cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022" : 37 Documents clear
IDENTIFIKASI BESARAN LAHAN TERBANGUN DI SEKITAR BUNDARAN ARTERI SUPADIO Gilang Ridho Ananto; Firsta Rekayasa Hernovianty; Agustiah Wulandari
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60132

Abstract

Perkembangan kegiatan perdagangan dan jasa dapat memicu perubahan pada penggunaan lahan di suatu kawasan. Bundaran Arteri Supadio sebagai salah satu persimpangan untuk simpul kegiatan yang strategis karena berkaitan dengan Kawasan Metropolitan Pontianak (KMP) sehingga perubahan pemanfaatan lahan di kawasan tersebut diperuntukkan untuk kepentingan ekonomi khususnya perdagangan dan jasa. Hal ini berpengaruh terhadap lahan terbangun dan meningkatkan kejenuhan suatu lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi besaran lahan terbangun di kawasan sekitar Bundaran Arteri Supadio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis spasial yang diaplikasikan pada lokasi yang terbagi menjadi 2 (dua) zona. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka luas lahan terbangun pada tahun 2006 sebesar 5,23 Ha (10,27%) dengan jumlah bangunan sebanyak 69 bangunan, tahun 2011 luas lahan terbangunnya sebesar 7,66 Ha (15,72%) dengan jumlah bangunan sebanyak 106 bangunan, tahun 2016 luas lahan terbangunnya 10,48 Ha (21,5%) dengan jumlah bangunan sebanyak 146 bangunan, tahun 2021 luas lahan terbangunnya 14,01 Ha (24,74%) dengan jumlah bangunan sebanyak 164 bangunan. Kegiatan yang terdapat di Koridor Jalan Arteri Supadio (Zona I) berupa industri, pendidikan, perdagangan dan jasa, peribadatan dan keagamaan, perkantoran permukiman. Kegiatan yang terdapat pada koridor Jalan Mayor Alianyang (Zona II) diantaranya yaitu perdagangan dan jasa, peribadatan dan keagamaan, permukiman, serta pertahanan dan keamanan.
ANALISIS LAJU SEDIMENTASI DI SUNGAI SILAT KECAMATAN SILAT HILIR oneciencius febryoga; Kartini Kartini; Henny Herawati
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.58377

Abstract

Sedimentasi merupakan salah satu penyebab berkurangnya kapasitas tampung sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan laju sedimentasi. Karakteristik sedimen pada Nanga Silat memiliki gradasi butiran   berkisar antara 0,017 mm sampai 0,066 mm, rata-rata berat jenis sebesar 2,48 gr/cm³, sedangkan kecepatan jatuh berkisar antara 0,0002 m/detik sampai 0,0037 m/detik. Nanga Nuar memiliki gradasi butiran   berkisar 0,084 mm sampai 0,105 mm, rata-rata berat jenis sebesar 2,60 gr/cm³, sedangkan kecepatan jatuh berkisar antara 0,0060 m/detik sampai 0,0102 m/detik. Nanga Dangkan memiliki gradasi butiran   berkisar antara 0,105 mm sampai 0,163 mm, rata-rata berat jenis sebesar 2,61 gr/cm³ sedangkan kecepatan jatuh berkisar antara 0,0099 m/detik sampai 0,0226 m/detik. Analisis laju sedimentasi menggunakan metode, L. C. Van Rijn, Meyer Peter Muller, Einstein dan DuBoys. Dari keempat metode yang digunakan, metode Duboys yang memenuhi persyaratan gradasi, dimana untuk Nanga Silat laju angkutan sedimen terbesar di titik 2 sebesar 51,97 ton/hari dan terkecil di titik 5 sebesar 10,199 ton/hari, untuk Nanga Nuar laju angkutan sedimen terbesar di titik 2 sebesar 137,81 ton/hari dan terkecil terjadi di titik 5 sebesar 29,30 ton/hari, Nanga Dangkan laju angkutan sedimen terbesar  di titik 3 sebesar 843,35 ton/hari dan terkecil terjadi di titik 5 sebesar 440,82 ton/hari.Kata Kunci: Karakteristik sedimen, Laju angkutan Sedimentasi, Nanga Silat
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUANG KELAS BELAJAR (RKB) MTS NEGERI 2 PONTIANAK) Rizky Arya Mulia Tambun; Safaruddin M. Nuh; Rafie Rafie
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60854

