cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
adminjmm@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281374513738
Journal Mail Official
tarbiyahkhatulistiwa@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 Pontianak - Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2442756X     EISSN : 25284487     DOI : 10.29406/tbw
Core Subject : Religion, Education,
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Kami mengundang para peneliti, dosen, pakar dan praktisi untuk mengirimkan artikel terbaiknya di jurnal yang kami kelola serta berkontribusi dalam diseminasi publikasi karya ilmiah pendidikan Agama Islam.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
ANALISIS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DI SDIT, SMPIT, DAN SMAIT AL MUMTAZ KOTA PONTIANAK Hamdil Mukhlishin; Wahab Wahab
Tarbawi Khatulistiwa Vol 9, No 1 (2023): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v9i1.5038

Abstract

AbstrakPenelitian ini difokuskan pada kinerja guru dalam pengembangan desain pembelajaran pendidikan agama islam. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskripsi kuantitatif dengan pendekatan survey studies. Teknik penelitian ini yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dengan skala Liket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan rumus persentase. Sumber data terdiri dari 3 orang guru PAI di SDIT, 4 orang guru PAI SMPIT dan 2 orang guru SMAIT Al Mumtaz Kota Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru PAI dalam pengembangan desain pembelajaran sudah baik. Hal ini terlihat dari guru membuat rencana program kegiatan pembelajaran setiap hari, merumuskan tujuan pembelajaran dan menentukan jenis kegiatan serta media dan sumber belajar yang akan digunakan, guru pengembangan desain pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media dan sumber belajar serta menggunakan metode pembelajaran saat mengajar dan mengevaluasi pembelajaran secara intergarative serta berdasarkan tingkat perkembangan siswa.Kata kunci: Kinerja Guru PAI, Pengembangan Desain Pembelajaran. 
ANALISIS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA MATERI ILMU TAJWID SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021-2022 M. Alias[1], Eli[2], Masula Turohmah[3]
Tarbawi Khatulistiwa Vol 9, No 1 (2023): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v9i1.4898

Abstract

M. Alias[1], Eli[2], Masula Turohmah[3] [1]M. Alias (Universitas Muhammadiyah Pontianak), Indonesia[2]Eli (Universitas Muhammadiyah Pontianak), Indonesia[3]Masula Turohmah (Universitas Muhammadiyah Pontianak), Indonesia AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persiapan guru dalam pembelajaran al-Qur’an hadits pada materi ilmu tajwid siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Pontianak; 2) Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran al-Qur’an hadits pada materi ilmu tajwid siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Potianak; 3) Hambatan guru dalam pembelajaran al-Qur’an hadits pada materi ilmu tajwid siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan memberchek. Hasil penelitian: 1) Mempersiapkan RPP, media pembelajaran, dan penilian. 2) Menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, talaqqi, dan resitasi. 3) Hambatan, minimnya waktu, siswa tidak memahami ilmu tajwid secara luas, dan faktor siswa yang muallaf. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Ilmu Tajwid 
MOTIVASI JEMAAH DALAM MENGIKUTI PENGAJIAN KEISLAMAN DI MASJID AZZAKIYYAH KOTA PONTIANAK Nilwani, Wahdah, Waldiansyah
Tarbawi Khatulistiwa Vol 9, No 1 (2023): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v9i1.5308

Abstract

AbstrakAktivitas pengajian di masjid juga memiliki kesamaan dengan aktivitas pembelajaran di mana para jemaah pengajian juga membutuhkan motivasi untuk mengikuti dan menyelesaikan proses pembelajaran. Dalam kasus pengajian di Masjid Azzakiyyah Pontianak, mayoritas jemaah pengajiannya tergolong berusia dewasa akhir hingga lansia (40-60 tahun ke atas). Secara teori, di usia tersebut mereka akan mengalami kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran karena kekuatan fisik dan daya ingat mulai menurun. Namun, para jemaah tampak masih antusias mengikuti pengajian di Masjid Azzakiyyah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor intrinsik dan ekstrinsik yang memotivasi para jemaah mengikuti pengajian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang motivasi para jemaah dalam mengikuti pengajian ialah adanya hal-hal positif yang mereka peroleh untuk diri mereka pribadi, seperti bertambahnya pengetahuan keislaman, mendapatkan ketenangan, dan memperoleh pahala dari Allah Swt. Sementara itu, ada juga faktor-faktor ekstrinsik yang turut memotivasi jemaah untuk mengikuti pengajian di Masjid Azzakiyyah seperti motivasi dari keluarga dan jemaah pengajian yang lain, lokasi pengajian yang berada tidak jauh dari rumah sehingga memudahkan para jemaah mengikuti pengajian di masjid tersebut, dan faktor pengajar atau ustaz yang mengisi pengajian. Kata Kunci: Motivasi, Pengajian, Masjid Azzakiyyah
PEMBINAAN DAN PELATIHAN TAHSIN QIRO’AH AL QURAN PADA JAMA’AH MESJID AL MUQORROBIN DESA PAL IX KECAMATAN SUI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA Eli Eli, Zainul Fahmi
Tarbawi Khatulistiwa Vol 9, No 1 (2023): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v9i1.5309

