cover
Contact Name
Ismail Hanif Batubara
Contact Email
ismailhanif@umsu.ac.id
Phone
+6285370552283
Journal Mail Official
jmpdmt@umsu.ac.id
Editorial Address
http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/pages/view/ET
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]
ISSN : 27159213     EISSN : 27159213     DOI : 10.30596/jcositte.v2i1.5903
Core Subject : Education,
he University of Muhammadiyah Sumatera Utara publishes Jurnal Menajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMD-DMT) on January, April, July and October (4 Issue/Year). The Journal using Double-Blind Review Process. Journal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) is also accept your paper by email jmpdmt.umsu@gmail.com . The journal publishes papers of interest to practitioners of education, students, policy makers of education, and scholars. This journal covers research papers, original research papers, analyses of Islamic education in all fields, including: Educational Management School Management Leadership Organizational Behavior Organizational Culture Financial Management Public Relation Management Human Resource Management Decision Making Information management, which involves textual and fieldwork study with different educational, philosophical, historical, biblical, sociological, anthropological, political science and other perspectives
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2021): JURNAL JMP-DMT" : 5 Documents clear
Pengaruh Pengembangan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Kerja Melalui Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Pegawai Di SMK TI TRITECK MEDAN Dachi, Surya Wisada
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 2, No 4 (2021): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v2i4.8023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengembangan kinerja pegawai terhadap kepuasan kerja melalui kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pegawai Sampel penelitian ini adalah wakil kepalas sekolah, guru, staf pegawai dan OB yang ada di sekolah SMK TI Triteck. Teknik pengambilan sampel adalah secara random. Instrument yang dipakai untuk mengumpul data penelitian ini adalah melalui observasi langsung. Dimana metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan mengadakan wawancara. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogeny.
Analisis Implementasi Manajemen Tenaga Pendidik Di SMK Trisula 1 Depok Aprilia Putri Hapsari; Farid Setiawan; Faturrahman Faturrahman; Sugeng Tri Atmojo; Fajar Palupi
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 2, No 4 (2021): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v2i4.8705

Abstract

Penelitian ini membahas tentang begitu pentingnya manajemen tenaga pendidik sebagai salah satu urat nadi pelaksanaan pendidikan khususnya di SMK Trisula 1 Depok. SMK Trisula 1 Depok merupakan salah satu sekolah kejuruan di wilayah Sleman, DIY yang berfokus pada kompetensi di dunia perhotelan. Sampai saat ini, sekolah masih dalam proses berkembang diantara persaingan mutu sekolah kejuruan baik swasta maupun negeri lainnya di bidang yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan mekanisme manajemen tenaga pendidik dalam lingkup SMK Trisula 1 Depok yang mana diharapkan hasilnya mampu menjadi bahan evaluasi dan motivasi bersama untuk membenahi fundamental management pendidikan di sekolah khususnya pada ranah manajemen tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif kualitatif dalam penyampaian hasilnya. Data yang ada diperoleh melalui metode wawancara dengan sasaran kepala sekolah sebagai narasumber utama. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trigulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif-kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen tenaga pendidik di SMK Trisula 1 Depokmasih perlu dibenahi pada ranah pengorganisasian dan pelaksanaannya dengan dibersamai semangat kolaboratif antara kepala sekolah den seluruh tenaga pendidik yang ada guna menyamakan visi,misi, dan tujuan sekolah sehingga sekolah dapat memiliki identitas berdaya saing yang tinggi ditengah tuntutan  perkembangan zaman.
Pengaruh Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi Dan Motivasi Karyawan Terhadap Komitmen Organisasi Di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan Dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan Eko Afandy; Elfrianto Elfrianto
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 2, No 4 (2021): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v2i4.8787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja, budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen organisasi karyawan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah dengan survey. Hal ini dirancang untuk memperoleh informasi tentang gejala pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan kerja, budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen organisasi karyawan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan, berdasarkan uji regresi berganda secara parsial adalah sebagai berikut: Pertama, kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi karyawan. Kedua, budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi karyawan. Ketiga, motivasi tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi. Ke empat, ada pengaruh secara bersama - sama (simultan) antara variabel kepuasan kerja, budaya organisasi, dan motivasi terhadap komitmen organisasi karyawan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan.
Manajemen Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sewon Umi Rahmawati
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 2, No 4 (2021): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v2i4.8706

Abstract

Administrasi kesiswaan berkaitan erat dengan keputusan administrasi sekolah mengenai perencanaan, penetapan persyaratan dan tata cara penerimaan siswa baru pada setiap tahun ajaran. Administrasi kesiswaan berkaitan dengan pengaturan dan pengaturan segala kegiatan yang berkaitan dengan siswa dari masuknya mahasiswa hingga wisuda. Pengelolaan siswa bukan hanya sekedar mengumpulkan data siswa untuk , tetapi mencakup aspek yang lebih luas yang dapat mendukung upaya pertumbuhan anak melalui proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, dilakukan studi lapangan di SMP Negeri 3 Sewon untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan siswa yang dilakukan di sekolah tersebut Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik dengan pendekatan kualitatif, salah satu guru SMP Negeri 3 Sewon. Dari hasil studi lapangan terkumpul data manajemen siswa di SMP Negeri 3 Sewon. Data tersebut meliputi prosedur penerimaan siswa baru, ada fase orientasi untuk siswa baru, bagaimana pembagian pelajaran, penilaian, pengembangan ekstrakurikuler seperti proses kelulusan dan dukungan disiplin siswa.
Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Batubara Hafsah Hafsah; Emilda Sulasmi
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 2, No 4 (2021): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v2i4.8668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: kompetensi  terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara, motivasi terhadap kinerja Guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara, kompetensi dan motivasi kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada SMP Negeri Se-Kabupaten Batu Bara yang berjumlah 457 orang terdiri dari 116 Laki-laki dan 341 Perempuan. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 75 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Hubungan variabel kompetensi terhadap kinerja guru dalam bentuk persamaan regresi Y = 14,002 + 0,261X1 ini berarti bahwa jika kompetensi meningkat sebesar 1 point maka kinerja guru akan meningkat 0,261 point pada konstanta 14,002 maka Ha dan H0 ditolak. b) bentuk hubungan variable dan motivasi kerja terhadap kenerja guru  atau Y = 4,002 + 0,434 X2. Ini berarti jika motivasi kerja meningkat 1 point makan kenerja guru akan meningkat 0,434 pada konstanta 14,002 . maka Ha diterima dan Ho ditolak. kompetensi  terhadap kinerja guru, t hitung 2,470 dan t table 1,66 artinya t hitung 2,470 > t table 1,66 dapat disimpulkan Ha diterima H0 ditolak artinya signifikan maka kompetensi berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja guru. motivasi kerja terhahap kinerja guru, t hitung 4,604 dan t table 1,66 artinya t hitung > dari t table dan signifikan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan data nilai koefisien regresi kompetensi sebesar 0.261, dan motivasi kerja sebesar 0.434 artinya terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Batubara.

Page 1 of 1 | Total Record : 5