cover
Contact Name
zain sarnoto
Contact Email
jurnalstatement2021@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalstatement2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
ISSN : 20892640     EISSN : 2797071X     DOI : https://doi.org/10.56745/js.v11i2.238
Core Subject : Religion, Education,
jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial lainnya
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan" : 9 Documents clear
PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Sari, Windy Dian; Ika, Ika
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji bagaimana peran teknologi pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 juga ada strategi pengembangan pendidikan, salah satunya adalah penambahan jam pelajaran. Rasionalitas penambahan jam pelajaran dapat dijelaskan bahwa perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberitahu menjadi mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output) memerlukan tambahan jam pelajaran. Dengan alokasi waktu per jam pelajaran. Teknologi pembelajaran meningkatkan produktivitas pendidikan, lebih banyak membina dan mengembangkan kegiatan belajar anak didik, memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual, memberikan dasar pembelajaran yang lebih ilmiah, lebih memantapkan pengajaran, meningkatkan kemampuan pembelajaran dengan memperluas jangkauan penyajian, memungkinkan belajar lebih akrab karena dapat mengurangi jurang pemisah antara pelajaran di dalamdan di luar sekolah, dan memungkinkannya pemerataan pendidikan yang bermutu
PENGELOLAAN PROGRAM SERTIFIKASI TAHSIN AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DI PASCASARJANA INSTITUT PTIQ JAKARTA Fajaruddin, Fajaruddin
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan program sertifikasi Tahsin Al-Qur’an di Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta belum terstruktur, seperti belum adanya pembinaan Tahsin Al-Qur’an secara rutin bagi mahasiswa yang belum lulus tes Tahsin. Selain itu, karena pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga Tahfiz dan Tilawah Al-Qur’an (LTTQ) Institut PTIQ Jakarta sebagai pihak ketiga yang dianggap profesional, namun pada pelaksanaannya belum berjalan secara optimal juga, sehingga pelaksaannya belum berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, tim pengelola Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta tidak bisa mengontrol dan mengukur kualitas tahsin Al-Qur’an Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data melalui reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan
MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK SMK NUFA CITRA MANDIRI DEPOK JAWA BARAT Hidayatulloh, Riyan; Aziz, Abd; Susanto, Susanto
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan Manajemen Program Bimbingan Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Peserta Didik SMK NUFA Citra Mandiri yang meliputi bentuk manajemen program bimbingan mengaji, metode bimbingan mengaji, capaian perkembangan peserta didik, hambatan dan kendala dalam penerapan program bimbingan mengaji. Melalui penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan Manajemen Program Bimbingan Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Peserta Didik SMK NUFA Citra Mandiri. Program bimbingan mengaji di SMK NUFA Citra Mandiri merupakan sebuah program yang baru diterapkan bersifat wajib untuk seluruh peserta didik SMK NUFA Citra Mandiri bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada siswa/i untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an. Program ini mendapatkan dukungan dari ketua yayasan Nurul Falah dan juga wali murid SMK NUFA Citra Mandiri. Hasil menunjukkan bahwa bimbingan membaca Al-Qur`an peserta didik SMK NUFA Citra Mandiri belum bisa meningkatkan kemampuan siswa/i secara signifikan terutama pada tingkat dasar, karena pada praktiknya penggunaan metode membaca Al-Qur`an masih belum fokus dan kurang menyeluruh. Hal ini terlihat dari belum adanya kebijkan dalam metode baca Al-Qur`an yang harus diterapkan yang sesuai bagi seluruh peserta didik. Sedangkan bagi siswa/i potensial yang mempelajari Al-Qur`an, sebagian besar berhasil meningkat karena dipengaruhi oleh kegiatan diluar sekolah yang selalu rutin yaitu mengaji membaca Al-Qur`an
URGENSI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-HUDA KEBON JERUK JAKARTA BARAT) Susanto, Slamet; Saihu, Made; Nawawi, Muhammad Adlan
