cover
Contact Name
Agustiawan
Contact Email
lib@isi.ac.id
Phone
+6281578418927
Journal Mail Official
lib@isi.ac.id
Editorial Address
UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta Jalan Parangtritis KM. 6,5 Yogyakarta 55188
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan
ISSN : 28081641     EISSN : 2808151X     DOI : https://doi.org/10.24821/jap.v1i1
Jurnal Abdi Pustaka merupakan jurnal yang diterbitkan oleh UPT Perpustakaan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dipublikasikan kali pertama pada tahun 2021, Jurnal Abdi Pustaka adalah jurnal hasil pemikiran, gagasan, dan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan kearsipan. Sebelum diterbitkan setiap artikel yang masuk akan melalui proses penelaahan oleh reviewer yang mempunyai kompetensi di bidang perpustakaan dan kearsipan yang berasal dari berbagai institusi. Jurnal Abdi Pustaka terbit dua kali setiap tahunnya yakni Juni dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022" : 5 Documents clear
Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni di Tengah Pandemi: Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Agung Hartono
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v2i1.6987

Abstract

Penelitian ini membahas tentang evaluasi layanan perpustakaan perguruan tinggi seni ditengah pandemi dengan mengambil studi kasus layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan layanan digital yang dilakukan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data yang penulis adalah analisis data menggunakan teori evaluasi. Layanan perpustakaan dalam jaringan (daring) menjadi solusi layanan yang tepat di masa pandemi Covid-19. Kebijakan layanan daring tersebut direspon oleh pemustaka dengan beragam pendapat dan saran. Dari evaluasi yang dilakukan pemustaka menghendaki layanan daring tetap dijalankan dengan terus berupaya mencari inovasi layanan yang berbasis teknologi digital agar dapat diakses pemustaka secara murah dan dapat dijalankan dimanapun dan kapanpun. Selain terdapat keunggulan, juga terdapat kekurangan atau hambatan yang dijumpai seperti dibutuhkan adaptasi layanan, pemustaka kurang leluasa dalam hal akses informasi, masih banyak ditemui koleksi perpustakaan yang belum digitalkan meskipun sekarang ini informasi dalam bentuk elektronik (e-resources) telah menjadi kebutuhan. Terdapat usulan dari pemustaka tentang peningkatan kualitas layanan di tengah pandemi. Seperti ada yang mengusulkan layanan yang berbasis aplikasi layanan. Muncul pula harapan pemustaka agar semakin banyak database perpustakaan yang terhubung melalui sumber-sumber informasi elektronik (e-resources). Evaluation of College of Arts Library Services amid a Pandemic: Case Study of UPT ISI Yogyakarta Library Services. This study discusses the evaluation of art college library services amid a pandemic by taking a case study of the services of the ISI Yogyakarta UPT Library. The method used is descriptive with a qualitative approach. This study aimed to evaluate the implementation of digital services carried out by UPT ISI Yogyakarta Library. Data collection methods used in this study were observation, interviews and documentation. Test the validity of the data used is a triangulation technique. The writer's data analysis is data analysis using evaluation theory. Online library services are the right service solution during the Covid-19 pandemic. Users with various opinions and suggestions responded to the online service policy. From the evaluation carried out by users, they want online services to continue to run by looking for service innovations based on digital technology so that users can access them cheaply and run anywhere and anytime. In addition to the advantages, there are also shortcomings or obstacles encountered, such as the need for service adaptation, users being less flexible in terms of access to information, and there are still many library collections that have not been digitized. However, now information in electronic form (e-resources) has become a necessity. Users have suggestions about improving the quality of services amid a pandemic, like someone who proposes a service application-based service. There is also the expectation of users that more and more library databases will be connected through electronic information sources (e-resources).
Pengolahan Bahan Pustaka pada Perpustakaan Irreplaceable Books Hana Ariefa Adzhana; Evi Nursanti Rukmana; Asep Saeful Rohman
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v2i1.6355