Abstract

Proyek konstruksi adalah bentuk kegiatan-kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu yang terbatas, dengan sumber daya yang terbatas guna memenuhi suatu hasil berupa konstruksi fisik. Pada konstruksi dapat mengalami suatu keterlambatan jika didalam tahapan persiapan dan pengelolaan proyek tidak sesuai dengan cara yang tepat. Keterlambatan dalam penyelesaian proyek dapat dipengaruhi oleh faktor penyebab tertentu. Pada penelitian Tugas akhir ini akan dilakukan penelitian terhadap faktor penyebab serta nilai keandalan atau reliabilitas dari keterlambatan proyek Pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) Mts Negeri Pontianak menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Hal yang akan dilakukan pertama kali adalah dilakukannya wawancara dengan tujuan mendapatkan faktor penyebab dari item pekerjaan yang sudah menjadi batasan masalah serta akan dilakukan analisis secara kuantitatif untuk mendapatkan nilai keandalan dari masing-masing item pekerjaan tersebut yang akan tinjau dari 2 sisi waktu. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, didapatkan 18 faktor penyebab dari pekerjaan pondasi dan 17 faktor penyebab dari pekerjaan struktur yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan pada saat proyek berlangsung. Setelah dilakukan analisa kualitatif, dilakukan perhitungan analisa secara kuantitatif menggunakan metode nilai keandalan yang akan ditinjau dari 2 sisi waktu yaitu waktu rencana item pekerjaan dan seluruh waktu rencana pelaksanaan. Setelah perhitungan dilakukan didapatkan nilai keandalan untuk pekerjaan pondasi besar nilai reliabilitas nya adalah 0,7167 ditinjau dari waktu item pekerjaan dan 0,9109 ditinjau dari seluruh waktu pekerjaan. Untuk pekerjaan struktur nilai reliabilitasnya sebesar 0,8052 ditinjau dari waktu item pekerjaan serta 0,9169 ditinjau dari seluruh waktu rencana pelaksanaan.
Kajian aspek hidrolika pertemuan sungai kapuas dan sungai silat menggunakan metode Hec-Ras Gondo Wicaksono; Henny Herawati; Kartini Kartini
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60396

Abstract

Sungai Silat merupakan anak Sungai dari Sungai Kapuas dimana titik pertemuan antara Sungai Kapuas dan Sungai Silat berada di Kecamatan Silat Hilir. Dengan adanya pertemuan Sungai tersebut menyebabkan perbedaan karakteristik aliran, karena aliran sungai pada titik pertemuan mempunyai pola aliran yang berbeda denga aliran yang lurus. Selain itu, adanya pertemuan sungai mempunyai indikasi bahwa penampang sungai di area tersebut akan mengalami pelearan dari tahun ke tahun. Hal tersebut menyebabkan perlu dilakukan kajian dari aspek hidrolika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik aliran pertemuan Sungai Silat dan Sungai Kapuas seta mengetahui debit banjir rencana Sungai Silat. Metode dalam analisis hodrolika menggunakan software Hec-ras 5.0.7 dengan skenario unsteady flow. Untuk boundary cindition menggunakan debit sesaat dan kemiringan saluran pada sungai Kapuas sedangkan Sungai Silat menggunakan flow hydrograph hasil analisis menggunakan metode HSS Nakayasu. Hasil analisis menggunakan software Hec-ras bahwa Sungai Kapuas dan Sungai Silat mempunyai aliran yang sub-kritis dengan nilai froude kurang dari 1. Hasil analisis debit banjir menggunakan metode melchior sebesar 502.5 m3/s periode 2 tahun; 662,7 m3/s periode 5 tahun; 768,8 m3/s periode 10 tahun; 869,27 m3/s periode 20 tahun; 1002,3 m3/s periode 50 tahun; 1101.1 periode 100 tahun.
ANALISIS KAPASITAS SALURAN DRAINASE SUNGAI NYIRIH KECAMATAN SELAKAU DENGAN APLIKASI HEC-RAS Nurhadi Nurhadi; Danang Gunarto; Umar Umar
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60142

