cover
Contact Name
Rani Anggraeni
Contact Email
rani.anggraeni34@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppmsahid21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, RT.7/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Industri Pariwisata
ISSN : -     EISSN : 26209322     DOI : https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1
Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research activities of academics who are interested in the field of tourism such as Culinary and Shopping Tour, Cultural Heritage, History and Religion, Marine Tourism, Eco-tourism, Adventure Tour, Countryside Tour, MICE, and also Halal Tourism
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK Batubara, Rima Pratiwi; Putri, Dinar Adeya
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.657

Abstract

Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi sebuah taman nasional yang sebelumnya merupakan sebuah hutan lindung. Kawasan ini menjadi salah satu temapat wisata terbaik yang ada di Bogor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana daya tarik wisata berpengaruh terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan responden yang diambil dari sampel sebanyak 100 responden yang merupakan wisatawan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa korelasi antara variabel daya tarik wisata (x) dengan variabel minat berkunjung ulang (y) dalam kategori kuat. Daya tarik wisata memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak berdasarkan thitung > ttabel (8,935 > 1,98447). Daya tarik wisata memberikan pengaruh sebesar 44,9%.
STRATEGI PRICING TRANSPORTASI ANGKUTAN PENUMPANG JALAN RAYA PARIWISATA PADA MASA PANDEMI Sejati, Veny Ari
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.658

Abstract

Masa pandemic Covid-19 masyarakat cenderung memilih untuk berdiam diri di rumah daripada bepergian khususnya untuk berwisata menggunakan jasa sewa transportasi.  Teknik penelitian ini adalah kualitatif.  Pengumpulan data menggunakan moderate partisipan, dan obyek dalam penelitian ini adalah Suzuki Magetan Trans yang berlokasi di Magetan dan Bojonegoro Jawa Timur, serta media sosial facebook @SMTrans007.  Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana strategi harga transportasi penumpang jalan raya pariwitasa pada masa pandemic?  Produk Suzuki Magetan Trans adalah jasa sewa transportasi minibus angkutan penumpang jalan raya 14 dan 20 seats yang digunakan untuk business or corporate travelers ataupun leisure travelers (tourists), antar jemput karyawan serta anak sekolah,  serta layanan sewa kendaraan angkutan barang berupa truk dan pik-up yang digunakan untuk angkutan material proyek dan logistic.  Dalam menetapkan harga pada masa pandemi, Suzuki Magetan Trans menawarkan biaya sewa fleksibel dan negotiable kepada penyewa individu maupun agen tour dan travel.  Artikel ini diharapkan dapat memberi wawasan strategi harga transportasi angkutan penumpang jalan raya pariwisata pada masa pandemic serta membantu masyarakat yang ingin mulai berbisnis di bidang transportasi angkutan penumpang jalan raya untuk pariwisata.
MANAJEMEN PENGEMBANGAN EKOWISATA KAMPUNG LOLAI NEGERI DI ATAS AWAN TORAJA UTARA BERBASIS KONSERVASI ALAM DAN BUDAYA Aziz, Adityo Muhamad; Sukwika, Tatan; Gunawijaya, Jajang
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kampung Lolai Negeri di Atas Awan dengan menerapkan berbagai strategi efektif berbasis konservasi alam dan budaya dikarenakan kawasan wisata tersebut baru diresmikan tahun 2016. Sehingga strategi yang disusun terfokus pada peningkatan minat kunjungan wisatawan Nusantara dan Mancanegara pada objek-objek wisata kawasan Kampung Lolai Negeri di Atas Awan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisa data kualitatif yaitu menggunakan kualitatif deskriptif dan untuk data kuantitatif dengan analisis SWOT. Hasil penelitian memutuskan bahwa strategi yang utama diterapkan adalah renovasi jalan pegunungan dan mengadakan acara edukasi tentang konservasi alam dan budaya. Strategi yang diimplementasikan Kampung Lolai saat ini masih kurang efektif karena hanya terfokus pada perbaikan akses jalan berbatu dan belum menerapkan strategi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Implikasi manajerial dalam penelitian ini yaitu sebagai rekomendasi strategi yang dapat di implementasikan bagi pemerintah daerah serta pengelola guna mengembangkan kawasan wisata Kampung Lolai serta meningkatkan minat wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berwisata ke Kampung Lolai.
PENYULUHAN HIGIENE DAN SANITASI DALAM PENGOLAHAN MAKANAN DI SEVENSKY LIPPO PLAZA YOGYAKARTA Soegiantoro, Didiek Hardiyanto; Soegiantoro, Holy Rhema; Soegiantoro, Gregory Hope
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.660

