cover
Contact Name
Nika Saputra
Contact Email
ekonomi@unespadang.ac.id
Phone
+6281380329732
Journal Mail Official
ekonomi@unespadang.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No.26B, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Matua Jurnal
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 23550376     EISSN : 25568322     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, analitis, maupun hasil penelitian di bidang ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)" : 15 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PRODUK ALAT-ALAT KESEHATAN PADA PT. TIRTA MEDICAL INDONESIA CABANG PADANG Citra Aina Ulyah mj; Salfadri; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Alat-Alat Kesehatan pada PT. Tirta Medical Indonesia Cabang Padang Dimana Variable X Adalah Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Variabel Dependen Adalah Minat Beli Konsumen Produk Alat-Alat Kesehatan pada PT. Tirta Medical Indonesia Cabang Padang. Populasi penelitian ini adalah 10.471 dan sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan Metode Analisis yang digunakan Regresi Berganda, Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Promosi berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, variabel Kualitas Produk, Harga, dan Promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen
PENGARUH KUALITAS KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) DI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI Beatrik Hutauruk; Agus Sutardjo; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kualitas kerja, komitmen kerja dan penilaian prestasi kerja, dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas kerja dan komitmen kerja terhadap penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai baik secara persial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kepulauan Mentawai Sebanyak 38 orang atau 38 sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 2) Komitmen Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 3) Kualitas Kerja dan Komitmen Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 4) Berdasarkan koefisien determinasi diketahui pengaruh Kualitas Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebesar 64,3% sedangkan sisanya 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain
PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI PEGAWAI TELKOM SUMBAR PERIODE 2013-2018 Citra Aprilia Ariesta Putri; Agussalim M; Meri Dwi Anggraini
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Koperasi Pegawai Telkom Sumbar Periode 2013-2018. Dimana variable X1 adalah Perputaran Ka, X2 Perputaran Piutang dan X3 Perputaran Persediaan variabel dependen adalah Rentabilitas Ekonomi Pada Koperasi Pegawai Telkom Sumbar Periode 2013-2018. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari Uji Normalitas,Uji Multikulieoritas, Uji Heroskadisitas,uji autokorelasi dan Uji Regresi Berganda, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian perputaran kas berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi. Perputaran piutang berpengaruh negatif signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi. Perputaran pesediaan berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi. perputaran kas, Perputaran piutang dan Perputaran persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi. kontribusi pengaruh perputaran kas, Perputaran piutang dan Perputaran persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomi sebesar 99,5% sedangkan sisanya 0,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini
PENGARUH MARKETING MIX DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOPI PADA KAFE KOPI SEDUH PADANG Jacky Pratama Putra; Salfadri; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Marketing Mix dan Ekuitas Merek terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang Dimana Variable X Adalah Produk, Harga, Promosi, Distribusi dan Ekuitas Merek Variabel Dependen Adalah keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F . Hasil dari Penelitian Variable Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang, Variable Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang,. Variable Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang . Variable Distribusi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang. Variable Ekuitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang, Produk, Harga, Promosi, Distribusi dan Ekuitas Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kafe Kopi Seduh Padang
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG : Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Rahmat Tulhalim; Bakkareng; Delvianti
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program studi manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Unes angkatan 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 887 mahasiswa, dengan 90 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis menggunakan model regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Biaya Pendidikan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Prospek Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Citra Prodi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Status Akreditasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Fasilitas Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Kualitas Dosen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa. Minat, Biaya pendidikan, Prospek Kerja, Citra Prodi, Status Akreditasi, Fasilitas Pendidikan dan Kualitas Dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG PADANG Andika Pratama; Bakkareng; Tifani Ratu Firdaus
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya dibidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Penelitian ini penting untuk melihat sejauh mana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator paling dominan dari kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen BPJS Kesehatan cabang Padang, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen BPJS Kesehatan cabang Padang. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan TCR, analisis regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Indikator dominan dari dimensi kualitas pelayanan adalah indikator jaminan. Sedangkan Indikator dominan dari variabel kepuasan konsumen adalah kecepatan transaksi. Pada pengujian hipotesis, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen BPJS Kesehatan Cabang Padang. Besarnya kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di BPJS Kesehatan Cabang Padang adalah 60,8% sedangkan sisanya 39,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
ANALISIS PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BUMIPUTERA CABANG DR. SUTOMO PADANG Indah Fitriana; Agussalim M; Delvianti
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bumiputera Cabang Dr. Sutomo Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Populasi dalam penelitian ini ada 40 orang karyawan dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : Variabel stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kontribusi persentase sumbangan variabel independen stres kerja (X) terhadap variabel dependen kinerja karyawan (Y) sebesar 72,9%, Sedangkan sisanya sebesar 27,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti motivasi kerja, kompensasi, gaya kepemimpinan dan yang lainnya.