Abstract

Drainase merupakan suatu infrastruktur yang sangat penting dalam pengendalian banjir khususnya di kawasan perkotaan. Khususnya saluran drainase Sungai Nyirih yang berada di Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Daerah Kecamatan Selakau memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap banjir Rob. Hal tersebut terjadi karena kawasannya memiliki topografi yang rendah, sehingga potensi drainase yang cukup kecil, daerahnya yang berada di pesisir pantai sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kapasitas tampungan debit saluran mampu atau tidak menampung debit rencana dari curah hujan maksimum pada periode ulang 2,5,10 dan 20 tahun menggunakan pemodelan simulasi aliran hidrodinamik dengan program HEC-RAS. Pada penelitian ini menggunakan data primer berupa data penampang eksisting saluran dan data pasang surut. Sedangkan untuk data sekundernya, berupa data curah hujan harian maksimum stasiun Tebas tahun 2012-2021. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan simulasi program HEC-RAS, pada kondisi pasang tertinggi tanpa hujan, elevasi muka air di stasiun sta. 0 + 000 sampai sta. 1 + 466,682 kapasitas penampang saluran sudah tidak mampu menampung debit dari pasang air laut dan curah hujan periode ulang tahunan yang membuat saluran penuh dan meluap sehingga menggenangi kawasan sekitar dengan tinggi 0,02 m – 0,4 m, dan di sta. 1 + 694.439 sampai sta. 2 + 073,878 kapasitas penampang saluran masih mampu menampung debit dari pasang air laut dan curah hujan periode ulang tahunan yang membuat saluran masih aman dari genangan.Kata kunci : banjir, pasang surut, drainase, hidrologi, hidrodinamika HEC-RAS
ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN (STUDI KASUS RUAS JALAN RASAU JAYA – SULTAN AGUNG) Fajri Husaini Husaini; Akhmadali Akhmadali Akhmadali; Elsa Tri Mukti
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60482

Abstract

Pada ruas jalan Rasau Jaya – Sultan Agung, Kabupaten Kubu Raya mengalami banyak kerusakan. Penelitian ini menggunakan 2 metode, metode Pavement Condition Index dapat digunakan untuk mengetahui kondisi jalan dan untuk merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan metode Bina Marga 2017. Metode PCI memberikan informasi kondisi perkerasan hanya pada saat survei dilakukan dengan rentang (0-100). Pada ruas jalan Rasau Jaya – Sultan Agung didapatkan hasil analisis kondisi jalan dengan metode Pavement Condition Index sepanjang 6 km, penilaian per 1 km mulai dari STA 17 + 700 s/d STA 18 + 700 yaitu 86,3 (Sempurna), STA 18 + 700 s/d STA 19 + 700 yaitu 91 (Sempurna), STA 19 + 700 s/d STA 20 + 700 yaitu 62,1 (Baik), STA 20 + 700 s/d STA 21 + 700 yaitu 60,8 (Baik), STA 21 + 700 s/d 22 + 700 yaitu 26,2 (Buruk), STA 22 + 700 s/d STA 23 + 700 yaitu 24,6 (Sangat Buruk). Kemudian hasil analisis perencanaan tebal perkerasan kaku metode Bina Marga 2017 menggunakan umur rencana 40 tahun dan pertumbuhan lalu lintas 3,5% didapatkan tebal pelat 29,5 cm. Perkerasan ini menggunakan mutu beton K – 300 dengan perencanaan sambungan melintang menggunakan dowel 32 mm-450 mm.
ANALISA DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI TIANG PANCANG MENGGUNAKAN DATA UJI LAPANGAN DAN PROGRAM PLAXIS V.8.6 PADA PROYEK GEDUNG KULIAH SEKOLAH TINGGI AGAMA KATOLIK NEGERI PONTIANAK Wibby Dwi Anggoro; Vivi Bachtiar; Aprianto Aprianto
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.59230

