cover
Contact Name
Ahmad Sandi
Contact Email
sandiaj74@gmail.com
Phone
+6285333974798
Journal Mail Official
jurnal.penkomi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tandean, Mande, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
ISSN : 26853132     EISSN : 26146002     DOI : https://doi.org/10.33627/pk.v2i1
Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang pendidikan dan ekonomi.
Articles 39 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi" : 39 Documents clear
ANALISIS AKAD MURABAHAH TERHADAP PEMBIAYAAN KPR BTN BERSUBSIDI IBDI BANK BTN SYARIAH Faradhiba, Yulia; Bahri, Andi; Damirah, Damirah; Muliati, Hj.; Semaun, Hj. Syahriyah
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2274

Abstract

In BTN Sejahtera iB KPR financing, one of the obligations given by the bank to subsidized Sharia KPR customers is to pay home ownership credit before the 20th of each month. In providing subsidized Sharia KPR financing, BTN Syariah Parepare collaborates with subsidized housing in Parepare City. The aim of this research is to analyze murabahah contracts for sharia mortgage financing for subsidized housing, a case study at Bank BTN Syariah Parepare. This study used qualitative research methods. The location of this research is Bank BTN Syariah Parepare City Branch. The interviewees were 3 people from marketing at Bank BTN Syariah, Parepare City and 10 customers of Bank BTN Syariah, Parepare City, who took subsidized mortgages. The data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that the forms of financing at the BTN Syariah Bank in the city of Parepare are divided into three, namely FLPP (Housing Financing Liquidity Facility), Public Housing Savings (TAPERA), and Savings-based housing financing assistance (BP2BT). Where Islamic banks provide financing with the aim of obtaining income and helping customers or other communities who need these financing funds in developing their various businesses so that the economy becomes prosperous
PENGARUH SELEBGRAM ENDORSE ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN NIASOO WOMEN FASHION Zuhdi, M.Afan; Haryanti, Intisari; Purnama, Ita
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh Selebgram endorse terhadap minat beli konsumen pada niasoo women fashion Untuk mengetahui pengaruh Electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen pada niasoo women fashion Untuk mengetahui pengaruh Selebgram endorse dan Electronic word of mouth secara simultan terhadap minat beli konsumen pada niasoo women fashion.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih.Sugiyono, (2019). Penelitian asosiatif ini digunakan untuk mengetahui pengaruh antara: Electronic Word of Mouth (E-WoM), selebgram endorse dan minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota bima yang udah berbelanja di e-commerce Niasoo women fashion. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling dengan menyebarkan angket atau kuisioner kepada pengunjung yang ditemui di Niasoo Women Fashion Kota Bima. Hasil dalam penelitian ini : (1) Selebgram Endorse tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Niasoo Women Collection. (2) Electronic of Mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen E- commerce Niasoo Women fashion.(3)Selebgram Endorse dan Electronic of Mouth secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen E-Commerce Niasoo Women fashion.
PENGARUH INOVASI DRIP BAG COFFEE PADA PRODUK KOPI SUSU KEMASAN BRAND KOPASUS TERHADAP PENJUALAN DI KEDAI LYTE COFFEE BANDUNG Prasasti, Lendra; Senubekti, Mamok Andri
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh inovasi produk Kopasus (drip bag coffee) terhadap penjualan dan perilaku konsumen di Kedai Lyte Coffee, Bandung. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, survei, dan analisis data penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk Kopasus tidak hanya meningkatkan penjualan produk itu sendiri tetapi juga mempengaruhi penjualan produk lain di Kedai Lyte Coffee. Terdapat peningkatan signifikan dalam penjualan kopi susu 1 liter, kopi susu dalam cup, kopi selain kopi susu, dan minuman selain kopi setelah pengenalan Kopasus pada Mei 2024. Strategi cross-selling dan upselling menjadi lebih efektif, meningkatkan lalu lintas pelanggan dan frekuensi pembelian. Survei terhadap 50 calon pelanggan menunjukkan mayoritas responden menyukai produk Kopasus, dengan hanya dua responden yang kurang menyukai. Observasi terhadap pelanggan menunjukkan tanggapan positif terhadap kualitas rasa dan kemudahan penyajian Kopasus, yang mendorong pembelian ulang dan minat terhadap produk kopi lainnya. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi produk dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan di industri kopi
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO YUIKAASHOP bima, Rahmadany stie; Mardian, Irma; Muhajirin, Muhajirin
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2317

