Articles
19 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)"
:
19 Documents
clear
Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Sayur Mayur Petik Sendiri di PURREBRA Peceren-Berastagi
Purba, Benni;
Tarigan, Harkendy;
Sembiring, Aikel Harapenta
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.615
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan sayur-mayur petik sendiri di PURREBRA. Penelitian ini dilakukan di PURREBRA Jl. Jamin Ginting No. 177 Dusun IV Desa Sempajaya (Peceren) Kecamatan Berastagi. Jenis data penelitian yang dipakai adalah data kualitatif sebagai data primer dan data sekunder. Metode Pengumpulan Data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.Teknik pemeriksaan keabsahan atau validitas dilakukan triangulasi. Teknik analisis dalam penelitian kualitatif ini adalah Narrative Analysis. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa bauran pemasaran sangat perlu diperhatikan oleh PURREBRA untuk meningkatkan penjualannya. Produk yang di jual sangat beragam serta tetap memperhatikan kualitas produknya serta pelayanan karyawan kepada konsumen yang empaty. Harga cukup terjangkau oleh masyarakat, karena harga selalu di sesuaikan dengan harga di pasar. Seperti pasar pajak roga, pasar pajak Dolat Rakyat Jika konsumen membeli sayur banyak, kita berikan discount/potongan harga atau bonus. Dari segi lokasi/tempat tempatnya sangat strategis dimana letaknya pas berada di pinggir jalan raya. Strategi promosi dalam hal ini PURREBRA membuat pamplet/spanduk di depan kebun PURREBRA, dengan tulisan PURREBRA menjual sayur-mayur partai kecil dan boleh petik sendiri.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Maufex Makassar
Huzair, Fachrul
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.617
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Maufex Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan/customer konveksi Maufex yang telah menggunakan jasa konveksi Maufex yang jumlahnya 325 pelanggan, yang berasal dari konsumen perorangan, instansi pemerintah maupun perusahaan/CV. Mengingat populasi tidak dapat ditentukan secara tepat maka untuk menentukan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow. Sampel yang diteliti adalah sebesar 96,06 responden dibulatkan 100 responden. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan oleh peneliti yaitu dengan melakukan pengamatan, observasi, wawancara serta pengambilan kuesioner terhadap konsumen selama berada di Perusahaan. Adapun pengujian asumsi klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Untuk mengetahui sebuah kebenaran suatu hipotesis, maka harus terlebih dahulu memenuhi uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dihasilkan yaitu Kualitas produk (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Sablon Konveksi Sablon Baju Maufex Makassar dikarenakan tinggi rendahnya kepuasan pelanggan lebih didominasi oleh faktor-faktor lain seperti kualitas layanan yang baik, pelayanan costumer service yang cepat dan tanggap, serta harga promosi yang lebih murah. Kualitas layanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Sablon Konveksi Sablon Baju Maufex Makassar. Pelayanan yang cepat, tanggap, dan juga tepat akan meningkatkan emosional pelanggan kearah yang lebih baik sehingga berdampak baik pada kepuasan pelanggan. Secara simultan kualitas produk (X1) dan kualitas layanan (X2) secara bersama-sama telah mampu menjelaskan hubungan variasi variabel kepuasan pelanggan (Y) dengan baik.
Pengaruh Financial Attitude Dan Intellectual Capital Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Palopo
Munawir, Munawir
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.618
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Financial Attitude dan Intellectual Capital Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Jenis data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan 60 usaha mikro kecil dan menengah. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, Uji F, Uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial attitude dan intellectual capital berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah di Kota Palopo. Hal tersebut dibuktikan dengan uji secara simultan di mana diperoleh nilai Fhitung sebesar 27.733 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti financial attitude dan intellectual capital memiliki hubungan positif dengan kinerja usaha mikro kecil dan menengah.
Pengaruh Kompensasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) UP3 Kabupaten Pinrang
Muslimin, Ulyana;
Razak, Nirwan
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.619
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) UP3 Kabupaten Pinrang. Pada hasil observasi, wawancara dan angket, Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada Kompensasi karyawan merasa senang karena perusahaan sering memberikan penghargaan dan pujian kepada karyawan jika berprestasi karyawan juga merasa puas dengan gaji yang diterimanya. Dalam Beban Kerja, pegawai tetap berusaha menyelesaikan pekerjaannya meskipun dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan waktu kerja yang tidak tepat. Pada Kinerja Karyawan, karyawan selalu mampu menyelesaikan setiap pekerjaan yang diberikan sesuai standar kerja yang diberikan perusahaan dan saling bekerjasama dengan baik. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi untuk mengetahui hipotesis dalam penelitian ini. Hasil analisis data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa kompensasi (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) UP3 Kabupaten Pinrang dan beban kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PT. PLN (Persero) UP3 Kabupaten Pinrang. Kompensasi dan beban kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja PT. PLN (Persero) UP3 Kabupaten Pinrang.
Analisis Kinerja Keuangan Pada PT Ciputra Development Tbk Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022
Da'a, Fitrianti;
Silvira, Silvira
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.620
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan pada PT Ciputra Development Tbk pada tahun 2018-2022. Dalam memperoleh data yang diinginkan penulis menggunakan dua metode yaitu metode studi kepustakaan dan dokumentasi dimana kemudian untuk melengkapinya digunakan data-data sekunder. Data yang digunakan dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif dengan cara menganalisis laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan, menggunakan perhitungan berupa rasio keuangan (Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa analisis rasio likuiditas pada tahun 2018 sampai tahun 2022 dilihat dari current ratio dinilai cukup baik, sementara pada quick ratio dinilai kurang baik. Dari hasil analisis rasio solvabilitas pada tahun 2018 sampai tahun 2022 dilihat pada Debt to assets ratio dinilai kurang baik. Dari hasil analisis rasio profitabilitas pada tahun 2018 sampai tahun 2022 dilihat pada Return on Total Asset dan Return on Total Equity dinilai kurang baik.
Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Berdasarkan Proporsi Pengeluaran Pangan Di Desa Kalukku Barat Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju
Hasanuddin, Supardi;
Azizi, Muhammad
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.621
Menganalisis kondisi ketahanan pangan rumah tangga petani di Desa Kalukku Barat Kecamatan kalukku Kabupaten Mamuju Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Mamuju. Metode pengambilan lokasi penelitiannya secara purpossive sampling, yaitu di Desa Kalukku Barat, Kecamatan Kalukku Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pencatatan. Metode analisis data secara deskriptif dengan analisis rata-rata dan persentase. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 50 orang petani Kondisi ketahanan pangan rumah tangga responden di Desa Kalukku Barat berdasarkan tingkatannya adalah: tahan pangan sebesar 16,67%, rentan pangan 53,33%, 10% rumah tangga kurang pangan, dan 20% termasuk dalam kondisi rawan pangan. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga guna mencapai ketahanan pangan rumah tangga, meningkatkan konsumsi protein hewani, dan meningkatkan pendapatan rumah tangga, sehingga proporsi pengeluaran pangan berkurang.
Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fitur Tiktok Shop Di Kota Makassar
Sari, Novita Kumala;
Nurdin, Nasyirah;
Gimbo, Cindy;
Haritza, Dita
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.622
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada fitur TikTok Shop di Kota Makassar. Populasi yang digunakan ialah penduduk Kota Makassar yang pernah berbelanja di TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google formulir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat analisis dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji parsial (t), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan software SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada fitur tiktok shop di kota makassar.
Efektivitas Dewan Komisaris, Komite Audit, Kepemilikan Institusional Terhadap Efisiensi Investasi
Karina, Arni;
Anwar, Anas Iswanto;
Paramitha, Citra
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.623
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas dewan komisaris, komite audit, kepemilikan institusional terhadap efisiensi investasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur pada sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode waktu 2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021. Dalam penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan ketentuan yang ditetapkan. Proses pengumpulan data penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengambilan data yang terkait dengan permasalahan dalam penelitian ini dan dipublikasikan di BEI. Hasil penelitian menunjukann bahwa efektivitas dewan komisaris berpengaruh terhadap efisiensi investasi perusahaan, komite audit berpengaruh terhadap efesiensi investasi perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh negatif terhadap efisiensi investasi perusahaan.
Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia
Manaf, Sulhan
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.625
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan (ROA) dan good corporate governance (kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit) terhadap nilai perusahaan (PBV) Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji korelasi menunjukkan ROA, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit memiliki kontribusi terhadap nilai perusahaan sebesar 74,5%. Hasil uji t menunjukkan variabel ROA, kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan institusional dan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji F menunjukkan variabel ROA, kepemilikan manajerial, kepemilkan institusional, komisaris independen dan komite audit secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Prestige Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Iphone Di Kota Parepare
Putra, Pandi;
Tijjang, Bakthiar
JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Universitas Fajar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47354/mjo.v5i2.626
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Produk dan Prestige Merek terhadap Kepuasan Pelangggan Smartphone Iphone di Kota Pare-Pare. Penentuan Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Roscoe yang akan dijadikan sample adalah sebanyak 45 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan untuk pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji t dan uji f. Berdasarkan hasil pengujian yang telah di lakukan dalam penelitian ini, secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan Smarphone Iphone di Kota Parepare, dan Variabel Brand Prestige mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Smarphone Iphone di Kota Parepare. Sedangkan pengujian dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Prestise Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan Smatphone di Kota Parepare.