cover
Contact Name
Fitria Lestari
Contact Email
hipotenusajurnal@gmail.com
Phone
+6289655554860
Journal Mail Official
hipotenusajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No 14, Labuhan Ratu, Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
ISSN : 26210630     EISSN : 2723486X     DOI : 1036269
Core Subject : Education,
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education FKIP Universitas Muhammadiyah Lampung. Starting from 2020, HJRME would be published two times in a year (February & August). All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two National Reviewers through the double-blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA ERA DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA Titi Rohaeti; Desy Lusiyana
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v3i1.182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan kemandirian mahasiswa pendidikan matematika setelah implementasi blended learning dalam proses pembelajaran dalam era digital. Adapun metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan analisa data menggunakan prosentase. Subjek penelitiannya yaitu mahasiwa Pendidikan Matematika Semester 4 pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Matematika. Pengumpulan datanya dengan angket kuesioner menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total jawaban responden mengenai kecenderungan kemandirian belajar mahasiswa saat diterapkan blended learning adalah sebesar 83,85% yaitu berada pada kategori sangat positif.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK Tri Agusti Eliati
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v3i1.148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah dan mengetahui validitas, keterbacaan dan ketertarikan peserta didik terhadap LKPD, dan efektivitasnya terhadap self-efficacy peserta didik. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan skala self-efficacy berupa angket yang berisi 21 pernyataan dengan respon berdasarkan skala likert 0 sampai 10. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa, LKPD berbasis masalah termasuk dalam kategori baik. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis angket respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD dalam aspek tampilan berkategori sangat baik, aspek penyajian materi berkategori baik, dan dalam aspek manfaat berkategori baik. Hasil analisis data N-gain self-efficacy menunjukkan bahwa, peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis masalah (PBL) dengan peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis masalah (PBL) tidak terdapat berbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, LKPD tidak efektif dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik.Kata kunci: Self-efficacy, LKPD dan Masalah 
ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT DENGAN MODEL COMPUTER ASSITED INSRUCTION (CAI) Evan Farhan Puadi
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v3i1.156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika berbasis ICT beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengambilan data dilakukan di Kelas VII MTs N 3 Kuningan dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa Instrumen penelitian berupa angket sebanyak 20 item pernyataan berdasarkan 3 indikator, yaitu respon siswa terhadap media ICT yang diterapkan dalam pembelajaran, respon siswa saat mengikuti pembelajaran berbasis ICT, respon siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis ICT. Media yang digunakan adalah multimedia interaktif menggunakan Hipo Animator 5.. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melihat presentasi respon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran berbasis ICT. Hasil penelitian yang diperoleh yakni sebagain besar siswa dapat menggunakan media ICT sebanyak 72,5%, sebagian besar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sebanyak 80%, dan sebagain besar siswa termotivasi untuk mempelajari matematika setelah mengikuti pembelajaran berbasis ICT sebanyak 60%.
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA Mukhni Mukhni; Mirna Mirna; Khairani Khairani
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v3i1.181

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak. Pembelajaran matematika membutuhkan media agar konsep matematika dapat teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi lebih konkret bagi peserta didik. Namun, beberapa guru matematika tidak menggunakan media dalam pembelajaran, terutama media yang berbasiskan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru matematika menggunakan perangkat teknologi informasi sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Sampel penelitian adalah 35 guru matematika SMA di kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% guru matematika di Padang Pariaman belum memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran matematika di kelas.
KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN HANDS-ON ACTIVITY Iin Ariyanti
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v3i1.146

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Hands-On Activity dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen berupa angket kemandirian belajar matematik siswa yang terdiri dari 23 pernyataan (13 pernyataan positif dan 10 pernyataan negatif) dengan respon berdasarkan skala likert skor 1 sampai 4. Hasil yang diperoleh yaitu kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Hands-On Activity tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Akan tetapi, meskipun pencapaian kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Hands-On Activity tidak lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, jika Hands-On Activity ini secara konsisten diterapkan dalam pembelajaran maka bukan tidak mungkin akan memunculkan indikator kemandirian belajar dalam sikap siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5