cover
Contact Name
Edi Suhardi Rahman
Contact Email
edisuhardi@unm.ac.id
Phone
+6281355296513
Journal Mail Official
progresif@unm.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
ISSN : 28094794     EISSN : 28094492     DOI : https://doi.org/10.59562/progresif
Core Subject : Education,
urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan vokasi/kejuruan
Articles 51 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan" : 51 Documents clear
MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATERI PRAKTIKUM INSTALASI LISTRIK PENERANGAN di LABORATORIUM PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO Lembang, Novelmi Tiku; Miru, Alimuddin S; Mangesa, Riana T
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.70295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektifitas media video tutorial sebagai alat bantu pembelajaran praktikum instalasi listrik penerangan pada mahasiswa di laboratorium pendidikan teknik elektro. Melalui pendekatan research and development (R&D), video tutorial dirancang dengan mengacu pada model pengembangan 4D, meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Video tutorial yang dihasilkan disajikan secara interaktif dengan visualisasi yang jelas, tutorial langkah-langkah kerja, dan narasi yang mudah dipahami. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket untuk mengukur respon dosen dan mahasiswa terhadap media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa pengembangan media video tutorial pada materi praktikum instalasi listrik penerangan di laboratorium, total penilaian hasil uji coba kepraktisan kelompok kecil dengan nilai rata-rata 4,63 persentase 93%, uji coba kelompok besar dengan nilai rata-rata 4,62 persentase 92% dan penilaian dosen dengan nilai rata-rata 4,49 persentase 90% dimana semua penilaian berada pada kategori sangat praktis. Hasil uji coba keefektifan kelompok kecil dengan nilai rata-rata  4,64 persentase 93%, uji coba kelompok besar dengan nilai rata-rata 4,64 persentase 93% dan penilaian dosen dengan nilai rata-rata 4,4 persentase 88% dimana semua penilaian berada pada kategori sangat efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media video tutorial dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan efektif, terutama dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran di laboratorium jurusan Pendidikan Teknik elektro.
PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF UNTUK SMK YAPIS TEMINABUAN SORONG SELATAN PAPUA BARAT DAYA BERBASIS AUGMENTED REALITY Jumriah, Titin; Septyani, Ninik
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71119

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) khususnya pada mata pelajaran Elektronika Analog dan Digital. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan praktis di pendidikan kejuruan, yang selama ini belum terfasilitasi secara optimal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dan efektivitas yang sangat tinggi. Pada uji coba one-to-one, uji skala kecil, dan uji lapangan, aplikasi ini mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 97-99%, yang masuk dalam kategori sangat efektif dan sangat praktis. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap aplikasi yang digunakan, menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini menawarkan kebaruan dan kontribusi signifikan dalam mendukung pendidikan kejuruan, khususnya dalam mengintegrasikan teknologi AR untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa.
ANALISIS VALIDASI MODUL CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR Wulandari, Eka Ayu; Nurita, Tutut
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71086

Abstract

This research aims to conduct a validation analysis of the concept achievement module assisted by wordwall media on the material of liquid pressure. The research method used is quantitative descriptive. The validation analysis technique uses the Aiken's V formula. Data validation was obtained from 3 assessors. Validation uses four answer criteria from the Likert scale, namely very good, good, quite good, and less good. The results of the validation test of 21 module items from 3 raters obtained a V value of 0.94 with high criteria. The results of the study can be concluded that the module is feasible and valid if applied to the learning process. The Concept Achievement module assisted by wordwall media can be said to be effective in supporting the learning process in achieving students' conceptual understanding of the material of liquid pressure.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 3 Solekha, Ikha; Milatina, Wirdiyana; Millah, Dhiyaul
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.69497

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa semester 3 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung positif kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa semester 3. Metode atau pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang dirancang untuk mengeksplorasi pengaruh antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar di kalangan mahasiswa. Pengumpulan data kecerdasan emosional dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa semester 3 dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (5%). Uji multikolinearitas dengan VIF lebih besar dari 10 dan nilai tolerance kurang dari 0,10. Uji regresi linear dengan signifikansi kurang dari 0,05 dengan hasil 0,001. Hasil koefisien determinasi sebesar 85,4%. Tingginya nilai koefisien determinasi ini memeperjelas bahwa kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor kunci dalam membentuk motivasi belajar mahasiswa.
PENGARUH INKUIRI TERBIMBING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 26 BONE Kaddi, Haeril; Helmi, Helmi; Khaeruddin, Khaeruddin
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71146

