cover
Contact Name
Nika Saputra
Contact Email
ekonomi@unespadang.ac.id
Phone
+6281380329732
Journal Mail Official
ekonomi@unespadang.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No.26B, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Matua Jurnal
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 23550376     EISSN : 25568322     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, analitis, maupun hasil penelitian di bidang ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)" : 15 Documents clear
PENGARUH SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT.NINDYA KENCANA KSO PADANG PARIAMAN Taufik Hidayat; Bakkareng; Susi Yuliastanty
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Pt.Nindya Kencana Kso Padang Pariaman Dimana Variable X Adalah Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Variabel Dependen Adalah Kinerja Pegawai Di Pt.Nindya Kencana Kso Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F . Hasil dari Penelitian Variable Sistem Manajemen Kesalamatan memiliki t hitung(-0,776) < t tabel (1,990) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,440>0,05. Hal ini berarti bahwa H1 ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Manajemen Kesalamatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai di PT. Nindya Kencana KSO Padang PariamanVariable Kesehatan Kerja memiliki t hitung(11,499) > t tabel (1,990) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H2 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Kesehatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai di PT. Nindya Kencana KSO Padang Pariaman.Dari tabel tersebut diketahui nilai F hitung 91,524 yang lebih besar dari nilai F tabel sebesar3,11(lihat lampiran tabel F) dan nilai probabilitas yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0,000b lebih kecil dari α (5%). Hal ini berarti bahwa H3 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Manajemen Kesalamatan dan Kesehatan Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Pegawai.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BAJU BATIK DI TOKO “FLORENSIA” KOTA SAWAHLUNTO Alyssa Milano; Agus Sutardjo; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian baju batik di toko “florensia” Kota Sawahlunto. dimana Variable X Adalah Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Variabel Dependen Adalah Keputusan Pembelian baju batik di toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Populasi penelitian ini adalah 899 dan sampel 91 responden. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian Kualitas Produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel Kualitas Produk, Harga dan Promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa harga, kualitas produk dan promosi memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menarik minat konsumen untuk membeli baju batik di toko “florensia” Kota Sawahlunto. Oleh karena itu perusahaan perlu mempertahankan citra yang selama ini sudah terbentuk dan mengembangkan inovasi-inovasi baru yang berbeda
PENGARUH KAREKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS DAERAH SIJUJUNG Vino Nandio Mahendra; Agussalim M; Nova Begawati
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Indikator manakah yang dominan pada Budaya Organisasi terhadap Kinerja karyawan Kantor Pos (Persero) Kantor Pos Daerah Sijujung , 2. Apakah Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Kinerja karyawan Kantor Pos (Persero) Kantor Pos Daerah Sijujung. Pada penelitian ini penulis mengunakan kuesioner dan observasi ,populasi berjumlah 45 orang dan sampel yang diambil dengan mengunakan tektik total sampling, sehingga sampel berjumlah 45 orang. Metode analisis regresi linear sederhana , koefisien determinan dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menujukan: 1. Indikator manakah yang dominan Kinerja Karyawan memiliki Nilai TCR pada indikator Kuantitas kerja dan variabel Karakteristik Budaya Organisasi memiliki Nilai TCR tertinggi didapatkan pada indikator Orentasi Team 2. Variabel Karakteristik Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Pada Kantor Pos (Persero) Kantor Pos Daerah Sijunjung. kontribusi pengaruh Karakteristik Budaya Organisasi terhadap kinerja karyawan di Pada Kantor Pos (Persero) Kantor Pos Daerah Sijunjung sebesar 59,40% sedangkan sisanya 40,60% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti pengalaman kerja, motivasi, kompetensi dan lainnya
ANALISA PENGARUH BIAYA PENGOBATAN, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS INDERAPURA KABUPATEN PESISIR SELATAN Yedo Yendra; Salfadri; Yulistia
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh biaya pengobatan, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas inderapura kabupaten pesisir selatan. Dimana Variable X1 Adalah biaya pengobatan , X2 fasilitas, X3 kualitas pelayanan Variabel Dependen Adalah Kepuasan Pasien. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F . Hasil dari Penelitian Variable biaya pengobatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien/konsumen variable fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien/konsumen. Variable Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien/ Konsumen Variabel Biaya Pengobatan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien/Konsumen Pada Puskesmas Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan. Kontribusi pengaruh Biaya Pengobatan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien/ Konsumen sebesar 73,8% sedangkan sisanya 26,20% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKO NERACA SHOES CABANG PERMINDO PADANG Nurul Azzahra; Jhon Rinaldo; Tifani Ratu Firdaus