Abstract

Banyak perpustakaan dan taman bacaan belum menggunakan sistem katalogisasi berbasis komputer. Hal ini disebabkan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia yang kurang memadai untuk melaksanakan sistem katalogisasi otomasi. Kasus ini banyak terjadi di perpustakaan kecil dan taman bacaan di pinggiran kota. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menerapkan sistem katalogisasi di perpustakaan yang belum menggunakan sistem katalogisasi terotomasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi literatur. Kegiatan katalogisasi dilakukan di perpustakaan Irreplaceable Books yang sebelumnya belum terkelola dengan menggunakan Senayan Library Management System atau SLiMS. Perpustakaan kecil maupun taman bacaan di pinggiran kota juga dapat mengelola bahan pustakanya secara digital sehingga dapat memudahkan sistem temu kembali informasi. Library Material Processing In Irreplaceable Books Library. Many libraries and reading gardens still do not use a computer-based or digital cataloguing system out there. The lack of adequate means to implement a digital cataloguing system and the lack of qualified human resources to implement a digital cataloguing system are reasons why quite a lot, especially in small libraries and reading parks located on the outskirts of the city. This research was conducted to carry out and implement a cataloguing system in a library that has not managed its library materials using a cataloguing system. This study used descriptive qualitative research methods, with data collection techniques in the form of observations, interviews, and literature studies. Cataloguing activities are carried out at the Irreplaceable Books library, whose library materials have not been managed using the Senayan Library Management System or SLiMS. Small libraries or reading parks on the outskirts of the city can also manage their library materials digitally to be used more efficiently.
Penerapan Aplikasi SLiMS 9 versi Bulian Untuk Mewujudkan Katalog Elektronik di Perpustakaan SMAN 1 Cicalengka Silfi Rabani; Evi Nursanti Rukmana; Asep Saeful Rohman
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v2i1.6425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem katalogisasi yang diterapkan di perpustakaan SMAN 1 Cicalengka. Hal ini dilatarbelakangi karena pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia selama hampir dua tahun. Semua aspek kehidupan terus berjuang agar tetap bertahan ditengah pandemi virus Covid-19 sehingga kehidupan terus berjalan. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi juga melakukan hal ini. Meski ditengah pembatasan sosial, perpustakaan harus tetap melayani para pemustaka sehingga dapat terus memenuhi kebutuhan informasi. Pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting dan dapat menjadi solusi dalam memberikan layanan pemustaka dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan SMAN 1 Cicalengka belum menerapkan otomasi dan katalogisasi elektronik di perpustakaan. Hal ini disebabkan karena perpustakaan belum memiliki SDM yang mendukung untuk melaksanakan katalogisasi dan otomasi. Tidak adanya staf lulusan ilmu perpustakaan menjadi salah satu alasan belum diterapkannya otomasi perpustakaan dan belum adanya katalog elektronik. Dengan melakukan penelitian ini, penulis berharap dapat memberikan solusi bagi para pustakawan di SMAN 1 Cicalengka sehingga dapat melakukan otomasi perpustakaan dan dapat mewujudkan katalogisasi elektronik dengan memanfaatkan aplikasi SLiMS 9 versi Bulian. Application of the Bulian version of the SLiMS 9 Application to Create an Electronic Catalog at the Library of SMAN 1 Cicalengka. This study aims to determine the cataloguing system applied in the library of SMAN 1 Cicalengka. The Covid-19 pandemic has hit the whole world for almost two years. All aspects of life continue to struggle to survive amid the Covid-19 virus pandemic, so life continues. Libraries as information providers also do this. Even amid social restrictions, libraries must continue to serve their users to continue to meet their information needs. The use of technology is crucial and can be a solution in providing user services during the Covid-19 pandemic. The research method used is descriptive qualitative research, data collection is done by interview. The results showed that the library of SMAN 1 Cicalengka had not implemented automation and electronic cataloguing in the library. The library does not yet have human resources to support cataloguing and automation. The absence of library science graduates is one of the reasons why library automation has not been implemented, and there is no electronic catalogue. By conducting this research, the authors hope to provide a solution for librarians at SMAN 1 Cicalengka to automate the library and realize electronic cataloguing by utilizing the Bulian version of the SLiMS 9 application.
Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi Sri Endarti
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v2i1.6990