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda dan implikasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wali Kelas dan dua orang Guru mata pelajaran yang terdiri dari Guru bahasa indonesia dan Guru matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen kelas baik berupa pengaturan siswa maupun fasilitas fisik di dalam kelas di SMP Al-Huda sudah baik. Pendekatan manajemen kelas yang mampu meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda yaitu adalah pendekatan permisif, pendekatan instruksional, pendekatan perubahan perilaku, pendekatan sosioemosional dan pendekatan kerja kelompok. Sedangkan pendekatan otoriter dan pendekatan intimidasi tidak terlalu berpengaruh terhadap minat belajar siswa sedangkan pendekatan plural dan elektis sangat tergantung kepada waktu dan kondisi saat aplikasinya dan implikasi pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda juga sudah berjalan dengan baik dan benar sesuai prosedur manajemen kelas, baik secara teori maupun praktiknya di lapangan. Dan juga memberikan perubahan energi bagi siswa sehingga mereka lebih cenderung semangat dan minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas
LITERASI MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN KOHERENSINYA DENGAN KARAKTERISTIK ANAK USIA JENJANG SEKOLAH DASAR Fauji, Imam
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui muatan literasi membaca dalam kurikulum merdeka yang telah digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta mengkaji koherensinya dengan karakteristik anak usia jenjang sekolah dasar. Setelah penelitian ini selesai diharapkan agar dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan perencanaan, proses pembelajaran, maupun evaluasi dalam pembelajaran terutama dalam kajian terkait literasi membaca. Metodologi penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan verifikasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam tulisan ini adalah jenis penelitian perpustakaan (library search) dimana data yang diteliti meliputi peraturan perundang-undangan, peraturan menteri, buku siswa, buku guru, maupun dokumen lain yang relevan dengan penelitian. Muatan literasi ditemukan pada landasan utama kurikulum, kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Pada struktur kurikulum, literasi membaca masuk kedalam berbagai aspek mata pelajaran seperti pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan pancasila, bahasa Indonesia, matematika, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, seni budaya, dan bahasa Inggris. Setelah dilakukan pengamatan terhadap berbagai muatan literasi di dalam kurikulum merdeka maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa muatan literasi dalam kurikulum merdeka sudah ada dan saling berkaitan serta memiliki hubungan yang koheren dengan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar
KIKIR DALAM AL-QUR’AN MENURUT WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM TAFSIR AL-MUNIR Zufriyatun, Zufriyatun; Baharuddin, Raja; Santi, Nurvia; Meliza, Meliza
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemikiran Wahbah Az-Zuhaili tentang orang yang memiliki sifat kikir. Dimana pada dasarnya seseorang cenderung akan bersifat seperti itu apabila ia telah dijauhkan dari rahmat Allah swt, sehingga orang-orang yang bersifat kikir pada dasarnya ia yang terlalu cinta terhadap dunia, oleh sebab itulah apa yang dimilikinya dijaga agar tidak berkurang dan dimiliki orang lain. Selain itu, orang yang bersifat kikir disebabkan karena adanya perasaan takut dalam hati akan kemiskinan, sehingga dia akan menjaga sedemikian hartanya dengan sungguh-sungguh agar terhindar dari kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini agar setiap orang janganlah dan menjauhi sifat kikir tersebut sebagaimana penafsiran Wahbah Az-Zuhaili tentang sifat tersebut. Selain itu diharapkan agar setiap orang memahami bagaimana dan apa saja yang dianggap sebagai perbuatan kikir. Dengan begitu setiap orang akan terbiasa untuk hidup saling berbagi dan memiliki sifat kemanusiaan yang tinggi. Jenis penelitian ini adalah library research, yaitu usaha untuk memperoleh data dalam kepustakaan. Yaitu meneliti buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dan berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode maudhu’i. Yaitu dengan cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an yang mempunyai tujuan yang satu, yang sama-sama membahas topik tertentu dan menertibkannya sesuai dengan asbabun nuzulnya.
KHITBAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASI TERHADAP PERNIKAHAN MENURUT TAFSIR AL MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB Rahman, Mahadi; Muttaqin, Sufyan; Munawir, Munawir; Faozanah, Astri
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peminangan atau khitbah adalah suatu langkah pendahuluan menuju ke arah perjodohan antara seorang laki-laki dan perempuan. Dalam masyarakat terdapat kebiasaan pada waktu upacara peminangan, yaitu calon laki-laki memberikan sebagian maskawain atau pemberian lainya kepada calon perempuan seperti perhiasan dan yang lainnya sebagai tanda bahwa seseorang tersebut sungguh- sungguh berniat untuk melanjutkan jenjang pernikahan. Dalam surat al-Baqarah ayat 235 ini dijelaskan bahwa seorang laki-laki tidak boleh mengucapkan kata-kata sindiran maupun terang-terangan untuk meminang Wanita yang masih berada dalam masa iddahnya yang belum selesai, secara terang terangan denan lafadz ucapan yang jelas. Kemudian bolehnya menawarkan diri dengan sindiran atau ucapan yang tidak terang terangan. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengertian khitbah itu ada dua yaitu secara etimologis dan terminologi. Secara etimologis meminang atau melamar artinya (antara lain) “meminta wanita untuk dijadikan istri (bagi sendri atau orang lain), Sedangkan makna khitbah secara terminologi adalah suatu langkah pendahuluan menuju ke arah perjodohan antara seorang pria dan wanit. (2) Pelajaran dari ayat Al-Baqrah ayat 235 dalam tafsir Al-Misbah adalah Haramnya mengkhitbah (melamar) seorang wanita yang masih dalam masa iddahnya belum selesai ,kemudian dengan lafadz (ucapan yang jelas).Kemudian ,bolehnya menawarkan diri kepada Wanita tersebut dengan sindiran (isyarat) atau ucapan- ucapan yang tidak terang-terangan
ZARRAH DALAM AL-QUR'AN PERSPEKTIF TAFSIR ILMU KEMENTERIAN AGAMA RI Indramaya, Selpi; Muhith, Muhith; Junaidi, Junaidi; Busyairi, Busyairi
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada MI Al-Muhajirien Bekasi Sarnoto, Ahmad Zain
Statement: Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research reveals about madrasa management which can be interpreted as everything related to the management of the educational process to achieve predetermined goals, both short, medium and long term goals. The aim of this research is to determine the management of Ibtidaiyah madrasas in improving the quality of education, including: (1) Madrasah program planning; (2) Implementation of the Ibtidaiyah madrasah program and (3) Obstacles it faces. This research uses a qualitative approach with descriptive methods, data collection techniques are carried out through interview guidelines, observation guidelines and documentation studies. The research subjects were the head of the Ibtidaiyah madrasa and teachers at MI Al-Muhajirien Bekasi. The results of the research found: (1) Planning for the Madrasah Ibtidaiyah program includes: teaching programs, including: the need for teachers, division of teaching duties, procurement of textbooks, learning tools and teaching aids, procurement or development of madrasah Ibtidaiyah laboratories, procurement or development of libraries Ibtidaiyah madrasah, learning outcomes assessment system, and curricular activities; (2) Implementation of the Ibtidaiyah madrasah program, namely the strategy implemented to achieve an increase in the quality of education, including: program socialization, SWOT analysis, problem solving, quality improvement, and monitoring and evaluation of school program implementation; and (3) Obstacles in planning the Ibtidaiyah madrasah program, including lack of community participation and economic difficulties so that their support for school management is also low. It is hoped that supervisors will be able to direct and supervise the head of the Ibtidaiyah madrasah in improving the quality of education regarding the planning of the Ibtidaiyah madrasah program, implementation of the program and the obstacles they face in an appropriate, effective and efficient manner so that the quality of education in the Ibtidaiyah madrasah can be improved

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 2 (2025): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 15 No 1 (2025): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 14 No 2 (2024): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 14 No 1 (2024): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 2 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 2 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 6 No 1 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 2 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan More Issue