cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.Yc.Oevang Oeray,Nomor 92, Baning Kota, Sintang , Kalimantan Barat, 78612
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 25805703     EISSN : 27757242     DOI : 10.51826/edumedia
Core Subject : Education,
Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan" : 7 Documents clear
COMPREHENDING READING THROUGH CLOZE PROCEDURE TO YEAR-11 STUDENTS OF SMA 1 MERAKAI Cenderato , S.Pd, M.Pd
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.49

Abstract

This research was conducted to answer the research question:  “Is the use of cloze procedure effective to test reading comprehension of the eleventh grade students of SMUN 1 Nanga Merakai in academic year 2015/2016?”The method of this research was a Pre-experimental Study with Pretest,the treatment and Posttest. The population of this research was the students of The Eleventh Grade Students of SMAN 1 Nanga Merakai in Academic Year 2015/2016. The population was 40 students of class XI IPA and it was also considered as a total sample .The technique of data collecting was matching test. The students tried to find the deleted words from texts. The research findings showed the total score of pretest is 2735 with the mean score 68.375 and categorized “Average”.Furthermore, the result of posttest is 3155 with the mean score 78.875 and categorized “Good”. The result of computation on the t-test with 7,56 is higher than the t-table for the degree of freedom N-1 (40-1)=39  is 2.042. Moreover, the computation on Effect Size of the treatment is 1.13. It is categorized “Highly Effective” because the result of 1.13 is higher than 0.8 that is the high level of effectiveness on Effect Size criteia proposed by Burn (ES >0.8 = 1.13>0.8).  From the computation, it can be concluded that the teaching reading comprehension by using Cloze Procedure is “highly effective”.
Ekoeduwisata sebagai Inovasi Pendidikan Lingkungan di Sekolah : Studi Kasus di Taman Wisata Alam Bukit Kelam, Kabupaten Sintang Hendra Setiawan; Ria Rosdiana Hutagaol
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.50

Abstract

Ekoeduwisata adalah kegiatan wisata danpendidikan yang berbasis lingkungan dan kebudayaan lokal setempat. Artikel ini bertujuan untuk membentuk suatu gagasan baru dalam inovasi pengembangan metode pengajaran pendidikan lingkungan di sekolah menggunakanekoeduwisata sebagai sebuah metode pembelajaran.Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kelam Kecamatan Kelam, Kabupaten Sintang digunakan sebagai area studi kasus.TWA Bukit Kelam memiliki potensi yang sangat besar sebagai pusat ekoeduwisata di daerah Kabupaten Sintang. Potensi keanekaragaman tumbuhan seperti Kantong Semar (Nepenthes spp.), Anggrek, Rotan,berbagai jenis tanaman buah, dll menjadi daya tarik TWA Bukit Kelam. Potensi keanekaragaman hewan yang mungkin ditemukan adalah beberapa jenis burung dan monyet. Ekoeduwisata dapat dikembangkan menjadi metode pembelajaran yang menarik dengan memberikan pengalaman langsung pada siswa melalui pemahaman pendidikan lingkungan dan budaya. Tahapan pelaksanaan ekoeduwisata sebagai metode pembelajaran yaitu: Penjelasan lokasi melalui brosur, Pengarahan, Observasi, Penguatan, Kesimpulan, Kuis. Pembelajaran lingkungan melalui metode ekoeduwisata diharapkan menghasilkan pribadi siswa yang sadar akan kelestarian lingkungan dan budaya setempat.
KERAGAMAN KUPU-KUPU DI TAMAN WISATA ALAM BANING SINTANG Hilda Aqua Kusuma Wardhani; Abdul Muis
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.51

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui keragaman spesies kupu-kupu di kawasan Taman Wisata Alam Baning Sintang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksplorasi, yaitu melalui penjelajahan di sepanjang jalur pengamatan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu teknik sweeping mengikuti jalur pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian di kawasan Taman Wisata Alam Baning didapatkan sebanyak 26 spesies yang tergolong ke dalam 6 famili yaitu Nymphalidae, Pieridae, Papilionidae, Lycaenidae, Riodinidae, dan Hesperiidae. Keanekaragaman spesies kupu-kupu famili Nymphalidae menempati angka tertinggi dengan total 10 spesies yang ditemukan di lokasi penelitian.
PENERAPAN RESITASI DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS KAPUAS SINTANG imam hadi mulyono
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.52