PENGARUH PENILAIAN PRESTASI KERJA DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA POLTEKKES KEMENTERIAN KESEHATAN RI PADANG Riki; Agussalim M; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap semangat kerja karyawan, ada atau tidaknya pengaruh promosi jabatan terhadap semangat kerja karyawan dan ada atau tidaknya pengaruh penilaian prestasi kerja dan promosi jabatan terhadap semangat kerja karyawan di Poltekkes Kemenkes RI-padang, kemudian untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh antara ke dua variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat maka peneliti mengumpulkan data primer yang berupa kuesioner yang disebar di dalam perusahaan atau organisasi kepada karyawan, kemudian data sekunder yang peneliti ambil dari studi kepustakaan yaitu melalui buku literature, buku catatan, dan jurnal. Tugas Akhir ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, di mana hasil yang diperoleh adalah hasil angka atau bilangan, kemudian metode statistik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, metode deskriptif, uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, dan uji T dan uji F. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, ditemukan pengaruh penilaian prestasi kerja dan promosi jabatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan di poltekkes kemenkes RI-Padang.
ANALISA STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN GANESHA OPERATION DIKOTA SOLOK Rahmadani Herita; Bakkareng; Yulistia
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Jumlah Konsumen Pada Lembaga Pendidikan Ganesha Operation Dikota Solok. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Populasi dalam penelitian sebanyak 270 orang dengan sampel sebanyak 73 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, matriks faktor strategi eksternal, matriks faktor strategi internal, kuisioner riset SWOT dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil analisa lingkungan internal yang terdiri dari faktor kekuatan dan faktor kelemahan pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation seperti kekuatan pada konsep belajar yang hanya dimiliki oleh Ganesha Operation dan kelemahan pada sarana – prasarana yang bisa dibilang kurang memadai sehingga didapatkan jumlah nilai IFAS Ganesha Operation Kota Solok sebanyak 3,25. Untuk lingkungan eksternal yang terdiri dari faktor peluang dan faktor ancaman pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation seperti peluang untuk memperluas pangsa pasar dan ancaman dari munculnya lembaga bimbingan belajar sejenis disekitar perusahaan sehingga didapatkan jumlah nilai EFAS Ganesha Operation Kota Solok sebanyak 2,85. Hasil analisa kuadran yang didapatkan dari matriks IFAS yaitu pengurangan total hasil kekuatan dengan total hasil kelemahan sebesar 0,06 dan matriks EFAS yaitu pengurangan dari total hasil peluang dengan total hasil ancaman sebesar 0,01 yang menghasilkan kondisi perusahaan berasa pada kuadran I sehingga didapatkan strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). Hasil matriks SWOT strategi yang baik digunakan oleh bimbingan belajar Ganesha Operation Kota Solok adalah Strategi SO dimana perusahaan menonjolkan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada dengan maksimal. Setelah dipetakan pada matriks IE, didapatkan bahwa total skor untuk faktor strategi internal berada di posisi kuat, sedangkan untuk faktor strategi eksternal berada di posisi tinggi, sehingga berada di sel IV yaitu pada kondisi tumbuh dan kembangkan yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang untuk berkembang sebaik - baiknya
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. BUMI SARIMAS INDONESIA KABUPATEN PADANG PARIAMAN Siska Vebrianis; Agussalim M; Rice Haryati
Matua Jurnal Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengidentifikasi indikator-indikator yang dominan dalam Budaya Organisasi serta Kepuasan kerja di PT. Bumi Sarimas Indonesia Kabupaten Padang Pariaman; (2) Untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja pada PT. Bumi Sarimas Indonesia Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini memakai populasi karyawan PT. Bumi Sarimas Indonesia Kabupaten Padang Pariaman. Sampel penelitian ini adalah memakai total sampling berjumlah 40 responden. Metode analisis yang dipakai ialah deskriptif, regresi sederhana, uji t, serta koefisien determinasi. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator dominan dari budaya organisasi yaitu kedisiplinan dengan nilai TCR sebesar 79,0%. Indikator yang paling dominan pada kepuasan kerja yaitu kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan dengan nilai TCR sebesar 70,3%. Hasil regresi linier menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Bumi Sarimas Indonesia Kabupaten Padang Pariaman. Kontribusi pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja adalah 16,4% dan sisanya 83,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penelitian.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 4 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2023) Vol. 5 No. 3 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2023) Vol. 5 No. 2 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2023) Vol. 5 No. 1 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2023) Vol. 4 No. 4 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2022) Vol. 4 No. 3 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2022) Vol. 4 No. 2 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2022) Vol. 4 No. 1 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2022) Vol. 3 No. 4 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2021) Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021) Vol. 3 No. 2 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2021) Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021) Vol. 2 No. 2 (2020): Vol. 2 No. 2 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Jun Vol. 2 No. 4 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2020) Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020) Vol. 2 No. 1 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2020) Vol. 1 No. 2 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2019) Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019) More Issue