cover
Contact Name
Indra Jaya
Contact Email
jeal.fip@gmail.com
Phone
+6282318945440
Journal Mail Official
jeal.fip@gmail.com
Editorial Address
http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
ISSN : 27459691     EISSN : 27459683     DOI : https://doi.org/10.24036/jeal.v1i1
Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, kepemimpinan, pendidikan, pengajaran dan pembelajaran; Pendidikan (pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek dan inovasi pendidikan, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dan pembelajaran, penilaian)
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)" : 6 Documents clear
Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ramadhani, Latifa; Hadiyanto, Hadiyanto; Jasrial, Jasrial; Ermita, Ermita
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i4.292

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai persepsi guru tentang iklim sekolah di SMKN Se-Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Hiliran Gumanti dilihat dari indikator afiliasi, kenyamanan lingkungan, tanggung jawab, partisipasi siswa, kepercayaan, dan kelengkapan sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMKN Se-Kecamatan Lembah Gumanti dan Hiliran Gumanti yang berjumlah 96 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling dengan total sampel 52 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan model skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dengan taraf kepercayaan 5%. Data diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang: (a) afiliasi 4,0, (b) kenyamanan lingkungan 3,8, (c) tanggungjawab 4,3, (d) partisipasi siswa 3,7, (e) kepercayaan 4,2, (f) kelengkapan sarana dan prasarana 3,8. Secara keseluruhan persepsi guru tentang iklim SMKN se-Kecamatan Lembah Gumanti dan Hiliran Gumanti sudah berada pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 4,0.
Analisis Penyusunan Visi Misi Tujuan dan Program Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Monita, Dinda Fitri; Irsyad, Irsyad; anisah, Anisah; Sulastri, Sulastri
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i4.303

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses analisis penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah, pihak-pihak yang terlibat, serta faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Reduksi data digunakan untuk menganalisis dan menafsirkan fakta, dan penulisan naratif yang digunakan untuk menyebarkan data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite dan guru di SMKN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah akan melibatkan beberapa pihak yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, guru, komite, beberapa perusahaan, masyarakat sekitar dan perwakilan orangtua. Penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah dibuat dalam jangka waktu panjang, misalnya 5 tahun.
Kompetensi Professional Guru dalam Membentuk Konsep Diri Positif Siswa Madrasah Wita, Sepni; Nafis, Hasnan; Jaya, Indra
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i4.478

Abstract

Salah satu pihak yang mempengaruhi rendahnya kualitas pendidikan adalah guru. Tujuan penulisan ini yaitu membahas dan menganalisis suatu kajian mengenai pembinaan pendidik khususnya di bidang kompetensi profesioanal guru. Informannya adalah guru-guru tingkat madrasah tsanawiyah yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam ke informan. Analisis dilaksanakan secara mendalam berdasarkan data-data yang diperoleh baik dari data sekunder ataupun data primer. Data dianalisis secara deskriptif, sedangkan subjek yang diteliti adalah para guru yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, yang berada di bawah pengawasan Kementerian agama atau madrasah. Berdasarkan hasil analisis, rendahnya kualitas Pendidikan dan perlunya peningkatan pembinaan kompetensi guru professional guru, yang dapat dilakukan melalui beberapa cara pertama penyediaan waktu dan dana secara berkala untuk mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan yang dapat menunjang kinerja, kedua melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala, teratur dan tegas serta menindaklanjuti secara langsung hasil dari pengawasan dan evaluasi tersebut, ketiga memberikan target kepada para guru untuk menghasilkan suatu karya di bidang Pendidikan dan pembelajaran, minimal satu karya satu semester, dan keempat adanya program reward dan punishman dalam peningkatan professional guru
Kendala guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas rendah pada sekolah dasar Herlina, Silvia; Jaya, Indra
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i4.480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada masa Covid-19 di kelas rendah pada Sekolah Dasar Negeri 09 Ulakan Tapakis. Fokus penelitian yaitu tentang kendala guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi kendala guru kelas rendah dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa selama pandemi Covid-19 di SDN 09 Ulakan Tapakis. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang detail dan valid. Tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap hasil laporan, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan analisis data yang digunakan yaitu menjelaskan, menguraikan, dan menggambarkan sesuai permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pembelajaran daring di SDN 09 Ulakan Tapakis meliputi aspek sarana, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Guru menghadapi kesulitan dalam menyusun RPP berbasis daring dan luring serta menghadapi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif karena keterbatasan akses teknologi, sehingga memerlukan dukungan lebih kuat untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa secara efektif selama pandemi Covid-19
Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di sekolah menengah kejuruan Karneli, Yuni Novia; Santoso, Yulianto
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i4.483

Abstract

Dalam dunia pendidikan, tidak hanya menyediakan pendidikan formal saja namun didalamnya juga terdapat pendidikan non formal yang pelaksanaannya diluar jam pelajaran sekolah salah satunya yaitu ekstrakurikuler pramuka. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian tentang persepsii siswa terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SMK N 1 Ampek Nagari. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: aspek minat, aspek motivasi, aspek sikap, aspek perhatian, aspek apresiasi, aspek harapan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan populasi sebanyak 196 orang siswa di SMK N 1 Ampek Nagari. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dengan hasil uji coba validitas didapatkan 51 butir valid dan 3 butir tidak valid serta hasil uji coba reliabilitas r Hitung = 0,980 sedangkan r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 20 adalah 0,444. Jadi r Hitung > r tabel untuk Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka yaitu (0,980 > 0,444) penelitian Reliabel. Setelah itu, data penelitian dianalisis menggunakan rumus mean (rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK N 1 Ampek Nagari dilihat dari aspek minat dikategorikan baik, dari aspek sikap dikategori baik, dari aspek motivasi dikategorikan cukup baik, dari aspek perhatian dikategorikan cukup baik, dari aspek apresiasi dikategorikan baik, dari aspek harapan dikategorikan baik. Sehingga secara keseluruhan hasil pengelolaan data mengenai persepsi siswa terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SMK N 1 Ampek Nagari adalah 3,6 dikategorikan baik.
Analisis keterkaitan kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Fitri, Melni Gusva; Nellitawati, Nellitawati
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 4 (2024): Vol 4 Issue 4 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i4.484

Abstract

Kepemimpinan dan komitmen kerja guru merupakan dua variabel penting yang perlu diteliti dalam ilmu administrasi pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi komitmen kerja guru, salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang komitmen kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, serta hubungan antara keduanya di SMK Negeri se-Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yang mencoba melihat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen kerja guru. Sampel penelitian diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komitmen kerja guru berada pada kategori tinggi, kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori baik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang kuat dengan komitmen kerja guru di SMK Negeri se-Kabupaten Solok Selatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6