Abstract

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Biologi merupakan mahasiswa yang di tuntuk memiliki kemampuan aktif baik dalam bidang akademik dan sosial. Dimana mahasiswa tersebut pada semester berikutnya akan melaksanakan Praktik Pengalaman lapangan oleh hal tersebut mahasiswa di tuntut untuk lebih aktif. Oleh sebab itu permasalahan dalam penelitian ini ialah “Bagaimana penerapan metode resitasi dan diskusi untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kapuas Sintang. Adapun tujuannya yaitu untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi mahasiswa Prodi pendidikan biologi Universitas Kapuas Sintang. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Biologi Universitas kapuas Sintang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengguanakan Teknik pengumpulan data pengukuran dan observasi dengan alat pengumpulan data lembar observasi dan tes lisan. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil pada siklus I kategori sangat baik 10%, kategori baik 60%, kategori cukup 20%, dan kategori kurang baik sebesar 10%. Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan kategori sangat baik 20%, kategori baik 70%, kategori cukup 10%, dan kategori kurang baik sebesar 0%. Berdasarkan uraian siklus I dan Siklus II disimpulkan bahwa penerapan resitasi dan diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi Mahasiswa Prodi pendidikan Biologi Universitas Kapuas Sintang.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU KELAS VII A SMP NEGERI 2 SINTANG Marzuki -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA Terpadu di kelas VII A SMP Negeri 2 Sintang. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA Terpadu. Hasil belajar siswa pada siklus pertama dalam kategori cukup (rata-rata 69,20) tetapi , belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Siklus kedua, hasil belajar siswa menjadi kategori baik sekali (rata-rata 81,40). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi didukung oleh peningkatan aktivitas belajar siswa, berupa: keaktifan mencatat materi pelajaran, menunjukkan sikap kritis dalam bertanya jawab dengan siswa dan guru, keaktifan melakukan demonstrasi, dan keaktifan menyimpulkan materi pelajaran.
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINTANG Nurhadiah -; Anika -; Gradila Apriani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.54

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa. Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar apabila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong untuk pencapaian hasil yang baik. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Adanya motivasi yang tinggi dalam belajar akan mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VII  Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sintang. Penelitian dirancang dengan metode kuantitatif diskriptif. Data Penelitian berupa data motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa, dalam penelitian ini adalah nilai ulangan umum bersama. Berdasarkan analisis data dengan korelasi Person Product Momen, diperoleh hasil nilai r tabel = 0,2353, dan nilai r hitung = -0,22, dengan dk= 48. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sintang.
INVENTARISASI MAKROZOOBENTOS SEBAGAI INDIKATOR BIOLOGIS KONDISI PERAIRAN DI DUSUN DAWAR LAMA KABUPATEN BENGKAYANG Rachmi Afriani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i1.55

Abstract

Dusun Dawar Lama Kecamatan Tujuh Belas di Kabupaten Bengkayang merupakan wilayah perairan dengan komposisi ekosistem perairan yang beragam. Hal ini mengindikasikan tingkat keanekaragaman spesies yang berbeda, termaksuk keanekaragaman marozoobentos di wilayah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi struktur komunitas makrozoobentos sebagai indikator biologis di perairan. Penelitian ini dilakukan di 8 stasiun sampling. Pengukuran faktor fisika lingkungan dilakukan mulai dari suhu, kecapatan arus, kandungan CO2 bebas dan kandungan oksigen terlarut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur, komposisi dan kekayaan makrozoobentos di sepanjang aliran Riam Marum tergolong rendah hingga sedang. Pengukuran terhadap faktor fisika kimia perairan menunjukkan bahwa kualitas perairan Riam Marum berdasarkan Indeks Diversitas, Indeks Evenness dan Indeks Dominansi termaksuk perairan dengan tingkat pencemaran sedang hingga berat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 9 No 1 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 2 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 1 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 2 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2023): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 1 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2022): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2021): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2021): EDUMEDIA Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3, No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3, No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3 No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2 No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2 No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Media Edukasi More Issue