Abstract

In Fulfilling Customer Satisfaction, Service Quality becomes a reference for consumers in making purchasing decisions. The aim of this research is to determine the partial effect of online service quality on customer satisfaction. The type of research is associative. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale. The population used in this research is all consumers who have made purchases at the Yuikashop Store, the number of which is not known for certain (unknown population). The number of samples used in this research was 50 respondents with a sampling technique, namely purposive sampling. Data collection techniques use observation, questionnaires and literature study. Data analysis techniques include validity tests, reliability tests, simple linear regression tests, determination tests, and t tests. The results of this research indicate that online service quality has a significant effect on customer satisfaction.
PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PROMOTOR REALME SEPULAU SUMBAWA Suciati, Irma; Badar, Muhammad; Aprianti, Kartin
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2341

Abstract

This research aims to determine the influence of giving rewards and punishments on the performance of realme promoter employees on Sumbawa Island, partially and simultaneously. This type of research is associational research with a Likert scale. The type of sample used was saturated sampling with a sample size of 35 respondents, consisting of 14 men and 21 women. Data collection techniques used observation and questionnaires using data analysis techniques using multiple linear regression. The research results show that only giving rewards has a significant effect on the performance of realme promoter employees. However, simultaneously providing rewards and punishments has a significant effect on the performance of realme promoter employees..
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KILAU SINAR PURNAMA (KSP) Dilmi, Zyad; Haryanti, Intisari; Mukminin, Amirul
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2348

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan alat ukur yang bertujuan untuk memberikan hasil yang sesuai atau bahkan lebih sehingga dapat melampaui harapan pelanggan. Jika ada ketidakpuasan, itu berarti jauh dari harapan. PT. Kilau Sinar Purnama (KSP) berusaha menjaga kualitas layanan untuk para pelanggan agar tetap berlangganan. Layanan merupakan salah satu kegiatan atau strategi yang harus dilakukan perusahaan untuk memperoleh posisi bersaing dengan perusahaan lain. Penentuan harga yang tepat juga merupakan syarat penting yang akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. kilau sinar purnama (ksp). Ini adalah penelitian asosiatif dan instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert dengan populasi unknown population, yaitu pengguna layanan jasa ekspedisi KSP dengan jumlah sampel 50 orang. Teknik pengumpulan datanya dengan membagikan kuesioner kepada pelanggan yang melakukan pengiriman atau penerimaan barang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT KSP.
PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASS ROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) BIMA Asrori, Ahmad; Mulyadin, Mulyadin; Mukmin, Amirul
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2430

Abstract

This research aims to determine and analyze the effect of Google classroom-based blended learning on learning independence through learning motivation as an intervening variable in STIE BIMA students. The method used in this research is quantitative with a descriptive type and causality approach as well as the SEM-PLS analysis method. The sampling technique used was simple random sampling, with a sample size of 103 samples. The research results show that blended learning has a positive and significant effect on learning independence, blended learning has a positive and significant effect on learning motivation, and blended learning has a positive and significant effect on learning independence through learning motivation as an intervening variable in STIE BIMA students.
PENILAIAN PENGARUH MODAL KERJA, SIMPANAN ANGGOTA DAN PINJAMAN ANGGOTA TERHADAP PEROLEHAN SHU KOPERASI KEPOLISIAN (PRIMKOPOL) POLDA NTB Aji, Ahmad Adroma; Isnawati, Isnawati
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2474