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat penyimpanan ilmu dan informasi. Peran dan fungsi perpustakaan adalah ikut mendorong kemajuan dan peningkatan kecerdasan masyarakat. Fasilitas dan sarana perpustakaan dapat mendorong kreativitas, menambah wawasan, serta dapat digunakan sebagai tempat wisata ilmiah. Wisata informasi di perpustakaan selain menambah pengetahuan juga dapat memberikan kesenangan bersifat menghibur. Tulisan ini membahas peran dan fungsi perpustakaan sebagai tempat rekreasi informasi. Libraries as Information Recreation Area. The library is a place to store knowledge and information. The role and function of the library are to participate in encouraging the progress and improvement of people's intelligence. Library facilities and facilities can promote creativity, add insight, and be used as a scientific tourist spot. Information tours in the library, in addition to increasing knowledge, can also provide entertaining pleasure. This paper discusses the role and function of the library as a place for information recreation.
Analisis Similarity/Kemiripan Artikel Jurnal Online Terbitan Tahun 2019-2020 Di ISI Yogyakarta Agustiawan Agustiawan
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 2, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v2i1.6984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat similarity/ kemiripan artikel jurnal online terbitan tahun 2019-2020 di ISI Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi penerbit jurnal, bagi para penulis/author artikel jurnal, dan para penentu kebijakan di ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode tes yang digunakan untuk menguji tingkat similarity/ kemiripan pada artikel jurnal online di ISI Yogyakarta dengan aplikasi turnitin. Untuk mengukur tingkat similarity/ kemiripan artikel jurnal online di ISI Yogyakarta ditetapkan rentang skala pengukuran berdasarkan presentase (0-100%) dari nilai similarity. Penulis menetapkan sampel penelitian dari artikel yang diterbitkan 23 jurnal online di ISI Yogyakarta yang terbit periode tahun 2019 sampai dengan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa artikel jurnal online di ISI Yogyakarta yang terbit pada tahun 2019 ada 256 artikel dan yang terbit pada tahun 2020 ada 251 artikel. Dari artikel tahun 2019 dan 2020 diambil nilai rata-ratanya tertinggi 76,92% pada tingkat similarity 1-24% atau kategori Low degree of similarity. Berdasarkan nilai tingkatan ini dapat disimpulkan bahwa artikel jurnal online di ISI Yogyakarta yang terbit pada tahun 2019 dan 2020 mempunyai tingkat similarity rendah.  Similarity Analysis/Similarity of Online Journal Articles Published in 2019-2020 at ISI Yogyakarta. This study aims to find the similarity/similarity of online journal articles published in 2019-2020 in  ISI  Yogyakarta. The results of this study can be evaluation material for journal publishers, authors /authors of journal articles, and policymakers at ISI Yogyakarta. This study used a test method to test similarity levels in online journal articles in ISI Yogyakarta with the Turnitin application. To measure the similarity/similarity level of online journal articles in ISI Yogyakarta, set a range of measurement scales based on the percentage (0-100%) of similarity values. In this study, the authors determined the study sample was an article published in 23  online journals ISI Yogyakarta published in 2019 to 2020. From the research results,  it is known that articles in online journals in ISI Yogyakarta published in 2019 were 256 articles and published in  2020  there were 251  articles. From 2019 and 2020, if taken, the highest average value is 76.92% at the similarity level of 1-24% or the Low degree of similarity category so that based on the value of the level ini, it can be concluded that online journal articles in ISI Yogyakarta published in 2019 and 2020 have low similarity  rates.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5