan koordinasi dalam sebuah tim, selain itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Jurnalistik berita yang dilakukan TVRI DKI Jakarta dan Banten melalui media massa dan lebih berfokus ke Media Elektronik, media Televisi,. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif dengan metode Studi Kasus Berita TVRI DKI Jakarta dan Banten. pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, studi kepustakaan, observasi non partisipan dan dokumentasi tentang Analisa Jurnalisme Berita Asian Para Games. Adapun data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari press release, serta bisa mendapatkan hasil dari perkembangan proses liputan televisi DKI Jakarta dan Banten, dengan content Asian Para Games Tahun 2018. Data dianalisis dengan metode deskriptif analisis.
Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Menjalin Hubungan Baik Terhadap Klien pada Radio MUSIC CITY 107,50 FM Meila Nur Syamsiani; Fatimah Fatimah
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 02 Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i02.78

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini membahas mengenai pola komunikasi interpersonal dalam menjalin hubungan baik terhadap klien oleh radio Music City 107,50 FM Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal dalam menjalin hubungan baik terhadap klien pada radio Music City 107,50 FM Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi kasus untuk mengumpul data yang diperoleh adalah data wawancara tatap muka dengan radio Music City yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa pola komunikasi interpersonal radio Music City dalam menjalin hubungan baik menggunakan pola sirkular. Dalam proses komunikasinya radio Music City memiliki aspek menghargai, empati, dimengerti, keterbukaan, dan rendah hati. Sehingga dalam proses pemasangan iklan dapat berjalan dengan baik

Page 1 of 1 | Total Record : 5