Abstract

One of the indicators of a cooperative's success can be seen from the improved distribution of Sisa Hasil Usaha (SHU) each year. SHU is obtained when the cooperative's income exceeds the expenses incurred during a specific period, and a significant portion of the cooperative's income is derived from interest on loans taken by its members. This study aims to analyze the influence of working capital, member savings, and member loans on the distribution of SHU at the Koperasi Kepolisian (PRIMKOPOL) POLDA NTB. This research employs a quantitative approach with a causal method, aiming to identify the cause-effect relationship between variables. The population of this study consists of the financial reports of PRIMKOPOL from 2019 to 2023. Data were collected through document studies and interviews with cooperative management and selected members. The variables examined include working capital, member savings, and member loans as independent variables, and SHU as the dependent variable. The data were analyzed using multiple linear regression. The results indicate that working capital and member savings do not significantly influence the distribution of SHU, while member loans have a significant effect on the distribution of SHU at the Koperasi Kepolisian (PRIMKOPOL) POLDA NTB
PENGARUH KOMPETENSI DOSEN, KUALITAS PELAYANAN TENDIK DAN SARANA PRASARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MELALUI KEPUASAN MAHASISWA STIE EKA PRASETYA Nasution, Lisa Elianti
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen, kualitas pelayanan tendik dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi akademik melalui kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 275 mahasiswa.Teknik analisis data menggunakan Structural Equational Modeling (SEM) menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara langsung kompetensi dosen berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa STIE Eka Prasetya. (2) Secara langsung kompetensi dosen berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya. (3) Secara langsung kualitas pelayanan tendik berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa STIE Eka Prasetya. (4) Secara langsung kualitas pelayanan tendik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya. (5) Secara langsung sarana prasarana belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa STIE Eka Prasetya. (6) Secara langsung sarana prasarana belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya. (7) Secara langsung kepuasan mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa STIE Eka Prasetya (8) Secara tidak langsung kompetensi dosen berpengaruh terhadap prestasi akademik melalui kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya. (9) Secara tidak langsung kualitas pelayanan tendik berpengaruh terhadap prestasi akademik melalui kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya. (10) Secara tidak langsung sarana prasarana belajar berpengaruh terhadap prestasi akademik melalui kepuasan mahasiswa STIE Eka Prasetya.
PENGARUH POSTUR MOTIVASI PADA LITERASI KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA TEGAL: DITINJAU DARI COMMITMENT, CAPITULATION, RESISTANCE, DISENGAGEMENT DAN GAME PLAYING Yunita, Eva Anggra; Tri Wijaya, Juli Riyanto; Rahmatika, Dien Noviany; Masitho, ,Siti Fadila
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/pk.v8i1.2583

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang harus diketahui oleh pemerintah daerah dan menjadi tulang punggung penggerak roda pembangunan yang dominan. Pemerintah dalam mengelola negaranya membutuhkan suatu pemasukan agar Negara tersebut dapat mengalami kemajuan ataupun negara tersebut dapat membuat masyarakatnya mempunyai kehidupan yang layak dan kesejahteraannya terjamin. Rendahnya tingkat kepatuhan pajak merupakan permasalahan klasik yang dialami setiap negara, khususnya di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Faktor pendorong wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya dibagi menjadi dua yaitu faktor paksaan dan faktor sukarela. Permasalahan berkaitan dengan kepatuhan wajib pajak adalah menurunnya kepatuhan wajib pajak. Realisasi kepatuhan masyarakat atau wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak dan membayar pajak sepanjang 2022 mencapai 83,2%. Angka tersebut sebenarnya turun dari realisasi 2021 yang mencapai 84,07%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh postur motivasi ditinjau dari commitment, capitulation, resistance, disengagement, dan game playing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Tegal. Urgensi penelitian ini adalah pajak merupakan sumber (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) APBN terbesar bagi Indonesia sehingga penerimaan pajak sangat memengruhi besarnya APBN yang diterima. Adanya APBN membuat Negara mampu berperan besar dalam mewujudkan pemerataan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih banyak dan lebih luas mengenai hal-hal yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Tegal. Selain itu, sebagai bahan untuk menambah pengetahuan bagi wajib pajak orang pribadi di Kota Tegal mengenai arti pentingnya pajak dan peran serta masyarakat dalam pembangunan sehingga nantinya akan terdorong akan menjadi wajib pajak yang patuh Kata Kunci: Postur Motivasi, kepatuhan wajib pajak, commitment, capitulation, resistance, disengagement, game playing

Page 1 of 4 | Total Record : 39