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah    penelitian true experiment dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel diambil dengan  teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan  menggunakan tes pilihan ganda  dan kuesioner sikap ilmiah. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji ANAVA 2  jalur. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis  antara peserta didik yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan peserta  yang diajar dengan model discovery    dengan Fhitung =114, 447 > Ftabel  = 4,19, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran  dan sikap ilmiah terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik  dengan Fhitung= 1,515 < Ftabel  = 4,19. Perhitungan uji lanjut dengan uji Tukey  bagi peserta didik dengan sikap  ilmiah tinggi dan rendah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis yang diajar  menggunakan  model inkuiri terbimbing dengan  model discovery
PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 13 BONE Rianyoma, Andi; Abdullah, Helmi; Husain, Halimah; Arsyad, Muhammad
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.70583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis proyek,  menganalis validitas LKPD fisika  berbasis proyek,  tanggapan praktisi  terhadap LKPD fisika berbasis proyek, dan efektivitas LKPD fisika berbasis proyek dalam pembelajaran fisika.Penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, kuesioner respon praktisi dan instrumen keterampilan proses sains yang berupa tes penilaian keterampilan proses sains dan lembar observasi keterampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan analisis data validasi ahli dan respon praktisi,  analisis hasil tes dan observasi keterampilan proses sains serta analisis efektifitas LKPD. Berdasarkan penilaian pakar diperoleh persentase kelayakan  92%, respon praktisi dengan skor rata-rata 3,76 dengan kategori sangat baik serta hasil analisis N-gain yang dilakukan menggunakan data hasil observasi dan tes penilaian keterampilan proses sains yang berada pada kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD fisika berbasis proyek efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ALUR MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK SMAN 3 BONE Asriani, Asriani; Abdullah, Helmi; Khaeruddin, Khaeruddin
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kevalidan bahan ajar fisika berbasis alur merdeka untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik di SMAN 3 Bone, menganalisis kepraktisan bahan ajar fisika berbasis alur merdeka untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik di SMAN 3 Bone, menganalisis keefektifan bahan ajar fisika berbasis alur merdeka untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik di SMAN 3 Bone, dan menghasilkan produk berupa bahan ajar fisika berbbasis alur merdeka dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik di SMAN 3 Bone. Penelitian ini diuji coba di SMA Negeri 3 Bone pada kelas X.1 dengan jumlah responden 37 peserta didik. Pembelajaran fisika berbasis Alur Merdeka ini dilakukan sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan pada materi Energi Terbarukan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi bahan ajar berbasis Alur Merdeka, kuesioner penilaian praktisi yaitu guru mata pelajaran fisika, serta instrumen tes kemampuan berpikir analisis. Kriteria kelayakan bahan ajar dilihat dari aspek validitas isi. Kriteria kepraktisan bahan ajar fisika dilihat dari penilaian praktisi (guru fisika), dan kriteria peningkatan kemampuan berpikir analisis setelah penggunaan bahan ajar fisika berbasis alur merdeka dilihat dari peningkatan hasil tes kemampuan berpikir analisis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: bahan ajar fisika berbasis alur merdeka yang dikembangkan berdasarkan penilaian pakar dengan menggunakan analisis indeks Aiken V dianyatakan valid dan layak digunakan; bahan ajar fisika berbasisalur merdeka ditinjau dari penilaian praktisi berada pada kategori sangat praktis; efektifvitas peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik setelah menggunakan bahan ajarfisikaberbasisalur merdekayangdianalisisdengan N-gainsebesar73%beradapada kriteria efektif. Hal ini berarti bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis alur merdeka efektif meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 19 BONE Darnawati, Darnawati; Daud, Firdaus; Arsyad, Muhammad
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71147

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil validasi, keterlaksanaan,responpesertadidik,responguru,danefektivitas E-Modul Fisika berbasis Google sites untuk meningkatkan hasil belajar fisika SMAN 19 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Instrumenyangdigunakanyaituangketvalidasi,mengukur kepraktisan dengan melaui respon guru dengan angket, dan keefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik dengan tes. Hasil yang diperoleh yaitu (1) E-Modul valid dengan nilai kelayakan isi sebesar 0,75. (2) Respon guru fisika positif untuk E-Modul yaitu sangat baik/sangat praktis dengan rerata skor penilaian untuk setiap aspeknya yaitu 3,6. (3) E-Modul efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH RAPPANG Dewi, Anita Candra
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Rappang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan menulis siswa akibat keterbatasan kosakata, kesulitan dalam mengorganisasi ide, serta kurangnya imajinasi dalam mendeskripsikan objek secara detail. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, yang melibatkan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang menggunakan media audiovisual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor rata-rata 33.7%, sedangkan kelompok kontrol hanya 17.2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guna meningkatkan keterampilan menulis siswa secara lebih efektif dan menarik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA SMP DI MAKASSAR Dewi, Anita Candra; Fitri, Sakinah; Satriani, Irma; Herdiani, Rizki
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/progresif.v4i2.71368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (82,7) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (74,5), dengan peningkatan yang lebih signifikan. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p < 0,05), membuktikan bahwa model STAD lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model ini memungkinkan interaksi aktif, diskusi, dan umpan balik yang konstruktif, sehingga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam menulis teks eksplanasi. Oleh karena itu, STAD direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam pengajaran menulis.