Abstract

Fondasi merupakan komponen struktur bangunan yang sangat penting yang berfungsi menyalurkan tegangan-tegangan yang terjadi akibat beban struktur diatasnya kedalam lapisan tanah keras yang dapat memikul beban konstruksi tersebut. Tiang pancang yang digunakan pada pembangunan Gedung Kuliah Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak yaitu beton pracetak (mini pile) dengan ukuran 25 x 25 cm. Berdasarkan gambar kerja proyek, tiang rencana yang terpancang sedalam 30 m. Pada pelaksanaan di lapangan, tiang pancang (mini pile) pada titik B7, C7, D7, B8, C8, dan D8 terpancang kurang lebih sedalam 28 m. Hal ini tidak sesuai dengan perencanaan bila dilihat dari gambar kerja. Penelitian ini dilakukan peninjauan ulang daya dukung fondasi dengan tiang terpancang sedalam 28 m menggunakan data lapangan berupa CPT, SPT dan Kalendering untuk mengetahui apakah efektif dalam mendukung beban struktur atas. Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung kelompok tiang semua metode statis, daya dukung kelompok tiang semua titik fondasi dengan kedalaman tiang terpancang 28 m nilainya lebih besar dari beban terpusat struktur atas yang dihasilkan dari program ETABS 18, Sedangkan dengan metode Modified ENR, daya dukung tiang kelompok semua titik fondasi tidak memenuhi syarat aman sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang. Berdasarkan SNI (8460:2017) untuk penurunan segera, penurunan konsolidasi dan penurunan menggunakan program Plaxis v.8.6 memenuhi penurunan pada tiang kelompok.
ANALISIS KEBUTUHAN JALUR PEDESTRIAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PEJALAN KAKI DI KECAMATAN PONTIANAK TIMUR (STUDI KASUS : JL. TANJUNG RAYA I – JL. TANJUNG RAYA II – JL. PANGLIMA AIM) Ahmad Ravi Anjasmoro; Slamet Widodo; Siti Nurlaily Kadarini
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60369

Abstract

Jalur pedestrian merupakan prasarana yang sangat penting bagi pejalan kaki, maka harus di desain sedemikian   rupa sehingga memungkinkan bagi pejalan kaki merasa nyamanan saat melalui jalur tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kebutuhan jalur pedestrian Di Kecamatan Pontianak Timur tepatnya di ruas Jalan Tanjung Raya I, Jalan Tanjung Raya II, dan Jalan Panglima Aim. Metode yang digunakan yaitu metode survei dan metode angket (kuesioner). Metode survei pada penelitian ini adalah dengan cara melakukan pengamatan dan pengambilan data secara langsung menggunakan bantuan perangkat CCTV (Closed Circuit Television) pada titik-titik lokasi penelitian yang telah ditentukan untuk mengetahui aktivitas dari pejalan kaki, jumlah pejalan kaki, dan waktu tempuh dari pejalan kaki tersebut. Metode analisis data yang digunakan yakni metode HCM 1985 untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki yang ada. Sedangkan analisis data survei menggunakan metode Skala Likert untuk mengetahui tingkat kenyamanan dan keamanan pejalan kaki berdasarkan presepsi responden. Hasil perhitungan perencanaan dimensi lebar jalur pedestrian didapatkan lebar jalur pedestrian pada Jalan Tanjung Raya I dan Panglima Aim dengan lebar 2 meter, sedangkan pada Jalan Tanjung Raya II dengan lebar 2,2 meter. Berdasarkan perhitungan karakteristik pejalan kaki dari ketiga ruas jalan tersebut, dapat direncanakan tingkat pelayanan jalur pedestrian dengan standar A atau LOS A.
PENGEMBANGAN JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DI DESA LEMBANG KECAMATAN SANGGAU LEDO Bartolomius Albert; Eko Yulianto; Moch Meddy Danial
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.59258