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Neraca Shoes cabang Permindo Padang secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survey dengan menyebarkan kuiesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Neraca Shoes Padang sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah incidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan program SPSS. Berdasarkan hasil uji secara parsial, Kualitas pelayanan, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Neraca Shoes Cabang Permindo Padang. Pada pengujian secara simultan, kualitas pelayanan, harga, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Neraca Shoes Cabang Permindo Padang. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan lokasi mampu menjelaskan perubahan keputusan pembelian konsumen di toko Neraca Shoes Cabang Permindo Padang sebesar 59,4% sisanya 40,6 dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MINI MARKET WIRDA KOTA PADANG Maharesta Lutfhiana Nofindri; Agus Sutarjo; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh harga secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 2) pengaruh lokasi secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 3) pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening. 4) pengaruh lokasi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening. 5) pengaruh kepuasan konsumen secara langsung terhadap loyalitas konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan kuiesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah berbelanja di Mini Market Wirda Padang lebih dari 2 kali sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan program SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis, disimpulkan bahwa 1) Harga berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 2) Lokasi berpengaruh tapi tidak secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 3) Harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. 4) Lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen. 5) Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas konsumen
PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PUSKESMAS INDERAPURA PESISIR SELATAN Sefriyan Riefky; Rice Haryati; Meri Dwi Anggraini
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalisis Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Penelitian dilakukan pada Puskesmas Inderapura Pesisir Selatan. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah random sampling dan didapat sebanyak 56 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner kepada karyawan puskesmas inderapura pesisir selatan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear dengan variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 2. Konflik kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 3. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 4. Konflik kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada puskesmas inderapura. 5. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 6. Stres kerja mempunyai hubungan tidak langung terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. 7. Konflik kerja mempunyai hubungan tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN Lira Netriadi; Salfadri; Tifani Ratu Firdaus
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pasien. Dengan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas sebagai variabel independen dan kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori, populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah berobat di Puskesmas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 4900 orang. Analisis data yang digunakan adalah Regresi linier berganda, uji instrument dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian kualitas pelayanan memiliki nilai t hitung 2,968 > t tabel 1,66123 ( sig. 0,0004 < 0,05) harga memiliki nilai t hitung 5,320 > t tabel 1,66123 ( sig. 0,000 > 0,05) fasilitas memiliki nilai t hitung 3,715 > t tabel 1,66123 ( sig. 0,000 < 0,05) yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dan secara simultan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dibuktikan dengan besar F hitung sebesar 62,566 > F tabel 3,94 dengan nilai sig. F (0,000 < 0,05).
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK PADANG: Studi Kasus Konsumen Indihome Mutia Amanda Ahmad; Agussalim M; Meri Dwi Anggraini
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini ada 40.013 konsumen dengan sampel sebanyak 100 konsumen. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, didapatkan variabel Kualitas Pelayanan (X) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK Padang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai t hitung dari variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 5.714 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.98447. Sehingga t hitung > t tabel dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000 < 0,05 jadi Ho ditolak Ha diterima
PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT.TRANSMART KOTA PADANG Yuriani Gori Ndruru; Jhon Rinaldo; Yulistia
Matua Jurnal Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan,kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan.Dengan kepercayaan,kualitas produk dan harga sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan pelanggan sebagai variabel dependen.populasi dalam penelitian ini adalah PT.Transmart kota Padang periode tahun 2019 selama satu tahun yang berjumlah 1.830.725 orang.Analisis data yang digunakan adalah Regresi linear berganda,uji instrumen dan uji asumsi klasik.Hasil penelitian kepercayaan memiliki nilai t hitung 2,084 > t tabel 1,663 (sig=0,040<0,05) kualitas produk memiliki nilai t hitung 2,698 > t tabel 1,663 (sig=0,008<0,05) harga memiliki nilai t hitung 3,478> tabel 1,663 (sig=0,001<0,05) yang menunjukan bahwa kepercayaan,kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara simultan kepercayaan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Dibuktikan dengan besar F hitung sebesar 50.369 > F tabel 3.95 dengan nilai sig F (0,000 < 0,05).

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 4 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2023) Vol. 5 No. 3 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2023) Vol. 5 No. 2 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2023) Vol. 5 No. 1 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2023) Vol. 4 No. 4 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2022) Vol. 4 No. 3 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2022) Vol. 4 No. 2 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2022) Vol. 4 No. 1 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2022) Vol. 3 No. 4 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2021) Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021) Vol. 3 No. 2 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2021) Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021) Vol. 2 No. 2 (2020): Vol. 2 No. 2 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Jun Vol. 2 No. 4 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2020) Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020) Vol. 2 No. 1 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2020) Vol. 1 No. 2 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2019) Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019) More Issue