Abstract

AbstrakTujuan dari kegiatan pembinaan dan pelatihan baca al Quran ini adalah supaya mereka bapak-bapak jama’ah mesjid mesjid al muqorrobin bisa dan biasa membaca al quran dengan baik dan benar sesuai dngan kaidah ilmu tajwid. Lebih sempurna lagi jika mereka menguasai seni dalam membaca al Quran. Pelaksanaan pembinaan tahsin al quran pada jamaah surau al muqarrabin dimuai dari: 1) Persiapan yang meliputi menentukan waktu pelaksaan, peralatan dan media yang diperlukan, pelaksanaan kegiatan dan metode yang akan digunakan serta evaluasi hasil kegiatan 2) Pelaksanaan kegiatan pembinaan dilaksanakan setiap hari jum’at malam mulai selepas shalat magrib hingga isya’ yang diikuti oleh beberapa orang jamaah saja yaitu hanya jamaah yang mau saja yang ingin memperbaiki bacaan al qurannya. Adapun kegiatan pelatihan dan pembinaan tahsinul qiraah itu meliputi cara melafalkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya, cara membaca surat al fatihah dengan baik dan benar yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya, pengenalan ilmu tajwid yang meliputi makharijul huruf, sifatul huruf, ahkamul huruf, ahkamul mad wal qoshr dan ahkamul waqf wal ibtida. Selain itu juga dilaksanakan praktek membaca al quran selain surat al fatihah
MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA PAI YANG BERLATAR BELAKANG BUKAN PONDOK PESANTREN PROGRAM MA'HAD AL-KHANSA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK Yusida Imran, Wahdah, Khairil Bariah
Tarbawi Khatulistiwa Vol 9, No 1 (2023): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/tbw.v9i1.5310

Abstract

Abstrak         Penelitian mendeskripsikan tentang: 1) Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa PAI Lulusan yang Berlatar Belakang Bukan Pondok Pesantren Program Ma’had Al-Khnasa; 2) Upaya yang dilakukan mahasiswa menghadapi kesulitan pembelajaran bahasa Arab. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa PAI Lulusan yang Bukan dari Pondok  Pesantren Program Ma’had Al-Khansa.         Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam peneltian ini, yakni para informan terdiri dari 10 mahasiswa yang berlatar belakang  bukan pondok pesantren Program Ma’had Al-Khansa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak. Data penelitian dikumpulkan dengan tahap  wawancara.      Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa mahasiswa mendapatkan motivasi dari faktor eksternal (ekatrinsik) yaitu: a) mahasiswa termotivasi dikarenakan kondisi lingkungan sosial yang mendukung, b) mahasiswa termotivasi oleh dorongan keluarga yang memiliki jiwa spritual yang tinggi, c) mahasiswa termotivasi oleh dorongan kerabat atau teman sebaya yang mampu menguasai bahasa Arab lebih baik dibanding mereka, sedangkan mereka berasal dari latar belakang pendidikan yang sama. Salah satu faktor pengaruhnya adalah latar belakang pendidikan mahasiwa. Adapun upaya yang dilakukan mahasiswa dalam menghadapi kesulitan belajar bahasa Arab tersebut yaitu : 1) Membuka kamus untuk menemukan jawaban, 2) Bertanya kepada teman yang lebih menguasai atau kepada pengajar. Adapun reaksi yang tidak termotivasi jika menghadapi kesulitan yaitu 1) Berbincang-bincang ketika pelajaran berlangsung, 2) Tidak mengerjakan tugas, 3) Tidak mengikuti perkuliahan. Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Bahasa Arab

Page 1 of 1 | Total Record : 5