Abstract

Wirausaha kuliner saat ini menempati peringkat pertama di Indonesia, sebagaimana nampak dari banyaknya pilihan kuliner di gofood, grabfood, dan shopeefood. Hal ini membawa dampak positif bagi masyarakat dalam memilih makanan semakin bervariasi dan tanpa batas, namun dampak negatif dari persaingan bisnis kuliner juga semakin ketat seringkali membuat pelaku bisnis mengurangi kualitas produk olahan makanan agar harga jualnya rendah demi mengejar omzet. Sevensky Lippo Plaza Yogyakarta awalnya dirancang sebagai tempat parkir di rooftop namun dalam perkembangannya lebih memiliki nilai jual ketika digunakan sebagai food court dengan target pasar mahasiswa karena lokasinya dikelilingi oleh beberapa kampus terkenal. Ketersediaan fasilitas pendukung kebersihan Sevensky Lippo Plaza masih sangat minim karena desain awal bukan untuk foodcourt, sehingga pemilik bisnis kesulitan mendapatkan air bersih dan menjaga kualitas kebersihan produk kulinernya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi arti penting higiene dan sanitasi dalam bisnis kuliner sebagai salah satu tanggung jawab sosial, baik kepada pemilik bisnis, pengelola Sevensky, maupun pengelola Lippo Plaza. Metode yang digunakan adalah memberikan penyuluhan dan disertai diskusi bersama untuk mencari solusi terbaik yang dapat dilakukan oleh semua pihak. Analisis keberhasilan kegiatan ini adalah menggunakan kuesioner untuk mengukur pemahaman sebelum dan sesudah edukasi, serta tindak lanjut pembangunan sarana kebersihan yang memadai. Kegiatan dinilai berhasil berdasarkan nilai pemahaman yang meningkat serta ketersediaan fasilitas air bersih dan penambahan tempat cuci di Sevensky.
HPI DIY DALAM MEMULIHKAN KEMBALI SEKTOR PARIWISATA DI ERA NEW NORMAL Noraimin, Ema
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.661

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi Perekonomian dan Pariwisata. Banyak korban berjatuhan membuat Pemerintah menetapkan berbagai peraturan untuk mencegah penularan Covid-19 salah satunya dengan memberhentikan sementara kegiatan wisata. Hal tersebut tentu saja melemahkan sektor pariwisata khususnya di Yogyakarta yang menjadikan Sektor Pariwisata sebagai mata pencaharian.. HPI DIY merupakan salah satu Lembaga Pariwisata yang ikut merasakan dampak tersebut sehingga harus kehilangan pekerjaan sementara akibat menurunya industri Pariwisata.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran HPI DIY dalam memulihkan Kembali sektor Pariwisata dan strategi apa saja yang diterapkan di era new normal. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui sumber Primer dan Sekunder. Sumber primer berasal dari wawancara. Sedangkan sumber sekunder melalui Literatur buku,jurnal, dan internet. Hasil dari penelitian menunjukan HPI DIY terus berupaya untuk Survive di masa Pandemi dengan Menerapkan beberapa Strategi untuk memulihkan Kembali Sektor Pariwisata di era new normal. Berbagai kegiatan pelatihan juga diarahkan untuk meningkatkan softskill dan hardskill para pemandu dalam rangka menyambut Kembali Eksistensi Industri Pariwisata di era new normal. 
STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA KULINER DI KOTA TANGERANG DENGAN MATRIKS SWOT DAN ANALISIS QSPM (STUDI KASUS KAWASAN LAKSA TANGERANG) Ardiansyah, Imam; Silmi, Nur Fitri
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan wisata kuliner di kawasan laksa dalam peningkatan destinasi wisata di Tangerang. Metode penelitian ini adalah kombinasi, metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan strategi yang tepat, sementara metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data IFAS dan EFAS yang berupa angka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi langsung, wawancara mendalam, penyebaran kuesioner kepada 112 responden dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah berkunjung dan membeli laksa di Kawasan Kuliner Laksa Tangerang. Berdasarkan hasil analisis SWOT “Kawasan Laksa” berada pada kuadran 1 yang artinya positif dan cukup baik. Pada kuadran ini sangat diuntungkan dengan peluang (1,6456) dan kekuatan (1,51). Berdasarkan hasil tersebut strategi alternatif pengembangan ialah strategi agresif dengan memanfaatkan  peluang untuk meningkatkan kekuatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi alternatif dan prioritas strategi dapat diterapkan pada pengembangan Kawasan Kuliner Laksa untuk dapat meningkatkan destinasi wisata yang lebih baik. Saran penulis untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas SDM, melakukan inovasi, melibatkan food bloger ataupun food vlogger untuk promosi, dan menyelenggarakan event agar lebih dikenal luas.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN VIRTUAL EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM PENERANGAN DI TMII JAKARTA Miswan, Miswan; Austriana, Sarah; Sukaesih, Uuh
Jurnal Industri Parawisata Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2022
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i2.691

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan Virtual Experience Museum Penerangan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), untuk mengetahui kepuasan pengunjung  Virtual Experience  Museum Penerangan di TMII, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Virtual Experience museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan di TMII. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang sudah mengunjungi virtual experience Museum Penerangan TMII dalam bentuk link google form. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif (untuk tujuan 1 dan 2) menggunakan skala interval dari 1 sampai 5, yang selanjutnya dihitung persentase dan rata-rata dan disajikan dalam tabel. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Virtual Experience museum terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan di TMII digunakan model regresi linear sederhana dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kualitas pelayanan yaitu 4,22 (nilai tertinggi  = 5) termasuk kategori  baik, nilai rata-rata kepuasan pengunjung yaitu 4,04 (nilai tertinggi  = 5) termasuk kategori  puas, kualitas pelayanan Virtual Experience berpengaruh signifikan (signifikan = 0,000) terhadap kepuasan pengunjung Museum Penerangan TMII. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7