cover
Contact Name
Hasby
Contact Email
hasby@unsam.ac.id
Phone
+6285261759275
Journal Mail Official
pend_kimia_fkip@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Langsa City, Aceh 24416
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2721902X     EISSN : 27219038     DOI : https://doi.org/10.33059/katalis.v4i1.3106
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember dengan isi sebanyak 6 artikel/volume atau 12 artikel/nomor terbit. Jurnal Katalis dirancang sebagai bentuk komitmen Program Studi Pendidikan Kimia dalam upaya memfasilitasi para peneliti, dosen, mahasiswa dan guru agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara daring dan cetak. Fokus kajian: 1. Pendidikan Kimia 2. Penelitian Kimia (kimia organik, biokimia, kimia anorganik, kimia fisik, kimia analitik, kimia lingkungan, dan kimia bahan alam) 3. Komputasi kimia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia" : 6 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIKTOK pada Materi Kesetimbangan Kimia Siti Azizah; Ratih Permana Sari; Hasby
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/katalis.v1i6.7914

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembang pesat di abad 21 saat ini, semua aspek dalam kehidupan juga ikut berkembang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran Abad 21 saat ini, membawa perubahan yang sangat pesat dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang mengakibatkan perubahan pola pembelajaran yang ditandai dengan perubahan kurikulum, media, dan teknologi. Selain itu, perubahan yang terjadi yaitu proses pembelajaran di sekolah harus mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu tuntutan pembelajaran abad 21 yaitu mengkombinasikan teknologi sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan adalah media pembelajaran berbasis TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan aplikasi TikTok serta menguji kelayakan media pembelajaran yang valid dan efektif bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap development dengan menguji coba skala kecil kepada peserta didik. Subjek dalam penelitian mengembangan media pembelajaran berbasis TikTok pada materi kesetimbangan kimia adalah ahli media, ahli materi, guru kimia dan peserta didik kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket validasi ahli, angket respon guru dan soal tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,3% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media memperoleh persentase sebesar 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”, respon guru diperoleh persentase sebesar 90 % dengan masuk kategori “Sangat Menarik” dan dari hasil penilaian peserta didik hasil pretest dan posttest rata-rata sebesar 40 dan 81. Dapat dilihat bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TikTok mengalami peningkatan. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis TikTok pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran.
Analisis RPS dan Bahan Ajar Buku Kimia Dasar Prodi Farmasi Berdasarkan Kurikulum KKNI Nurmaidasari; Nurfajriani; Murniaty Simorangkir
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/katalis.v1i6.7917

Abstract

Mata Kuliah kimia dasar merupakan mata kuliah dasar yang menjadi pengantar dan syarat mata kuliah Farmasi. Setiap mata kuliah di Universitas harus disusun Rencana pembelajaran semester (RPS) dan bahan ajar. RPS disusun sesuai dengan kurikulum KKNI dan untuk bahan ajar sesuai dengan BSNP dan prinsip KKNI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil analisis terhadap RPS dan bahan ajar pada mata kuliah kimia dasar Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh bahwa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan sudah menggunakan kurikulum KKNI tetapi belum maksimal, hal ini ditandai dari tugas yang diberikan ke Mahasiswa belum sesuai dengan KKNI, kemudian RPS yang disusun oleh prodi memiliki skor mutu dua, berada pada kategori baik dan perlu dilakukan revisi pada beberapa hal agar sesuai dengan kurikulum KKNI. Bahan ajar kimia dasar yang digunakan adalah buku referensi kimia dasar konsep-konsep inti karangan Raymond Chang Edisi ketiga jilid dua dan hasil validasinya sesuai standar BSNP berada pada skor rata-rata 3,6. Hal ini menunjukkan bahwa buku referensi yang digunakan sudah valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dan sesuai dengan KKNI.
Menkostruk Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Melalui PJBL Berbasis STEMC Ismi Zatya; Sulastri; Saminan
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/katalis.v1i6.7918

Abstract

Membangun jiwa kewirausahaan ke dalam diri peserta didik perlu dilakukan untuk membentuk kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menkonstruk jiwa kewirausahaan peserta didik dengan menerapkan project based learning berbasis STEMC. Penelitian terdiri dari 52 orang peserta didik kelas X IPA disalah satu SMAN Kota langsa. Jiwa kewirausahaan peserta didik diukur melalui angket kemudian diuji menggunakan paired sample t-test secara statistik dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model PjBL berbasis STEMC pada materi elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dilihat dari hasil taraf signifikan 0,000 dengan nilai sig <0.05 yang menunjukkan adanya perubahan secara signifikan dan hasil perhitungan N-gain skor rata-rata jiwa kewirausahaan yaitu 0,14. Proses Pembelajaran menggunakan model PjBL berbasis STEMC dapat membentuk pengetahuan awal dengan pengetahuan baru peserta didik dalam menciptakan produk kewirausahaan sehingga menkonstruk jiwa kewirausahaan dalam diri peserta didik
Analisis Implementasi Pembelajaran STEM pada Mata Pelajaran Kimia di Kota Langsa Aulia Khairunnisa; Maisyarafina; Putri Amanda; Hasby; Hasibuan, Molani Paulina
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/katalis.v1i6.7935

Abstract

STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering and Mathematics. Metode pembelajaran berbasis STEM merupakan suatu pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan untuk menyelesaikan suatu kasus. Pembelajaran STEM dalam pendidikan bertujuan untuk menuntut siswa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk mengenali pertanyaan dan tantangan dalam kehidupan mereka, menjelaskan fenomena alam, merencanakan serta membuat simpulan berdasarkan bukti pada mata pelajaran STEM. Pendidikan STEM menawarkan kesempatan kepada guru untuk memperkenalkan siswa pada berbagai konsep untuk mengajarkan materi pengajaran. Salah satunya adalah pendekatan STEM, yang dapat diintegrasikan ke dalam ilmu alam (termasuk kimia). Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuesioner dalam format tertulis dan digital dengan menggunakan Google Form. Selain kuesioner, penelitian ini memanfaatkan Teknik wawancara sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi tentang pemahaman guru tentang STEM, kurikulum sekolah, dan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah. Hasil keseluruhan yang diperoleh dari data faktor pendukung adalah 50%. Berdasarkan informasi kurikulum yang diberikan oleh para peneliti, 50% dicapai dalam bidang studi STEM. Dalam pendidikan STEM yang membentuk pembelajaran kimia, 13% kurikulumnya didedikasikan untuk pembelajaran STEM.
Analisis Penerapan Pendidikan STEM di Beberapa Negara Yuliana, Elsa; Hanifah Putri; Frisca Novita Adishy; Hasby; Hasibuan, Molani Paulina
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/katalis.v1i6.7940

Abstract

Dalam dunia Pendidikan terdapat banyak sekali pendekatan-pendekatan yang dapat meningkatkan keterampilan dan keaktifan siswa. Salah satu pendekatan yang sering digunakan yaitu pendekatan STEM. STEM merupakan suatu pendekatan dengan mengembangkan 4 disiplin ilmu sekaligus yaitu, Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), dan Matematika (Matchematics). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan STEM di berbagai negara, baik negara maju maupun negara berkembang seperti negara Indonesia, Singapura, Australia dan Amerika Serikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber pustaka yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah melalui jurnal internasional dan nasional yang diperoleh dari platform seperti Google Scholar, melalui tahapan pencarian literatur, seleksi studi dan penilaian kualitas. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan pendidikan STEM di negara Indonesia, Singapura, Australia dan Amerika Serikat mampu meningkatkan kualitas guru, siswa dan kualitas pendidikan di masing-masing negara tersebut.
Penerapan Penilaian Tutor Sebaya pada Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Israyati; Ratih Permana Sari
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 6 No 1 (2023): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/katalis.v1i6.8066

Abstract

Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi pengetahuan sesuai mata pelajaran yang diampunya, diharapkan dapat diimplementasikan oleh guru tersebut sewaktu ia berada di dalam kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan kemandirian Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kejuruan Muda pada Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Tutor Sebaya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas XI yang menerima materi laju reaksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument observasi RPS sesuai KKNI dan instrument penilaian tutor sebaya. Dari hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kemandirian belajar dapat dioptimalkan bagi peserta didik melalui penerapan tutor sebaya. Selain itu metode pembelajaran yang efektif dapat dilakukan bagi peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya. Tutor sebaya ini dapat terus dilakukan untuk pertemuan pembelajaran selanjutnya, meski materi pelajaran berbeda. Penilaian tutor sebaya sangat membantu untuk terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efisien karena peran guru menjadi berkurang, karena guru tidak lagi menjadi satu-satunya yang harus didengar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6