Abstract

Perumda Desa Lembang melayani pelanggan sebanyak 398 SR atau 1990 jiwa, sedangkan penduduk di Desa Lembang sebanyak 4337 jiwa atau 45,88%. Hasil analisis kondisi eksisting sebagai dasar untuk membuat skenario pengembangan jaringan distribusi yang sesuai dengan pertumbuhan penduduk dan peningkatan kebutuhan air pelanggan di Desa Lembang. Untuk pengambilan menggunakan metode free intake dan pengalirannya menggunakan gravitasi dengan sumber mata air berasal dari Sungai Tebudak. Berdasarkan hasil perhitungan untuk kebutuhan air bersih pada kondisi kebutuhan pengembangan jaringan sampai tahun 2040 sebanyak 16,429 l/detik. Untuk ketersediaan air menggunakan metode Mock sebesar 0,393 m3/det. Analisis untuk pengembangan distribusi dilakukan dalam dua (2) skenario yang berbeda. Skenario pertama merupakan pengembangan distribusi dengan kondisi eksisting dengan penambahan jaringan perpipaan yang sama pada pipa utama. Skenario kedua merupakan perbaikan dimensi jaringan perpipaan yang tidak sesuai dengan syarat, dan semuanya harus memenuhi syarat seperti, pressure (10-70 m), velocity (0,3 – 3,00 m/s), dan unit headloss (<5 m/km).
ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) Adhitya Wibi Ardiyan; Slamet Widodo; Heri Azwansyah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v9i4.60267

Abstract

Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan sosial dan perekonomian masyarakat. Kondisi jalan yang baik akan memperlancar mobilitas penduduk dalam mengadakan kegiatan sosial dan hubungan perekonomian. Namun, jika terjadi kerusakan pada suatu jalan baik itu kerusakan yang kecil maupun besar akan berakibat bukan hanya terhalangnya kegiatan sosial dan ekonomi, namun juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pada dasarnya setiap struktur perkerasan jalan akan mengalami proses pengrusakan secara progresif sejak jalan pertama kali dibuka untuk lalu lintas. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu metode untuk menentukan kondisi jalan agar  dapat disusun program pemeliharaan jalan menggunakan metoode Pavement Condition Index (PCI). Studi kasus penelitian ini yaitu pada Jalan Kuala Dua – Mekarsari, Kabupaten Kubu Raya. Dengan tinjauan jalan sepanjang 2 km. Berdasarkan hasil analisis data didapat nilai PCI pada ruas jalan tersebut adalah 36,2% Buruk (Poor). Terdapat beberapa kerusakan dan nilai persentase antara lain : Retak  Pinggir 1,73%, Lubang 5,64%,  Retak Buaya 79,90%, Tambalan 12,73%. Dan didapat pula persentase nilai PCI Km 0-1 adalah 41,7 Sedang (Fair), Km 1-2 adalah 30,7 Buruk (Poor). Solusi penanganan menggunakan Bina Marga yaitu dengan Metode  Perbaikan P2, P3, P4, dan P5.Kata Kunci : Pavement Condition Index, Perkerasan Jalan, Kerusakan Jalan

Page 1 of 4 | Total Record : 37


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue