cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.Yc.Oevang Oeray,Nomor 92, Baning Kota, Sintang , Kalimantan Barat, 78612
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 25805703     EISSN : 27757242     DOI : 10.51826/edumedia
Core Subject : Education,
Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan" : 6 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 SINTANG Rachmi Afriani; Novi Oktaviani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.100

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan salah satu metode yangdapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkanantusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswaitu sendiri. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disampingitu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajardiantara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupankelas VII SMPNi 2 Sintang Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design.Rancangan penelitian yaitu nonequvalent control group design. Data dianalisis denganmenggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa model pembelajaran kooperatiftipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori pengaruh yangbesar.
JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN MENYURAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI Hilda Aqua Kusuma Wardhani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis jamur makroskopis yang terdapatdi Kawasan Menyurai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode jelajah (Cruise method).Sampel jamur yang ditemukan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-eksploratif.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 10 jenis jamur makroskopis yang terbagi ke dalam 2divisi, yaitu divisi Ascomycota (3 spesies) dan Basidiomycota (7 spesies). Berdasarkan hasilpenelitian tersebut maka jamur makroskopis yang ditemukan dapat digunakan sebagai mediapembelajaran biologi di sekolah.
PENGARUH METODE PERMAINAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUB MATERI VERTEBRATA Nurhadiah -; Yeni Meiliani
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan media kartukuartet terhadap hasil belajar siswa sub materi vertebrata. Penelitian ini menggunakanrancangan penelitian quasi experiment pretest-posttest control group design Populasi penelitianini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 2 Sintang, yang terdiri dari X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA3. Penentuan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah siswa dan nilai rata-ratakelas hasil belajar siswa. Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagaikelas kontrol. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi dan soal teskemampuan kognitif. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, untukmenunjukkan deskripsi proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Nilai statistik deskriptifyang dipilih adalah persentase yang menggambarkan keterlaksanaan perlakuan yang diterapkan.Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis.. Hasil uji-tdiperoleh nilai thitung 2,257 lebih besar dari ttabel 1,994, bearti terdapat pengaruh metode permainanmedia kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh diketahui dengan uji effeksize yaitu (d) 0,35 (kategori pengaruh kecil). Hal ini diduga siswa merasa senang dan aktifdengan pembelajaran menggunakan media kartu kuartet sehingga membuat mereka kurangfokus dan kurang mencermati materi yang disampaikan guru melalui kartu tersebut.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATERI EKOSISTEM Marzuki -; Anyau -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolahdalam memberikan pemahaman konsep pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 3Tempunak tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SekolahMenegah Pertama Negeri 3 Tempunak yang berjumlah 3 kelas dan sampelnya terdiri dari satukelas VII A yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampeldengan pertimbangan tertentu. Penulis melakukan pengamatan dan pengambilan data sebelumdan sesudah proses pembelajaran menggunakan media lingkungan sekolah di kelas VII A.Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrument pengukuran adalahsoal tes (pilihanganda) dan lembar observasi. Keterlaksanaan pembelajaran dengan medialingkungan sekolah ditinjau dari guru 92,3 % dan siswa100 % dikategorikan tinggi. Dan hasil ujinormalitas data menggunakan Chikuadarat, pretestX2hitung< X2tabel atau 2,13< 7,82 dan posttestX2hitung< X2tabel atau1,5< 7,82 maka data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitasmenggunakan uji F, pretest Fhitung< Ftabel atau2,02< 2,08 dan posttest Fhitung< Ftabel atau 1,58<2,08, maka data homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T thitung>ttabel, atau 33,89> 1.721,maka terdapat pengaruh media lingkungan terhadap pemahaman konsep materi ekosistemterhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai mediapembelajaran terhadap hasil belajar yaitu 0,75 dan dikategorikan tinggi.
EFEKTIVITAS OBJEK OTENTIK UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS Cenderato , S.Pd, M.Pd
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.104

Abstract

Penelitian ini adalah tentang penggunaan objek otentik untuk mengajarkan kosa katabahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan Pra-eksperimen. Populasi penelitian adalah156 siswa kelas VII SMPN 1 Ketungau Hulu di tahun akademik 2016/2017. Siswa kelas Cdijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah pengukuran dan alat pengumpulandata adalah tes dalam bentuk tes pilihan ganda.Berdasarkan temuan, nilai rata-rata dari posttestadalah 75,39 dan dikategorikan “Baik”. Hasil perhitungan t-test menunjukkan bahwa “11,79”lebih tinggi dari t-tabel untuk derajat kebebasan 37 yang 1,697. Selain itu, perhitungan padaPengaruh Effect Size adalah 1,65 dikategorikan “Sangat Efektif” karena lebih tinggi dari 0,8yang tingginya tingkat efektivitas (ES> 0,8 = 1,65> 0,8). Dari perhitungan, dapat disimpulkanbahwa pengajaran kosakata melalui Authentic Object adalah “sangat efektif”. Oleh karena itu,hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa “Authentic Object efektif untuk mengajarkankosakata” diterima. Sementara, hipotesis nol yang menyatakan “Authentic Object tidak efektifuntuk mengajarkan kosakata” ditolak.
AKTIFITAS DAN SDS-PAGE XILANASE Nazarudin -
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Publisher : Universitas Kapuas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/edumedia.v1i2.105

Abstract

Sejumlah mikrooganisme mampu mendegradasi komponen dinding sel tumbuhanini, melalui aksi berbagai glikosil hidrolase. Oligomer dan atau monomer yang dihasilkandigunakan oleh bakteri-bakteri tersebut sebagai sumber karbon dan energy. Mikroorganismeselulolitik mengeluarkan beberapa selulase, yang memotong ikatan β1,4 glikosida yangmenghubungan unit-unit glukosa dalam rantai selulosa. Bakteri selulolitik tersebut seringkalimenghasilkan enzim khusus seperti mananase, xilanase, lichenase, pektat-liase) yangmenghidrolisis polisakarida nonselulosik yang berasosiasi dengan selulosa. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui berat molekul molekul dari enzim xilanase yang berasaldari isolate aktinomiset I dan II dengan menggunakan metode SDS-PAGE dan Zimografi. HasilSDS PAGE isolate II yang diendapkan dengan aseton menunjukkan pembentukan 3 pita proteindengan ukuran masing-masing yaitu 17,89 kDa, 13,85 kDa dan 9,68 kDa. Sedangkan EEKxilanase dari isolat I tampak terbentuk 1 pita dengan ukuran 9,2 kDa.. Analisis zimogrammenunjukkan bahwa pita elektroforesis pada gel memiliki aktivitas xilanase yang ditandai denganterbentuknya zona bening. Kesimpulan penelitian ini berhasil menghasilkan 3 pita isolat II dansatu pita untuk isolat hasil SDS PAGE EEK xilanase kedua isolate aktinomiset tersebut memilikiberat molekul yang rendah (9-18 kDa).

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 9 No 1 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 2 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8 No 1 (2024): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 2 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2023): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7 No 1 (2023): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2022): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 2 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6 No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2021): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1 (2021): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2021): EDUMEDIA Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan Vol 3 No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan Vol 2 No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): EDUMEDIA : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Media Edukasi More Issue